Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

18 Jurusan Kuliah untuk Anak SMK yang Gajinya Besar

Jurusan kuliah apa yang bisa kamu ambil sebagai lulusan SMK dengan prospek kerja cerah dan gaji besar? Sebagai salah satu lulusan yang sebenarnya ditujukan untuk langsung bekerja, tidak ada salahnya untuk melanjutkan pendidikan mu ke jenjang yang lebih tinggi, yaitu menjadi mahasiswa di universitas atau sekolah tinggi. Akan tetapi kamu perlu merencanakan terlebih dahulu seperti apa jurusan yang akan kamu ambil ke depan, apakah linier atau justru berbeda sama sekali dengan jurusan mu ketika di sekolah menengah kejuruan.

Sekolah Menengah Kejuruaan atau yang disingkat dengan SMK merupakan pendidikan setingkat SMA yang khusus mempelajari satu bidang tertentu sehingga sobat kosngosan siap untuk bekerja setelah lulus nanti. Ada banyak sekali jurusan yang ada di SMK seperti TKJ, Administrasi, Akuntansi, Teknik, Multimedia dan masih banyak lagi

Namun sayangnya saat ini lulusan SMK dicap sebagai salah satu penyumbang terbesar angka pengangguran di Indonesia. Karena lulusannya semakin banyak, dengan tingkat penyerapan di dunia kerja yang terbilang sedikit.

Ada banyak jurusan SMK yang menjadi sangat populer, dan memiliki jumlah lulusan banyak. Tentu saja ada beberapa jurusan SMK yang banyak dicari orang dan memiliki gaji besar. Namun pada dasarnya semuanya tergantung dari skill dan kemampuan mu ketika bekerja nanti

Bagaimana sejarah berdirinya SMK di Indonesia? SMK pada awalnya nya berasal dari sekolah yang didirikan oleh VOC di beberapa daerah di Indonesia pada masa penjajahan Belanda. Sekolah dengan orientasi kejuruan ini didirikan pertama kali oleh VOC, dengan Jurusan Akademi Pelayaran pada tahun 1743.

Kemudian mulai didirikan sekolah pertukangan di Surabaya sebagai SMK pertama di Indonesia pada tahun 1743. Dan hingga kini SMK sudah banyak ditemukan di berbagai daerah untuk mendukung tenaga trampil yang siap kerja.

Baca juga : Jurusan Kuliah buat Anak IPA


Jurusan Kuliah anak SMK yang Gajinya Besar

smk jurusan apa saja gaji besar

Keberadaan SMK dinilai sangat positif untuk membentuk keahlian anak-anak lulusan SMK dan bisa mendukung industri di tanah air. 

Seperti misalnya produk elektronik yang diciptakan oleh anak jurusna teknik SMK, dan ada juga yang membawa nama baik Indonesia dengan mewakili negaranya di beberapa kompetisi bergengsi dunia.

Walaupun sebenarnya lulusan SMK ditujukan untuk siap kerja ketika lulus, berarti sobat kosngosan tidak bisa melanjutkan studi ke perguruan tinggi. 

Hanya saja kamu perlu untuk melakukan perencanaan lebih matang tentang jurusan apa yang akan kamu ambil nantinya. Jangan sampai kamu salah memilih jurusan dan tidak fokus kuliah.

Jurusan Teknik Lingkungan

Salah satu jurusan kuliah yang paling cocok untuk anak SMK adalah program studi Teknik, di mana kamu bisa mengambil pendekatan secara biologi yaitu teknik lingkungan. 

Jurusan ini cukup prospektif di masa depan kamu bisa menjadi seorang konsultan lingkungan, dosen menjadi seorang pengelola limbah atau ahli ekologi serta bekerja di konservasi alam

Teknik Elektro

Jurusan teknik elektro merupakan salah satu alternatif terbaik bagi sobat kósngosan yang lulus dari SMK dan tentu saja teknik elektro ini akan punya peluang dunia kerja yang baik di masa depan. 

Bila sobat kosngosan seorang anak smk jurusan teknik elektro, para lulusan ini banyak yang menempati posisi tinggi di berbagai perusahaan atau sukses membuat usaha dibidang elektronik sendiri

Jurusan Teknik Informatika

Bagi sobat kosngosan selanjutnya, jurusan kuliah untuk anak SMK bisa memilih prodi ini, karena seperti yang kita tahu, saat ini dunia semakin berkembang dengan berbagai kecanggihan teknologi informasi dan internetnya

Sehingga dalam dunia kerja akan sangat dibutuhkan tenaga ahli dibidang programing misalnya, membuat aplikasi atau menjadi maintenance.

Teknik Otomotif

stm jurusan kuliah

Jurusan teknik selanjutnya yang bisa kamu ambil adalah teknik otomotif dimana kamu sebelumnya sudah memiliki pengalaman di bidang otomotif ketika menjadi siswa SMK, atau biasa disebut anak STM. 

Saat ini ada berbagai universitas yang menyediakan jurusan teknik otomotif, dan memiliki peluang kerja yang aktif di masa depan karena yang namanya industri mobil dan sepeda motor dibutuhkan oleh perusahaan.

Jurusan Multimedia

Salah satu jurusan kuliah buat anak smk yang sangat fleksibel dan dibutuhkan oleh industri kreatif seperti startapp, media massa dan e-commerce adalah jurusan multimedia. 

Arti dari beberapa media berupa teks audio video animasi dan gambar yang disajikan dalam penggunaan komputer dengan bantuan beberapa tool.

Tata Busana

Apabila kamu menyukai dunia seni dan desain sobat kosngosan bisa mengambil jurusan Tata Busana, dimana nantinya kamu bisa belajar dan menghasilkan desain pakaian, yang kemudian kamu bisa menjualnya dengan brand sendiri. 

Prospek menjadi seorang desainer memang cukup kompetitif sehingga kamu harus memiliki kreativitas dan keunikan tersendiri yang bisa membuat orang lain tertarik dengan karyamu

Jurusan Tata Boga

Selanjutnya ada jurusan Tata Boga yang berkutat dengan kuliner atau dunia makanan. Apabila sobat kosngósan saat SMK sudah memilih jurusan ini, kamu tetap bisa mendalami ilmu di perguruan tinggi. 

Kebanyakan jurusan ini hanya sampai pada Diploma 3 dan bisa langsung bekerja di Hotel atau membuka restoran sendiri

Perhotelan

Untuk jurusan perhotelan, memang dinilai sebagai satu jurusan yang banyak di incar oleh industri pariwisata. Terlebih saat ini Pemerintah sedang menggenjot industri pariwisata dan kreatif di tanah air. 

Sehingga jurusan perhotelan cocok untuk anak smk dan bisa kamu ambil ketika ingin melanjutkan studi di perguruan tinggi

Jurusan Akuntansi

Jurusan akuntansi bisa ditemui baik itu di Sekolah Menengah Kejuruaan atau di perguruan tinggi. Apabila sobat kòsngosan mengambil jurusan ini maka kamu tentunya sudah mengambil jurusan akuntansi pada saat SMK, 

Sehingga jurusan kuliah ini linier buat kamu anak smk dan bisa memperdalam ilmu. untuk peluang kerja masa depan kamu bisa menjadi seorang akuntan atau auditor di perusahaan

Perbankan

Dunia perbankan saat ini tetap membutuhkan karyawan dari jurusan ekonomi dan perbankan. Terlebih saat ini kamu bisa mencoba ambil jurusan perbankan syariah 

Dimana banyak bank konvensional mulai membuka cabang Bank Syariah karena tingginya minat masyarakat dengan sistem ekonomi Syariah

Jurusan Pemasaran

Mungkin jurusan ini cukup jarang didengar ada di Sekolah Menengah Kejuruaan. Namun di beberapa kampus sudah ada yang menyediakan jurusan pemasaran atau marketing. 

Apabila sobat kosngòsan mengambil jurusan administrasi, atau yang berhubungan dengan ekonomi pada saat di SMK kemarin, kamu bisa mengambil jurusan ini pada saat kuliah.

Jurusan Jurnalistik

Jurusan jurnalistik atau yang terkait dengan dunia pers memang jarang ditemukan di Sekolah Menengah Kejuruan. Apabila kamu menyukai berita atau jurnalistik. 

Kamu bisa mengambil jurusan ini dan nantinya bisa bekerja sebagai wartawan atau reporter di media massa terkenal.

Jurusan Animasi

Saat ini perkembangan media sosial cukup membantu para animator lokal untuk eksis dan mengembangkan karya mereka. kamu bisa mengambil jurusan animasi, apabila sobat kosngosan menyukai dunia seni dan kreativitas. 

Untuk prospek kerjanya saat ini cukup terbuka lebar karena banyak sekali industri yang membutuhkan animator sebagai salah satu media promosi atau salah satu impian terbesar seorang animator dalam bekerja di perusahaan Disney

Jurusan Agribisnis

Agribisnis merupakan jurusan perpaduan antara bisnis, ekonomi sosial dan pertanian. Di mana saat ini peran dari lulusan ini sangat dibutuhkan oleh dunia pertanian 

Hal ini untuk mengembangkan produk pertanian ke tahap yang lebih eksklusif dan memiliki nilai lebih untuk dijual.

Jurusan Pertanian

Hampir setali tiga uang dengan jurusan agribisnis, jurusan pertanian secara umum mempelajari pertanian seperti misalnya budidaya dan cara panen secara teknis. 

Ada banyak sekali SMK pertanian dan sobat kosngosan bisa melanjutkan kuliah dan mengambil jurusan pertanian misalnya di Agroteknologi atau teknologi hasil pertanian

Jurusan Farmasi

Dunia kesehatan membutuhkan yang namanya tenaga farmasi sebagai peracik obat. Jurusan ini terkait dengan obat-obatan dan bagaimana kamu menemukan obat yang tepat untuk penyakit tertentu pada manusia. 

Prospek kerjanya sangat dibutuhkan karena memang tidak ada teknologi yang bisa menggantikan peran dari seorang farmasi

Jurusan Kehutanan

Di Indonesia saat ini terdapat berbagai sekolah menengah jurusan kehutanan yang menghasilkan lulusan yang siap untuk bekerja didaerah hutan. 

Mohon sobat kosngosan juga bisa melanjutkan studi di perguruan tinggi dengan mengambil jurusan kehutanan. Sebagian dari kampus memasukkan jurusan kehutanan ke dalam fakultas pertanian

Studi Administrasi Perkantoran

Terakhir tentu saja sangat banyak diminati oleh lulusan SMK, yaitu jurusan administrasi perkantoran yang memiliki prospek kerja yang kompetitif. 

Nantinya kamu akan sebagai admin atau yang berkaitan langsung dengan dokumen perusahaan. Jurusan ini juga bisa ditemukan di perguruan tinggi sehingga kamu bisa melanjutkan pembelajaran yang kamu dapatkan semenjak SMK



Tonton Tips Memilih Jurusan Kuliah untuk Anak SMK

Tonton juga videonya dibawah ini, jangan lupa Like, Share dan Subscribe channel kosngosan di youtube ya




Kesimpulan

Pada akhirnya kamu yang akan memilih apakah akan bekerja atau melanjutkan studi ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Kamu harus meminta pendapat dari orang-orang di sekitarmu termasuk keluarga, bagaimana pendapat mereka mengenai rencanamu yang hendak melanjutkan studi ke perguruan tinggi.

Semoga dengan memberikan beberapa daftar jurusan kuliah untuk anak SMK di atas dapat membantu dan menjadi referensi untuk kalian yang saat ini sudah lulus dan ingin lanjut ke kampus idaman kalian. 

Terima kasih sudah berkunjung di blog kosngosan.com, Jangan lupa untuk share artikel ini dan berikan komentar kalian di bawah
Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya