Contoh Surat Lamaran Kerja dan Daftar Riwayat Hidup Lengkap

Contoh Surat Lamaran Kerja dan Daftar Riwayat Hidup Lengkap

surat lamaran kerja daftar riwayat hidup
Kamu sedang melamar pekerjaan? Pastinya kamu membutuhkan surat lamaran dan daftar riwayat hidup (curiculum vitae) yang baik dan benar supaya diterima dalam proses rekrutmen pekerjaan tersebut. Nah kali ini kosngosan akan memberikan beberapa tips penulisan untuk membuat surat lamaran serta Curriculum Vitae tersebut. Karena kedua berkas sangat penting dan menjadi kunci diterimanya kamu bekerja di suatu perusahaan.

Dalam setiap proses penerimaan karyawan baru, perusahaan atau organisasi pastinya mengharuskan pelamar untuk mempersiapkan berbagai berkas yang diperlukan untuk kepentingan data dan arsip. Diantaranya yang paling penting adalah surat lamaran kerja dan daftar riwayat hidup (curiculum vitae).

Mungkin kamu yang masih menjadi mahasiswa atau pelajar masih belum mengerti mengenai tata cara penulisan surat lamaran dan daftar riwayat hidup. Namun bila kamu sedikit aktif dalam organisasi, kamu bisa menemui jenis surat tersebut ketika menulis surat proposal. Bedanya, proposal lebih kepada permintaan dana hibah dari sponsor untuk kegiatan tertentu dan diwakili oleh organisasi semisal HMJ. Sementara surat lamaran pekerjaan dan daftar riwayat hidup mewakili pribadi yang bertujuan dalam mempromosikan sisi positif diri sendiri.

Beda halnya bila kamu seorang pencari kerja. Hal seperti cara menulis surat lamaran dan daftar riwayat hidup menjadi kewajiban yang harus dilakukan. Karena kemampuan menciptakan kedua jenisi berkas ini akan membuatmu mudah untuk diterima kerja oleh HRD atau tim rekrutmen.

Adapun penggunaan surat lamaran kerja dan daftar riwayat hidup haruslah ditulis dengan standar baku dan formal dengan tata bahasa yang sesuai dengan EYD. Ada dua jenis penggunaan surat lamaran pekerjaan bersamaan dengan daftar riwayat hidup :

Surat lamaran kerja yang disatukan bersama daftar riwayat hidup (curriculum vitae). Dalam berkas ini, daftar riwayat hidup menjadi bagian dari isi surat lamaran karena keduanya digabungkan

Kemudian cara yang kedua adalah surat lamaran dipisahkan dengan daftar riwayat hidup. Didalam berkas ini membuat daftar riwayat hidup sebagai lampiran dan terpisah oleh lembaran surat lamaran.

Baca juga : Cara Membuat Kartu Kuning Online dan Langsung Bagi Pencari Kerja

Keduanya bisa digunakan untuk melamar pekerjaan, akan tetapi kamu harus memperhatikan persyaratan yang tertera pada bagian informasi rekrutmen. Jangan sampai kamu menggabungkan surat lamaran dengan daftar riwayat hidup, sementara perusahan yang bersangkutan tidak menerima model berkas lamaran seperti itu.

Kita akan membahas pengertian keduanya dibawah ini :

Pengertian Surat Lamaran Kerja

Surat lamaran pekerjaan merupakan jenis surat yang dibuat oleh seseorang yang memerlukan pekerjaan kepada orang atau pejabat yang dapat memberikannya posisi, pekerjaan atau jabatan dalam suatu perusahaan atau organisasi. Melalui surat lamaran tersebut, maka para pelamar mengharapkan supaya diberikan pekerjaan.

Membuat surat lamaran kerja dengan baik adalah suatu keniscayaan. Karena kemungkinan diterima di perusahaan yang kamu inginkan akan semakin besar bila surat lamaran mu berkualitas. Hal ini karena biasanya para HRD atau tim perekrut pertama kali melihat kamu berdasarkan surat lamarannya. Sehingga untuk memasuki perusahaan yang kamu inginkan dengan persaingan ketat, maka surat lamaran adalah senjata paling ampuh untuk memenangkan persaingan selain pengalaman dan koneksi.

Pengertian Daftar Riwayat Hidup

Daftar riwayat hidup merupakan suatu keterangan mengenai diri atau deskripsi diri yang bersifat promosi kepada perusahaan atau organisasi yang kita ingin lamar.  Isi dari daftar riwayat hidup ini biasanya berupa keterangan pribadi, latar belakang pendidikan baik formal maupun non formal, pengalaman kerja, keahlian (skill) dan segala pencapaian positif yang berkaitan dengan posisi yang akan dilamar.

Setelah memahami mengenai daftar riwayat hidup dan surat lamaran yang baik dan benar, kosngosan akan memberikan kalian beberapa contoh surat lamaran pekerjaan dan daftar riwayat hidup yang bisa dilihat seperti dibawah ini

Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Pada penulisan surat lamaran kerja, gunakan font atau jenis huruf yang standar seperti Times New Roman atau Arial (Bisa saja berbeda bila perusahaan menetapkan jenis huruf tertentu). Untuk ukuran font standar adalah 12, dengan margin 4-3-3-3

Kamu juga bisa menambahkan tanggal dan waktu penulisan surat di bagian atas surat lamaran (mimin tidak melakukannya karena lebih praktis dan bisa digunakan kapan pun tanpa repot mengganti setiap tanggal nantinya).

Buatlah justify untuk semua paragraf didalam surat agar terlihat rapi. Untuk spasi bisa dikondisikan antara 1.5 dan 2. Pastikan juga kertas yang kamu pakai terlihat bersih, tidak ada kotoran, bekas terlipat, bekas dihapus, tip-ex dan kotoran lainnya.

Berbeda lagi bila kamu menulis surat lamaran dengan cara ditulis tangan. Usahakan tulisan tangan kamu rapi (bukan seperti tulisan tangan dokter). Namun hampir kebanyakan perusahaan sepertinya sudah tidak lagi menerima surat lamaran hasil tulisan tangan.

Inti dalam penulisan surat lamaran adalah singkat dan padat. Penulisan baku sesuai EYD serta menggambarkan keseluruhan mengenai dirimu dari apa yang diinginkan oleh perusahaan. Jadi, tidak ada format khusus atau standar baku untuk membuat surat lamaran pekerjaan.

Contoh Daftar Riwayat Hidup yang Baik dan Benar

Contoh Daftar Riwayat Hidup yang Baik dan Benar

Membuat Curriculum Vitae atau Daftar Riwayat Hidup untuk kepentingan lamaran kerja memang tergolong gampang gampang sulit. Karena banyak pelamar yang tersingkir akibat penulisan CV yang buruk, tidak mengetahui tata cara penulisan, terkesan sembrono, bertele tele atau bahkan jauh dari kejujuran yakni apa yang tertera di Cv ternyata tidak sesuai dengan kenyataannya.

Terkadang ada juga beberapa perusahaan yang mewajibkan kamu untuk menuliskan beberapa hal di daftar riwayat hidupmu, sehingga mereka bisa membandingkan antara satu pelamar dengan pelamar lain.

Menulis daftar riwayat hidup haruslah menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan juga benar, yakni menggunakan EYD. Kemudian mendeskripsikan pengalaman yang mendukung pekerjaan yang akan dilamar dan dirasa penting.

Hal yang perlu diketahui adalah jangan menulis daftar riwayat hidup terlalu panjang, usahakan tidak lebih dari 3 lembar (idealnya hanya 1 lembar) karena selain akan menghabiskan waktumu, perekrut HRD juga akan bosan membaca CV yang terlampau panjang.

Seperti CV yang mimin miliki diatas (walaupun terlihat tidak sempurna) menulis beberapa hal secara detail seperti pendidikan formal dan nonformal dimulai dari yang terendah hingga yang tertinggi, pengalaman berorganisasi, sertifikasi pelatihan, prestasi tertentu, pengalaman kerja (ini penting) dan hal hal terkait promosi dirimu kepada perusahaan.

Namun point yang paling penting dalam menulis daftar riwayat hidup adalah kejujuran. Karena sebaik apapun deskripsi dirimu di dalam berkas, kamu tetap akan membuktikan kemampuan yang kamu jual secara teori tersebut langsung saat kamu bekerja nantinya. Jadi jangan coba coba untuk mengarang apalagi berbohong mengenai kemampuan yang tidaka kamu miliki dengan maksud agar kamu diterima.

Demikianlah topik pembahasan kali ini mengenai Contoh Surat Lamaran dan Daftar Riwayat Hidup yang Baik dan Benar. Semoga dapat membantumu dalam menulis surat lamaran yang baik beserta daftar riwayat hidup yang menarik. Dengan demikian kamu bisa mendapatkan pekerjaan impianmu. amin. Jangan lupa memberikan komentar dibawah ini sebelum kamu beranjak pergi ya!