Cara Mengatasi Jaringan Axis Lelet dan Hilang Tiba Tiba

Apakah kamu pengguna paket axis? Bagaimana solusi memperbaiki sinyal axis yang lelet dan tiba tiba hilang begitu saja? Nah pada kesempatan kali ini kosngosan akan memberikan trik khusus untuk mengatasi hal tersebut, sehingga waktu internet mu tidak terganggu, dan bisa tetap menikmati promo murah dari operator ini.

Sayangnya disini mimin tidak akan memberikan kalian panduan cara daftar paket atau pun kode rahasia dari paket murah axis. Namun kita akan fokus mengatasi permasalahan yang banyak dialami oleh kalian yaitu jaringan yang tidak maksimal dan terkadang mengganggu produktifitas.

Operator yang identik dengan warna ungu ini, dahulunya terkenal dengan iklannya yang gokil dan bikin kita tertawa. Kalau sobat kosngosan ingat iklan hap, hap, dan berbagai tema absurd lainnya, pasti bakalan bernostalgia deh

Baca juga : Pengen Komplain ke Operator? Begini Panduan Lengkapnya!

Kita mulai terlebih dahulu mengenai perkembangan dari operator ini. Exist pertama kali diperkenalkan pada tahun 2008 untuk daerah ibu kota dan beberapa kota besar, kemudian di tahun 2012 sudah tersedia di lebih 400 kota di seluruh Indonesia. Pada tahun 2011 eksis berganti nama menjadi PT. AXIS Telekom Indonesia.

Kemudian pada tahun 2013 tepatnya tanggal 26 Desember terjadi kesepakatan antara XL Axiata dengan pihak Axis, di mana terjadi jual beli Bersyarat atau conditional sales purchase agreement, yang membuat eksis diakuisisi oleh XL, dan menjadi pemegang saham mayoritas di Axis.

Axis sekarang menawarkan banyak promo dan pakai internet yang terkenal murah dan terjangkau, yang terkenal dengan tagline "iritology" yang terdiri dari Ngobrol Irit, Ngenet Irit, Awet Irit, Axis Hura-Hura



Solusi Memperbaiki Sinyal Axis


Kembali ke pembahasan awal Bagaimana cara kita memperbaiki dan meningkatkan kualitas sinyal dari operator Axis, diantaranya beberapa cara seperti dibawah ini :

1. Pastikan HP dan Daerahmu sudah support jaringan 4G


Hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah memastikan bahwa perangkat smartphone milikmu sudah support terhadap jaringan 4G, dan juga daerahmu yang memang sudah dilengkapi dengan fasilitas 4G

Axis sendiri sudah menyediakan jaringan 4G untuk pengguna internet-nya. Akan tetapi seperti yang kita ketahui layanan Axis masih terbatas untuk beberapa kota besar di Indonesia, dan mungkin tidak seluas jangkauan dari operator Si Merah

Namun hal ini jelas menjadi salah satu konsekuensi nya karena paket yang diberikan oleh Axis cukup murah dan terjangkau dan cocok untuk pengguna di daerah perkotaan dengan fasilitas internet yang memadai.

2. Lock atau kunci jaringan 4G


Cara kedua adalah dengan mengunci jaringan ke mode 4G saja, selain membuat perangkat smartphone mau fokus terhadap jaringan 4G juga bisa menghemat pengeluaran baterai.

Pilih pengaturan utama (settings), pilih network atau jaringan, kemudian klik opsi prefered network type (tipe jaringan yang disukai) dan pilihlah mode prefer jaringan 4G.

Untuk smartphone yang sudah support dengan 4G, ada tiga pilihan yaitu prefer LTE, prefer 3G dan prefer 2G. untuk kondisi yang prima maka pilihlah jaringan 4G yang memang membuat akses internet lebih kencang.

Bagi pengguna xiaomi, juga bisa lock 4G dengan tekan kode *#*#4636#*#* di dial phone, kemudian pilih jaringan, pilih "Set prefered network type". klik jaringan LTE Only untuk membuat HP hanya menangkap jaringan 4G saja dan mengabaikan jaringan dengan jenis yang lain.

3. Tambahkan stiker atau antena penguat sinyal


Sobat kosngosan bisa memasang stiker penguat sinyal yang dapat meningkatkan kemampuan HP dalam menangkap sinyal axis. Caranya bukalah casing belakang HP mu dan tempel dibagian dalam dekat baterai. Untuk membeli dan memasang secara lengkapnya bisa kamu lihat di google.

Selain stiker penguat sinyal, sobat kosngosan juga bisa membuat antena penguat sinyal sederhana dari bahan bahan bekas seperti kaleng minuman. Untuk membuat antena kaleng sederhana tersebut, kamu cukup mempersiapkan bahan dasar seperti kaleng bekas minuman, gabus, paralon 1/2", baut, gunting, cuter, kabel UTP atau LAN serta paku. Bisa melihat panduan pembuatannya di video tutorial youtube.

4. Pastikan Cuaca dan Kondisi Mendukung


Jaringan internet sangat tergantung terhadap kondisi cuaca seperti misalnya hujan atau Petir. Beberapa operator juga tergantung dari daya listrik, jadi apabila di tempatmu terjadi hujan dan petir yang menyebabkan mati listrik, kemungkinan besar jaringan internet juga akan mati.

5. Bersihkan cache, uninstall aplikasi tidak diperlukan dan lakukan pembersihan


Langkah selanjutnya adalah dengan membersihkan cache, data dan aplikasi yang tidak penting yang dapat memberatkan kinerja RAM HP-mu. Kamu bisa membersihkannya, dengan menggunakan aplikasi cleaner bawaan atau bisa menginstal dari Google Play.

Kinerja HP juga sangat berpengaruh terhadap kemampuannya untuk menangkap sinyal internet. Oleh karena itu memiliki perangkat smartphone yang optimal kinerja nya akan lebih baik dan maksimal terhadap penangkapan jaringan axis

6. Tergantung jenis smartphone juga


Beberapa jenis HP dengan jenis high end level, menyediakan hardware yang memang memiliki kualitas terbaik dalam menangkap sinyal, berbeda dengan level smartphone medium atau low end.

Jadi intinya kemampuan dalam menangkap sinyal juga tidak sepenuhnya dipengaruhi oleh jenis operator, namun juga jenis HP dan kualitasnya, yang mana di pengaruhi juga oleh harga, brand dan spesifikasi hp

7. Hubungi customer service axis


Apabila kamu ingin segera melaporkan terkait permasalahan kualitas jaringan Axis yang lelet atau tiba-tiba hilang, bisa langsung melaporkannya ke customer service melalui telepon, email, chat live atau media sosial, selengkapnya bisa sobat kosngosan lihat dibawah ini :

Telepon pengguna axis : 838 (800 per panggilan)
Telepon bukan pengguna axis : 0838 8000 838
Email : cs@axisnet.id
Chat Live di website-nya langsung tri.co.id
Facebook : https://www.facebook.com/AXISgsm/
Twitter : https://twitter.com/ask_AXIS
Instagram : https://www.instagram.com/axis_id/
YouTube : https://www.youtube.com/user/AXISGSM

8. Cobalah untuk memisahkan SIM Card


Cara terakhir yang mungkin bisa kamu coba adalah dengan memisahkan antara simcard yang khusus digunakan untuk internet dan simcard yang khusus digunakan untuk menelepon atau SMS.

Mimin kosngosan sendiri menyukai untuk memisahkan 2 simcard tersebut, walaupun memiliki HP yang support terhadap dualcard. Untuk memfokuskan hp, jadi satu Hp smartphone untuk khusus internet menggunakan axis, satu lagi untuk telepon menggunakan simerah, dengan hp sekunder,

Baca juga : Begini Cara Hemat Kuota Internetmu Secara Signifikan!

Demikian pembahasan blog kosngosan seputar penanganan masalah jaringan dan sinyal axis yang bermasalah. Semoga bisa menjadi jawaban dari permasalahan mu selama ini. Jangan lupa share artikel ini di media sosial kalian, dan berikan juga masukan kepada mimin melalui halaman kontak dibawah ini. Terimakasih.
By

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel