Cara Mencari Universitas dan Jurusan Terbaik di Indonesia

Perguruan tinggi adalah tempat dimana orang melakukan proses pembelajaran, penelitian dan pengabdian terhadap masyarakat. Banyak orang yang bercita cita hendak kuliah di berbagai kampus terbaik di tanah air. Namun tidak sedikit yang gagal karena kurangnya persiapan dan rencana yang tidak matang. Lalu seperti apa tips agar dapat masuk di salah satu perguruan tinggi favorit mu?
cari kampus terbaik

Untunya pada kesempatan kali ini kosngosan akan memberikan beberapa tips untuk dapat diterima di perguruan tinggi populer di Indonesia. Beruntunglah kamu yang memiliki kesempatan dan kekuatan materi untuk melanjutkan pendidikan mu pada jenjang yang lebih tinggi. Karena sebagian lagi saudara kita yang kurang beruntung harus rela memendam keingingannya belajar dan memilih untuk bekerja.

Kita semuanya tahu bahwa diterima masuk pada universitas yang terbaik tentunya membutuhkan persiapan belajar yang ekstra dan berkelanjutan. Ditambah dengan membaca artikel pada kosngosan kali ini, kamu akan diajak untuk menerapkan hal hal sederhana sebelum mendaftarkan diri lewat berbagai jalur masuk perguruan tinggi.

Baca juga : Pilih kerja kantoran atau berwirausaha setelah lulus kuliah?

Mimin mengumpulkan panduan berikut untuk membantumu, para pencari kampus terbaik setelah masa sekolah menengah atas-mu berakhir. Semoga membantu kamu dalam menemukan lembaga pendidikan yang tepat untuk memulai studi mu demi karir dan pekerjaan idaman dimasa depan.

Survei dan riset ke berbagai perguruan tinggi


Luangkan waktu mu untuk melihat semua universitas yang menjadi list pertimbanganmu , begitu juga tempat dari kamus incaranmu berada. Ini akan memberi kamu gambaran umum  kehidupan seperti apa di universitas tersebut.

Ingat, jika kamu ingin mencari universitas yang terbaik, maka kamu harus memastikan semua aspek sesuai dengan perhitungan dan ekspektasimu. Ada banyak cara yang tersedia untuk mencari tau dan mengkepoin tentang kampus dan kota tempat dimana kamu bakal hidup dan menimba ilmu tersebut buka.

Bila ternyata letaknya cukup jauh, kamu tinggal tanyakan kepada saudara, teman atau kenalan lain di media sosial mu mengenai kampus incaran mu tersebut. Kepoin juga website dan media sosial resminya. Bila berkenan kamu juga bisa langsung menghubungi pihak kampus untuk sekedar bertanya mengenai fasilitas, uang kuliah dan sebagainya.

Mengikuti kursus atau bimbingan belajar untuk pengembangan diri


Apa saja yang ingin kamu pelajari? Dimana tempat terbaik untuk pergi melakukan kursus itu? Siapa yang menawarkan prospek pekerjaan terbaik? Ada lebih banyak pertanyaan di sini daripada jawaban, memang, namun mengetahui sedikit informasi ini akan membantumu dalam memperkecil jumlah daftar kampus impianmu.

Satu hal yang penting adalah daripada terlalu terperangkap dalam berbagai kursus, buatlah daftar pendek dari apa yang dapat kamu pelajari. Jadikan itu sebagai daftar riwayat pengalaman dan itu akan memberikan nilai plus. Sehingga kamu akan lebih mudah diterima pada seleksi masuk perguruan tinggi.

Cek akreditas kampus di laman BAN-PT


Kampus dan jurusan yang terbaik tentu saja memiliki akreditasi A dari beberapa lembaga resmi yang bertugas untuk melakukan akreditasi, misalnya dalah BAN-PT. kamu bisa mengecek langsung status akreditas kampus incaranmu dan pastikan bahwa mereka punya status yang baik.

Mengapa hal ini penting? Karena akreditas juga sangat berpengaruh terhadap susah gampangnya kamu diterima di perusahaan, apalagi perusahaan besar dan milik pemerintah. Akreditas bsia dijadikan patokan sejauh mana kualitas lembaga tersebut.

Pertimbangkan status negeri dan swasta


Perguruan tinggi negeri pada umumnya memag lebih banyak disukai ketimbang perguruan swasta. Mengapa? mungkin karena uang kuliah di kampus negeri lebih murah dan umumnya memiliki faslitas yang mumpuni (walaupun banyak kampus swasta yang punya faslitas kelas wahid)

Tidak masalah kamu akan memilih kampus negeri atau swasta. Yang terpenting adalah kamu bisa kuliah dengan baik, mendapatkan layanan pendidikan yang terbaik juga dengan tenaga pengajar dosen yang kompeten dibidangnya.

Pilihlah jurusan yang sesuai dengan passion-mu


Ini adalah hal paling penting, memilih jurusan yang sesuai dengan bakat dan kemampuanmu. Jangan sampai salah jurusan. Ada banyak lulusan sma sederajat yang memilih jurusan dan perguruan tinggi karena ikut ikutan teman. Hal ini tentu tidak bisa dibenarkan.

Walaupun sebenarnya kamu memilih kampus paling top dan populer di Indonesia, minimal kamu harus memilih jurusan yang sesuai dengan passion mu. Sehingga nantinya kamu pun bisa kuliah dengan fun, tidak terbebani dengan segala tugas yang ada.

Perhatikan lingkungan dan lokasi kampus


Pertimbangkan juga mengenai lingkungan, fasilitas dan kegiatan luar kampus yang mendukung hobi dan bakatmu. Seperti arena olah raga, kehidupan malam, seberapa mudah saya bisa ke dan dari rumah? Mengetahui semua fakta ini akan membuat kamu menemukan universitas yang tepat di lokasi yang tepat dengan lebih mudah.

Mempersiapkan dokumen yang diperlukan


Jadi anggap saja sekarang kamu telah memilih salah satu perguruan tinggi, maka hal terakhir yang perlu kamu persiapakan adalah mendaftar pada universitas tersebut. Dengan memanfaatkan layanan online yang telah banyak diaplikasi ke setiap universitas, kamu bisa dengan mudah mendaftar online ke berbagai universitas.

Jika kamu ingin mencari universitas impianmu sekarang, ada banyak media yang membantumu di luar sana untuk membuat pilihan yang tepat. Yang penting untuk diingat adalah memilih berdasarkan  mana yang paling penting bagimu. Karena kampus yang terbaik bagimu akan mengantarkan kepada peluang karier yang lebih cerah.

Baca juga : Bocoran Cara Menjawab Soal SBMPTN Terbaru dan Pembahasannya

Bagaimana, sudah memutuskan untuk melanjutkan studi mu kemana? mimin yakin kamu sudah cukup dewasa untuk menentukan keputusan mu sendiri. pertimbangkan dengan matang dan jangan lupa meminta restu dari orangtua ya.
By

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel