Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Tips Lolos SNMPTN Jalur Undangan buat Calon Mahasiswa

Bagaimana cara lulus seleksi SNMPTN jalur undangan pada tahun ini? Jalur penerimaan SNMPTN atau Jalur Undangan bagi masing masing perguruan tinggi memang menjadi banyak incaran calon mahasiswa.Seperti apa sih persyaratan snmptn jalur undangan? Berikut juga penjelesan cara mendaftar snmptn dengan jurusan dan universitas yang kita incar? Serta kapan pengumuman snmptn akan keluar? Oleh karena itu kamu perlu menyimak pembahasan kosngosan ini.

Siapa yang tidak mengenal SNMPTN? Kamu yang menjadi mahasiswa sekarang mungkin adalah salah satu hasil dari penerimaan jalur undangan ini. Atau kamu yang masih SMA pasti akan akrab sekali dengan istilah ini, bila memang berniat hendak melanjutkan studinya ke perguruan tinggi.

SNMPTN adalah singkatan dari Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri yang sering kita sebut sebagai jalur undangan. Mekanismenya adalah siswa tidak lagi diharuskan untuk menjalani ujian seperti SBMPTN, karena sudah mendapatkan rekomendasi dari pihak sekolah dan dinas pendidikan didaerah untuk kemudian langsung diterima masuk menjadi salah salah satu mahasiswa di perguruan tinggi negeri di seluruh Indonesia.

Boleh dikatakan SNMPTN adalah bentuk kerjasama pihak sekolah dengan perguruan tinggi dalam mengakomodir para siswa potensial untuk diberikan akses masuk perguruan tinggi secara lebih mudah dan efektif.

Kapan pendaftaran SNMPTN tahun 2018 berlangsung? Jalur seleksi ini dilakukan di waktu yang lebih awal dibandingkan seleksi masuk SBMPTN. Berdasarkan informasi yang mimin lansir dan situs resmi SNMPTN, tahun ini alur pendaftarannya sebagai berikut :

  1. Pengisian serta validasi  PDSS tanggal 13 Januari sampai 10 Februari 2018
  2. Pendaftaran pada tanggal 21 Februari sampai 6 Maret 2018
  3. Pengumuman Hasil Seleksi pada tanggal 17 April 2018
  4. Proses verifikasi dokumen dan pendaftaran ulang di perguruan tinggi negeri masing-masing bagi yang lulus seleksi dilaksanakan pada tanggal 8 Mei 2018

Nah bagi kamu yang sudah mendaftar SNMPTN dan sedang menunggu pengumumannya, mungkin bisa membaca beberapa tips dibawah ini tentang syarat lulusnya.

Baca dulu : Jurusan Kuliah TERBARU yang Potensial di Masa Depan

Selain itu kamu bisa menjadikan informasi dibawah ini sebagai pembelajaran kepada juniormu agar bisa mengikuti seleksi ini lebih baik lagi. Bukankah diterima di PTN melalui jalur seleksi ini akan menaikkan pamor sekolah asalmu? Oleh karena itu kamu perlu menyimak beberapa panduannya :


Tips SNMPTN


tips lolos snmptn undangan

1. Persyaratan Dasar SNMPTN


Sebelum mendaftar seleksi ini, kamu harus tahu dulu mengenai ketentuan pendaftarannya. Seperti masing masing PTN akan memberikan kuota 30 persen untuk mahasiswa dari seleksi ini. Dan hanya siswa yang tamat tahun 2018 yang bisa mengikuti seleksi ini.

Kamu harus bersaing lagi dengan masing masing sekolah di tempat asalmu. Hukum akreditasi sekolah bermain. Semakin baik akreditasnya, semakin mudah diterima oleh PTN. Oleh karena itu mendapatkan rekomendasi dari pihak sekolah adalah hal yang mutlak.


2. Mempersiapkan nilai rapot dan pencapaian yang linier


Nilai rapot dimulai dari semester 1 hingga 5 akan menjadi acuan pihak sekolah dalam merekomendasikan kamu sebagai perwakilan untuk mengikuti seleksi ini. Selain itu peringkat atau rangking mu juga menjadi salah satu faktor.

Itulah sebabnya ketika kamu ingin lulus pada seleksi ini, sebenarnya kamu sudah harus mempersiapkan diri dari awal saat pertama kali masuk SMA. karena ini akan sangat mempengaruhi sukses tidak nya kamu dalam diterima di perguruan tinggi tersebut


3. Pilih Jurusan yang Menjadi Passionmu (Mempertimbangkan Peluang)


Jangan asal memilih jurusan di perguruan tinggi, bila tidak mau mengalami kegagalan dan mempermalukan pihak sekolah yang sedari awal sudah merekomendasikanmu.

Oleh karena itu pilihlah jurusan yang benar benar kamu yakin akan mengembangkan karier dibidang tersebut. Jangan lupa pelajari tentang jurusan yang akan kamu pilih tersebut di google.


4. Tentukan Passing Grade


Sebenarnya tidak selamanya passing grade rendah akan meningkatkan kans mu untuk diterima. Yang terbaik adalah kamu hitung kemampuan nilaimu dengan kesesuaian jurusan yang akan kamu ambil. Apa itu PG?Passing Grade adalah rerataan standar setiap jurusan perguruan tinggi dimana penentuannya bergantung dari jurusan yang dipilih dan kamu bisa memilih PT tertentu sebagai patokan

Meski pun sebenarnya tidak terdapat passing grade secara resmi dan standar, akan tetapi sobat kosngosan bisa mengeceknya di Internet, dan setidaknya mendapat gambaran PG di jurusan dan universitas yang akan kamu incar seperti apa.


5. Akreditas Sekolah


Tentu saja akreditas sekolah juga ikut mempengaruhi seberapa sukses nya kamu diterima snmptn jalur undangan pada tahun ini.

Selain itu Faktor Indeks juga menjaikan patokan nilai sekolah di suatu perguruan tinggi negeri. Misalnya. Indeks di sekolah "Kosngosan" pada perguruan tinggi A dapat berbeda dengan indeks sekolah "JAYA RAYA" pada perguruan tinggi negeri Z


6. Kunjungi Website Resmi SNMPTN


Mengunjungi situs resminya akan memberikan kamu informasi terkini mengenai jadwal dan alur pendaftaran. Kamu bisa mengakses menggunakan laptop, pc atau smartphone kesayanganmu. Jangan lupa share juga informasinya kepada teman teman lainnya agar mereka juga tahu info terbarunya.

Kamu bisa mengunjungi laman resminya di sini : snmptn.ac.id


7. Hubungi Senior Sebelumnya yang Sudah Diterima PTN


Hal ini penting supaya kamu bisa tahu hal teknis apa saja yang harus dipersiapkan. Mintalah nomor kontaknya dari guru atau kenalanmu. Perkenalkan dirimu terlebih dahulu. Tanyakanlah hal hal apa saja yang bisa di lakukan serta mintalah pendapatnya mengenai pilihan jurusan yang akan kamu ambil.

Bila seniormu itu baik, dia tidak akan segan segan untuk membantumu. Bahkan bila kalian satu perguruan tinggi, fakultas bahkan sejurusan, dia bisa dengan senang hati memberikan info mengenai daerah sekitar kampus. Menarik bukan?


8. Kualitas Alumni


Tentu saja ini diluar kendali mu bukan? Seberapa sukses seniormu kuliah di perguruan tinggi incaranmu, tentunya akan cukup mempengaruhi perguruan tinggi tersebut untuk memilih dari sekolah yang sama lagi pada tahun tahun berikutnya

Senior kamu yang masuk di jurusan yang kamu incar, akan bisa memberikan pengaruh positif atau negatif pada kelulusan mu kali ini.. Apabila alumni tersebut dinilai bagus, tentunya sangat baik untuk kesempatan kamu diterima, begitu juga sebaliknya


9. Jumlah Peminat Jurusan


Sangat logis apabila suatu jurusan sulit untuk dimenangkan, karena peminatnya banyak. Tentunya kamu harus bersaing dengan ribuan pelamar di luar sana. Akan berbeda jika kamu memilih jurusan yang sepi peminat.

Misalnya apabila di sekolahmu banyak yang memilih jurusan keguruan, maka dapat dipastikan kans kamu cukup kecil untuk menang di jurusan yang sama. Hal ini karena kamu harus bersaing dengan pelamar lain di sekolah yang sama dan juga di sekolah lainnya. Tapi kalau kamu yakin bisa menang, tidak apa apa juga kamu perjuangkan itu


10. Berdoa Sembari Menunggu


Hal yang paling penting selama kamu menunggu pengumuman SNMPTN adalah berdoa dan terus melakukan aktifitas positif.

Dengan berdoa kamu akan lebih ikhlas menerima keputusan apapun yang nantinya akan keluar. Yakinlah bahwa Tuhan akan memberikan yang terbaik untuk kamu. Bila memang kamu sukses, maka kamu perlu belajar lebih giat lagi mempersiapkan masa studimu di kampus.

Apabila kamu gagal, kamu bisa menjalani seleksi SBMPTN atau jalur mandiri. Untuk pembahasan jalur SBMPTN akan mimin bahas pada postingan berikutnya.


Baca Juga : Tips Lulus Ujian SBMPTN tanpa Bimbel


Kata Penutup


Mendaftar dan sukses diterima seleksi masuk snmptn di universitas dengan jurusan impianmu memang menjadi salah satu impian banyak orang.

Namun yang lebih penting adalah jangan sampai kamu mempermalukan pihak sekolah dengan IPK mu yang anjlok pada saat kuliah. Menjaga nama baik sekolah dengan rajin belajar dan memiliki IPK yang bagus merupakan langkah untuk melindungi junior mu juga dalam penerimaan SNMPTN tahun depan.

Demikian artikel yang berjudul Tips Lulus SNMPTN Jalur Undangan  kali ini. Semoga kamu diterima dalam jalur undangan tahun ini dan masuk di perguruan tinggi favoritmu tanpa ujian lagi. Terakhir jangan lupa untuk memberikan komentar mengenai pengalamanmu dalam mempersiapkan berkas berkas SNMPTN ya.
Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya