Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15 Cara Mengatasi Jaringan Telkomsel Lemot dan Tidak Stabil

Bagaimana cara memperbaiki jaringan telkomsel yang tidak stabil dan lemot? Kamu pengguna telkomsel, seperti kartu AS, Simpati atau Kartu Halo, pastinya pernah mengalami sinyal 4G yang jelek dan hilang secara tiba tiba. Apabila gangguan seperti itu tidak segera diatasi, maka sobat kosngosan akan merugi. Bayar mahal mahal, tapi justru mengecewakan.

Pada kesempatan kali ini, mimin akan khusus membahas mengenai operator seluler yang identik dengan warna merah ini yang dinilai paling berkualitas dan banyak dipakai oleh masyarakat Indonesia. Sebagai salah satu perusahaan telekomunikasi yang paling luas cakupannya di daerah-daerah terpencil

Memang kualitas jaringan Telkomsel bisa dibilang sudah mencover daerah pelosok. Namun terkadang pengguna juga pernah merasakan gangguan atau masalah jaringan. Sebelum mengadukan ke operator ada baiknya teman kosngosan melakukan beberapa langkah sederhana seperti yang akan disampaikan mimin dibawah ini.

Bagi yang belum tahu mengenai sejarah Telkomsel di tanah air kita akan bahas sedikit untuk menambah pengetahuan para pengunjung kosngosan sekalian.

Telkomsel dimiliki oleh PT Telkom Indonesia yang pada Tahun 1979 mengeluarkan produk Kartu SIM jaringan GSM pertama di Indonesia, yang bersamaan dengan pendirian Indosat tahun 1995 dengan meluncurkan kartu Halo pasca bayar

Kalau sobat kósngosan adalah anak tahun 90-an yang pernah merasakan mahalnya pulsa Telkomsel untuk SMS dan nelpon, maka kita seumuran. Dibanding sekarang yang harganya lebih kompetitif karena memiliki saingan


Baca juga : Cara Mengatasi Jaringan AXIS yang Lemot dan Hilang Tiba Tiba


Cara Memperbaiki Jaringan Tidak Stabil Telkomsel


cara memperbaiki jaringan 4g yang tidak stabil telkomsel

Telkomsel sekarang sudah memiliki lebih dari 100 juta pengguna di seluruh pelosok negeri dengan akses jaringan 4G LTE pertama di Indonesia dengan kecepatan mencapai 36 mbps. Bahkan saat ini tsel juga sudah mengembangkan jaringan 5G di beberapa daerah.

Jadi tidak heran, bahwa Telkomsel merupakan pionir atau pemimpin dalam industri Telekomunikasi Indonesia dan wajar bahwa mereka memiliki kualitas sinyal atau jaringan yang memadai. Namun hal tersebut tidak menjamin kualitas pelayanan dan jaringan yang dirasakan oleh pelanggan dibeberapa tempat misalnya.

Sobat kosngosan perlu melakukan langkah sederhana yang mimin sebutkan dibawah ini sebelum kalian pada akhirnya harus melapor ke bagian customer servicenya (apabila tips dibawah tidak work) :


Matikan dan hidupkan data lebih dahulu


Ini adalah langkah awal dan paling sederhana yang bisa sobat kosngosan lakukan, ketika mendapati sinyal telkomsel jelek, matikan data dan hidupkan kembali. Atau pilih mode pesawat

Dan matikan kembali mode pesawatnya, sehingga perangkat smartphone mu akan melakukan pencarian ulang. Cara ini cukup simple dan bisa dicoba

Ketika kamu banyak menggunakan aplikasi, dan smartphone terasa lemot, juga bisa mempengaruhi daya tangkap jaringan smarpthone mu. Oleh karena itu alangkah lebih baiknya untuk mematikan aplikasi background terlebih dahulu


Reboot smartphone-mu


Matikan ulang smartphone, ini akan memberikan waktu Hp mu untuk memperbaiki permalasahan yang mungkin bisa diatasi secara otomatis.

Dengan reboot, restart atau mematikan ulang perangkat juga melakukan scan ulang terhadap sinyal. Hal ini bisa menjadi solusi yang juga lebih mudah, namun sering disepelekan banyak orang.

Bisa jadi smartphone mu memang jarang dimatikan, dan butuh untuk kamu reboot sekali saja dalam satu minggu, supaya semua bagian device nya bisa berjalan baik lagi. pabila masih belum, lanjut ke tips ketiga.


Pastikan Perangkat dan Daerahmu Support 4G


Seperti yang kita ketahui 4G atau LTE merupakan jenis jaringan yang paling cepat saat ini yang ada di Indonesia. Dan ini sudah jadi standar jaringan (karena pemerintah akan mematikan 3G secara bertahap

Jaringan 4G yang akan dapat digunakan secara maksimal apabila perangkat smartphone mau juga support serta daerah tempat kamu tinggal sudah di cover jaringan 4G.

Oleh karena itu, pastikan terlebih dahulu bahwa perangkat smartphone mu sudah suport terhadap jaringan 4G, serta daerahmu sudah di cover oleh jaringan 4G dari Telkomsel. Untuk mengecek daerahmu apakah support 4G atau tidak, cek di alamat ini telkomsel.com/en/4g-lte/4g-coverage


Waktu akses juga mempengaruhi


Ketika kamu mengakses jaringan internet pada malam hari di primetime, akses data jadi banyak dan pastinya akan sedikit banyaknya membuat jaringan jadi lemot.

Namun akan berbeda apabila sobat kosng0san mengakses internet subuh atau pagi hari. Jadi salah satu faktor juga adalah waktu akses. Namun ini bukan menjadi masalah, bagi operator sebesar telkomsel, karena sudah diberikan kapasitas jaringan yang cukup.


Lock jaringan 4G


Permasalahan selanjutnya yang sering terjadi antara jaringan 4G sering hilang hilang timbul, terkadang sudah 3G dan bahkan Edge. Hal ini dikarenakan perangkat mu tidak melakukan lock atau kunci terhadap jaringan 4G.

Ada beberapa cara untuk lock jaringan 4G di perangkat mu, misalnya di Setting, jaringan dan pilih prefer 4G LTE,

Bagi sobat kosngosan yang menggunakan perangkat xiaomi, juga bisa lock 4G dengan tekan kode *#*#4636#*#* di dial phone, kemudian pilih jaringan, pilih "Set prefered network type".

Klik jaringan LTE Only untuk membuat HP hanya menangkap jaringan 4G saja dan mengabaikan jaringan dengan jenis yang lain


Spesifikasi smartphone juga menentukan


Apabila kamu pengguna smartphone dengan brand Samsung atau iPhone misalnya, maka kualitas penangkapan sinyal nya juga lebih baik dibandingkan dengan smartphone lokal. Selain faktor brand juga dipengaruhi oleh fitur yang disematkan di dalam perangkat tersebut.

Seperti misalnya beberapa dari perangkat smartphone dari Samsung yang menggunakan tool atau teknologi yang dinamakan sebagai signal Max, untuk memaksimalkan penangkapan dan menjaga kestabilan sinyal pada smartphone buatannya. Oleh karena itu fitur yang diberikan oleh pabrikan juga mempengaruhi.


Membersihkan cache


Chace adalah file sampah yang terdapat di smartphone dan dapat mempengaruhi kinerja dari Smartphone kita. Selain memberatkan RAM dan memori, cache juga bisa mempengaruhi kemampuan smartphone dalam menangkap sinyal sehingga tidak maksimal.

Oleh karena itu bersihkan chace menggunakan aplikasi bawaan pembersih yang sudah disematkan di perangkat smartphone khususnya Android


Uninstall aplikasi yang tidak penting


Sama halnya dengan chace aplikasi yang sudah diinstal namun tidak dipakai akan sangat tidak berguna dan dapat memberatkan RAM dan memori internal. Hal ini juga dapat mempengaruhi kemampuan smartphone dalam menangkap sinyal.

Uninstall aplikasi yang tidak dipakai lagi, dan gunakan aplikasi versi Lite atau versi ringannya, untuk memperingan kinerja smartphone. Sehingga alokasi kerja lainnya bisa digunakan untuk menangkap sinyal lebih maksimal


Pakai stiker Alat Penguat Sinyal


Kamu dapat memasang stiker penguat sinyal, meningkatkan daya tangkap sinyal oleh smartphone. Buka casing belakang HP, atau tempelkan dibelakang casing.

Untuk membeli dan memesannya kamu bisa cek di konter terdekat atau beli langsung secara online melalui e-commerce

Sobat kosngosan juga bisa menciptakan rangkaian antena penguat sinyal sederhana dari bahan bahan bekas seperti kaleng minuman.

Untuk membuat antena kaleng sederhana tersebut, kamu cukup mempersiapkan bahan dasar seperti kaleng bekas minuman, gabus, paralon 1/2", baut, gunting, cuter, kabel UTP atau LAN serta paku. Bisa melihat panduan pembuatannya di youtube.


Faktor Cuaca dan Alam


Selain faktor-faktor yang dijelaskan di atas, penyebab eksternal yang tidak bisa kita cegah adalah faktor alam yaitu seperti hujan, angin kencang atau Petir yang dapat menurunkan kualitas sinyal

Bahkan terkadang apabila sampai menyebabkan mati lampu, sinyal dari Telkomsel dan operator lain bisa terganggu karena Tower penguat sinyal mengalami putus arus, yang bisa menyebabkan jaringan hilang tiba-tiba


Memisahkan SIM Card


Sobat kosngośan bisa mencoba dengan memisahkan antara sim card yang khusus digunakan untuk internet dan sim card yang khusus digunakan untuk menelepon atau SMS.Hal ini untuk menghindari beban kerja smartphone yang bertambah.

Mimin secara pribadi, lebih menyukai untuk memisahkan 2 simcard tersebut, walaupun memiliki HP yang support terhadap dual sim card. Untuk memfokuskan hp, jadi satu Hp smartphone untuk khusus internet menggunakan telkomsel, satu lagi untuk telepon menggunakan operator lain, dengan hp sekunder.

Baca juga : Daftar Kontak Aduan Komplain Seluruh Operator Seluler Indonesia


Setting APN


Salah satu cara yang paling banyak dipakai oleh orang orang adalah dengan mengganti APN untuk memperbaiki kualitas internetan. Termasuk di Telkomsel, yang perlu sobat kosngósan lakukan adalah :

Pergi ke menu setting kemudian jaringan seluler yang terdapat tampilan APN, kemudian kamu pilih tampilan menu, lalu cari dan klik Add APN Atau APN Baru atau sejenisnya, Setelah itu silahkan masukan data APN dibawah ini :

Name : Telkomsel Internet (atau bisa pilih juga "Telkomsel 4G")
APN : telkomsel (atau bisa piliha juga "Telkomsel")
Proxy : Not Set
Port : Not Set
Username : wap
Password : wap123
Server Not Set : Not Set
MMSC : Not Set
MMS Proxy : Not Set
MMS Port : Not Set
MCC : 510
MNC : 10
Authentication Type : PAP
APN Type : default,supl
APN Protocol : Ipv4
APN Roaming Protocol : Ipv4
Enable/Disable APN : APN Enablem
Bearer : Unspecified
MVNO Type : None
MVNO Value : Not Set

APN Telkomsel 4G


APN ini bisa sobat kosngosan pakai pada mode jaringan 4G.

Nama APN: Telkomsel 4G
APN: Telkomsel
Proxy: Default
Port: Default
Nama Pengguna: wap
Sandi: wap123
Server: Default
MMSC: Default
MMS Proxy: Default
MMS Port: Default
MCC: 510
MNC: 10
Authentication Type: PAP


APN Telkomsel 5G


APN ini adalah untuk kamu pengguna 5G yang sudah support HP dan daerah mu juga tercover. APN ini adalah alternatif 5G dapat kamu jadikan pengganti APN sebelumnya.

Nama APN: Alternatif 5G
APN: Telkomsel5G
Proxy: Default
Port: Default
Nama Pengguna: wap
Sandi: wap123
Server: Default
MMSC: Default
MMS Proxy: Default
MMS Port: Default
MCC: 510
MNC: 10


APN Telkomsel Untuk Nge-Game


Kalau kamu adalah gamer yang sering bermain PUBG atau Mobile Legends, supaya tidak lelet dan delay, kamu bisa setting apn mu seperti dibawah ini :

Nama APN: APN Super Gaming
APN: nxtgenphone
Proxy: 203.6.149.156
Username: Tidak ada
Password: Tidak ada
Server: Kosong
MMSC: mmsc.mobile.att.net
MMS Proxy: proxy.mobile.att.net
MMS Port: 80


Lakukan PING


PING adalah cara untuk mengecek apakah jaringan telkomsel kamu terhubung dengan server tsel atau tidak. PING untuk mengetahui kecapatan waktu mengirim dan menerima data antara smartphone mu dengan server telkomsel.

Semakin sedikit waktu yang dibutuhkan maka koneksi internet akan semakin cepat. Untuk cara ping, kamu bisa menggunakan Aplikasi Terminal Emulator Android


Pakai VPN Premium


Fitur VPN (Virtual Private Network) hadir sebagai solusi atas permintaan konsumen untuk melindungi aktivitas online mereka dan untuk menjaga kerahasiaan online.

Bila kamu mau, bisa memakai VPN premium (mimin tidak sarankan pakai gratisan, karena rentan malware). Ini akan membantu mu dalam mengakses internet yang lebih puas dan lega.


Pakai Repeater atau Penguat Sinyal


Kamu bisa beli alat repeater atau membuat sendiri penguat sinyal di rumah menggunakan bahan bahan bekas. Kamu bisa googling cara membuatnya atau liat di youtube tutorialnya

Selain itu kamu juga bisa membuat penguat sinyal HP dari antena TV. Ini bisa jadi solusi bagus buat sobat kosngosan yang menggemari elektronik, menggunakan antenna TV

Penguat sinyal HP ini juga bisa dibuat dari berbagai macam peralatan lainnya, seperti membuat Antena Penguat Sinyal HP di Rumah dari PCB, dari CD atau DVD Bekas, bahkan ada yang bisa dari kuali bekas.


Lapor ke Customer Service


Nah ini adalah cara terakhir yang bisa sobat kosngosan lakukan apabila beberapa cara di atas masih nihil dan tidak berhasil untuk memperbaiki kualitas sinyal si merah yang semakin memburuk.



Sobat bisa langsung lapor ke customer service melalui beberapa kontak yang sudah mimin rangkum di bawah ini, atau tonton penjelasannya di video diatas, yang sudah mimin upload di channel youtube milik kosngosan. tinggal play, jangan lupa subscribe, like dan comment ya


Aplikasi MyTelkomsel
Telepon : 0807-1811-811
Telepon dari luar negeri : +628110 000 333
Telepon penggguna prabayar : 188
Email : cs@telkomsel.co.id
Facebook di FP Telkomlsel : https://www.facebook.com/telkomsel
Twitter : https://www.twitter.com/telkomsel
Instagram : https://www.instagram.com/telkomsel

cara mengatasi jaringan lemot telkomsel

Baca juga : Cara Mengatasi Jaringan XL dan Axis yang Lemot


Kesimpulan


Apa yang sudah dijelaskan diatas adalah cara sederhana, dimana memang kualitas sinyal tersebut dipengaruhi oleh faktor yang bisa kita perbaiki.

Walaupun terkenal mahal dan jaringan nya berkualitas, tidak menjamin sinyal si merah memuaskan sepanjang waktu. Adakalanya terjadi kelemotan, dan saat tersebutlah sobat kosngosan bisa menerapkan beberapa tips diatas.

Semoga dengan membaca artikel diatas bisa bermanfaat kepada kalian yang sering mengalami masalah jaringan.

Mungkin tips diatas juga berlaku bagi seluruh operator di Indonesia. Tekan tombol share dan bagikan artikel ini di medsos kalian, Terima kasih
Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya