7 Tips Menjawab Soal SBMPTN dengan Mudah dan Lulus 100%

SBMPTN atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri merupakan sebuah rangkaian ujian yang di lakukan untuk menyeleksi calon mahasiswa baru yang akan di terima oleh perguruan tinggi negeri. Ujian ini di lakukan secara nasional dengan menggunakan sistem ujian tertulis. Bagi para calon mahasiswa, ujian tertulis pada SBMPTN dianggap lebih efisien dan fleksibel karena menerapkan sistem lintas wilayah. Selain itu, pemerintah tidak perlu mengeluarkan modal yang lebih banyak untuk melakukan tes tertulis ini.

Pada tahun - tahun sebelumnya, ujian SBMPTN menerapkan sistem penilaian 4 - 0 - ( -1 ) yang artinya setiap calon mahasiswa atau peserta akan mendapatkan 4 poin untuk tiap soal yang di jawab dengan benar, 0 poin untuk tiap soal yang tidak di jawab, dan -1 poin untuk setiap soal yang di jawab dengan salah.

cara menjawab soal sbmptn

Baca juga : Tips Lulus SBMPTN Tanpa Bimbel yang Efektif

Namun, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan secara mendadak melakukan perubahan terhadap sistem penalian ini. Perubahan ini terbilang sangat mendadak karena baru di umumkan pada kurun waktu kurang dari satu bulan sebelum pelaksanaan.

Perubahan sistem scoring atau penilaian ini pastinya membuat para calon peserta menjadi lebih kesulitan. Hal ini dikarenakan ujian SBMPTN mulai menerapkan sistem penilaian dengan penambahan poin sesuai karakteristik atau tingkat kesusahan pada tiap soal.

Artinya, jika peserta menjawab dengan benar soal yang memiliki tingkat kesulitan yang tinggi, maka poin yang ia dapatkan juga akan lebih banyak. Sedangkan peserta yang hanya dapat menjawab soal dengan tingkat kesulitan yang rendah, maka poin yang ia dapatkan akan lebih sedikit.

Tips Menghadapi Ujian SBMPTN


Hal ini pastinya membuat kalian kebingungan dalam mengisi ujian ini. Ditambah lagi dengan jumlah waktu yang sangat singkat, pastinya membuat anda tidak akan sempat mengisi semua soal yang ada di lembar ujian. Oleh karena itu, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kalian gunakan saat sedang menjalani ujian SBMPTN.

Pilih jurusan yang tepat


Memilih jurusan yang tepat sebelum ikut ujian SBMPTN adalah salah satu kunci keberhasilan diterima atau tidaknya kamu. Sesuai di sini maksudnya adalah sesuai dengan keterampilan kemampuan dan tidak menjadi beban dan bisa menyelesaikan biaya serta lamanya pendidikan mu nantinya.

Perkuat motivasi dalam diri


Kamu harus memotivasi diri sendiri untuk bisa menghadapi seluruh tantangan ketika akan menghadapi soal SBMPTN nantinya. Tanpa motivasi yang kuat tentunya kamu akan kurang tampil percaya diri, jadi perlu sekali untuk memotivasi dan memberikan semangat terhadap diri sendiri

Atur jadwal belajar sebaik mungkin


Kamu tentu tidak bisa lulus SBMPTN tanpa belajar dan tanpa adanya persiapan bukan? Oleh karena itu kamu memerlukan jadwal belajar yang rutin serta teratur supaya tidak bentrok dengan kegiatanmu yang lain. Jadwal yang benar adalah jadwal yang memberikan waktu yang proporsional untuk belajar

Belajar kelompok bersama teman


Untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi ujian dan soal SBMPTN, kamu bisa berlatih soal dengan teman-teman dengan membentuk grup atau kelompok belajar bersama yang nantinya akan saling membantu untuk membahas soal-soal yang dirasa sulit. Tentunya ini sangat efektif dan efisien dalam pemahaman materi pembelajaran.

Sharing dengan senior dan guru yang kompeten


Ketika kamu mentok dan ingin mengetahui jawaban dari soal-soal yang sedang kamu bahas, kamu bisa meminta bantuan senior yang sudah mengikuti SBMPTN sebelumnya, juga bisa meminta bantuan dari guru yang kompeten di bidangnya.

Kerjakan Soal Yang Mudah terlebih Dahulu


Hampir di setiap jenis ujian, menjawab soal yang lebih mudah merupakan strategi yang paling efektif yang bisa kalian lakukan. Dalam ujian, tidak ada aturan bahwa kalian perlu menjawab soal secara berurutan. Sehingga, kalian bisa melakukan skimming atau membaca seluruh soal secara sekilas. Kemudian, tandai soal - soal yang kalian kira dapat di jawab dengan cepat atau percaya diri. Dengan begitu, kalian bisa menghemat waktu untuk menjawab lebih banyak soal.

Selain itu, metode ini juga dapat meningkatkan kepercaya dirian anda selama ujian berlangsung. Jika menjawab soal ujian secara urut, kemungkinan besar kalian akan berhenti atau berpikir di waktu yang lama pada nomor ke 5 - 6. Hal ini merupakan salah satu gangguan yang dapat menurunkan rasa percaya diri, menyebabkan panik, hingga hilangnya konsentrasi.

Jangan Berpikir di Satu Soal Terlalu Lama


Waktu untuk pelaksanaan ujian SBMPTN terbilang sangat singkat untuk jumlah soal yang cukup banyak. Meskipun soal yang lebih sulit atau lebih berbobot memiliki jumlah poin yang lebih banyak, namun ada baiknya jika kalian tidak berhenti pada satu soal untuk waktu yang lama.

fokus menjawab sbmptn

Mengingat belum ada kepastian dengan jumlah poin yang akan kalian terima. Ada kemungkinan jika kalian menjawab 5 soal dengan tingkat kesulitan rendah akan mendapatkan poin lebih banyak daripada menjawab 2 soal dengan tingkat kesulitan tinggi.

Jangan Asal dalam Menjawab Soal


Meskipun sistem pengurangan poin sudah di hapuskan, namun buka berarti kalian bisa menjawab dengan asal pada pertanyaan yang sulit. Hal ini justru dapat membuat poin anda berkurang karena pemilihan jawaban yang kurang berbobot.

Sebenarnya, dengan sistem penilaian yang sekarang, kalian boleh menjawab dengan asal. Namun, pastikan terlebih dahulu bahwa soal yang kalian jawab secara asal memiliki kemungkinan salah yang besar.

Baca juga : Tips dan Syarat Lulus SNMPTN Jalur Undangan Universitas

Demikianlah beberapa tips bocoran dalam menjawab soal SBMPTN yang harus kamu ketahui. Ada baiknya kamu memang mempersiapkan diri dalam menghadapi ujian nantinya. Jangan percaya akan bocoran jawaban yang sebenarnya akan merugikan kamu sendiri. Yakinlah akan kemampuan dirimu sendiri. Silahkan berikan komentar dibawah ini.
By

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel