Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15 Usaha yang Cocok Setelah Resign dari Bekerja

Bisnis apa yang bagus untuk dirintis setelah berhenti bekerja dari perusahaan? Sebagai seorang karyawan atau pegawai kantoran, kamu mungkin bingung hendak memulai usaha seperti apa. Karena kegiatan sehari hari yang sudah terprogram, dan tiba tiba harus menjalani hidup yang bebas mandiri. Namun jangan khawatir, karena kali ini kosngosan akan mencoba memberikan beberapa ide bisnis buat kalian.

Bangkit setelah dipecat adalah suatu keharusan. Ada banyak orang yang sukses setelah dirinya dipecat. Manajemen yang tepat akan membuat kamu kembali bangkit dan mengambil alternatif pekerjaan yang lebih layak untuk perkembangan kariermu kelak.

Rasanya dipecat itu pada awalnya memang menyakitkan. Namun yakinlah bahwa kamu tidak selamanya harus berkutat dengan kesedihan. Ada orang yang menanti kesuksesanmu. Kamu butuh motivasi dan inspirasi agar memulai kembali dari awal.

Motivasi setelah dipecat mungkin tidak banyak mimin berikan. Hanya saja pada kesempatan kali ini kamu akan diberikan beberapa tips yang bisa kamu ambil setelah dipecat atau mengalami pemutusan hubungan kerja.

Mungkin sebagian dari kamu sudah punya pengalamn dipecat perusahaan. Dan sampai kali ini masih bingung hendak melakukan apa. Padahal ada banyak sekali peluang kerja yang bisa kamu ambil seandainya kamu terus berusaha untuk mencari jalan.

Baca dulu : Peluang Bidang JASA yg Paling Unik dan Kreatif


Peluang Usaha Resign


peluang bisnis setelah dipecat

Jangan menyerah, mengenai motivasi buat kamu yang saat ini sedang mengalami PHK (pemutusan hubungan kerja) atau dipecat dari perusahaan. Jangan pernah menyerah, karena dunia tidak sesempit daun kelor. Dipecat dari perusahaan bukanlah akhir dari segalanya. Kamu harus mempersiapkan beberapa langkah agar kembali bangkit secara finansial.

Bagi kamu yang berjiwa enterpreneur, bisa mencoba berbagai peluang usaha bermodal kecil seperti yang mimin paparkan dibawah ini. Semoga bisa membantu dan menginspirasi mu :


1. Bisnis online dropship dan reseller tetap menjadi primadona


Kamu bisa memilih untuk bekerja di rumah dan memilih jenis bisnis antara sistem dropship dan reseller. Untuk dropship kamu tidak perlu menyetok barang, supplier yang akan langsung mengirimkan barang pesanan kepada pembeli atas nama toko online kamu. Untuk reseller, kamu harus menyetok barang terlebih dahulu sebelum menjualnya ke konsumen.

Sistem ini membutuhkan skiil marketing dan network yang cukup luas dalam memperkenalkan barang atau jasa yang akan kamu jual. Akan tetapi kamu juga harus memahami selain kelebihan nya yang nyaris tanpa modal, bisnis ini juga memiliki kelemahan yaitu margin keuntungan kecil serta sobat kosngosan tidak bisa mengecek langsung produk yang dijual dan tidak bisa melakukan pemeriksaan stok dan kualitas. Oleh karena itu penting mencari partner supplier yang berkualitas dan kredibel.


2. Usaha dibidang afiliasi atau MLM


Kedua jenis bisnis ini relatif sama, yaitu kamu memasarkan atau mempromosikan produk milik orang lain. Ketika ada yang membeli produk dari link afiliasi milikmu yang kamu sebar baik melalui media sosial atau website milikmu, maka kamu akan mendapatkan komisi dari penjualan tersebut. Komisi yang didapat tergantung ketentuan program afiliasinya.

Nah sebagai mantan karyawan, kamu bisa memanfaatkan jaringan sesama karyawan yang dulu sudah kamu bangun sebelum dipecat. Kamu bisa memanfaatkan pertemanan di media sosial, membangun website bertrafik tinggi serta memanfaatkan pertemanan di kantor untuk memasarkan produk afiliasimu ini. Tertarik mencoba?


3. Berkarier menjadi freelancer atau pekerja lepas


Menjadi freelancer sangat fleksibel waktu kerjanya, tidak seperti saat kamu menjadi karyawan. Kamu bisa mendaftar kan diri di platform penyedia jasa freelance di internet dan menawarkan jasa dengan kemampuan yang kamu miliki.

Ini menjadi salah satu pekerjaan yang cukup mengasyikkan. Sobat kosngosan bisa menjadi copywriting, seo consultant, penerjemah, website developer dan banyak lagi.


4. Usaha waralaba atau franchise


peluang bisnis setelah phk

Kamu ingin terjun langsung berbisnis tanpa ingin repot menangani permasalahan teknis seputar bisnis tersebut? Maka pilihlah bisnis waralaba. Menjalankan bisnis ini sangat cocok untuk mantan karyawan yang minim pengalaman namun memiliki modal yang cukup. Bisnis sudah dikenal masyarakat dan kamu tinggal fokus terhadap penjualan dan marketingnya saja.

Hal ini akan membuat kamu fokus mengurus penjualannya. Kamu bisa fokus memperkenalkan bisnis mu melalui media sosial, website dan market place. Kamu hanya perlu membeli franchise yang memiliki barang atau jasa yang berkualitas, memiliki brand bagus dan mudah dijalankan serta banyak orang sudah mengenalnya.


5. Membuka jasa cuci pakaian dan kendaraan


Setelah dipecat jadi karyawan, maka lihatlah disekililing mu, ada banyak orang sibuk yang tidak sempat mengurus kebersihan pakaian dan kendaraan mereka. Oleh karena itu membuka bisnis laundry dan doorsmeer adalah peluang bisnsi yang tetap prospektif. orang orang kebanyakan ingin liburan dan tampil kece. Oleh karena itu banyak yang mencari jasa layanan pembersihan pakaian atau laundry dan pencucian kendaraan seperti motor dan mobil.

Hampir semua orang menggunakan pakaian, sepeda motor dan mobil sebagai kebutuhan sehari harinya. Sementara karena berbagai kesibukan seperti aktifitas di kantor pada hari senin sampai jumat, maka sangat jarang orang yang memiliki cukup waktu dan tenaga untuk mencuci motornya sendiri. Oleh karena itu peluang ini bisa sangat terbuka lebar untuk sobat ķosngosan coba.


6. Rental atau jual beli motor dan mobil bekas


Bisnis penyewaaan atau jual beli kendaraan bekas bisa menjadi prospek bisnis bagi kamu yang saat ini berstatus mantan karyawan perusahaan. Modal yang kamu dapatkan dari hasil bekerja di perusahaan selama ini bisa dialokasikan ke bisnis ini. Selain tidak merepotkan, usaha sampingan ini memiliki supply dan demand yang besar.

Faktanya ada banyak konsumsi kendaraan baik itu motor dan mobil di perkotaan besar. Untuk bisnis jual beli kendaraaan second memang kekurangannya adalah banyak kendaraan yang tidak lengkap surat-suratnya, onderdil aslinya sudah diganti dengan yang palsu dan resiko hasil curian. Pastikan masalah ini tidak ada para kendaraan yang akan kamu jual.

Untuk bisnis rental mobil atau motor, berikan alat pelacak sehingga kamu bisa mengontrol dan mengawasi keberadaan kendaraan milikmu. Pastikan orang yang akan meminjam sudah diminta kartu identitasnya. Bisnis rental kendaraan ini cukup prospektif karena banyak orang yang tidak mampu membeli mobil misalnya, ingin liburan sekeluarga dan akhirnya rental mobil mejadi pilihannya.


7. Menjadi agen properti


Lagi lagi dengan memanfaatkan jaringan pertemanan kamu sewaktu bekerja di perusahaan dulu, kamu bisa menawarkan kepada mereka rumah atau apartemen terbaik. Dengan pembelian satu unit properti saja kamu sudah mendapatkan beberapa persen dari penjualannya.

Tentu saja kamu harus menjalin kerja sama terlebih dulu dengan pihak pengembang properti tersebut. Pelajari terlebih dahulu mengenai sistem pembagian hasil dari penjualannya. Lihat berapa profit dan bonus yang ditawarkan seandainya sobat kosngosan bisa menjual satu unit apartemen atau rumah.


8. Memproduksi Handcraft


Jika kamu menyukai pembuatan barang barang kreatif dan unik, yang biasanya sering dijual sebagai cindera mata atau aksesoris, maka kamu bisa memulai bisnis ini. Selain itu kamu juga bisa memanfaatkan bahan baku yang tidak terpakai seperti limbah plastik, rotan, kayu dan sebagianya.

Kamu bisa untuk memproduksi kerajinan tangan di dalam rumah dengan memperkerjakan beberapa orang. Kamu bisa membuat berbagai kerajinan dan dijadikan sebagai oleh-oleh khas daerah. Kamu bisa memanfaatkan media sosial seperti Instagram atau whatasapp serta mengembangkan jangkauan bisnismu dengan lebih luas lagi bahkan bila dikenal di luarnegeri, kamu bisa melakukan ekspor


9. Jual Beli Elektronik Bekas


Penggunaan barang barang elektronik sangat banyak dan memang menjadi kebutuhan bagi masyarakat modren. Sebut saja seperti smartphone, komputer, laptop, kulkas, mesin cuci, televisi dan berbagai perangkat lain yang sering kita temui di dalam rumah. Barang elektronik ini menjadi kebutuhan setiap orang karena sangat membantu pekerjaan menjadi lebih mudah.

Bisnis jual beli HP bekas misalnya, menjadi salah satu pilihan dimana sobat kósngosan bisa mengumpulkan berbagai jenis barang elektronik yang masih layak pakai dengan harga murah kemudian menjualnya kembali kepada orang yang membutuhkannya dengan melakukan perbaikan dan pemolesan terlebih dahulu


10. Menjadi DJ atau Bartender


Disc Jockey merupakan profesi yang cocok buat kamu yang memang menyukai dunia musik dan senang bekerja pada malam hari. Walaupun DJ sering dihubungkan hal negataif, sebenarnya menjadi DJ tidak selalu harus di klub dan bekerja di malam hari, namun kebanyakan memang begitu.

Selain bekerja menjadi DJ, sobat juga bisa bekerja sebagai bartender, apalagi bila kamu memang menyukai minuman dan seni untuk mencampur serta sukad dengan berbagai kreasi dengan rasa baru.


11. Dagang Kuliner Pinggir Jalan


Bisnis kuliner memang tidak ada matinya. Ketika kamu resign, maka salah satu bisnis yang bisa segera di eksekusi adalah berjualan makanan. Dan salah satu yang paling banyak penggemarnya adalah kuliner pinggir jalan atau biasa disebut street food.

Cobalah sobat kosngosan keluar sesekali pada jam 12 malam, maka kalian akan menemukan banyak sekali penjual makanan dipinggiran di jalan protokol. Mulai dari menjual makanan basah, nasi goreng, mie, minuman hangat dan sebagainya.


12. Jadi Reviewer Produk


Salah satu peluang bisnis yang sangat cocok buat kamu yang pintar dalam menulis konten. Bila kamu menikmati membuat tulisan atau konten untuk menilai suatu produk, maka salah satu nya adalah dengan menjadi reviewer atau pengulas suatu produk. Saat ini perkembangan teknologi informasi semakin canggih

Sekarang banyak dari content creator yang dibayar untuk mengulas suatu produk lewat berbagai media online seperti website, podcast, youtube, postingan di Instagram atau facebook mereka. dan juga penting untuk mengulas produk tersebut dengan jujur dan objektif


13. Buka Les Private


Kamu menguasai suatu bidang? seperti misalnya jago di olahraga sepakbola, badminton, atau bidang musik dan vokal? Atau juga menguasai bidang pelajaran tertentu seperti matematika dan biologi? Mengapa tidak membuka jasa les privat saja

Jasa yang kamu berikan relatif tidak membutuhkan modal besar. Karena memang kamu tidak perlu mengeluarkan modal untuk memulainya. Jadi cukup untuk menyediakan tempat seadanya dan mulailah untuk menjual jasa mu tersebut.


14. Jadi Content Creator


Ada banyak profesi content creator yang tidak memiliki waktu untuk mengedit video atau menghasilkan artikel yang berkualitas untuk diterbitkan pada channel youtube dan blog website mereka. Sebagian orang juga banyak membutuhkan jasa editing video atau artikel misalnya.

Sobat kosngósan bisa memanfaatkan smartphone atau laptop miliknya untuk menghasilkan konten yang berkualiats, kemudian menawarkan Jasamu di berbagai situs freelance atau forum group online..


15. Menulis Buku


Orang orang menyukai membaca buku fiksi atau ilmiah, jadi kamu tinggal memilih saja jenis buku yang akan kamu tulis. Kamu bisa melakukan riset terlebih dahulu, dan mulai untuk memberikan naskah buku yang kamu tulis ke penerbit mayor. Bila diterima, maka bukumu akan disebarkan di berbagai outlet buku yang ada di Indonesia. Kamu bisa mendapatkan royalti beberapa persen dari penjualan buku yang laku tersebut.

Baca juga : Alasan Resign Mendadak yang Masuk Akal


Kata Penutup


Dipecat atau resign bukanlah akhir dari segalanya. Kamu harus buktikan bahwa setelah berhenti bekerja di kantor, kamu tetap bisa bertahan dan bahkan berkembang dengan memulai bisnis baru yang membuat omsetmu lebih besar ketimbang menjadi karyawan dulu

Sekianlah pembahasan mengenai peluang bisnis setelah dipecat untuk karyawan dari kosngosan kali ini, semoga kamu yang saat ini tengah dilanda badai PHK massal bisa bangkit kembali dan menjadi enterprenur sukses. Salam sukses dan jangan lupa bagikan url post ini ke media sosial milikmu.
Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya