Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ciri Ciri Lowongan Kerja Asli bukan Penipuan

Bagaimana cara mengetahui lowongan kerja asli dan palsu? Kamu perlu untuk mengetahui ciri ciri dari lowongan kerja asli itu seperti apa. Ada begitu banyak cerita dan kisah dari penipuan lowongan kerja di Internet. Oleh karena itu, mimin kosngosan akan memberikan beberapa informasi kepada kalian bagaimana cara terhindar dari penipuan lowongan kerja yang dapat merugikan calon pelamar seperti kalian. Mari kita simak pembahasannya di bawah ini.

Apa ciri ciri dari lowongan kerja asli dan bagaimana membedakannya dengan lowongan kerja palsu? Tentunya kamu perlu mempelajarinya, sebelum mengalami kerugian akibat tertipu oleh kelakukan oknum. Ada begitu banyak korban penipuan lowongan kerja ini, mengadu bahwa mereka dikirimi email atau ditelepon oleh seseorang yang mengatasnamakan perusahaan tertentu. Dan bodohnya, banyak dari mereka yang percaya langsung mengeluarkan sejumlah uang hasil iming iming oknum tersebut.

Oleh karena itu kita sebagai fresh graduate ataupun pencari kerja harus waspada terhadap penipuan lowongan kerja yang ada di internet maupun yang berseliweran di luar sana. Tentunya kita tidak mau menjadi salah satu korban dari banyaknya kasus penipuan kerja online ini, bukan?

Kejahatan penipuan ini sebenarnya terorganisir. Biasanya mereka memiliki berapa portal penyedia lowongan kerja dan membuat website company profile mengatasnamakan perusahaan tertentu dan kemudian mengarahkan korban untuk melakukan hal-hal yang mereka inginkan.

Berbagai modus mereka lakukan seperti menawarkan pekerjaan, dengan syarat seperti pembayaran administrasi, menjanjikan gaji besar diatas UMR dengan pekerjaan yang relatif lebih prestisius, dan terkadang menyuruh calon korban untuk pergi keluar kota dengan alasan untuk seleksi.


lowongan kerja asli bukan penipuan

Tips Mengetahui Lowongan Kerja Asli bukan Penipuan


Lalu Bagaimana cara mengatasi dan mengetahui bahwa suatu lowongan pekerjaan itu palsu atau asli? Tentunya sobat kosngosan.com harus mengetahui ciri-cirinya terlebih dahulu. Biasanya para fresh graduate masih polos, sehingga oknum penipu ini biasanya lebih menargetkan kalangan yang baru lulus kuliah ataupun sekolah dan saat ini sedang mencari kerja.

Mimin kósngosan akan memberikan tips sederhana untuk kalian semoga dapat berkenan dan kalian terapkan pada proses pencarian kerja kalian, berikut beberapa tips yang akan diberikan silakan Scroll ke bawah :

Baca juga : Cara Membuat Lamaran Kerja lewat HP


1. Mengetahui ciri-ciri lowongan kerja palsu


Seperti apa ciri-ciri lowongan pekerjaan yang memang bersifat abal-abal? Ceritanya terdapat beberapa ciri-ciri yang bisa kamu lihat ya itu perusahaan tersebut biasanya menggunakan situs atau website yang memiliki domain gratisan atau murahan, bahkan ada yang menggunakan blogspot atau wordpress sebagai platform situsnya

Kebanyakan perusahaan tersebut menyediakan tempat tes yang jauh, terkadang mengirim surat pemberitahuan dalam bentuk SMS WhatsApp atau email menggunakan bahasa yang tidak formal atau tidak seperti surat perusahaan pada umumnya.

  • Menggunakan platform gratisan
  • Menggunakan bahasa informal
  • Menggunakan email dan website gratisan
  • Menawarkan gaji fantastis
  • Persyaratan dokumen sedikit
  • Dll


2. Mengetahui modus penipu lowongan kerja palsu


Adapun modus penipuan yang paling sering dilakukan oleh oknum tersebut adalah menawarkan pekerjaan dengan syarat yang mudah, bahkan sering tanpa melalui proses seleksi wawancara.

 Selain itu oknum tersebut biasanya menawarkan jenis lowongan pekerjaan yang beragam, jadi Apabila kamu tidak mau bekerja pada salah satu posisi sobat kośngosan bisa dioper ke posisi lain. Intinya mereka hanya ingin memanfaatkan mu sebagai korban


3. Cek kembali profil, alamat dan kontak perusahaan


Sebelum memutuskan untuk bekerja pada perusahaan, ada baiknya kamu mengecek kembali alamat tes atau seleksi yang diberikan, biasanya perusahaan besar memang ada yang minta test di kantor pusatnya, namun jika penipu biasanya menyediakan tempat tes seperti di hotel, wisma atau tempat mencurigakan lainnya.

Silakan kamu googling mengenai profil perusahaan tersebut seperti sejarahnya alamat serta kontak resmi nya. Bila memang terlihat ada, dan punya kantor fisik, maka lanjut ke tips lain dibawah ini.


4. Tidak ada pemungutan biaya seleksi penerimaan karyawan


Ini sangat penting diketahui para fresh graduate atau pencari kerja, bahwa dalam mencari kerja perusahaan tidak memiliki hak untuk meminta sejumlah uang atau biaya kepada calon karyawan untuk membayar seleksi atau Tes yang dilakukan.

Kamu belum diterima menjadi karyawan di perusahaan tersebut, jadi logikanya sobat kosngosan tidak perlu memberikan duit ke perusahaan tersebut. Jadi bisa dipastikan bahwa perusahaan yang meminta uang sebelum seleksi dilakukan kemungkinan besar adalah penipu


5. Periksa kembali standar gaji yang ditawarkan


Gaji atau income yang diberikan oleh perusahaan adalah tujuan awal kamu bekerja. Jadi sangat penting untuk mengetahui berapa besaran gaji mu setiap bulannya. Jadi apabila perusahaan tersebut memberikan penawaran gaji yang cukup besar dengan posisi yang relatif lebih rendah, tidak membutuhkan skill dan pengalaman yang mumpuni serta jenis pekerjaan yang umum, maka kamu patut curiga terhadap perusahaan tersebut.

Logikanya mana ada perusahaan yang mau memberikan gaji besar kepada karyawan yang tidak memiliki skill dan pengalaman yang mereka butuhkan. Jadi jangan sampai iming-iming gaji yang tinggi bisa membutakan logimu dalam proses penerimaan lamaran kerja


6. Cek Alamat Email dan Website


Semua orang akan tahu bahwa perusahaan abal abal akan menggunakan email gratisan seperti @gmail, @yahoo, @hotmail dan sebagainya. Namun hal ini juga bukan merupakan patokan umum, karena sebagaian perusahaan kecil seperti bisnis startup terkadang masih menggunakannya.

Yang lebih penting lihat alamat email nya apakah menggunakan nama yang alay atau tidak biasa, atau justru terlihat profesional. Begitu juga dengan alamat website resminya, lihat apakah menggunakan domain berbayar atau justru gratisan yang masih berakhiran .blogspot atau .wordpress


7. Penggunaan Bahasa Iklan yang Tidak Biasa


Hal ini cukup sering dilakukan oleh para penipu, yaitu menggunakan bahasa yang informal, tidak baku dan terkesan memaksa dan "mudah" untuk melamar pekerjaan disana. Seperti penggunaan kata "Tidak Perlu Pengalaman" atau "Buruan Lamar! Posisi Terbatas" dan sejenisnya.

Apabila sobat kosngósan mendapati penggunaan kata kata seperti itu, maka perlu untuk diwaspadai perusahaan tersebut. Karena sejatinya perusahaan walaupun masih baru, tetaplah membutuhkan kriteria dan persyaratan yang tidak semua orang bisa masuk.


8. Contoh Iklan Loker yang Benar


Nah ketika kamu sudah mengetahui apa ciri-ciri dari iklan lowongan pekerjaan yang palsu atau berkemungkinan tidak valid, kamu juga perlu tahu mengenai beberapa contoh iklan loker yang memiliki informasi mendetail dan bisa kamu jadikan sebagai referensi untuk mengetahui mana info yang benar-benar terpercaya dan mana yang tidak seperti contoh di bawah ini

contoh lowongan kerja guru


contoh lowongan kerja


9. Jangan Mudah Percaya dengan Sumber Informasi Yang Tidak Jelas


Lagi-lagi kami memberi tahu kepada kalian bahwa Jangan mudah untuk percaya mengenai informasi lowongan pekerjaan yang bersumber dari yang tidak jelas seperti akun media sosial, nomor wa pribadi, selebaran dijalan dan sebagainya.

Ada baiknya kamu membuat list atau daftar mengenai beberapa sumber lowongan pekerjaan yang valid mulai dari website, akun instagram, grup facebook dan sebagainya


10. Mainkan Logika dan pikiran sehatmu


Maksudnya disini adalah kamu harus benar-benar bisa memainkan nalar mu dengan benar, bahwasanya kamulah yang membutuhkan pekerjaan, bukan perusahaan. Jadi apabila suatu waktu kamu mendapati sebuah perusahaan yang katanya besar, mencoba untuk menghubungi mu,

Dan mereka ingin supaya kamu tetap menerima pekerjaan tersebut maka logikanya ada yang salah di sini karena tidak mungkin perusahaan akan dengan "rendah" dan "mudah" nya sampai meminta minta supaya calon pelamar menerima pekerjaan yang mereka butuhkan. Jadi apabila ada gelagat perusahaan seperti ini, maka bisa dipastikan itu adalah perangkap atau jebakan batman dari oknum tertentu yang tidak bertanggung jawab


11. Jangan mengirimkan lamaran kerja ke sembarang tempat


Sebagai pencari kerja dengan status fresh graduate atau baru lulus, memang maklum bagi kalian untuk menjatuhkan banyak lamaran ke berbagai perusahaan.

Akan tetapi jangan sampai ini menjadi bumerang bagi kalian dengan memberikan informasi kontak ke pihak pihak yang tidak bertanggung jawab dan akan memanfaatkan kalian untuk penipuan yang tidak diinginkan. Jadi selektiflah memilih media penyedia lowongan kerja.

12. Lebih baik cari informasi loker dari sumber yang terpercaya



Untuk meminimalisir kamu dari kasus penipuan loker abal abal, maka lebi baik untuk mencari informasi lowongan kerja dari sumber yang terpercaya saja. Jangan mau mencari info loker di situs abal abal, apalagi yang masih menggunakan blogspot atau domain gratisan. Lebih baik kamu cari di platfrom terpercaya seperti joobstree atau linkedin. Bisa juga dapatkan langsung dari situs resmi perusahaan incaramu


Tonton video panduan cara mengirim surat lamaran kerja lewat email yang baik dan benar, yang sudah mimin upload di channel youtube milik kosngosan dibawah ini, jangan lupa subscribe dan like juga ya



Baca juga : Cara Membuat CV Online di HP


Kata Penutup


Melamar pekerjaaan memang membutuhkan kehati hatian, supaya kamu tidak merasa dirugikan oleh pihak pihak yang tidak bertanggung jawab. 

Perlu untuk menyelediki profil perusahaan yang akan kamu laamr tersebut, ibarat melamar pasangan, kamu juga harus menyelediki bibit, bobot, bebetnya bukan? Begitu juga dengan lowongan pekerjaan, tidak boleh sembarangan.

Sekian beberapa tips yang bisa mimin kosngośan sampaikan kepada kalian mengenai bagaimana cara menghindari penipuan lowongan pekerjaan yang saat ini semakin marak terjadi. 

 Apabila kamu menemukan oknum tersebut jangan segan untuk melaporkannya ke pihak Kepolisian. Silakan tekan tombol share di bawah ini untuk membagikan tulisan ini di media sosial maksudmu. Terima kasih
Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya