Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

17 Cara Melamar Kerja Lewat Email di HP agar Diterima

Bagaimana cara mengirim lamaran kerja lewat email hp? Zaman sekarang, kita sudah bisa memanfaatkan teknologi, sehingga tidak harus repot mengirim surat lamaran dan berkas lainnya dalam bentuk fisik ke kantor pos atau jasa ekspedisi. Kini sobat kosngosan sudah bisa mengirim lamaran kerja melalui email atau surat elektronik. Dan salah satu platform yang paling populer saat ini adalah GMAIL atau Google Mail.

Gmail selain membantu untuk komunikasi, juga bisa dimanfaatkan oleh HRD perusahaan sebagai salah satu media pengiriman lamaran kerja dalam bentuk soft file, sehingga memudahkan pihak rekrutmen dalam menyeleksi calon karyawan lebih efektif dan efisien.

Masih banyak para pencari kerja terutama fresh graduate yang tidak memahami tata cara pengiriman lamaran kerja melalui gmail. Apabila kamu mengirim secara serampangan, bisa jadi di lamaranmu hanya sebatas dilihat saja tanpa dibuka sama sekali.


Cara Mengirim Lamaran Lewat Email HP

cara melamar kerja lewat email hp

Pada dasarnya kamu juga bisa menanyakan lowongan kerja lewat email, itu sama saja dengan mengirim email pada umumnya. Kamu mengirim email dalam bentuk formal, dengan melampirkan beberapa berkas yang menjadi syarat lowongan kerja tersebut.

Lebih detailnya yang ada dibawah ini :


1. Menggunakan aplikasi Gmail di HP

Buka aplikasi gmail di android milik sobat. Aplikasi ini biasanya secara deafault sudah terinstall di smartphone mu (terutama buat pengguna Android), namun apabila tidak ada, sobat kosngosan bisa langsung men-download-nya dari google play

Pada tahap ini, mimin sudah menganggap kamu memiliki akun google ya (karena bila kamu sudah punya android, otomatis kamu harus punya akun gmail terlebih dahulu), jadi tidak perlu lagi menjelaskan panduan pembuatan gmail dari HP lagi.


2. Menggunakan browser untuk mengakses situs gmail

Selain menggunakan aplikasi gmail yang sudah terinstal secara default di smartphone Android milikmu, kamu juga bisa mengunjungi situs gmail dengan menggunakan browser, seperti chrome, firefox, opera, uc browser, dll.

Caranya hampir sama saja. Biasanya kalian pengguna iPhone atau yang tidak ingin install Gmail di HP, bisa pakai cara ini. Hanya butuh browser (disarankan chrome atau safari). jadi kita lanjut ke tahap selanjutnya


3. Daftar akun Gmail baru di HP

Yaudah deh, kalau kalian masih suka bingung membuat akun gmail baru di android, mimin akan jelaskan sedikit langkah teknisnya dibawah ini :

Setting/Pengaturan utama, pilih account, add "google"

Add your account pilih bagian bawah "Or create a new account"

Isi nama depan dan nama belakang, seperti mengisi data email pada umumnya, pilih "Next"

Basic information, pilih tanggal lahir, bulan dan tahun beserta jenis kelamin. Pilih "Next"

"How you'll sign in, pilih alamat email yang kamu suka dan masih tersedia, gunakan karakter huruf dan angka. Nantinya email yang akan kamu dapatkan akan seperti ini "kosngosan@gmail.com"

"Create password" isikan kata sandi untuk digunakan sebagai alat keamanaan untuk masuk pada akun email

"Add phone number" isikan nomor handphone yang akan digunakan untuk mengirim kode konfirmasi nantinya setelah email berhasil dibuat. Ini adalah opsional, kamu bisa memilih "Skip" untuk melewatinya

"Privacy and Terms" baca berbagai syarat dan ketentuan dalam penggunaan email. Setelah itu pilih "I AGREE"


4. Mempersiapkan Berkas Dokumen Persyaratan

Penting untuk mempersiapkan berkas dokumen yang diperlukan, surat lamaran (yang ditulis pada badan Email nantinya), kemudian CV (daftar riwayat hidup), scan ijazah, transkrip nilai, pas photo, skck, surat kesehatan dan dokumen pendukung lainnya juga dalam format pdf.

Kamu perlu untuk mengusahakan ukuran file tidak lebih dari 500 kb, agar nantinya tidak memberatkan HRD mengunduh file tersebut. Sebenarnya ukuran file ini tidak baku ya, tapi usahakan tidak lebih dari 1 mb saja setiap file.


5. Buka akun Gmail atau kunjungi Website

Nah sudah pasti kamu sebelum menggunakan suatu aplikasi atau layanan, wajib untuk membukanya terlebih dahulu. Begitu juga untuk mengirimkan surat lamaran, maka kamu harus membuka aplikasi Gmail atau mengakses situs gmail.com di browser Android milikmu


6. Klik tombol Compose untuk memulai

Selanjutkan click icon tulis pada bawah kanan, sobat kósngosan mulailah menulis email dengan memasukkan alamat email tujuan pertama kali.

Isi subjek dengan "Lamaran Pekerjaan" atau bisa juga menambahkan posisi yang ingin dilamar pada bagian setelahnya, dipisah dengan strip, misal : "Lamaran Kerja Marketing - PT Kosngosan" (ini tidak ada aturan baku ya, kecuali perusahaan memang meminta format khusus) (2)

tulis email


7. Tulis atau Paste Teks dari Surat lamaran yang Ada

Silahkan buka surat lamaran yang sudah sobat kosngosan telah persiapkan sebelumnya dalam format Docx. Kemudian lakukan seleksi pada semua teks, copy dan pastekan pada tubuh atau body email. (kamu bisa edit dan copy contoh email lamaran kerja dibawah)

Karena surat lamaran tidak dilampirkan, maka kamu cukup menuliskannya di badan atau body email. Berkas lainnya baru kemudian kamu lampirkan nantinya. INGAT, JANGAN MELAMPIRKAN SURAT LAMARAN


8. Upload file dokumen ke bagian Lampiran

Setelah selesai pada badan email, maka lampirkan dokumen seperti cv, scan transkrip nilai, ijazah dan lainnya.

Perhatikan, apakah perusahaan meminta lampiran dikumpulkan menjadi satu kedalam format ZIP/RAR, atau dilampirkan secara terpisah, satu per satu.

Cek kembali apakah ada berkas yang kurang atau salah dalam penulisan alamat email dan isi surat lamaran. (3)

lampirkan dokumen


9. Cek kembali Lamaran Kerja-mu

Sebelum mengirim surat lamaran, kamu wajib untuk mengecek kembali bagian-bagian yang paling penting seperti subjek, alamat tujuan dan body email.

Pastikan tidak ada kesalahan pengetikan, karena ini akan mempengaruhi profesionalitas surat lamaranmu. Apabila kamu suka yakin dengan surat lamaranmu tersebut, maka kamu bisa lanjut ke tahap berikutnya (4)

contoh email lamaran kerja


10. Tekan tombol SENT

Langkah terakhir yang kamu lakukan adalah klik tombol sent, bila alamat email yang kamu kirim benar, maka seharusnya email lamaran kerja-mu sudah sampai dan tinggal menunggu pengumumannya.

Biasanya kamu akan dipanggil (bisa dalam bentuk email, sms atau telepon) untuk mengikuti wawancara atau tes selanjutnya (jika lulus tahap administrasi/berkas)


11. Rahasia Mengirim Lamaran Banyak Sekaligus

Ini adalah salah satu tips yang harus kamu lakukan ketika kamu ingin mengirimkan surat lamaran kerja online menggunakan email ke banyak perusahaan sekaligus dengan sekali kirim tanpa diketahui oleh si penerima atau pihak HRD. (5)

kirim lamaran banyak sekaligus


12. Contoh Lamaran Kerja Email

Pada dasarnya lamaran kerja email sama saja dengan lamaran kerja pada biasanya yang sobat kosngosan kirim lewat kantor pos atau diantar langsung ke perusahaan.

Hanya saja yang perlu diperhatikan adalah disini kamu menulis surat lamaran di body email, dan melampirkan semua persyaratan berkas yang diminta pada bagian attachment email.

Berikut contoh body email lamaran kerja yang baik dan benar :


Contoh 1 :

Hal : Lamaran pekerjaan

Kepada Yth,

Bapak / Ibu HRD

PT. KOSNGOSAN

Dengan hormat,

Berdasarkan informasi lowongan pekerjaan yang saya dapatkan dari koran lokal, saya bermaksud melamar dan bergabung bersama PT. KOSNGÒSAN. Adapun lamaran saya dimaksudkan adalah sebagai Staff Front Office.

Berikut data singkat saya :

Nama : Muhammad Reza Harahap

Tempat / tgl lahir : Padangsidimpuan, 06 Oktober 1994

Pendidikan terakhir : S1 Agribisnis

Alamat : Jl. Garuda Sakti, Simpang Baru, Pekanbaru

Telepon : 0823 90257 900

Status : Belum menikah

Saya memiliki kemampuan berkomunikasi dengan baik, kondisi kesehatan yang baik, senang belajar dan dapat bekerja secara mandiri maupun dalam tim. Sebagai bahan pertimbangan, saya melampirkan :

1. File Daftar Riwayat Hidup

2. Scan Surat Keterangan Lulus Strata 1 dan Transkrip Nilai

3. Scan Sertifikat Pendukung

4. Scan KTP

3. Pas foto

Saya berharap Bapak / Ibu bersedia memberikan kesempatan bagi saya untuk mengikuti tahapan seleksi selanjutnya sesuai peraturan yang ada. Demikian surat lamaran ini saya buat. Terima kasih.

Hormat saya,

Muhammad Reza Harahap, S.Pd


Contoh 2 :

Perihal : Lamaran Pekerjaan

Kepada. Yth,

KETUA YAYASAN KOSNGOSAN ISLAMIC SCHOOL

Berdasarkan informasi tentang adanya lowongan pekerjaan dari KOSNGOSAN ISLAMIC SCHOOL yang saya dapatkan dari informasi lowongan kerja online, maka saya bermaksud untuk melamar pekerjaan sebagai tenaga pengajar. Adapun posisi pekerjaan yang saya maksudkan adalah GURU EKONOMI SYARIAH. Berikut adalah biodata singkat saya,

Nama : Suci Bella Lestari

Tempat/ Tanggal lahir : Bangkinang, 13 Agustus 1994

Pendidikan Terakhir : S-1 Ekonomi Syariah

Alamat : Jl.Durian No.120 Kel Tampan, Kec Sukajadi, Pekanbaru

Telepon (Hp) : 0813744768xx

Untuk dijadikan sebagai bahan penilaian, saya juga melampirkan beberapa file pendukung, diantaranya adalah :

1. Scan Transkip Nilai

2. Scan Daftar Riwayat Hidup (CV)

3. Scan KTP

4. Pasphoto

5. Scan Ijazah

Panggilan untuk berkesempatan diwawancarai oleh Bapak/Ibu sangat saya harapkan supaya saya dapat memberikan penjelasan ataupun menunjukkan lebih rinci lagi mengenai kemampuan dan pengalaman saya yang bisa diaplikasikan pada posisi yang saat ini Bapak/Ibu inginkan.

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat sebenar-benarnya, terima kasih atas kerjasama dan perhatiannya.

Hormat Saya,

Suci Bella Lestari, S.E


13. Tonton Video Cara Melamar Kerja Lewat Email

Nah bagi teman-teman kosngosán yang ingin lebih jelas lagi mengetahui beberapa tips dan panduan cara pengiriman surat lamaran melalui email bisa menonton langsung video yang sudah di upload di channel YouTube mirip kosngosan.

Di bawah ini sudah di embed (sematkan), tinggal tekan tombol play dan tonton sepuasnya, Jangan lupa untuk like share dan subscribe channel kosngosan ya! (6)


14. Kapan Waktu Menunggu Lamaran yang Tepat

Informasi pengumuman harusnya sudah kamu terima 3 sampai 15 hari setelah tombol "Send" kamu tekan. Penting, apabila tidak ada pemberitahuan lolos atau tidaknya setelah 1 bulan kemudian, maka bisa dipastikan kamu tidak lulus tahap administrasi.

Akan tetapi bila kamu tetap ingin tahu, tidak ada salahnya menghubungi pihak HRD melalui Email atau Telepon mengenai kepastian lolos tidaknya kamu. Hubungi mereka diwaktu yang tepat, saat jam kerja antara jam 08.00 hingga jam 15.00.

Setelah semuanya jelas, maka kamu bisa bernafas lega. Apabila lolos, biasanya kamu akan mengikut tes wawancara atau tes lainnya untuk beberapa hari kedepan di tempat dan waktu yang akan diberitahukan.

Namun jika kamu gagal, jangan berkecil hati. Kamu bisa mengirim lamaran kerja lainnya, bukan? Mungkin ini bukan rezekimu. Jadi jangan menyerah, karena ada banyak peluang kerja yang bisa kamu ambil diluar sana, asal kan kamu tidak malas saja.


15. Kesalahan Fatal Pelamar Kerja Lewat Email

Pertanyaan yang sering diajukan oleh para pencaker seperti sobat kosngosan yang sedang membaca artikel ini. Memang suatu keberuntugan buat para pelamar kerja saat ini, untuk dapat mengirim berkas lamaran kerjanya hanya melalui email saja.

Berbagai kesalahan yang sering dilakukan oleh sobat kosngosan yang berstatus sebagai pencari kerja dalam mengirim lamaran melalui email, diantaranya :

  • Menulis surat lamaran menggunakan bahasa informal dan bertele-tele, tidak menggunakan bahasa formal yang baku
  • Menulis seluruh berkas lamaran baik itu CV, Foto, Transkrip dan lainya dalam badan Email, bukan di lampiran
  • Tidak memberikan subjek email, ini sangat penting karena subjek email berfungsi sebagai identitas dan tujuan dari pengiriman email kita.
  • Melampirkan berkas lamaran dengan ukuran yang besar, sehingga perusahaan kan tidak ingin untuk mengupload file tersebut untuk dibuka
  • Melampirkan berkas lamaran dalam format yang tidak baku dan sulit untuk dibuka, seperti misalnya melampirkan dokumen dalam bentuk word versi lama, atau gambar dalam bentuk gif atau webp, dsb.

Namun banyak sekali yang secara sembarangan mengirim email kerja, juga belum memperhatikan etika dan tata cara mengirim lamaran lewat email yang baik.

Kebanyakan HRD menolak dan mengabaikan lamaran emailmu, karena kamu tidak memperhatikan persyaratan dan kriteria yang diminta oleh perusahaan tersebut. Atau ada banyak sekali kesalahan penulisan diberkasmu.

Oleh karena itu buatlah CV yang sesuai dengan posisi saat kamu melamar. Jangan menuliskan informasi yang tidak ada sangkut pautnya dengan jabatan yang akan kamu lamar.

Apabila kamu tidak memperhatikan tata cara mengirim lamaran lewat email yang baik, maka tidak akan heran apabila surat lamaran onlinemu itu akan diabaikan atau bahkan ditolak sama sekali oleh HRD perusahaan. Sehingga seberapa sering dan banyak pun kamu mengirim lamaran kerja, bakalan percuma saja.


16. Memilih lowongan dengan persaingan minim

Ini merupakan salah satu tips yang klise, memang. Sobat kosngo san bisa mencari lowongan kerja yang memiliki tingkat persaingan yang rendah dan masih merupakan relevan dengan bidang keilmuan yang kamu miliki (atau setidaknya sesuai dengan hobi atau passion kamu).

Jadikan pekerjaan tersebut sebagai batu loncatan untuk mendapatkan pengalaman kemudian setelah kamu menjalani beberapa apa bulan atau tahun, kamu bisa mencari pekerjaan yang lebih baik lagi


17. Menggunakan alamat email yang Profesional

Ini adalah salah satu tips yang cukup sering disepelekan oleh pelamar kerja online. Disini mimin ingin memberi tahu kalian sangat penting untuk poin ini.

Pakailah alamat email dengan nama asli, atau paling tidak gunakan alamat email dengan menggunakan nama singkat tanpa ada kombinasi angka atau karakter yang alay.

Karena, hal ini menjadi salah satu pertimbangan bagi pihak perusahaan terkait ke-formal-an pelamar. misal, nama mu adalah ucok parbada, maka email yang profesional seperti "ucok.parbada@gmail.com" atau "parbadaucok@gmail.com", bukan malah alay seperti "ucok123@gmail.com"

Baca juga : Panduan Melamar Kerja lewat Telegram


Kesimpulan

Walaupun sebenarnya mengirim surat lamaran melalui email relatif lebih mudah dan murah dibandingkan dengan mengirim lamaran lewat kantor pos atau langsung, akan tetapi kamu tetap harus memperhatikan tips yang sudah diberikan oleh kosngosan diatas. jangan sampai lupa ya.

Akhir kata, mimin mengucapkan Terima kasih sudah berkunjung di blog ini, dan jangan lupa untuk tekan tombol share di bawah demi membagikannya kepada teman-teman dunia maya mu yang lain supaya mereka juga dapat informasi menarik mengenai tata cara pengiriman surat lamaran Melalui email ini

Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya