Pilih kerja kantoran atau berwirausaha setelah lulus kuliah?

Pilih kerja kantoran atau berwirausaha setelah lulus kuliah?

Bekerja memang menjadi tujuan akhir dari pendidikan formal. Dengan menyandang gelar sarjana atau lulusan sekolah, kamu bisa melamar pekerjaan dan menempati posisi karier yang kamu idam kan dengan gaji yang mumpuni. Namun sebagian orang lebih suka untuk memulai sendiri bisnisnya, seperti yang biasa kita sebut sebagai wirausahawan atau enterpreneur. Kali ini kosngosan akan membahas mana yang lebih baik antara bekerja kantoran atau membuka usaha sendiri. Yuk simak pembahasannya dibawah ini.

Kamu yang pada awal kuliah umumnya masih sedikut kebingungan dengan tujuan karir yang nantinya akan diambil setelah lulus. Mungkin ada yang sudah mantab ingin bekerja di perusahaan A dan banyak pula yang ditengah perjalanan mengalami fase dilema yang disebabkan berbagai faktor.

Hal ini memang wajar karena kamu sudah memiliki sudut pandang yang semakin luas akibat semakin bertambahnya pengetahuan. Hal ini tak pelak membuat mu berubah minat. Saat ini banyak generasi milenial yang sedang kuliah di perguruan tinggi terbagi menjadi 3 golongan.

Pertama mereka yang dengan yakin menginginkan pekerjaan yang diimpikan. Yang kedua mereka yang ragu apakah ingin menjadi pebisnis atau pegawai kantoran. Dan yang terakhir adalah  mereka  yang tidak tahu sama sekali ingin seperti apa nantinya.

Baca lainnya : Tips mencari pekerjaan sesuai keinginan dan keahlian

Kamu yang baru lulus dari perguruan tinggi atau yang biasa disebut fresh graduation cenderung berprilaku berbeda bila dibandingkan dengan generasi mahasiswa dahulunya. Lulusan millenial kini lebih suka berkarir secara mandiri, bebas dan tanpa tekanan. Ada bnyak HRD yang mengeluhkan sulitnya mencari lulusan yang mampu bekerja dengan ketatnya peraturan kantor. Ketika didapatpun, kebanyakan tidak bertahan lama dan memilih untuk resign.


Pilih kerja kantoran atau berwirausaha setelah lulus kuliah?



Lalu bagaimana seharusnya sikap yang diambil oleh para lulusan muda ini? Sangat disarankan untuk masuk terlebih dahulu dalam dunia profesional perkantoran. Mengapa hal ini dinilai penting? Karena para fresh graduate yang minim pengalaman tersebut akan sangat kesulitan bila memaksakan diri untuk terjun langsung tanpa persiapan pada dunia enrepreneurship.

Lulusan muda ini seharusnya menjajal dunia kerja meski dalam waktu singkat. Ada banyak struggling akan lebih berat bila kamu langsung terjun ke dunia usaha setelah lulus kuliah. Karena semua hal harus kamu pelajari dari awal yang seharusnya bisa didapat di dunia kerja, salah satu contohnya adalah sistem kerja perusahaan.

Sebagai lulusan muda yang minim pengalaman, apa yang harus dipersiapkan untuk memasuki dunia profesional supaya tetap profesional dan keren?

Seorang lulusan sarjana memilih memasuki dunia profesional adalah hal yang cukup riskan bila dikaji lebih jauh. Namun untuk meminimalisir resiko, ada beberapa persiapan untuk dilakukan supaya lebih matang dalam memasuki dunia kerja profesional tersebut, diantaranya :


lulus kuliah kerja


Langkah pertama, adalah mengenal diri sendiri. Apa kelebihan yang dimiliki, apa kelemahan yang ingin dihindari, dan ilmu apa yang ingin diperdalam saat nanti menempuh karir.

Langkah kedua, adalah fokus lah bekerja dan jangan terlalu mementingkan jumlah gaji yang akan didapat, karena fokusmu adalah untuk mendapat pengalaman dan ilmu sebanyak-banyaknya.

Ada banyak perusahaan yang menggaji lulusan muda dengan jumlah yang kecil, namun bila perusahaan tersebut memiliki reputasi dan menempatkan kamu pada posisi penting hal ini tentunya menjadi kesempatan emas untuk pengembangan karir mu kedepannya.

Langkah ketiga, membuat CV atau riwayat hidup yang baik dan benar, kemudian mencari pekerjaan yang memang diinginkan. Baca pembahasan cara membuat surat lamaran dan cv disini.

Karena masih banyak fresh graduate yang melakukan banyak kesalahan saat mengirim data riwayat hidup, namun tidak menyadari kesalahan tersebut sehingga waktu terus berjalan dan fresh graduate tidak kunjung mendapatkan pekerjaan.

Perhatikan bahwa IPK juga bukan selalu menjadi patokan bagi perusahaan dalam menentukan diterima atau tidaknya kamu. Sangat banyak perusahaan yang tidak peduli berapa nilai yang kamu miliki, namun biasanya mereka melihat apakah kamu memiliki potensi dan bakat yang mereka cari selama ini.

Semoga informasi memilih kerja kantoran atau berwirausaha setelah lulus kuliah kali ini dapat membantu kamu yang sudah semester akhir atau yang baru lulus kuliah bisa mengerti bagaimana lika liku dunia kerja itu.

Kamu juga harus tahu bahwa mencari pekerjaan impian pada dasarnya membutuhkan proses tidak cepat. Maka bersabarlah, sambil share tulisan ini mimin doakan kamu supaya cepat keterima, amin!

Buka Komentar