Tata Cara SMS dan Chat Dosen yang Sopan Supaya Tidak "Just Read"

Bagi mahasiswa menghubungi dosen melalui SMS atau aplikasi chatting seperti WhatsApp, Line, atau Telegram, merupakan sesuatu yang menakutkan, apalagi sosoknya tersebut terkenal dengan dosen killer. Tapi tenang saja, kali ini kosngosan akan mencoba memberikan tips kepada kalian bagaimana cara mengirim pesan yang baik dan benar dan sesuai dengan tata krama ketimuran sehingga membuat dosen tidak akan merasa dilecehkan.

contoh sms chat dosen

Banyak sekali mahasiswa baru yang tidak mengetahui trik berkomunikasi dengan dosen baru. Ada yang menganggap dosen itu merupakan sosok dewa yang harus dihindari, namun ada juga mahasiswa yang kelewatan menganggap dosen sebagai teman sebaya, sehingga dia merasa bisa sembarangan mengirim pesan kapanpun dan dimanapun

Padahal yang benar adalah sobat kosngòsan sebagai mahasiswa tetap harus berkomunikasi dengan dosen, namun dengan cara dan norma yang yang berlaku. Sebenarnya tidak ada aturan standar komunikasi terhadap dosen, karena memang masing-masing dosen juga memiliki karakteristik dan sifat yang berbeda dalam menghadapi mahasiswanya

Ada dosen yang muda dan gaul, tentu saja lebih mudah beradaptasi dan berkomunikasi dengan mahasiswanya dengan menggunakan bahasa informal. Namun ada juga dosen yang golongan tua dan mungkin bersifat konvensional, sangat susah sekali berkomunikasi dengan mahasiswa dan mahasiswa pun sangat takut untuk menghubunginya

Ya masing-masing dosen memang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Bersyukurlah kalian mahasiswa yang memiliki dosen pembimbing akademis dan juga dosen pembimbing skripsi yang akrab dengan kalian.

Baca juga : Tips Aman KKN (Kuliah Kerja Nyata) Menghindari Hal Hal yang Tidak Diinginkan

Kembali kepertanyaan awal, bagaiaman sih cara menge-sms atau men-chat dosen ? (baik itu pembimbing akademik, dosne pembimbing skripsi atau dosen mata kuliah lain) Tentu saja kamu harus mengetahui etika menghubungi dosen terlebih dahulu.


Tips menghubungi dosen lewat sms dan chatting


adab dosen

1. Mengetahui karakter dosen

Hal ini adalah yang paling penting ketika sobat kósngosan menjadi seorang mahasiswa. Karena pada dasarnya dosen berbeda dengan guru. Dosen memiliki fungsi mengajar dan mengabdi, sehingga Jangan berpikiran bahwa dosen akan sama dengan guru dalam hal keakraban terhadap anak didik, misalnya

Penting untuk mengetahui karakteristik sang dosen, seperti apakah beliau bersifat fleksibel, gaul, humoris, atau justru konvensional, pendiam, receh dan bergaya ortodoks. Semua itu harus bisa dipahami oleh mahasiswa, apalagi oleh mahasiswa bimbingan akademik dan bimbingan skripsi, yang notabene akan selalu berkomunikasi dengannya.

2. Perkenalkan diri, ucapkan salam

Ini merupakan tata krama atau norma dasar yang memang sudah pasti biasa kalian lakukan tapi sekali lagi harus lebih hati-hati dengan pemilihan kata, jangan menggunakan bahasa informal atau bahasa gaul atau menggunakan istilah yang tidak diketahui oleh banyak orang

3. Mengetahui waktu yang tepat

Waktu yang tepat untuk mengirim pesan ke dosen adalah :

1. Sebelum atau sesudah shalat dhuhur, apabila dosen muslim dan rajin shalat tepat waktu.
2. Sebelum atau setelah makan siang, menjadi waktu lenggang yang bisa dimanfaatkan
3. Sore hari, menjadi waktu istirahat kebanyakan orang, termasuk dosen
4. Setelah atau sebelum isya, apabila dosen muslim dan rajin shalat tepat waktu.

Penting untuk mencari tahu waktu dan kebiasaan dosen sehari hari, sehingga kamu bisa memperkirakan kapan waktu yang tepat untuk menghubunginya. Hindari menghubungi dosen pada waktu sibuk, seperti saat dia mengajar, saat setelah isya, ketika terlalu pagi dan jam jam private lainnya, karena bisa jadi justru akan membuatnya memberi respon negatif pada kamu.

4. Mengirim pesan menggunakan identitas yang jelas

Ini merupakan salah satu kesalahan yang banyak dilakukan oleh mahasiswa baru yaitu menghubungi dosen menggunakan nomor atau identitas yang tidak jelas.

Seperti apa bila kamu memiliki dua nomor yang satu nomor sekunder kemudian kamu menggunakan nomor sekunder tersebut untuk mengirimkan pesan kepada dosen. Hindari hal tersebut dan gunakan nomor seluler utama yang kamu miliki, pasang profil di WA yang jelas dan perkenalkan diri sebelum mengutarakan maksud tujuan

5. Mengutarakan maksud tanpa basa basi

Siapa juga orang yang menyukai isi pesan yang bertele-tele? Begitu juga dengan dosen, kamu harus mengirim pesan to the point, langsung ke inti permasalahan dan seperlunya, singkat jelas tidak usah seperti broadcast di grup WA keluarga yang panjangnya naudzu billah. Oh iya, jangan pakai emoji alay ya.

6. Mengucapkan terimakasih dan salam penutup

Terakhir sebagaimana konsep pengiriman pesan secara formal, sobat kosngosan juga harus mengucapkan terima kasih karena sudah meluangkan waktu membaca pesan yang kamu kirim dan juga ucapkan salam penutup sewajarnya.


Contoh sms ke dosen pembimbing yang sopan


Contoh 1

Assalamualaikum,
Selamat siang Pak, Saya mahasiswa bimbingan Bapak yang bernama Kosngosan. Ingin menanyakan kesediaan waktu bapak untuk menerima saya dalam hal konsultasi KRS yang sudah saya isi. Kapan sekiraya bapak punya waktu? Terimakasih atas waktunya pak.

Contoh 2


Assalamualaikum Pak,
Selamat pagi, Saya atas nama Reza Harahap, mahasiswa bimbingan akademik bapak. Saya ingin bertanya, kapan bapak punya waktu untuk menerima saya bimbingan sekaligus tanda tangan KRS Pak? terima kasih, maaf sudah menganggu waktunya


Contoh sms dosen bimbingan skripsi


Contoh 1

Assalamualaikum Wr, Wb,
Selamat pagi pak, saya Reza mahasiswa Agribisnis, anak bimbingan Bapak. Ingin menyerahkan hasil revisi skripsi saya sekaligus bimbingan lebih lanjut mengenai skripsi saya pak. Apakah bapak ada kesediaan waktu untuk hari ini? Mohon konfirmasinya pak, terimakasih atas waktunya, maaf sudah menggangu.
Wassalamualaikum Wr, Wb,

Contoh 2

Selamat siang Bu, saya Reza Harahap mahasiswa bimbingan Ibu untuk projek penelitian Sawit. Saya ingin berkonsultasi mengenai penelitian saya sekaligus menyerahkan draft proposal skripsi saya untuk direvisi kembali. Untuk hari ini apakah ibu ada waktu ? Terimakasih atas ketersediaannya bu.
Maaf sudah mengganggu waktunya.


Contoh chatting whatsapp dosen mengingatkan


Assalamualaikum Wr, Wb, pak, selamat siang,
Saya Reza Kosngósan, ketua tingkat kelas AGB A Semester IV yang mengambil mata kuliah Ekonomi yang Bapak ampu. Saya ingin mengingatkan besok jam 07.30 WIB kita punya jadwal belajar di ruang Nipah, dengan mata kuliah Ekonomi. Maaf sudah mengganggu waktunya, kami ucapkan terima kasih
Wassalamualaikum, Wr, Wb

Contoh chatting dosen minta izin


Contoh 1


Assalamualaikum Pak, selamat Pagi, Maaf sudah menggangu waktunya
Saya mahasiswa Bapak di mata kuliah Ekonomi, Hari ini saya mau minta izin, ada keperluan mendadak yang penting jadi tidak bisa mengikuti mata kuliah bapak jam 2 nanti. Sebagai gantinya, saya bisa diberi tugas tambahan untuk mengganti ketidakhadiran saya. TTD : Reza Harahap, kelas AGB A, semester III)


Contoh 2

Dengan segala hormat, saya ingin menyampaikan bahwa hari ini tidak bisa mengikuti mata kuliah yang bapak ampu, dikarenakan saya sakit. Berikut data diri saya :

Nama: Muhammad Reza Harahap
Semester: V
Kelas: AGB A
Mata Kuliah : Manajemen Perkebunan
Atas perhatinnya saya ucapkan terima kasih

Baca juga : Contoh Organisasi Luar Kampus yang Bisa Diikuti oleh Mahasiswa Baru


Kesimpulan


Penting untuk diketahui bahwa mengirim pesan kepada dosen memang diperbolehkan, akan tetapi lebih afdol apabila sobat kosngosan sekalian menelpon langsung pada jam jam lenggang. Namun apabila memang kondisi tidak memungkinkan, (seperti tidak ada pulsa atau paket) dan juga tipe dosen yang super duper sibuk, maka sms atau chatting bisa menjadi solusinya

Semoga tips dan contoh sms dan chat untuk dosen diatas bisa bermanfaat dan menjadi referensi buat kalian, para mahasiswa baru. Sehingga mimin tidak ingin mendengar lagi kasus mahasiswa dipanggil ke ruang dosen karena kasus penghinaan atau melanggar norma. Buat yang ingin share, silahkan bagikan tulisan di di media sosial kalian juga ya.
By

0 Response to "Tata Cara SMS dan Chat Dosen yang Sopan Supaya Tidak "Just Read""

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel