Contoh Organisasi Luar Kampus Bagi Mahasiswa Baru

Seperti apa organisasi eksternal yang berada diluar otoritas kampus? Bagi kamu yang ingin bergabung didalam organisasi mahasiswa yang tidak ditemui didalam kampus, maka terdapat beberapa diantaranya. Organisasi eksternal ini biasanya berdiri sendiri tanpa melibatkan peran serta kampus sebagai penanggung jawabnya.

Organisasi mahasiswa adalah Perkumpulan yang memiliki anggota mahasiswa yang bertujuan untuk media penyaluran bakat minat serta potensi dari mahasiswa dalam pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler atau di luar disiplin ilmu dalam pendidikan kampus.

contoh organisasi eksternal kampus

Ada juga perkumpulan mahasiswa tingkat dunia lho. Kalau sobat kosngosan tahu, nama organisasi mahasiswa dunia adalah AIESEC yang merupakan kepanjangan dari Association internationale Des Etudiants en Sciences Economiques et Commerciales (Asosiasi untuk Pertukaran Pelajar dalam Ekonomi dan Perdagangan Internasional). Organisasi ini sudah memiliki anggota dari 127 negara termasuk Indonesia, dan merupakan organisasi kemahasiswaan dunia terbesar saat ini.

Baca juga : Kumpulan Kata Bijak BEM dan Organisasi Mahasiswa

Secara hukum, pihak kampus tidak memiliki kewenangan untuk memberikan pelarangan terhadap setiap kegiatna organisasi ekstra kampus, selama itu tidak melanggar hukum dan ketentuan. Ada banyak egiatan organisasi mahasiswa didalam kampus yang memang menjadikan lingkungan civitas akademi menjadi lebih aktif dan berwarna.

Lalu apa perbedaan antara organisasi internal dan eksternal kampus? Tentunya apabila sobat kosngosan melihat dari budaya organisasi, organisasi internal kampus lebih bersifat kekeluargaan karena memang berasal dari latar belakang yang relatif sama. Selain itu apabila di dilihat dari relasi organisasi eksternal lebih luas karena memang berasal dari berbagai latar belakang di seluruh kampus di suatu daerah.

Ketika kita berbicara mengenai organisasi ekstra kampus, Ada beberapa organisasi yang lazim ditemukan baik itu di perguruan tinggi swasta maupun nasional seperti misalnya Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Badan Legislatif Mahasiswa (BLM) dan Himpunan Mahasiswa Jurusan. Beberapa organisasi tersebut dapat dikategorikan sebagai organisasi internal

Kalau kamu tidak ikut organisasi saat kuliah, alangkah meruginya sobat kosngòsan karena telah menyia-nyiakan kesempatan untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan organisasi yang nantinya dapat meningkatkan skill manajemen, berkelompok dan bekerjasama, komunikasi serta memiliki relasi yang luas.

organisasi mahasiswa

Contoh Organisasi Luar Kampus


Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM)


Seperti namanya organisasi ini memang berada di kampus yang berada dibawah naungan organisasi Muhammadiyah. Walaupun demikian sobat kosngosan tetap bisa bergabung dalam organisasi ini, karena hampir di setiap daerah terdapat Universitas Muhammadiyah.

Dengan bergabung bersama organisasi ini, kamu bisa memperluas relasi mu dengan teman-teman yang aktif di kepemudaan Muhammadiyah. Kamu perlu tahu mengenai sejarah dari lahirnya organisasi ini.

Organisasi ini berada di di bagian angkatan muda Muhammadiyah yang merupakan organisasi otonom di bawah pimpinan pusat Muhammadiyah. Rencana pembentukan dari organisasi ini berawal dari Muktamar ke-25 pada tahun 1936 yang memiliki tujuan untuk mendirikan perguruan tinggi Muhammadiyah.

Himpunan Mahasiswa Islam (HMI)


Salah satu organisasi perkumpulan mahasiswa Islam terbesar di tanah air yang beranggotakan berbagai macam mahasiswa dari berbagai universitas. HMI memiliki kepengurusan yang berasal dari gabungan berbagai kampus, sehingga disebut sebagai organisasi eksternal

Sobat kosngosan bisa menemukan HMI di tingkat kota atau Kabupaten yang biasanya kan memiliki keanggotaan seluruh Universitas atau perguruan tinggi yang ada di daerah tersebut. Sejarah berdirinya organisasi ini dimulai pada tanggal 5 Februari 1947.

Seorang mahasiswa sekolah tinggi Islam yang berasal dari Sipirok, yaitu Lafran Pane, mendirikan organisasi ini setelah ah ah mengadakan rapat di balai perguruan tinggi Gadjah Mada yang dihadiri 30 orang mahasiswa perwakilan. Organisasi ini memiliki tujuan untuk melawan komunis, perpecahan, dan selalu ikut aktif dalam pembinaan atau kaderisasi.

Baca juga : Kumpulan Kata Bijak HMI, Sejarah dan Tujuan Pendiriannya

Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI)


Selanjutnya ada organisasi mahasiswa Islam terbesar kedua setelah HMI yaitu KAMMI, yang juga memiliki keanggotaan dari beberapa kampus di suatu kota atau Kabupaten. Organisasi ini ni berawal dan didirikan sejak tanggal 29 Maret 1999.

KAMMI bersamaan dengan FSLDK X di Universitas Muhammadiyah Malang, didirikan dengan tujuan untuk menciptakan pemahaman komprehensif mengenai konsep dakwah yang Islamiyah, serta memperkuat silaturahmi antar LDK dengan aktivitasnya dan memberikan kontribusi terhadap permasalahan bangsa yang sedang terjadi.

Kamu bisa bergabung dengan organisasi ini, tidak melihat apakah sobat kósngosan berasal dari perguruan tinggi swasta ataupun negeri. Organisasi ini menjadi salah satu favorit mahasiswa baru untuk bergabung dan meniti karir organisasinya

Baca juga : Kata Motivasi KAMMI, Sejarah dan Tujuan dibentuknya Organisasi Ini

Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI)


Seperti namanya organisasi ini adalah perkumpulan dari mahasiswa Kristen di perguruan tinggi Indonesia. Sama dengan organisasi eksternal kampus lainnya pengurus dari GMKI juga berasal dari berbagai kampus dari suatu daerah.

Didirikan pada tanggal 28 Desember 1932 yang diawali dengan terbentuknya Christelijke Studenten Vereeniging op Java (CSV op Java). Hingga saat ini GMKI sudah banyak ditemukan diberbagai perguruan tinggi tanah air, dan menjadi salah satu favorit organisasi bagi teman-teman mahasiswa Kristen

Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII)


Salah satu dari organisasi Islam kepemudaan untuk mahasiswa lintas universitas bernama Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia atau yang biasa disingkat PMII ini didirikan pada tanggal 17 April 1960 di Kota Surabaya.

Walaupun sobat kosngosan mungkin jarang mendengar organisasi ini, namun merupakan salah satu organisasi kemahasiswaan yang cukup tua yang sudah berdiri di Indonesia. Adapun yang melatarbelakangi pendirian organisasi ini adalah karena ketidakstabilan situasi politik bangsa Indonesia pada saat itu serta pisahnya Nahdlatul Ulama dengan Masyumi

Himpunan Mahasiswa Buddhis Indonesia (HIKMAHBUDHI)


Seperti namanya organisasi ini merupakan perkumpulan dari mahasiswa yang beragama Buddha di Indonesia. Kepengurusannya juga berasal dari berbagai mahasiswa yang berasal dari kampus yang berbeda di suatu daerah. Jadi ini bukan organisasi internal kampus.

Sejarah dari berdirinya organisasi ini berawal dari tahun 1988, di mana terdapat majalah terbitan Keluarga Mahasiswa Buddhis Djakarta (KMBD) yang kemudian diubah namanya menjadi Keluarga Mahasiswa Buddhis Jakarta (KMBJ).

Setelah itu mereka mengadakan perkumpulan antar mahasiswa Buddha di 13 kota di seluruh Indonesia dan sepakat untuk membentuk organisasi HIKMAHBUDHI ini. Apabila sobat kosngósan tertarik, bisa bergabung dengan organisasi ini lho

Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (KMHDI)


Organisasi KMHDI ini, adalah organisasi eksternal kampus satu-satunya yang mewadahi teman-teman mahasiswa yang beragama Hindu di tanah air. Organisasi ini berdiri pada tanggal 3 September 1993.

Seperti namanya tujuan dari pendirian organisasi ini memang untuk mewadahi mahasiswa industri Indonesia yang bersifat nasional dan memberikan kontribusi kepada masyarakat dan juga bangsa serta selalu aktif untuk menggelar pengkaderan terhadap anggotanya.

Baca juga : Cara Memulai Bisnis Part Time Sambil Kuliah

Beberapa contoh organisasi di luar kampus seperti yang disebutkan di atas ada baiknya kamu sehingga pergaulanmu lebih luas dan kamu lebih mengenal mengenai cara bekerjasama dalam tim dan berorganisasi dengan baik. Ini akan menjadi nilai lebih bagimu apabila nanti melamar kerja setelah wisuda. Terima kasih sudah berkunjung di kosngosan, jangan lupa bagikan artikel ini dan berikan komentarmu di bawah
By

0 Response to "Contoh Organisasi Luar Kampus Bagi Mahasiswa Baru"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel