Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

11 Kelebihan Usaha Sendiri dan Jadi Karyawan

Apa kelebihan membuka bisnis sendiri atau menjadi karyawan? Masing masing memiliki kelebihan dan kekurangannya masing masing. Bekerja memang menjadi tujuan akhir dari pendidikan formal. Dengan menyandang gelar sarjana atau lulusan sekolah, kamu bisa melamar pekerjaan dan menempati posisi karier yang kamu idamkan dengan gaji yang mumpuni. Namun sebagian orang lebih suka untuk memulai sendiri bisnisnya, seperti yang biasa kita sebut sebagai wirausahawan atau enterpreneur.

Kamu yang pada awal kuliah umumnya masih sedikut kebingungan dengan tujuan karir yang nantinya akan diambil setelah lulus. Mungkin ada yang sudah mantab ingin bekerja di perusahaan A dan banyak pula yang ditengah perjalanan mengalami fase dilema yang disebabkan berbagai faktor.

Hal ini memang wajar karena kamu sudah memiliki sudut pandang yang semakin luas akibat semakin bertambahnya pengetahuan. Hal ini tak pelak membuat mu berubah minat. Saat ini banyak generasi milenial yang sedang kuliah di perguruan tinggi terbagi menjadi 3 golongan.

Pertama mereka yang dengan yakin menginginkan pekerjaan yang diimpikan. Yang kedua mereka yang ragu apakah ingin menjadi pebisnis atau pegawai kantoran. Dan yang terakhir adalah yang tidak tahu sama sekali ingin seperti apa nantinya.

Kamu yang baru lulus dari perguruan tinggi atau yang biasa disebut fresh graduation cenderung berprilaku berbeda bila dibandingkan dengan generasi mahasiswa dahulunya. Lulusan millenial kini lebih suka berkarir secara mandiri, bebas dan tanpa tekanan. Ada bnyak HRD yang mengeluhkan sulitnya mencari lulusan yang mampu bekerja dengan ketatnya peraturan kantor. Ketika didapatpun, kebanyakan tidak bertahan lama dan memilih untuk resign.

Baca dulu : Usaha yang Cocok Setelah Resign dari Bekerja


Pilih kantoran vs berwirausaha


Usaha Sendiri Jadi Karyawan

Lalu bagaimana seharusnya sikap yang diambil oleh para lulusan muda ini? Sangat disarankan untuk masuk terlebih dahulu dalam dunia profesional perkantoran. Mengapa hal ini dinilai penting? Karena para fresh graduate yang minim pengalaman tersebut akan sangat kesulitan bila memaksakan diri untuk terjun langsung tanpa persiapan pada dunia enrepreneurship.

Lulusan muda ini seharusnya menjajal dunia kerja meski dalam waktu singkat. Ada banyak struggling akan lebih berat bila kamu langsung terjun ke dunia usaha setelah lulus kuliah. Karena semua hal harus kamu pelajari dari awal yang seharusnya bisa didapat di dunia kerja, salah satu contohnya adalah sistem kerja perusahaan.


Kelebihan Usaha Sendiri


Memiliki waktu kerja yang fleksibel

Bagi yang memiliki usaha sendiri, tentu saja sobat kosngosan bebas untuk berjualan atau memulai bisnisnya kapan saja dan dimana saja dia kehendaki. Kamu bisa memulai bisnis kapanpun kamu mau dan bersifat fleksibel. Hal ini berbeda dengan karyawan yang harus datang setiap waktu yang sudah ditentukan


Mandiri secara finansial

Orang yang memulai bisnis sendiri adalah mereka yang memiliki keadaan finansial yang mandiri dan bebas dari tekanan atasan. Karena gaji atau penghasilan mereka tidak berdasarkan pemberian dari atasan maka mereka hanya terpengaruh dari produktivitas kerja mereka sendiri


Mendapatkan profit lebih banyak

Kebanyakan para pengusaha lebih cepat kaya dibandingkan karyawan kantoran. Karyawan kantor anaknya mendapatkan gaji tetap setiap bulan dengan penambahan gaji yang kecil sementara bagi pengusaha bisa melipatgandakan keuntungannya dengan mengekspansi bisnis


Membantu masyarakat dengan usaha konkrit

Banyak bisnis kecil menengah dan mikro yang telah memberikan manfaat secara nyata kepada masyarakat karena telah memberikan produk atau barang yang dijual sesuai dengan solusi dari masalah yang sedang dihadapi oleh masyarakat saat ini


Mendemonstrasikan kemampuan secara penuh

Buat kamu yang berbisnis secara mandiri maka Sebenarnya kamu sudah memiliki kesempatan yang penuh terhadap manfaatkan kapabilitas dan kemampuan dirimu sendiri untuk mengelola bisnis tanpa ada tekanan dan aturan dari atasan


Menjadi BOS

Tentu saja orang yang memulai bisnisnya dia akan menjadi bos atau atasan bagi bisnis sendiri walaupun dalam skala yang kecil. Ibarat peribahasa, lebih baik jadi kepala kucing dibandingkan jadi ekor singa. Artinya sekecil apapun bisnismu kamu tetap jadi bosnya.


Kelebihan Jadi Karyawan


Mendapatkan modal dari gaji

Salah satu kelebihan dari karyawan kantoran yang sudah pasti adalah bila kamu bekerja dengan sungguh-sungguh untuk menyisihkan sebagian dari gaji untuk di tabung sebagai modal usaha. Jadi kamu bisa bekerja dengan normal tanpa takut tidak memiliki penghasilan, seperti para wirausahawan. kesempatan ini banyak dimanfaatkan oleh banyak karyawan yang masih kurang modal.


Banyak memiliki relasi

Sebagai karyawan, kamu pastinya akan banyak menemukan rekan kerja disekelilingmu. Baik itu teman kerja, pelanggan, maupun klien bisnis dan kompetitior perusahaan yang kita kenal dari perusahaan lain yang bekerja sama dengan perusahaan tempat kita bekerja. Banyak relasi adalah aset yang penting.


Mampu berkomunikasi

Biasanya bila kamu bekerja di suatu perusahaan maka kamu pastinya akan memiliki kemampuan dalam berkomunikasi karena kamu pasti pernah mengikuti meeting atau kegiatan Rapat yang dilakukan oleh perusahaan dan kamu tugas kan untuk mempresentasikan proyek atau pekerjaan mu


Mendapatkan tambahan keterampilan

Bagi karyawan kantoran mereka memiliki tambahan keterampilan yang bisa dipelajari ketika bekerja seperti misalnya bagaimana cara menghitung laporan keuangan kantor, Bagaimana cara mengoperasikan Microsoft Excel dan sebagainya. Jadi terkadang kamu bisa mengerjakan sesuatu diluar kemampuan mu dan bisa belajar hal-hal baru


Mudah memahami karakter orang lain

Bekerja dalam satu tim atau kelompok memang menjadikan kamu mudah untuk memahami karakter orang lain. Hal inilah yang membuat para pekerja kantoran biasanya lebih bersifat ekstrovert dan memiliki relasi bisnis yang luas


Tips Bekerja Profesional


Sebagai lulusan muda yang minim pengalaman, apa yang harus dipersiapkan untuk memasuki dunia profesional supaya tetap profesional dan keren?

Seorang lulusan sarjana memilih memasuki dunia profesional adalah hal yang cukup riskan bila dikaji lebih jauh. Namun untuk meminimalisir resiko, ada beberapa persiapan untuk dilakukan supaya lebih matang dalam memasuki dunia kerja profesional tersebut, diantaranya :

Langkah pertama,

Adalah mengenal diri sendiri. Apa kelebihan yang dimiliki, apa kelemahan yang ingin dihindari, dan ilmu apa yang ingin diperdalam saat nanti menempuh karir.

Langkah kedua,

Adalah fokus lah bekerja dan jangan terlalu mementingkan jumlah gaji yang akan didapat, karena fokusmu adalah untuk mendapat pengalaman dan ilmu sebanyak-banyaknya.

Ada banyak perusahaan yang menggaji lulusan muda dengan jumlah yang kecil, namun bila perusahaan tersebut memiliki reputasi dan menempatkan kamu pada posisi penting hal ini tentunya menjadi kesempatan emas untuk pengembangan karir mu kedepannya.

Langkah ketiga,

Membuat CV atau riwayat hidup yang baik dan benar, kemudian mencari pekerjaan yang memang diinginkan. Baca pembahasan cara membuat surat lamaran dan cv disini.

Karena masih banyak fresh graduate yang melakukan banyak kesalahan saat mengirim data riwayat hidup, namun tidak menyadari kesalahan tersebut sehingga waktu terus berjalan dan fresh graduate tidak kunjung mendapatkan pekerjaan.

Perhatikan bahwa IPK juga bukan selalu menjadi patokan bagi perusahaan dalam menentukan diterima atau tidaknya kamu. Sangat banyak perusahaan yang tidak peduli berapa nilai yang kamu miliki, namun biasanya mereka melihat apakah kamu memiliki potensi dan bakat yang mereka cari selama ini.

Baca juga : Cara Bertanya Lowongan Kerja Lewat Email


Kata Penutup


Bekerja apa pun itu yang penting halal adalah suatu kegiatan yang harus dilakukan oleh manusia bila ingin tetap bekerja dan menghasilkan uang. Semoga informasi memilih kerja kantoran atau berwirausaha setelah lulus kuliah kali ini dapat membantu kamu yang sudah semester akhir atau yang baru lulus kuliah bisa mengerti bagaimana lika liku dunia kerja itu.

Kamu juga harus tahu bahwa mencari pekerjaan impian pada dasarnya membutuhkan proses tidak cepat. Maka bersabarlah, sambil share tulisan ini mimin doakan kamu supaya cepat keterima, amin
harahap reza
harahap reza Saya adalah seorang content creator pemula yang masih banyak harus belajar hal baru