Cara mengurangi ukuran file pdf secara online dan offline

Cara mengurangi ukuran file pdf secara online dan offline

mengurangi ukuran file pdf

Kamu yang sering menggunakan file dokumen sudah sering mendapatkan format pdf di perangkat mu sehari hari. PDF atau yang biasa disebut Portable Document Format merupakan salah satu format file yang paling banyak dibagikan di dunia internet, seperti ebook atau epaper. Dan kali ini kosngosan akan membahas seputar cara memperkecil ukuran file pdf baik secara online maupun secara offline. Karena pdf juga bisa diubah menjadi kecil dan ringan untuk dibuka.

Dokumen PDF ini merupakan format file yang dimanfaatkan untuk menyajikan dan bertukar dokumen secara lebih efektif, terlepas dari segala jenis perangkat lunak, perangkat keras atau pun sistem operasi.

Format ini dibuat oleh Adobe. PDF kini adalah standar format yang dikelola oleh Organisasi Internasional untuk Standarisasi (ISO). PDF bisa mengandung tautan dan tombol, formulir, audio, video, dan informasi lainnya. PDF juga juga bisa ditandatangani secara elektronik dan mudah dibuka menggunakan perangkat lunak gratisan.

Salah satu kelebihan pdf ini adalah ketika kamu mengandalkan dokumen ini kamu bisa membuat perlindungan data dengan memberikan kata sandi pada PDF tersebut untuk mencegah orang lain menyalin dan mengedit data didalamnya. Juga dapat menghindari mereka untuk menghapus informasi sensitif secara permanen. Juga kamu bisa menemukan dan menghapus data yang tersembunyi.

Baca juga : Cara menyimpan gambar PDF menggunakan word

Seperti misalnya kamu memiliki file pdf dengan ukuran 500kb ingin mengubah menjadi ukuran 200kb, maka ada tool yang digunakan untuk mencompress file tersebut menjadi lebih ringan. Compress file pdf tersebut bisa berupa online maupun offline.


Cara memperkecil ukuran file pdf secara online



pdf compressor online


Tool online dibawah ini bisa kamu gunakan untuk menghemat media penyimpanan mu, langkah menggunakannya adalah sebagai berikut :

Langkah 1 :

Buka situs compress pdf secara online seperti ilovepdf.com, pdfcompressor.com, smallpdf.com dan situs lain yang bisa kamu cari dengan mengetik keyword "pdf compress" di google.

Langkah 2 :

Setelah masuk kedalam salah satu situs, pilih tombol unggah atau select file yang nantinya akan mengarahkan kamu untuk memilih salah satu file yang tersimpan di laptop atau smartphone mu

Langkah 3 :

Pilih file, setelah proses unggahan selesai, kamu bisa segera mencompress file pdf tersebut dan kemudian mengunduhnya kembali dengan kapasitas kini yang lebih rendah tentunya.

Selesai. Pada tahap ini kamu sudah mengurangi ukuran file pdf. Salah satu kelemahan menggunakan tool online ini adalah kamu harus menggunakan paket data atau internet untuk bisa melakukan compress file.

Bila kamu tidak ada data, kamu bisa menggunakan solusi yang kedua dibawah ini.


Cara meminimalkan ukuran file pdf secara offline



software pdf compressor offline


Selain tool online diatas, kamu juga bisa memanfaatkan software offline yang terinstal di perangkat komputer mu, adapun langkahnya adalah sebagai berikut :

Langkah 1 :

Download terlebih dahulu software compress pdf, ada banyak jenis dan versinya seperti PDF Compressor, NXPowerlite dan aplikasi lainnya. Kamu bisa mengunduh apliksi PDF Compressor Windows disini. atau PDF Compressor Android disini

Langkah 2 :

Install aplikasi tersebut pada perangkat windows atau android milikmu. Buka aplikasi tersebut dan akan muncul tampilan layar utama yang hampir sama dengan tool online, yaitu mengharuskan kamu untuk memilih file. Hanya saja proses nya tidak membutuhkan koneksi internet.

Langkah 3 :

Pilih file, setelah itu  kamu bisa langsung melakukan compress file pdf tersebut dan kemudian mengunduhnya kembali dengan kapasitas kini yang lebih rendah tentunya. Pada tahap ini kamu sudah berhasil memperkecil ukuran pdf.

Baca lainnya : Tips memanfaatkan masa muda dengan baik

Demikianlah pembahasan mengenai Cara mengurangi ukuran file pdf secara online dan offline kali ini, semoga bisa membantu mu dalam mengefisiensi kapasitas dalam media penyimpanan milikmu. Silahkan bagikan tulisan ini kepada teman mu yang lain.

Buka Komentar