Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

30 Cara Mengatasi HP Realme Cepat Panas atau Overheat

Saat ini HP realme sudah menjadi populer bagi pengguna Android di Indonesia. Harganya yang murah dengan menawarkan spesifikasi tinggi membuat banyak dari konsumen tertarik menggunakan produk dari luar ini. Tapi tahukah kalian dari mana asal dari produk realme itu sendiri? Kamu harus tahu bahwa realme berasal dari negara Tiongkok. 

Pada awalnya, produk ini berasal dari divisi OPPO, dan bertepatan pada tahun 2018 silam akhirnya realme memisahkan diri dari OPPO dan memulai pengembangan produknya sendiri.

Pada saat perilisan awal produknya mereka berani memberikan harga yang kelewat murah dengan spesifikasi tinggi seperti Realme 2, Realme 2 Pro, dan Realme C1 yang saat itu sangat digandrungi oleh para penggila gamers. Tapi kita tidak akan bahas lebih jauh mengenai sejarah pabrikan ini.


Kenapa HP Realme Cepat Panas

penyebab realme cepat panas

Hal yang menjadi konsen dalam pembahasan kita kali ini adalah penyebab kenapa HP realme sering mengalami cepat panas atau disebut overheat. 

Sebenarnya ada banyak faktor, dan itu tergantung dari berbagai perlakuanmu terhadap HP tersebut. Mari kita bahas beberapa hal yang bisa menjadi penyebab terjadinya panas berlebih, seperti dibawah ini :

Baca juga : Cara Mengatasi Telkomsel Lemot dan Tidak Stabil


Hindari widget home screen kebanyakan

Jumlah widget yang sobat kosngosan pasang pada halaman beranda, sedikit banyak ikut mempengaruhi kinerja RAM. Widget ini kecil namun prosesnya terus berlanjut pada aplikasi background. Seperti penggunaan widget ramalan cuaca, temperatur, mata uang, widget penghasilan adsense dan sebagainya.

Konsumsi daya baterai menjadi boros dan RAM yang seharusnya dalam kondisi tidak terpakai, sekarang spacenya terus terisi untuk memproses permintaan data sehingga suhu di smartphone realme mu terus meningkat. 

Untuk itu kamu harus memasang widget yang penting saja, seperti jam, calender dan  minimalkan ukurannya agar tidak memakan ruang.


Hindari penggunaan HP ketika sedang dicharger

Ini adalah salah satu kebiasaan buruk dari banyak orang. Ketika kamu menggunakan smartphone pas sedang dichas, maka akan menyebabkan suhu pada smartphone meningkat dan merusak sel lithium didalam baterai. Ditengah pengisian baterai, mengoperasikan smartphone tetap menyebabkan peningkatan suhu.

Sebenarnya boleh saja kamu menggunakan smartphone ketika dicharger kalau dalam keadaan mendesak saja, bukan malah melakukan kegiatan berat seperti bermain game atau streaming. Jadi sangat penting untuk mengetahui ini untuk kemudian diterapkan dalam kehidupan sehari-harimu.


Kurangi aplikasi berjalan dibelakang layar

Saat kamu membuka aplikasi kemudian menekan tombol back atau langsung menekan tombol home, pada dasarnya aplikasi tersebut masih berjalan dibalik layar atau hanya tertutup dengan layar utama saja.
Banyaknya aplikasi yang berjalan pada background juga banyak mengkonsumsi ruang penyimpanan RAM. Umumnya menjalankan sistem android saja sudah memakan RAM 70% lebih, belum lagi termasuk aplikasi yang lain.

Banyaknya aplikasi yang berjalan secara background membebani kinerja smartphone, dampaknya akan mengakitbakan suhu yang meningkat, baterai boros dan smartphone realme mu akan terasa lamban. 

Beberapa aplikasi yang sudah diinstall dan jarang sobat kosngosan gunakan juga memulai servicenya dibelakang layar, tidak perduli kamu jalankan atau tidak. Intinya bila kamu benar benar tidak menggunakannya, uninstall atau disable aplikasinya.


Hindari jaringan operator yang lemah

Kondisi sinyal operator yang lemah dapat menyebabkan smartphone lebih cepat panas. Mengapa hal ini bisa terjadi? Karena smartphone bekerja lebih keras untuk mengumpulkan sinyal operator secara terus menerus, terlebih ketika permintaan service dari aplikasi yang berjalan selalu mencoba terhubung ke internet.

Untuk mencegah smartphone realme mu overheat, maka pastikan operator yang kamu gunakan memang sudah tercover dengan baik. Cari lokasi yang memiliki sinyal baik. Alternatif lainnya, kamu bisa membeli alat penguat sinyal dalam berbagai bentuk


Atur Brightness Normal

Faktor kecerahan layar yang dalam keadaan maksimal bisa memberi banyak efek yang merugikan seperti baterai cepat habis dan smartphone cepat panas. Logikanya, semakin cerah layar smartphone semakin banyak sumber daya yang dibutuhkan untuk terus menerus menghidupkan layar.

Mengatur kecerahan layar pada mode pertengahan atau bahkan paling minim bisa dicoba. Kemudian terangi ruangan dengan baik, sehingga ketika bermain HP matamu tidak cepat lelah. Selain bisa menghemat konsumsi baterai, tentunya juga nyaman bagi mata kita. Bagi yang punya hp realme dengan layar amoled, maka mengaktifkan dark mode bisa menghemat penggunaan baterai lho.


Hindari menjalankan aplikasi berat

Smartphone realme memiliki berbagai variasi produk yang tentunya dibekali spesifikasi beraneka ragam. Tidak semua aplikasi bisa dijalankan pada smartphone realme mu dengan baik. 

Ada beberapa aplikasi yang membutuhkan spesifikasi tinggi karena membutuhkan kinerja processor yang mumpuni untuk menjalankannya, misalnya game PUBG.

Kalau spesifikasi smartphone realme sobat kosngosan berada pada mid end atau bahkan low end, jangan memaksakan diri untuk menjalankan aplikasi yang syarat minimumnya tidak sesuai dengan spesifikasi smartphone milikmu tersebut. Karena smartphone akan bekerja jauh lebih keras dari biasanya.


Matikan data seluler ketika tidak digunakan

Apakah kamu sering membiarkan koneksi wifi dan paket data seluler menyala secara bersamaan bahkan ketika tidur? Dengan mengaktifkan koneksi tersebut, kita memang jadi mendapatkan pesan notifikasi terbaru. 

Disaat tidak digunakan maka perangkat smartphone akan terus mencoba terhubung ke internet juga service dari berbagai aplikasi akan memperbaharui data sistem mereka sehingga menyebabkan smartphone mu cepat panas.

Intinya kamu harus mematikan data seluler dan wifi ketika tidak digunakan, ketika bepergian atau tidur misalnya. Kamu bisa mengaktifkan mode pesawat untuk menonaktifkan keduanya secara bersamaan, atau bisa mematikan smartphone mu.


Hindari Main Game Berat

Menjadi gamer memang menyenangkan, bisa menghabiskan waktu senggang bersama teman teman. Game mobil saat ini memang lagi trend. Kebanyakan game yang dibuat untuk perangkat dekstop juga ada versi mobile-nya.

Untuk menjalankan game dengan baik, perhatikan spesifikasi smartphonemu, apakah sesuai dengan syarat menjalankan game dalam mode normal atau justru syarat minimum game adalah spesifikasi maksimal smartphone kamu. Jangan bermain game terlalu lama apalagi sampai nekat memainkan game ketika dicharger.


Bersihkan Memori Internal

Kapasitas memori internal yang sudah maksimal bisa mengakibatkan terjadinya overheating pada smartphone. Minimnya memori internal membuat beberapa aplikasi harus mengantri pada penyimpanan cache. 

Dan apabila sudah penuh, maka aplikasi tersebut harus terpaksa dihapus dan ketika dijalankan kembali otomatis mendownload data dari server, tidak meload data cache yang tersimpan dalam smartphone.

Ketika hal ini terjadi maka jangan kaget kalau performa smartphone realme mu justru turun, sering restart sendiri, lag, hang, freeze, force closed dan sebagainya. 

Untuk itu pastikan bahwa ruang memori internal yang digunakan oleh sistem masih cukup. Sebagai alternatif lain, sobat kosngosan bisa memindahkan lokasi penyimpanan file foto atau video ke memori eksternal bisa juga menggunakan cloud.


Aktifkan Mode power saving

Versi ColosOS terbaru (user interface yang digunakan realme) sudah dibekali dengan mode power saving untuk menghemat konsumsi daya pada smartphone android. Dengan mengaktifkan mode power saving berarti kamu bisa meminimalisir kinerja service yang dianggap membebani smartphone, pembagian sumber daya menjadi lebih efisien dan pada akhirnya menghindari smartphone overheat.

Banyak pengguna smartphone yang tidak tertarik mengaktifkan mode ini, karena ternyata setelah mengaktifkan mode ini tiba-tiba notifikasi dari aplikasi chatting seperti messenger, whatsapp, telegram menjadi tidak aktif. Jadi bisa kamu pertimbangkan lagi.


Update ColosOS versi terbaru

Cobalah untuk mengecek versi ColosOS dan android yang kamu gunakan pada smartphone realme mu. Apabia tersedia versi terbaru segera perbaharui saat itu juga. Versi terbaru ColosOS dan Android akan memberikan banyak perubahan pada sistem software yang lebih baik, optimal dan terhindar dari bug.

Hal ini juga mengoptimasi resource pemakaian sumber daya, menghadirkan fitur baru untuk menghemat penggunaan resource secara efektif dan efisen dan kelebihan lainnya. Dengan selalu update terhadap sistem, maka ini bisa meningkatkan performa smartphonemu supaya lebih baik.


Hindari Screen Time HP yang Berlebihan

Penggunaan smartphone yang membabi buta seperti mencharger smartphone sambil thetering ke perangkat laptop untuk mengunduh file ukuran besar, maka bisa meningkatkan suhu dan merusak baterai. Atau seperti menjalankan game berat selama berjam-jam dan mengabaikan waktu, sambil dicharger.

Kebiasaan seperti ini selain bisa memperpendek usia baterai, juga akan berdampak negatif pada usia smartphone realme milikmu. Logikanya smartphone juga seperti manusia, memiliki batas kapasitas penggunaan dan harus diberikan waktu istirahat cukup.


Matikan fitur yang masih menyala

Periksa kembali beberapa fitur pada notification bar yang mungkin tanpa sengaja sobat kosngosan menyalakan tetapi tidak sedang digunakan. Misalnya bluetooth, personal hotspot, location, Wifi, dan lainnya. Sebaiknya fitur tersebut dimatikan saja untuk mengurangi beban RAM jika memang tidak digunakan.

Fitur tersebut masih bekerja sebagaimana fungsinya bila tidak digunakan sama sekali, jadi prinsipnya hidupkan ketika kamu gunakan, dan matikan ketika tidak digunakan.


Pilih Processor Terbaru

Smartphone realme keluaran terbaru banyak yang menggunakan processor snapdragon yang terkenal lebih cepat, ringan dan pintar dalam mengolah sistem didalam.

Sedangkan processor mediatek terkenal memiliki banyak kekurangan seperti lebih boros baterai, sering overheat. Inilah mengapa banyak pabrikan smartphone juga sekarang sudah mulai meninggalkan processor mediatek dan beralih ke processor snapdragon karena dinilai lebih efisien.


Jangan Pakai HP dibawah Matahari Langsung

Smartphone sangat rentan terhadap perubahan suhu, terutama panas yang diakibatkan oleh cahaya matahari. Oleh karena itu, sangat tidak disarankan memakai smartphone langsung dibawah terik sinar matahari dalam kondisi lama.

Atau juga di dekat perapian, meletakkan didalam saku celana, kasur atau jok mobil. Karena logikanya tempat-tempat tersebut akan menimbulkan panas berlebih yang berasal dari suhu eksternal.


Perbaiki kesehatan baterai yang Drop

Baterai adalah bagian terpenting dari smartphone. Kamu harus mengecek bagian mana dari ponsel yang terasa hangat atau panas untuk menemukan sumbernya.

Jika panas berasal dari dibagian belakang atau tepatnya pada baterai, berarti permasalahan ada pada kesehatan baterainya. Buat smartphone tipe baru, kamu harus membongkar body hp mu untuk bisa mengganti baterai dengan baru. Kalau tidak bisa, maka sobat ķosngosan bisa memasangnya ke ahli service HP.


Perbaiki charger yang bermasalah

Apabila sumber panas berasal dari port charger berarti ada masalah pada chargernya. Kamu menggunakan charger KW sehingga voltase dayanya tidak sesuai dengan charger original bawaan dari smartphone realme milikmu.

Arus listrik yang dialirkan memiliki daya lebih tinggi atau lebih rendah dari kemampuan port ponsel realme mu. Jadilah port terasa panas karena menerima arus listrik yang tidak sesuai dan harus menyesuaikan tegangan. Apabila terus menerus digunakan, maka baterai akan menggembung bahkan sampai meledak karena sudah terlalu rusak.


Nonaktifkan Overclock atau boost speed

Smartphone keluaran terbaru sudah dibekali mode "Over Clock" atau  "Boost Speed". Mode ini akan memaksa processor di hp  mu untuk bekerja lebih cepat daripada biasanya sehingga performa ponsel akan berada pada level maksimal.

Memaksa processor untuk bekerja terlalu keras secara realtime apalagi jika dibarengi dengan aktivitas berat akan membebani kinerja ponsel, yang mengakibatkan suhu ponsel juga meningkat drastis. Apabila kamu memang membutuhkan mode ini, maka gunakanlah ketika sedang diperlukan saja.


Pakai Casing HP yang Tepat

Pemilihan case HP yang terlalu rapat dan ketat bisa menghambat sirkulasi udara pada body ponsel. Apalagi untuk casing yang terbuat dari bahan metal memiliki netralisasi yang buruk terhadap suhu udara disekitarnya. Penggunaan case ini akan membuat ponsel cepat panas karena sirkulasi udara yang tidak sempurna.

Desain casing ponsel yang terlalu tebal juga mengurangi kemampuan antena dalam menangkap jaringan, walaupun diklaim tahan terhadap benturan. Oleh karena itu kamu harus memilih casing yang terbuat dari bahan plastik atau karet yang lebih baik dalam menangani sirkulasi udara.


Perbaiki BUG pada sistem aplikasi

Bug pada aplikasi (penggunaan versi beta, mod atau minor) sering sekali menyebabkan error atau force close karena aplikasi tidak bisa berjalan secara normal. Hal ini mengakibatkan service aplikasi akan berjalan dibalik layar secara terus menerus meskipun error sehingga menggunakan RAM dengan panuh

Trik ini berhubungan dengan tips sebelumnya dimana kamu harus memperbaharui aplikasi secara rutin untuk menghindari terjadinya bug pada sistem yang bisa membebani kinerja processor smarpthone realme milikmu. Kemudian uninstall aplikasi yang sering memunculkan notifikasi force close.


Hindari virus dan malware

Pada dasarnya smartphone android sudah dibekali proteksi yang aman dari serangan virus dan malware. Hanya saja sebagian pengguna android masih menginstall aplikasi mereka dari pihak ketika yaitu menggunakan apk mod misalnya.

Hal inilah yang mengakibatkan infeksi virus dan malware berbahaya yang menyebabkan suhu pada perangkat ponsel meningkat. Karena virus bekerja dibalik layar untuk melakukan instruksi programnya secara terus menerus. Misalnya jenis virus seperti adware ibarat mata-mata yang merekam semua aktivitas dan kebiasaan sobat kosngosan selama menggunakan ponsel, termasuk situs apa saja yang sering dikunjungi, menampilkan iklan dan sebagainya.


Bersihkan lubang port pada HP

Smartphone yang kotor, berdebu dan terkena karatan juga menyebabkan sirkulasi udara didalam smartphone menjadi tidak lancar, yang mengakibatkan smartphone cepat panas. Partikel yang menempel pada bagian lubang smartphone akan menyumbat sirkulasi udara dan mengendap disana sampai dibersihkan secara manual oleh sobat kosngosan.


Istirahatkan HP ketika tidak digunakan

Sudah dikatakan sebelumnya bahwa smartphone sama dengan manusia, sama sama butuh istirahat juga. Jadi ketika kamu menggunakan smartphone secara terus menerus, seperti bermain game dan streaming selama berjam-jam memang menyiksa ponsel, ini akan menyebabkan panas.

Oleh karena itu sebaiknya kamu mengistirahatkan ponsel untuk sesaat, lebih baik lagi kalau ponsel dimatikan saat kamu tidur, mengaktifkan mode pesawat ketika sedang beribadah dan makan.


Bersihkan file sampah atau cache

Pada smartphone android terdapat banyak file sampah seperti cache, jalur pintas, cookies dan lainnya. File sampah tersebut terus menerus menumpuk dan memenuhi memori internal. Akibatnya penggunaan ram meningkat dan smartphone menjadi cepat panas.

Jangan membiarkan file sampah tersebut menumpuk terlalu lama dan terlalu banyak hingga sampai 1 GB-an, selain menginstall aplikasi pembersih sampah, sebenarnya kamu juga bisa membersihkan file tersebut secara manual dari pengatura setiap aplikasi masing masing.


Hindari Install APK Mod

Kamu harus waspada saat mendownload aplikasi dari sumber yang kurang terpercaya, apalagi karena iming-iming full version atau pemberian crack secara gratis. Karena bisa jadi dalam aplikasi tersebut telah disisipi script yang berbahaya. Disarankan untuk menginstall aplikasi memang berada di google playstore saja, supaya lebih aman.


Optimalkan pengaturan ponsel

Sobat kosńgosan bisa mengurangi beban kinerja ponsel realme dengan mengoptimalkan pengaturan  seperti misalnya mengaktifkan dark mode, mode penghemat daya, menurunkan brightness, menggunakan wallpaper statis yang simple, mematikan motion and gesture dan sebagainya. Dari hal sederhana tersebut kamu bisa mengoptimalkan proses ponsel realme mu secara lebih baik lagi.


Hindari over charging

Overcharging artinya kamu  melakukan charging terhadap ponsel realme secara berlebihan atau terlalu lama sehingga menyebabkan kondisi ponsel menjadi panas. Walaupun saat ini hp sudah memiliki fitur khusus yang memutus aliran listrik ketika baterai sudah penuh 100%, kamu tetap harus membuat aturan 10-90.

Artinya jangan biarkan sisa daya baterai dibawah 10% dan cabut pengisian setelah 90% untuk menjaga kualitas baterai tetap awet. Hindari kebiasaan mencharger ponsel dari malam hari hingga pagi hari. 

Baca juga : Kesalahan Charger Baterai yang Membuat Cepat Bocor


Matikan Izin notifikasi

Notifikasi pesan masuk dari messenger, whatsapp, line, telegram tiada hentinya, apalagi kalau kamu bergabung kedalam group. Sebenarnya notifikasi yang tidak penting itu sangat mengganggu, karena dengan masuknya notifikasi secara terus menerus membuat aplikasi mengakses situsnya secara berkala sehingga menyebabkan ponsel menjadi lebih cepat panas.

Mimin sarankan supaya kamu mematikan notifikasi dari group yang tidak penting atau mematikan semua notifikasi aplikasi melalui pengaturan. Hanya pilih notifiikasi yang penting penting saja, seperti whatsapp atau telegram misalnya.


Hindari streaming terlalu lama

Sobat kosngosan yang hobi menggunakan aplikasi nonton streaming seperti netflix, youtube atau video call dari zoom yang terlalu lama memang harus dikurangi, karena bisa menyebabkan smartphone cepat panas.

Kegiatan streaming bisa menghasilkan file cache yang besar, mengkonsumsi paket data secara terus menerus, membuat layar menampilkan visual yang bergerak (apalagi buat layar tipe amoled) yang bekerja non stop, bisa menghabiskan banyak sumber daya bateraimu.


Perbaiki Hardware yang rusak

Kerusakan pada hardware atau part smartphone akibat konsleting akan membuat kinerja menjadi tidak normal seperti bootlop, mati sendiri, restart bahkan freeze atau tidak bisa dihidupkan.

Arus dari sumber daya baterai terganggu maka dampaknya kinerja komponen smartphone menjadi tidak stabil dan beberapa komponen sangat rentan mengalami kerusakan akibat arus pendek misalnya pada mesin (IC, CPU, driver dan sebagainya) juga menyebabkan kinerja smartphone tidak normal dan memicu overheating.

Baca juga : Kontak Call Center Komplain Operator Seluler di Indonesia


Kata Penutup

HP brand realme walaupun saat ini tergolong masih baru dan masih memiliki produk yang sedikit, nyatanya bisa mencuri perhatian banyak pengguna Android Indonesia. Hal ini dikarenakan realme adalah pabrikan smartphone yang memberikan spesifikasi gahar dengan harga yang relatif murah.

Walaupun demikian kamu harus tetap menjaga kesehatan smartphone realme milikmu dengan cara melakukan berbagai perawatan seperti yang sudah dijelaskan oleh mimin kosngosan diatas. Apabila kamu merasa artikel ini bermanfaat silahkan share ke teman-teman mu juga ya.
Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya