13 Cara Mengatasi Sinyal Telkomsel Lemot & Tidak Muncul

Apakah kamu pengguna telkomsel seperti kartu as, simpati atau halo, pernah mengalami sinyal yang jelek dan hilang secara tiba tiba? Apabila gangguan seperti itu tidak segera diatasi, maka sobat akan merugi. Bayar mahal mahal, tapi justru mengecewakan. Dan pada kesempatan kali ini mimin kosngosan akan khusus membahas mengenai operator seluler berwarna merah ini yang dinilai paling berkualitas dan banyak dipakai oleh masyarakat Indonesia. Sebagai salah satu perusahaan telekomunikasi yang paling luas cakupannya di daerah-daerah terpencil

cara memperbaiki jaringan telkomsel

Memang kualitas sinyal Telkomsel bisa dibilang sudah mencover daerah pelosok. Namun terkadang pengguna juga pernah merasakan gangguan atau masalah jaringan. Sebelum mengadukan ke operator ada baiknya teman kosngosan melakukan beberapa langkah sederhana seperti yang akan disampaikan mimin dibawah ini.

Bagi yang belum tahu mengenai sejarah Telkomsel di tanah air kita akan bahas sedikit untuk menambah pengetahuan para pengunjung kosngosan sekalian.

Telkomsel dimiliki oleh PT Telkom Indonesia yang pada Tahun 1979 mengeluarkan produk Kartu SIM jaringan GSM pertama di Indonesia, yang bersamaan dengan pendirian Indosat tahun 1995 dengan meluncurkan kartu Halo pasca bayar

Kalau sobat kósngosan adalah anak tahun 90-an yang pernah merasakan mahalnya pulsa Telkomsel untuk SMS dan nelpon, maka kita seumuran. Dibanding sekarang yang harganya lebih kompetitif karena memiliki saingan

Telkomsel sekarang sudah memiliki lebih dari 100 juta pengguna di seluruh pelosok negeri dengan akses jaringan 4G LTE pertama di Indonesia dengan kecepatan mencapai 36 mbps.

Jadi tidak heran bahwa Telkomsel merupakan pionir atau pemimpin dalam industri Telekomunikasi Indonesia dan wajar bahwa mereka memiliki kualitas sinyal atau jaringan yang memadai.

Baca juga : Kunci Jaringan ke 4G Supaya Internetan-mu Cepet dan Anti Lemot

infografis telkomsel


Solusi Sinyal TSel yang Jelek


Namun hal tersebut tidak menjamin kualitas pelayanan dan jaringan yang dirasakan oleh pelanggan dibeberapa tempat misalnya.

Sobat kosngosan perlu melakukan langkah sederhana yang mimin sebutkan dibawah ini sebelum kalian pada akhirnya harus melapor ke bagian customer servicenya (apabila tips dibawah tidak work)

Matikan dan hidupkan data terlebih dahulu


Ini adalah langkah awal nan sederhana yang bisa sobat kosngosan lakukan, ketika mendapati sinyal telkomsel jelek, matikan data dan hidupkan kembali. Atau pilih mode pesawat, dan matikan kembali mode pesawatnya, sehingga perangkat akan melakukan pencarian ulang sinyal

Reboot perangkat mu


Matikan ulang smartphone, ini akan memberikan waktu Hp mu untuk memperbaiki permalasahan yang mungkin bisa diatasi secara otomatis. Dengan reboot, perangkat juga melakukan scan ulang terhadap sinyal. Apabila masih belum, lanjut ke tips ketiga.

Pastikan Perangkat dan Daerahmu Support 4G


Seperti yang kita ketahui 4Gatau LTE merupakan jenis jaringan yang paling cepat saat ini yang ada di Indonesia. Jaringan 4G yang akan dapat digunakan secara maksimal apabila perangkat smartphone mau juga support serta daerah tempat kamu tinggal sudah di cover jaringan 4G.

Oleh karena itu pastikan terlebih dahulu bahwa perangkat smartphone mu sudah suport terhadap jaringan 4G, serta daerahmu sudah di cover oleh jaringan 4G dari Telkomsel. Untuk mengecek daerahmu apakah support 4G atau tidak, cek di alamat ini telkomsel.com/en/4g-lte/4g-coverage

Waktu akses juga mempengaruhi


Ketika kamu mengakses jaringan internet pada malam hari di primetime, akses data jadi banyak dan pastinya akan sedikit banyaknya membuat jaringan jadi lemot.

Namun akan berbeda apabila sobat kosng0san mengakses internet subuh atau pagi hari. Jadi salah satu faktor juga adalah waktu akses. Namun ini bukan menjadi masalah, bagi operator sebesar telkomsel, karena sudah diberikan kapasitas jaringan yang cukup.

Lock jaringan 4G


Permasalahan selanjutnya yang sering terjadi antara jaringan 4G sering hilang hilang timbul, terkadang sudah 3G dan bahkan Edge. Hal ini dikarenakan perangkat mu tidak melakukan lock atau kunci terhadap jaringan 4G.

Ada beberapa cara untuk lock jaringan 4G di perangkat mu, misalnya di Setting, jaringan dan pilih prefer 4G LTE,

Bagi sobat kosngosan yang menggunakan perangkat xiaomi, juga bisa lock 4G dengan tekan kode *#*#4636#*#* di dial phone, kemudian pilih jaringan, pilih "Set prefered network type". klik jaringan LTE Only untuk membuat HP hanya menangkap jaringan 4G saja dan mengabaikan jaringan dengan jenis yang lain

Jenis smartphone juga menentukan


Apabila kamu pengguna smartphone dengan brand Samsung atau iPhone misalnya, maka kualitas penangkapan sinyal nya juga lebih baik dibandingkan dengan smartphone lokal. Selain faktor brand juga dipengaruhi oleh fitur yang disematkan di dalam perangkat tersebut.

Seperti misalnya beberapa bersih smartphone dari Samsung yang menggunakan tool atau teknologi yang dinamakan sebagai signal Max, untuk memaksimalkan penangkapan dan menjaga kestabilan sinyal pada smartphone buatannya

Membersihkan cache


Chace adalah file sampah yang terdapat di smartphone dan dapat mempengaruhi kinerja dari Smartphone kita. Selain memberatkan RAM dan memori, cache juga bisa mempengaruhi kemampuan smartphone dalam menangkap sinyal sehingga tidak maksimal.

Oleh karena itu bersihkan chace menggunakan aplikasi bawaan pembersih yang sudah disematkan di perangkat smartphone khususnya Android

Uninstall aplikasi tidak penting


Sama halnya dengan chace aplikasi yang sudah diinstal namun tidak dipakai akan sangat tidak berguna dan dapat memberatkan RAM dan memori internal. Hal ini juga dapat mempengaruhi kemampuan smartphone dalam menangkap sinyal.

Uninstall aplikasi yang tidak dipakai lagi, dan gunakan aplikasi versi Lite atau versi ringannya, untuk memperingan kinerja smartphone. Sehingga alokasi kerja lainnya bisa digunakan untuk menangkap sinyal lebih maksimal

Pakai stiker & Alat Penguat Sinyal


Kamu dapat memasang stiker penguat sinyal, meningkatkan daya tangkap sinyal oleh smartphone. Buka casing belakang HP, atau tempelkan dibelakang casing. Untuk membeli dan memesannya kamu bisa cek di konter terdekat atau beli langsung secara online melalui e-commerce

Sobat kosngosan juga bisa menciptakan rangkaian antena penguat sinyal sederhana dari bahan bahan bekas seperti kaleng minuman. Untuk membuat antena kaleng sederhana tersebut, kamu cukup mempersiapkan bahan dasar seperti kaleng bekas minuman, gabus, paralon 1/2", baut, gunting, cuter, kabel UTP atau LAN serta paku. Bisa melihat panduan pembuatannya di youtube.

Faktor Cuaca dan Alam


Selain faktor-faktor yang dijelaskan di atas, penyebab eksternal yang tidak bisa kita cegah adalah faktor alam yaitu seperti hujan, angin kencang atau Petir yang dapat menurunkan kualitas sinyal

Bahkan terkadang apabila sampai menyebabkan mati lampu, sinyal dari Telkomsel dan operator lain bisa terganggu karena Tower penguat sinyal mengalami putus arus, yang bisa menyebabkan jaringan hilang tiba-tiba

Memisahkan SIM Card


Sobat kosngośan bisa mencoba dengan memisahkan antara sim card yang khusus digunakan untuk internet dan sim card yang khusus digunakan untuk menelepon atau SMS.Hal ini untuk menghindari beban kerja smartphone yang bertambah.

Mimin secara pribadi, lebih menyukai untuk memisahkan 2 simcard tersebut, walaupun memiliki HP yang support terhadap dual sim card. Untuk memfokuskan hp, jadi satu Hp smartphone untuk khusus internet menggunakan telkomsel, satu lagi untuk telepon menggunakan operator lain, dengan hp sekunder.

Ganti APN


Salah satu cara yang paling banyak dipakai oleh orang orang adalah dengan mengganti APN untuk memperbaiki kualitas internetan. Termasuk di Telkomsel, yang perlu sobat kosngósan lakukan adalah :

Pergi ke menu setting kemudian jaringan seluler yang terdapat tampilan APN, kemudian kamu pilih tampilan menu, lalu cari dan klik Add APN Atau APN Baru atau sejenisnya, Setelah itu silahkan masukan data APN dibawah ini :

Name : Telkomsel Internet (atau bisa pilih juga "Telkomsel 4G")
APN : telkomsel (atau bisa piliha juga "Telkomsel")
Proxy : Not Set
Port : Not Set
Username : wap
Password : wap123
Server Not Set : Not Set
MMSC : Not Set
MMS Proxy : Not Set
MMS Port : Not Set
MCC : 510
MNC : 10
Authentication Type : PAP
APN Type : default,supl
APN Protocol : Ipv4
APN Roaming Protocol : Ipv4
Enable/Disable APN : APN Enablem
Bearer : Unspecified
MVNO Type : None
MVNO Value : Not Set


Lapor ke Customer Service


Nah ini adalah cara terakhir yang bisa sobat kosngosan lakukan apabila beberapa cara di atas masih nihil dan tidak berhasil untuk memperbaiki kualitas sinyal si merah yang semakin memburuk.



Sobat bisa langsung lapor ke customer service melalui beberapa kontak yang sudah mimin rangkum di bawah ini, atau tonton penjelasannya di video diatas, yang sudah mimin upload di channel youtube milik kosngosan. tinggal play, jangan lupa subscribe, like dan comment ya


Aplikasi MyTelkomsel
Telepon : 0807-1811-811
Telepon dari luar negeri : +628110 000 333
Telepon penggguna prabayar : 188
Email : cs@telkomsel.co.id
Facebook di FP Telkomlsel : https://www.facebook.com/telkomsel
Twitter : https://www.twitter.com/telkomsel
Instagram : https://www.instagram.com/telkomsel


Baca juga : Paket Kuota Mahal? Ini Tips Mendapat Paket yang Pas dengan Kantong mu

Kesimpulan


Apa yang sudah dijelaskan diatas adalah cara sederhana, dimana memang kualitas sinyal tersebut dipengaruhi oleh faktor yang bisa kita perbaiki. Walaupun terkenal mahal dan jaringan nya berkualitas, tidak menjamin sinyal si merah memuaskan sepanjang waktu. Adakalanya terjadi kelemotan, dan saat tersebutlah sobat kosngosan bisa menerapkan beberapa tips diatas.

Semoga dengan membaca artikel diatas bisa bermanfaat kepada kalian yang sering mengalami masalah jaringan. Mungkin tips diatas juga berlaku bagi seluruh operator di Indonesia. Tekan tombol share dan bagikan artikel ini di medsos kalian, Terima kasih
By

0 Response to "13 Cara Mengatasi Sinyal Telkomsel Lemot & Tidak Muncul"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel