Cara Jual HP Batangan Bekas Dengan Harga Tinggi

Cara Jual HP Batangan Bekas Dengan Harga Tinggi

Menjual HP bekas atau second memang menjadi salah satu pilihan ketika kita membutuhkan uang untuk keperluan mendesak. Jenis HP sekarang berupa smartphone dengan berbagai brand cukup laku di pasaran dengan berbagai variasi harga. Namun satu hal yang membuat cara mendapatkan duit ini begitu merugikan adalah harga jual kembali yang cenderung jatuh, seperti pada barang-barang elektronik lainnya. Dan kali ini kosngosan akan membahas beberapa tips untuk kamu yang ingin menjual hp dengan harga tinggi tanpa takut mengalami kerugian lagi. Simak terus pembahasanya dibawah ini.

Mungkin banyak dari kamu yang ingin menjual hp bekas dengan alasan bosan atau memang membutuhkan duit untuk suatu keperluan yang mendadak. Siapa pun orangnya pasti akan memilih menjual smartphone bekas miliknya dengan harga tinggi bukan? Tidak peduli apakah kamu menjualnya di konter ataupun lewat pemakai akhir.

Baca juga : Cara Mencari Paket Data Internet Murah Berkualitas

Saat ini ada banyak media jual beli barang bekas seperti hp, seperti website, foruk, grup, media sosial dan aplikasi chatting yang kesemuanya itu memanfaatkan kemudahan teknologi internet. Dan kali ini mimin akan memberikan beberapa tips kepada kamu agar menjual hp dengan harga yang relatif lebih tinggi, ikuti tips nya dibawah ini :


Tips Menjual HP Second Dengan Harga Tinggi



Selain tips membeli hp, menjual hp bekas merupakan kegiatan yang terbilang gampang-gampang sulit. Kamu bisa menerapkan beberapa langkah dibawah ini untuk mendapatkan harga jual terbaik :

1. Periksa kembali kelengkapan smartphone yang akan kamu jual


Kelengkapan barang second menjadi faktor utama naiknya harga. Bila kamu memiliki beberapa perlengkapan seperti kotak hp, handsfree, original charger, case, anti gores kaca dan juga sim ejector, maka dapat dipastikan kamu bisa menjualnya dengan harga tinggi dibandingkan hp batangan.

Namun kali ini kita akan fokus menjual hp batangan bukan? Istilah batangan juga tidak sepenuhnya kamu hanya menjual hp saja, akan tetapi kamu perlu menjualnya minimal dengan kepala charger dan kabel usb. Dengan demikian pembelimu tidak akan kecewa dengan barang yang akan kamu jual.

2. Perbaiki semua kerusakan yang ada pada smartphone


Siapa juga yang ingin membeli barang yang rusak atau banyak minusnya? Sang buyer atau pembeli sangat menginginkan barang yang mulus tanpa masalah. Oleh karena itu memastikan bahwa hp batangan yang kamu jual sudah tidak ada kerusakan adalah kewajibanmu sebagai penjual.

Jangan lupa juga untuk membersihkan HP mu dengan kain pembersih, mulai dari layar, body dan juga baterai. Setelah itu pastikan debu dan kotoran tidak menyangkut pada setiap lekukan atau lubang halus yang ada pada HP. Dengan kondisi yang bersih seperti itu, maka HP mu pun akan dihargai dengan nomial tinggi oleh pembeli karena terlihat seperti baru.

3. Pilihan pertama adalah menjual ke pemakai langsung, bukan ke konter


Konter adalah pilihan terakhir apabila hp mu tidak laku dijual ke orang. Karena menjual ke orang pemakai langsung akan lebih memudahkan kamu dalam memasang tarif, karena tidak ada potongan margin keuntungan dari konter yang akan  mengurangi harga hp mu.

Cari lah teman, kerabat atau kenalan mu yang memang sedang membutuhkan hp. Tawarkan kepadanya mengenai spesifikasi dan kelebihan hp second milikmu. Kamu juga bisa memanfaatkan media grup facebook untuk memasarkan hp mu dengan cara gratis dan efektif.

4. Pilih konter yang sudah kamu kenal


Apabila memang terpaksa harus menjual ke konter, maka pilihlah konter hp yang sudah kamu kenal pemiliknya. Hal ini untuk meminimalisir hp kamu ditawar lebih rendah dengan alasan yang dibuat-dibuat. Konter memang selalu menerima pembelian hp second berbagai merek, asal tipe nya masih tren dan banyak disukai orang-orang.


5. Jual ke grup facebook dan website jual beli dengan deskripsi yang menarik


Menjual lewat grup facebook atau media internet menjadi keuntungan tersendiri bagi kamu yang tidak suka ribet mengunjungi konter yang jaraknya jauh dari rumah. Kamu cukup bergabung di forum jual beli online atau situs terkenal seperti olx yang akan mempertemukan penjual sepertimu dengan para calon pembeli.

Setelah fix janjian pada suatu tempat, maka kamu akan menggelar yang namanya COD (Cash On Delivery) dengan calon buyer di tempat yang sudah dijanjikan. Hati hati untuk mengadakan pertemuan di tempat yang sepi. Selalu ajak ketemuan di tempat ramai dan dekat dengan rumah.

6. Hapus dan clear semua data dan akun penting yang ada pada smartphone


Menghapus file peninggalan di HP lama merupakan langkah antisipatif agar hp kamu tidak disalahgunakan oleh pemilik barunya. Lakukan factory reset serta erase all data and settings. Segala data pribadi mu akan terhapus dan setelan HP akan kembali ke default seperti saat kamu membuka segel.

Factory reset dan erase all data and settings juga memiliki kegunaan supaya hp yang akan kamu jual lebih ringan dan kinerjanya kembali fit seperti semula kala. Selain itu juga berguna agar membuat memori internal HP menjadi longgar kembali. Dengan demikian kamu menjual barang second dengan kondisi yang prima.

7. Jangan ragu untuk memberikan jaminan


Garansi resmi memang hanya ada ketika membeli ponsel baru. Namun kamu juga bisa memberikan jaminan kepada calon pembelimu dengan menyatakan bahwa HP tersebut akan kamu jamin selama rentang waktu tertentu. Apabila terjadi masalah diluar kesepakatan, maka dia bisa meminta uangnya kembali, dengan catatan kerusakan timbul bukan karena kecerobohan si pembeli.

Dengan adanya jaminan (tidak resmi) dari kamu, calon pembeli biasanya akan lebih yakin dan memantabkan hatinya untuk membeli hp dari mu. Kalau memang kamu yakin bahwa hp mu tidak ada bermasalah secara teknis, kenapa takut untuk memberikan jaminan ?

Baca juga : Cara Posting Artikel Blog Memakai Aplikasi HP Android

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Jual HP Smartphone Batangan Bekas Dengan Harga Tinggi kali ini, semoga dapat membantumu dalam menjual barang mu tersebut. Ada baiknya kamu memikirkan kembali untuk menjual barang berhargamu, dan melakukan manajemen finansial yang lebih baik. Bila kamu merasa artikel ini bermanfaat, silahkan bagikan kepada temanmu yang lain. Tinggalkan juga komentar dibawah ini ya. Terimakasih telah berkunjung di kosngosan.

Buka Komentar