Jangan menyerah, coba peluang bisnis setelah dipecat untuk karyawan ini

Jangan menyerah, coba peluang bisnis setelah dipecat untuk karyawan ini

Artikel pendek mengenai motivasi jangan menyerah dan tips yang akan kosngosan berikan ini dibuat untuk kamu yang saat ini sedang mengalami PHK (pemutusan hubungan kerja) atau dipecat dari perusahaan. Jangan pernah menyerah, karena dunia tidak sesempit daun kelor. Dipecat dari perusahaan bukanlah akhir dari segalanya. Kamu harus mempersiapkan beberapa langkah agar kembali bangkit secara finansial. Dan kali ini mari simak beberapa tipsnya, check these out!

peluang bisnis setelah dipecat

Bangkit setelah dipecat adalah suatu keharusan. Ada banyak orang yang sukses setelah dirinya dipecat. Manajemen yang tepat akan membuat kamu kembali bangkit dan mengambil alternatif pekerjaan yang lebih layak untuk perkembangan kariermu kelak.

Rasanya dipecat itu pada awalnya memang menyakitkan. Namun yakinlah bahwa kamu tidak selamanya harus berkutat dengan kesedihan. Ada orang yang menanti kesuksesanmu. Kamu butuh motivasi dan inspirasi agar memulai kembali dari awal.

Motivasi setelah dipecat mungkin tidak banyak mimin berikan. Hanya saja pada kesempatan kali ini kamu akan diberikan beberapa tips yang bisa kamu ambil setelah dipecat atau mengalami pemutusan hubungan kerja.

Lihat juga : Tips berbisnis emas ANTAM yang menguntungkan

Mungkin sebagian dari kamu sudah punya pengalamn dipecat perusahaan. Dan sampai kali ini masih bingung hendak melakukan apa. Padahal ada banyak sekali peluang kerja yang bisa kamu ambil seandainya kamu terus berusaha untuk mencari jalan.

Coba saja peluang usaha prospektif di tahun ini




Bagi kamu yang berjiwa enterpreneur, bisa mencoba berbagai peluang usaha bermodal kecil seperti yang mimin paparkan dibawah ini. Semoga bisa membantu dan menginspirasi mu :

1. Bisnis online dropship dan reseller tetap menjadi primadona


Kamu bisa memilih untuk bekerja di rumah dan memilih jenis bisnis antara sistem dropship dan reseller. Untuk dropship kamu tidak perlu menyetok barang, supplier yang akan langsung mengirimkan barang pesanan kepada pembeli atas nama toko online kamu. Untuk reseller, kamu harus menyetok barang terlebih dahulu sebelum menjualnya ke konsumen.

Sistem ini membutuhkan skiil marketing dan network yang cukup luas dalam memperkenalkan barang atau jasa yang akan kamu jual. Akan tetapi kamu juga harus memahami selain kelebihan nya yang nyaris tanpa modal, bisnis ini juga memiliki kelemahan yaitu margin keuntungan kecil serta kamu tidak bisa mengecek langsung produk yang dijual dan tidak bisa melakukan pemeriksaan stok dan kualitas. Oleh karena itu penting mencari partner supplier yang berkualitas dan kredibel.

2. Usaha melebarkan sayap dibidang afiliasi atau MLM


Kedua jenis bisnis ini relatif sama, yaitu kamu memasarkan atau mempromosikan produk milik orang lain. Ketika ada yang membeli produk dari link afiliasi milikmu yang kamu sebar baik melalui media sosial atau website milikmu, maka kamu akan mendapatkan komisi dari penjualan tersebut. Komisi yang didapat tergantung ketentuan program afiliasinya.

Nah sebagai mantan karyawan, kamu bisa memanfaatkan jaringan sesama karyawan yang dulu sudah kamu bangun sebelum dipecat. Kamu bisa memanfaatkan pertemanan di media sosial, membangun website bertrafik tinggi serta memanfaatkan pertemanan di kantor untuk memasarkan produk afiliasimu ini. Tertarik mencoba?

3. Berkarier menjadi freelancer atau pekerja lepas, why not?


Menjadi freelancer sangat fleksibel waktu kerjanya, tidak seperti saat kamu menjadi karyawan. Kamu bisa mendaftar kan diri di platform penyedia jasa freelance di internet dan menawarkan jasa dengan kemampuan yang kamu miliki.

Ini menjadi salah satu pekerjaan yang cukup mengasyikkan. Kamu bisa menjadi copywriting, seo consultant, penerjemah, website developer dan banyak lagi.

4. Usaha waralaba atau franchise, bisa meminimalisir kerugian


Kamu ingin terjun langsung berbisnis tanpa ingin repot menangani permasalahan teknis seputar bisnis tersebut? Maka pilihlah bisnis waralaba. Menjalankan bisnis ini sangat cocok untuk mantan karyawan yang minim pengalaman namun memiliki modal yang cukup. Bisnis sudah dikenal masyarakat dan kamu tinggal fokus terhadap penjualan dan marketingnya saja.

Hal ini akan membuat kamu fokus mengurus penjualannya. Kamu bisa fokus memperkenalkan bisnis mu melalui media sosial, website dan market place. Kamu hanya perlu membeli franchise yang memiliki barang atau jasa yang berkualitas, memiliki brand bagus dan mudah dijalankan serta banyak orang sudah mengenalnya.

5. Membuka jasa cuci pakaian dan kendaraan bisa menjadi prospek yang cerah


Setelah dipecat jadi karyawan, maka lihatlah disekililing mu, ada banyak orang sibuk yang tidak sempat mengurus kebersihan pakaian dan kendaraan mereka. Oleh karena itu membuka bisnis laundry dan doorsmeer adalah peluang bisnsi yang tetap prospektif. orang orang kebanyakan ingin liburan dan tampil kece. Oleh karena itu banyak yang mencari jasa layanan pembersihan pakaian atau laundry dan pencucian kendaraan seperti motor dan mobil.

Hampir semua orang menggunakan pakaian, sepeda motor dan mobil sebagai kebutuhan sehari harinya. Sementara karena berbagai kesibukan seperti aktifitas di kantor pada hari senin sampai jumat, maka sangat jarang orang yang memiliki cukup waktu dan tenaga untuk mencuci motornya sendiri. Oleh karena itu peluang ini bisa sangat terbuka lebar untuk kamu coba.

6. Rental atau jual beli motor dan mobil bekas bisa menjadi pilihan


Bisnis penyewaaan atau jual beli kendaraan bekas bisa menjadi prospek bisnis bagi kamu yang saat ini berstatus mantan karyawan perusahaan. Modal yang kamu dapatkan dari hasil bekerja di perusahaan selama ini bisa dialokasikan ke bisnis ini. Selain tidak merepotkan, usaha sampingan ini memiliki supply dan demand yang besar.

Faktanya ada banyak konsumsi kendaraan baik itu motor dan mobil di perkotaan besar. Untuk bisnis jual beli kendaraaan second memang kekurangannya adalah banyak kendaraan yang tidak lengkap surat-suratnya, onderdil aslinya sudah diganti dengan yang palsu dan resiko hasil curian. Pastikan masalah ini tidak ada para kendaraan yang akan kamu jual.

Untuk bisnis rental mobil atau motor, berikan alat pelacak sehingga kamu bisa mengontrol dan mengawasi keberadaan kendaraan milikmu. Pastikan orang yang akan meminjam sudah diminta kartu identitasnya. Bisnis rental kendaraan ini cukup prospektif karena banyak orang yang tidak mampu membeli mobil misalnya, ingin liburan sekeluarga dan akhirnya rental mobil mejadi pilihannya.

7. Menjadi agen properti bisa mendatangkan keuntungan


Lagi lagi dengan memanfaatkan jaringan pertemanan kamu sewaktu bekerja di perusahaan dulu, kamu bisa menawarkan kepada mereka rumah atau apartemen terbaik. Dengan pembelian satu unit properti saja kamu sudah mendapatkan beberapa persen dari penjualannya.

Tentu saja kamu harus menjalin kerja sama terlebih dulu dengan pihak pengembang properti tersebut. Pelajari terlebih dahulu mengenai sistem pembagian hasil dari penjualannya. Lihat berapa profit dan bonus yang ditawarkan seandainya kamu bisa menjual satu unit apartemen atau rumah.

Baca juga : Tips menambah pinjaman hutang di bank untuk modal usaha

Sekianlah pembahasan mengenai peluang bisnis setelah dipecat untuk karyawan ini kali ini, semoga kamu yang saat ini tengah dilanda badai PHK massal bisa bangkit kembali dan menjadi enterprenur sukses. Salam sukses dan jangan lupa bagikan url post ini ke media sosial milikmu.

Buka Komentar