Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Waktu Ideal Paling Lama Menunggu Panggilan Kerja

Berapa lama menunggu panggilan interview? Kamu para pencari kerja tentunya pernah mengalami "digantung" oleh pihak HRD bukan? Setelah sabar menunggu panggilan kerja, pada akhirnya kamu harus menelan pil pahit dan menerima bahwa kamu ternyata tidak diterima oleh perusahaan tersebut. 

Dan kamu terpaksa harus mencari pekerjaan lain dan mempersiapkan surat lamaran lagi dari awal. Nah ini adalah lika liku para pencaker yang juga pernah mimin kosngosan alami selama menjadi seorang job seeker.

Bagaimana seharusnya kita me-manage lamaran kerja itu? Pertanyaan lain seperti, berapa lama menunggu panggilan kerja setelah mengikuti wawancara? Well, tentunya kita tidak bisa memukul rata seluruh perusahaan dengan waktu yang sama. 


Berapa lama panggilan kerja setelah melamar

menunggu panggilan kerja

Karena beda perusahaan beda pula sistem rekrutmennya (berbeda pula waktu rekrutment yang dibutuhkan) Namun kamu perlu tahu, idealnya berapa lama panggilan kerja setelah melamar adalah kurang lebih 1-3 bulan. Jika lebih dari itu, maka kamu bisa menghilangkan ekspektasi mu diterima di perusahaan tersebut.

Secara umum, perusahaan akan menyeleksi berkas lamaran yang dikirim oleh seluruh calon kemudian mengadakan tes interview untuk mengetahui seberapa kecakapan si calon karyawan. 

Setelah interview, maka ada sebagian perusahaan yang langsung memberikan pengumuman saat itu juga, dan ada juga yang harus menyuruh untuk menunggu.

Jadi, sialnya kamu disuruh untuk menunggu dua kali, yaitu menunggu ketika proses seleksi administrasi dan menunggu setelah interview atau wawancara.

Dan ketika panggilan kerja tak kunjung datang, maka siap siap kamu harus menerima pil pahit ditolak secara tidak langsung. Artinya tidak ada kabar pada jenjang waktu beberapa lama, maka sebenarnya adalah kamu sudah ditolak. Tapi itu berapa lama?

Ada juga perusahaan yang memberikan jangka waktu kepastian kapan akan diberitahu, seperti 2 minggu lagi atau 3 minggu lagi, dan ada juga yang tidak memberitahu secara spesifik kapan akan memberitahu pengumumannya.


Apa yang Dilakukan Sambil Menunggu Pengumuman Wawancara Kerja?

Saat menunggu pengumuman setelah wawancara kerja, sobat kosngosan dapat melakukan beberapa hal berikut:

  1. Membuat catatan mengenai berbagai pertanyaan yang diajukan selama wawancara dan tanggapan kamu terhadapnya dan melakukan berbagai evaluasi.
  2. Mengevaluasi performa diri sendiri setelah menjawab pertanyaan dan berinteraksi selama wawancara dengan para HRD
  3. Melanjutkan pencarian pekerjaan, intinya jangan berhenti mencari lowongan pekerjaan lainnya dan carilah loker lain untuk mencari opsi dan meningkatkan kesempatan diterima
  4. Meningkatkan keterampilan dan pengetahuan pada bidang yang relevan dengan pekerjaan yang ingin kamu lamar
  5. Menjaga komunikasi dengan perusahaan, kalau memang memungkinkan, kamu bisa bertanya dengan mengirimkan email kepada hrd atau pihak perusahaan yang mewawancarai mu.

Baca juga : Cara mengirim surat lamaran via email HP


Tahap Melamar Pekerjaan

Oleh karena itu, kamu harus mengetahui apa ciri ciri diterima saat interview. tapi tunggu dulu, bila kamu masih bingung hendak memulai dari mana, maka mimin akan memberikan gambaran alur umum ketika seseorang pencari kerja melamar.

Ikuti alur umumnya seperti yang akan mimin jelaskan dibawah ini :


Pemberkasan dokumen

Pada tahap ini, kamu sudah menyelesaikan segala berkas yang ada. setelah itu kamu mengirimnya lewat kantor pos, po box , email, whatsapp, sms, line job atau portal perusahaan secara langsung.

Ada banyak caranya, kamu bisa lihat postingan kosngosan dengan label "Pekerjaan" atau klik menu "Karier" diatas

Setelah itu menunggu pengumuman untuk tes selanjutnya. Umumnya (tidak selalu) kabar diterimanya kamu ke tahap interview adalah 1 minggu sampai 3 bulan sejak kamu mengirim surat lamaran. Tergantung dari kepadatan jumlah peminatnya. Umumnya lagi, sangat jarang kamu menemui pemberitahuan penolakan dari perusahaan.

Jadi bisa disimpulkan bahwa bila kamu tidak menerima pemberitahuan baik melalui SMS, Telepon atau Email selama kurang lebih 3 bulan, maka dapat dipastikan kamu sudah ditolak. Walaupun tidak sepenuhnya benar, tapi jangan terlalu berharap lagi, oleh karena itu lanjut ke tahap berikutnya.


Melamar Kerja di Beberapa Lowongan

Penting, setelah melamar 1 loker, kirim lagi lamaran lain dengan loker berbeda. Ini tentu bisa dilakukan sebagai upaya untuk meminmalisir waktu yang kamu butuhkan supaya tidak hanya fokus pada 1 loker saja.

Sembari menunggu pengumuman loker A, kamu wajib mencari lowongan kerja lain, kemudian ulangi langkah pertama diatas. 

Mengapa kamu harus mencari dan menjatuhkan lamaran sebanyak banyaknya? Karena semakin banyak kamu melamar, kesempatan kamu diterima dan lolos ke tahap interview akan semakin besar.

Baca juga : Cara Mencari Lowongan Kerja Langsung Diterima


Lanjut ke tahap interview

Anggap lah kamu lolos dan akan mengikuti tahap wawancara, maka kamu perlu mempelajari pertanyaan khas wawancara ini.

Setelah itu anggap lah kamu menyelesaikan tahap tersebut dan sekarang kamu diharapkan oleh 3 pilihan :

  • Langsung diterima
  • Diberitahu untuk menunggu dengan waktu yang tidak pasti
  • Diberitahu untuk menunggu dengan waktu yang pasti misalnya 1 atau 2 minggu lagi.

Nah setelah itu, nantinya kamu bisa jadi sudah diterima, menandatangani surat kesepakatan kerja, mengikuti training dan langsung masuk kerja


Berapa lama menunggu panggilan interview

Kabar setelah interview harusnya sudah kamu terima 1 hari - 15 hari yang akan datang.  Tidak ada ciri ciri khusus diterima saat interview yang bisa kamu pelajari kecuali langsung kamu dengar dan dikatakan dari mulut HRD-nya.

Dan apabila kamu sudah tidak ada pemberitahuan lolos atau tidaknya setelah 1 bulan kemudian, maka bisa dipastikan kamu tidak lulus tahap wawancara.

Akan tetapi bila kamu tetap kekeuh ingin tahu, tidak ada salahnya menghubungi pihak HRD melalui Email atau Telepon mengenai kepastian lolos tidaknya kamu. Hubungi pihak tersebut diwaktu yang tepat ya, saat jam kerja antara jam 08.00 hingga jam 15.00.

Setelah semuanya jelas, maka kamu bisa bernafas lega. Bila kamu lolos, biasanya kamu akan mengikut training untuk beberapa waktu, atau bisa langsung bekerja.

Namun bila kamu gagal, jangan berkecil hati. Kamu bisa mengikuti tips mencari kerja sesuai bakat dan minat disini, semoga kamu bisa menerapkan tips tips nya ya. Jangan menyerah, karena ada banyak peluang kerja yang bisa kamu ambil, asal intinya tidak malas.

Penting untuk menerapkan prinsip kedua diatas, yaitu terus terusan melamar kerja. Selagi kamu belum diterima oleh perusahaan mana pun, maka kamu berhak mencari loker lainnya. Jadi waktu menunggumu tidak sia sia.


Video Waktu Idel Menunggu Interview Kerja

Tonton juga video kosngosan dibawah ini tentangn penjelasan seberapa lama sih waktu yang paling ideal untuk menunggu tahapan interview kerja?


Kata Penutup

Selain itu, kamu bisa melakukan kegiatan positif sembari menunggu waktu panggilan interview. Seperti misalnya kamu menekuni hobi yang bisa menghasilkan uang, berbisnis sampingan dan rajin lah beribadah dan berdoa.

Sekianlah pembahasan seputar Waktu Ideal Paling Lama Menunggu Panggilan Kerja kali ini, mimin harap kalian semua diterima kerja secepatnya ya, apabila sudah diterima, jangan lupa untuk mentraktir mimin ya!

Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya