Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

20 Jurusan Kuliah TERBARU yang Potensial di Masa Depan

Apa saja  program studi baru di perguruan tinggi negari dan swasta yang memiliki kesempatan tinggi diterima kerja? Kamu yang sebentar lagi hendak meneruskan pendidikan ke universitas, institut atau perguruan tinggi berstatus negeri atau swasta, pastinya sudah mempersiapkan jurusan atau program studi yang akan diambil nantinya.

Namun bagi yang masih bingung hendak memilih mana yang tepat, kamu bisa mengikuti pembahasan kosngosan kali ini mengenai beberapa contoh jurusan dan program studi yang tergolong masih baru di Indonesia, namun sangat prospektif untuk pekerjaan masa depan nantinya. Penasaran? Let's check these out

Kuliah memang penuh tantangan. Salah satu impian terbesar disaat tamat sekolah menengah atas adalah melanjutkan studi ke perguruan tinggi idaman. Bagi kalian yang ada di pulau Jawa merupakan suatu keberuntungan bisa berkuliah dengan beberapa perguruan tinggi yang menjadi favorit di tanah air. Katakan saja seperti UI, ITB, UGM dan IPB yang merajai perguruan tinggi di tanah air.

Kuliah tidak sembarang kuliah. Sebelumya sobat kosngosan juga sudah harus menentukan jurusan apa yang menjadi fokusmu. Nantinya ini akan menjadi pilihan kariermu dalam bekerja (walaupun banyak juga yang mendapatkan kerja tidak sesuai dari latar belakang pendidikannya di perguruan tinggi, seperti mimin contohnya).

Merupakan angin segar bagi kamu yang memang masih bingung dengan jurusan yang ada. Di tahun ini saja terdapat beberapa perguruan tinggi yang membuka jurusan baru seperti misalnya jurusan baru di UI, UGM, dan PTN favorit lainnya di Indonesia. walaupun cukup baru, beberapa jurusan ini merupakan jawaban dari perguruan tinggi terhadap tuntutan dunia kerja yang semakin hari semakin ketat.

Baca juga : Begini Cara SMS dan Chat Dosen yang Sopan Supaya Tidak "Just Read"


Contoh Jurusan Baru



jurusan program studi baru

Coba saja simak beberapa contoh jurusan dan program studi terbaru dari beberapa perguruan tinggi favorit di tanah air berikut ini, mungkin saja kamu tertarik masuk dan menjadi salah satu guru besar dibidang tersebut. Semoga saja!

1. Program Studi Content Creator


Sebagai salah satu content creator, mimin kosngosan menganggap Bahwa perlu perguruan tinggi untuk membuka jurusan yang khusus untuk mempelajari bagaimana cara membuat konten terbaik dalam mengelola suatu situs atau media sosial.

Karena di jaman seperti sekarang ini Perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat membuat profesi content creator menjadi salah satu yang diminati seperti menjadi blogger, youtuber atau selebgram. Dan itu semua adalah tentang manajemen konten, baik yang berbentuk gambar, artikel atau video


2. Program Studi Marketing Online


Tidak jauh berbeda dari konten kreator yang saat ini dibutuhkan adalah spesialis pemasaran yang fokus kepada metode daring atau online.

Karena saat ini perusahaan tidak bisa hanya mengandalkan teknik marketing konvensional atau offline, tetapi juga harus menyewa berbagai karyawan yang expert di bidang pemasaran online. Apakah kamu tertarik untuk menjadi salah satu mahasiswanya?


3. Jurusan Rekayasa Pertanian Modren


Saat ini memang ada banyak sekali jurusan pertanian di berbagai perguruan tinggi yang ada di Indonesia. Namun kebanyakan jurusan pertanian tersebut belum mampu dalam menjawab tantangan Global di mana lahan yang semakin sempit namun kebutuhan akan produk pertanian untuk masyarakat yang semakin besar.

Oleh karena itu beberapa tahun kedepan akan sangat dibutuhkan praktisi dari pertanian modern yang memang khusus dan untuk mempelajari berbagai inovasi dan penemuan paruh di bidang pertanian serta menerapkannya untuk kemaslahatan hidup manusia.

Selain itu, industri perkebunan juga kan sangat membutuhkan tenaga pertanian modern ini, karena sangat aplikatif untuk diterapkan dalam industri besar di mana akan didapat efektivitas dan efisiensi yang pada akhirnya akan menguntungkan perusahaan


4. Jurusan Data Management


Data saat ini merupakan suatu kebutuhan vital dan paling rahasia bagi perusahaan perusahaan besar, sebut saja seperti google, facebook, apple dan lainnya. Diperlukan tenaga kerja yang khusus memiliki ilmu yang mencukupi dalam mengelola dan menjaga kerahasian data.

Oleh karena itu kebedaan jurusan manajemen data mimin nilai sangat diperlukan untuk masa depan. Kita tunggu saja apakah ada perguruan tinggi di Indonesia yang akan membuka program studi ini kedepannya.


5. Program Studi Ekonomi Kreatif


Ekonomi kreatif sangat penting untuk perkembangan ekonomi mikro suatu negara. Terbukti ketika indonesia mengalami krisi ekonomi kemarin, industri ekonomi kreatif seperti usaha kecil menengah yang berbasis produksi rumah tangga mampu bertahan.

Oleh karena itu, kedepannya jurusan yang khusus mempelajari mengenai ekonomi kreatif diprediksi akan menjadi jurusan yang dicari cari. Selain itu lulusan nya akan mampu mengembangkan ekonomi kreatif sehingga membantu perkembangan ekonomi mikro suatu negara. Kita tunggu saja perkembangannya dan siapa yang pertama membuka program studi khusus ini.


6. Program Studi Biologi Moderen


Ada banyak jurusan baru yang diperlukan untuk kepentingan dunia biologi seperti makanan dan pertanian. Masalah klasik seperti kemiskinan dan kelaparan mendorong manusia untuk menciptakan inovasi dibidang biologi untuk meningkatkan efisiensi pertanian, misalnya.

Seiring dengan pertumbuhan populasi yang semakin pesat dan berkurangnya lahan-lahan pertanial, ahli-ahli agrikultur vertikal pun akan semakin dicari. Jurusan yang menelurkan ahli dibidang vertical farm akan banyak dicari di masa depan.

Selain itu, profesi konsultan genetik mungkin akan banyak dicari. Hanya dengan menengok gen, para ahli ini akan dapat mengetahui kondisi kesehatan. Kebutuhan akan adanya konselor genetik di masa depan akan semakin banyak.


7. Jurusan Teknik Biomedik


Jurusan selanjutnya adalah jurusan teknik Biomedik. Jurusan ini akan mempelajari prinsip rekayasa pada ilmu biologi dan kedokteran untuk tujuan kesehatan. Program studi ini sudah dibuka oleh Universitas Indonesia. Bila kamu tertarik bisa segera mendaftarkan diri.


8. Jurusan Studi Aktuaria


Masih asing dengan istilah aktuaria? Defenisi aktuaria adalah suatu bidang keilmuan baru yang mengaplikasikan metode matematika bersama ilmu statistika untuk menganalisis dan meminimalisir risiko yang terjadi dalam dunia asuransi juga keuangan. Wah ini adalah jurusan yang kekinian banget dan menjadi salah satu kebutuhan yang memang banyak dicari oleh perusahaan perusahaan maju di Indonesia.

Tertarik dengan program studi ini? Kabar baiknya sudah banyak universitas yang membuka jurusan ini seperti di Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Padjajaran, Institut Teknologi Sepuluh November, Institut Pertanian Bogor (IPB) dan perguruan tinggi lainnya. Kamu cukup googling saja mana perguruan tinggi yang sudah membuka jurusan kekinian ini.


9. Program Studi Bisnis Digital


Ini adalah jurusan yang dinanti nantikan oleh kamu yang memang tertarik dengan dunia digital dan segala prospek bisnis didalamnya. Seperti bisnis online, startup, marketing online, financial technology dan segala istilah lainnya akan kamu pelajari dalam program studi ini. Mungkin sebelum menjadi blogger atau youtuber terkenal, kamu bisa kuliah jurusan ini terlebih dahulu ya.

Kabar baiknya, di tahun ini, Univestais Padjajaran (UNPAD) sudah membuka program studi bisnis digital ini. Bisnis digital dibuka untuk menjawab tantangan sarjana mudah dalam menghadapi perubahan global. Ini juga menyambut pidato Presiden kemarin yang menyebutkan bahwa perguruan tinggi harus mendorong untuk membuka program studi yang tidak konservatif.


10. Program Studi E-Commerce


program studi e commerce

Ini adalah bidang yang fokus untuk mempelajari fenomena belanja online melalui pasar electronic commerce yang memang tengah menjadi primadona kaum milenial. Ada beberapa raksasa e-commerce di Indonesia sebut saja seperti Lazada, Tokopedia, Bukalapak, Blibli dan lainnya yang menjadi rujukan dan pengembangan pasar E-commerce di Indonesia.

Jurusan atau program studi lain yang masih tergolong baru namun sangat prospektif lainnya bisa kamu lihad dibawah ini dalam bentuk listcle :


  • UX Design
  • Software Engineer
  • Product Manager
  • Teknik Infrastruktur Lingkungan (sudah ada di UGM)
  • Bahasa dan Sastra Papua (Sudah ada di Universitas Cenderawasih)
  • Teknik Geomatika (sudah ada di UPN Veteran Yogyakarta)
  • Ekonomi Digital (sudah ada di Universitas Diponegoro dan Universitas Airlangga)
  • Proteksi Kebakaran dan Teknik Keselamatan
  • Analyst
  • Keamanan Data


Nah sayangnya jurusan ini masih belum ada yang membukanya baik di perguruan tinggi negeri dan swasta. Akan tetapi wacana untuk membukanya sudah banyak yang menggema.

Kita tunggu saja perguruan tinggi mana saja yang pertama kali membuka bidang ini ya. Jangan lupa mengabarkannya kepada mimin melalui kotak komentar dibawah ini.

Baca juga : 18 Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Anak SMK dengan Gaji Besar


Kata Penutup


Kuliah memang menjadi salah satu cara untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik dengan karir yang yang mentereng dimasa depan. Oleh karena itu memilih jurusan atau program studi yang tepat bisa membuat kamu untuk mendapatkan kesuksesan.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai Jurusan dan Program Studi Baru di Perguruan Tinggi yang Patut Dicoba kali ini. Semoga mampu menginspirasimu dalam memilih jurusan yang tepat, agar kamu bisa mewujudkan cita citamu kelak dengan pendidikannya yang kamu sukai. Jangan lupa untuk memberikan komentar sebelum beranjak ya.
Oleh rezaharahap