Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

12 Cara Menanyakan Lowongan Kerja Lewat Email

Bagaimana cara bertanya lowongan kerja lewat email? Electronic mail sudah menjadi salah satu dari fitur utama internet yang paling populer dan banyak dimanfaatkan oleh pelaku bisnis, demi mengirim pesan secara online dengan memanfaatkan jaringan internet.

Kamu yang sedang mencari lowongan pekerjaan juga bisa bertanya tentang informasi loker secara langsung dari pihak perusahaan melalui email dan online lho. Penasaran bagaimana caranya? Kali ini kosngosan akan spesial membahasnya untuk kalian

Mendapatkan pekerjaan secepat mungkin merupakan impian dari para pencari kerja yang saat ini berstatus sebagai pengangguran. Salah satu upaya yang yang bisa dilakukan adalah dengan mengirim surat lamaran sebanyak mungkin ke perusahaan yang menjadi incaran. Namun terkadang kita tidak tahu apakah perusahaan tersebut menerima lowongan pekerjaan atau tidak

Oleh karena itu penting untuk kita menanyakan terlebih dahulu kepada perusahaan terkait Apakah mereka membuka lowongan kerja dan bagaimana mekanisme serta syarat-syarat yang harus dipenuhi dalam mengirim lamaran kerja kepada mereka.

Zaman dahulu orang mungkin akan bertanya langsung dengan mengunjungi kantor perusahaan tersebut. Bisa bertanya lewat satpam atau langsung ke pihak HRD nya. Tapi sekarang dengan perkembangan teknologi informasi yang semakin canggih kita bisa memanfaatkan Fasilitas email atau electronic mail, whatsapp, line, dan bahkan bertanya lewat telepon secara langsung.


Cara Bertanya Lowongan Kerja Email

cara bertanya lowongan kerja email

Tentu saja sobat kosngosan tidak bisa sembarangan bertanya. karena ini adalah perusahaan maka kamu harus bertanya secara formal dengan mempertimbangkan beberapa aspek. Berikut beberapa tips yang mungkin akan bermanfaat bagi kamu para pencari kerja yang ingin menanyakan lowongan kerja secara online menggunakan media email

Dalam mempersiapkan pertanyaan loker yang dikirim secara online melalui email, sebenarnya hampir sama dengan melamar kerja lewat portal kerja atau mengirim surat lamaran lewat kantor pos atau PO BOX.

Hanya saja disini kamu perlu melakukan scanning terhadap berbagai dokumen yang dibutuhkan, dan menyimpannya dalam format PDF. Beberapa langkah yang bisa kamu lakukan antara lain sebagai berikut :


Persiapkan berkas terlebih dahulu

Dokumen yang dibutuhkan perusahaan harus kamu persiapkan, seperti pas foto, scan ijazah, KTP, riwayat hidup, transkrip nilai, surat lamaran, curriculum vitae atau daftar riwayat hidup, resume, sertifikat TOEFL, sertifikat pendukung serta berkas yang diperlukan lainnya.

File yang dikirimkan jangan terlalu besar, lakukan compressing atau pengecilan ukuran pdf. Untuk memperkecilnya kamu bisa menggunakan resize file yang memiliki ukuran besar. Berikut cara memperkecil ukuran PDF


Convert Berkas Lamaran

Convert semua dokumen hasil scan menjadi PDF untuk jenis dokumen, sementara untuk jenis gambar pasphoto kamu bisa mengubah formatnya menjadi JPEG.

Jika sobat kosngośan sebelumnya membuat berkas CV, lamaran atau dokumen lain dalam bentuk word, maka lakukan convert ke PDF. Bila kamu memerlukan tanda tangan, bisa print terlebih dahulu, tanda tangan lalu scan

Kamu bisa baca panduan CARA Scan dan Gabung halaman PDF dan JPEG menjadi satu FILE dengan googling di berbagai sumber.


Perhatikan Alamat Email

Sangat penting untuk menggunakan email yang formal saat kamu mengirimkan pertanyaan lowongan kerja tersebut. Sebaiknya kamu menggunakan email dengan nama asli dan hindari untuk menggunakan huruf atau gabungan karakter yang tidak penting

Karena banyak sekali perusahaan negara dan swasta yang mempertimbangkan perihal alamat email ini. Hindari untuk menggunakan email dengan nama samaran atau palsu, penggunaan karakter yang alay, terkesan norak. Cukup menggunakan nama lengkap atau panggilan saja.


Cari Alamat Email Perusahaan Target

Kamu bisa mencari alamat email dari perusahaan target mu. Perhatikan supaya kamu tidak salah mengirim ke bagian email CS atau bidang lain.

Pastikan kamu mendapati alamat email perusahaan yang memang menangani bidang rekrutmen lowongan kerja. Biasanya alamat emailnya diwakili oleh HRD atau Divisi Sumber Daya. Nah nantinya email ini lah yang akan kamu kirimi permintaan informasi mengenai ketersediaan loker di perusahaan tersebut


Cermati Teknis Pengiriman Email Formal

Kamu harus mengikuti aturan pengiriman email secara formal, dengan memperhatikan setiap bagian dari email yang mencakup subjek email, badan email dan lampiran file

Walaupun sobat kosngosan hanya akan menanyakan lamaran kerja untuk saat ini, jangan mengirimnya pada jam 12 malam. Hal ini untuk ketidakpantasan dalam hal norma, jadi usahakan untuk mengirim email pada jam kerja antara jam 8 pagi hingga 11 siang.


Contoh Isi Email Pertanyaan Lowongan Kerja

Isilah judul email dengan sesuatu yang mengarah kepada "pertanyaan seputar lowongan kerja yang tersedia", masukkan email perusahaan tujuan, kemudian fokuslah untuk menulis body atau isi email dengan sesuatu yang bermaksud untuk bertanya seputar loker yang tersedia. 

Kamu bisa lihat contohnya dibawah ini :


Contoh 1 :

Hal : Info Loker

Kepada Yth

Bapak CEO KOSNGOSAN

Sesuai dengan informasi yang saya dapatkan dari dinas ketenagakerjaan, maka izinkan saya untuk meminta informasi perihal lowongan pekerjaan saat ini, terkait dengan ketersediaan lowongan pekerjaan yang ada di PT. KOSNGOSAN. Untuk itu saya meminta informasi lebih detail mengenai sistem dan persyratan rekrutmen kerja. Atas responnya, saya mengucapkan terimakasih


Contoh 2

Perihal : Informasi Lowongan Kerja

Kepada Yth

Owner Kosngosan

Berdasarkan informasi umum terkait pembukaanlowongan kerja tahun ini, saya bermaksud meminta informasi ketersediaan lowongan kerja yang disediakan oleh pihak Kosngosan.

Saya meminta informasi terkait ketersediaan lowongan kerja dan meminta pihak Kosngósan untuk memberitahu persyaratannya, supaya saya bisa mengikuti rekrutmennya. Atas perhatiannya, saya ucapkan terimakasih.


Mengecek kembali sebelum mengirim

Penting bagi sobat kosngosan untuk mengecek semua bagian email. Apabila sudah sesuai dengan yang disyaratkan, coba cek kembali penggunaan kata yang dinilai tidak formal atau ada kesalahan pemilihan kata.

Seperti penggunaan nama, gelar, alamat perusahaan, subjek dan judul, bagian body email dan juga lampirannya. Ini untuk meminimalisir terjadinya kesalahan penulisan


Kirim pertanyaan lokernya

Terakhir tentu saja kamu bisa segera meng-klik tombol SEND atau KIRIM. Setelah itu maka kamu sudah selesai dalam menanyakan apakah perusahaan tersebut membuka lowongan kerja atau tidak, serta bagaimana syarat syarat yang diperlukan

Selanjutnya kamu hanya perlu menunggu dan berdoa, semoga surat tersebut dibaca, dibalas dan perusahaan tersebut ternyata menerima lowongan kerja yang kamu minta.

Penting untuk jangan berfokus pada satu posisi dan perusahan saja. Ketika kamu mengirim surat pertanyaan lowongan kerja, maka kirim kembali surat yang sama ke perusahaan lain yang menjadi incaranmu. Semakin banyak kamu kirim, semakin tinggi kesempatan mu untuk mendapatkan respon dari mereka.


Tonton Video Cara Bertanya Lowongan Kerja

Setelah kalian membaca tipsnya diatas, mungkin kamu tertarik untuk menonton panduan lebih lengkapnya mengenai bagaimana cara bertanya loker lewat online berikut ini, sudah mimin persiapkan di channel youtube milik kósngosan, tinggal klik play saja dibawah ini :

Baca juga : Ciri Lowongan Kerja Asli


Kata Penutup

Ketika sudah mendapatkan pekerjaan, kamu sudah bisa lega dan lebih mandiri dalam hal finansial. bekerja tidak hanya mengerjakan kewajiban saja, tetapi bagaimana melakukan aktualisasi diri dengan pekerjaan sekarang, Jika kamu tetap bisa berkembang menjadi pribadi yang lebih baik lagi kedepannya

Semoga materi dari kosngosan kali ini bermanfaat buat kalian, bila ada kesalahan mimin mohon maaf. seperti biasa mimin akan tetap menganjurkan kalian untuk tekan tombol share di bawah dan membagikannya ke teman-temanmu yang ada di media sosial, terimakasih!

Oleh rezaharahap