Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15 Cara Mengirim Lamaran Kerja Lewat Telegram

Bagaimana cara mencari lowongan kerja lewat telegram? Bila umumnya orang mengirim lamaran kerja melalui email atau website perusahaan, ternyata persyaratan untuk bekerja dapat juga dikirimkan melalui platform chatting seperti Telegram. Kelebihanya, telegram bisa mengirimkan file dengan ukuran lebih kecil dibandingkan dengan WA.

Telegram dapat diinstal dan diakses pada berbagai macam perangkat. Tidak hanya itu, kemampuan telegram untuk menerima dan mengunggah gambar atau video dengan ukuran yang besar juga membuat fitur-fitur di aplikasi ini jauh lebih unggul dan nyaman saat digunakan.

Dalam urusan mencari lowongan pekerjaan (loker) memang dapat dikategorikan sebagai ‘gampang-gampang susah’. Pasalnya peluang kerja dan tenaga kerja terkadang memiliki perbandingan yang jomplang. 

Banyak fresh graduate maupun pekerja lama yang pada akhirnya menganggur dan tidak memiliki pekerjaan tetap. Maka, solusi untuk perkara ini adalah dengan mencari peluang sebanyak mungkin di sosial media salah satunya lewat Telegram.


Cara Mengirim Lamaran Kerja Telegram

contoh lamaran kerja telegram

Simak ulasan artikel dari kosngosan di bawah ini untuk mengetahui tips dan langkah-langkah mengirim lamaran kerja lewat Telegram yang baik dan benar. Mungkin kamu juga butuh kata promosi jualan produk di telegram berikut ini.

Ada beberapa alur yang diperlukan untuk mengirim lamaran kerja diantaranya.


1. Menginstall aplikasi Telegram

Sebenarnya Telegram sendiri tak hanya berbasis aplikasi namun juga website, kalian dapat mengunjungi situs Telegram secara langsung untuk log in dan mulai menggunakan fitur-fiturnya.

Caranya cukup mudah, pertama telusuri google dan ketik kata ‘telegram’, maka akan muncul dalam pencarian paling atas website resmi Telegram yakni https://web.telegram.org. Mengisi lewat website memang lebih gampang namun alangkah baiknya pengguna

Telegram langsung download aplikasinya melalui android atau PC, selain karena lebih cepat dan praktis, info-info yg didapatkan bila menggunakan aplikasi Telegram juga lebih spesifik negara tertentu, berbeda dengan website Telegram yang sifatnya general.

Cara menginstall aplikasi ini sama dengan aplikasi-aplikasi pada umunya yakni dengan download melalui playstore atau appstore.

Masuk aplikasi lalu isilah kode negara, sobat kosngosan masukkan informasi pribadi seperti nomor telepon, tunggu pihak telegram dalam mengirim kode referensi lewat sms, kemudian konfirmasi ulang lewat aplikasi. Setelah akun terbentuk, kalian dapat melengkapi akun dengan foto profil dan nama lengkap kalian.


2. Mencari informasi lowongan pekerjaan

Pada kolom pencarian di Telegram, kalian dapat langsung mencari info loker dengan mengetikan keyword ‘loker….’ selanjutnya akan muncul beberapa grup telegram seputar lowongan kerja yang kalian cari.

Titik-titik pada keyword tersebut dapat kalian isi dengan berbagai macam kata misalnya loker Samarinda, loker BUMN, loker Surabaya, loker guru, loker admin dan lain sebagainya. Selain informasi lowongan kerja pada aplikasi Telegram, informasi seputar loker lainya dapat kalian akses melalui Instagram, Twitter, bahkan Tiktok.

Bila ingin lebih yakin dan trusted, kalian dapat menelusuri laman resmi milik instansi yang kalian tuju, misalnya untuk PT KAI https://recruitment.kai.id atau instansi lain seperti PT POS Indonesia

 contoh lamaran kerja telegram

Baca juga : Cara Dapat Nomor Kosong untuk Telegram


3. Memastikan lowongan dapat dikirim melalui Telegram

Bila info lamaran telah pasti dan dapat dikirim melalui Telegram langkah berikutnya adalah menyiapkan dokumen yang diperlukan seperti CV (Curriculum Vitae) dalam bentuk pdf, scan jpeg atau pdf untuk dokumen ijazah, portofolio kerja, identitas pribadi, ijazah dan transkrip nilai.

Syarat-syarat lain juga biasanya ditambahkan pada kebutuhan melamar kerja seperti surat bebas narkoba, surat berkelakuan baik atau SKCK dan bahkan nilai TOEFL. Semua persyaratan bergantung instansi yang dilamar, semakin tinggi kredibilitas suatu instansi maka semakin kompleks syaratnya.


4. Pastikan berkas pelamar lengkap dan CV menarik

Sobat kosngoѕan bisa memeriksa kembali persyaratan dan berkas-berkas yang akan dikirim melalui Telegram, kemudian cek kembali apakah CV yang akan kalian buat sudah menarik dan layak untuk dikirimkan ke HRD. Berikut adalah tips dan trik yang dapat kalian gunakan dalam membuat CV.


5. Buatlah CV serapi mungkin

Tim ahli perusahaan yang kalian lamar akan melihat kualitas diri calon pelamar, selain dari rekam jejak prestasi dan keahlian, kerapian dan struktur CV yang kalian daftarkan dapat menjadi pertimbangan dalam penerimaan karyawan.

Gunakan margin yang tepat, ukuran huruf normal dan jarak antar huruf yang tidak terlalu rapat. Kerapian tulisan juga dapat menggambarkan betapa sistematisnya calon pelamar dalam bekerja.


6. Gunakan bahasa seringkas mungkin

Dalam menjelaskan surat lamaran, kamu harus menulis langsung surat lamaran di badan chatting, jangan melampirkan surat lamaran dalam bentuk doc atau pdf. Untuk CV atau riwayat hidup dan persyaratan lain barulah di buat lampiran

Memang baiknya kita dapat mendeskripsikan kemampuan kita yang sebenarnya. Namun pertimbangkan penyajian bahasa yang efektif dan ringkas agar orang dapat mudah memahami dan membaca surat lamaran dan CV sobat kosngosan. Usahakan untuk tidak membuat surat lamaran singkat dan untuk CV tidak lebih dari 2 halaman.


7. Informatif dan lengkap

Penggunaan kalimat yang formal penting dalam pembuatan CV, tunjukan keseriusan dan niat kalian dalam bergabung dengan perusahaan. Dalam menulis riwayat hidup, baiknya harus didasari dengan kejujuran dan tidak ada yang ditutup-tutupi. Semisal ‘lulus kuliah yang seharusnya pada tahun 2019 diubah menjadi tahun 2018’.


8. Lamar posisi Spesialis

Biasanya dalam suatu perusahaan atau instansi yang membuka lowongan untuk posisi-posisi tertentu akan menyertakan beberapa persyaratan tambahan, misalnya berpengalaman dalam bidang “ pengolahan data, berpengalaman dalam pengolahan limbah, bekerja dalam bidang IT minimal 2 tahun, memiliki leadership yang tinggi, dsb”.

Pengalaman-pengalaman yang kalian miliki juga dapat diimbangi dengan kemampuan yang lain misalnya (mampu mengoperasikan aplikasi R, Matlab, ArcGis, TOEFL sekian, dapat menguasai program Microsoft dengan sangat baik,……)


9. Tunjukan pencapaian

Bagi para pelamar yang baru saja lulus kuliah atau istilahnya fresh graduate, tidak ada salahnya untuk mencantumkan pencapaian-pencapaian yang kalian lakukan selama menjadi mahasiswa aktif. Hal ini dapat menjadi bahan pertimbangan kalian untuk diterima di perusahaan tersebut. Contoh: tuliskan tahun prestasi yang kalian dapatkan dan apa saja yang telah kalian capai.

- Tahun 2018-2019 menjabat sebagai ketua HIMA ….

- Tahun 2019-2020 menjabat sebagai ketua bidang BEM U….

- Tahun 2020 memenangkan PIMNAS bidang…

Bila kalian sebelumnya memang pernah bekerja dalam perusahaan dengan bidang yang sama, maka tonjolkanlah pencapaian kerja yang telah dilakukan, seperti menangani proyek…


10. Gunakan desain simple namun elegan

Apabila CV yang kalian buat berbentuk document seperti doc. atau pdf, maka saat mendesain halaman usahakan untuk tidak menggunakan warna-warna yang ‘heboh’ dan kobinasi yang terkesan ‘norak’.

Maksimalkan komposisi desin dengan warna yang minim namun CV dapat terlihat elegan dan berkelas. Perhatikan pula kontras gambar dengan warna tulisan, peletakan foto hingga detail-detail kecil seperti icon akun sosial media.

Jika kalian butuh inspirasi dalam pembuatan desain, mungkin beberapa template desain pada aplikasi tertentu dapat menginspirasi. Sekarang ini banyak website atau aplikasi-aplikasi gratis yang menyediakan template untuk berbagai macam keperluan desain contohnya adalah ‘canva’.

Adapun bila kalian menginginkan CV yang lebih dinamis dan virtual, maka sederet akun di sosial media banyak yang menawarkan konsultasi dan jasa untuk membuat CV.


11. Cari Channel atau Grup Telegram

Salah satu kelebihan dari aplikasi telegram adalah bisa menampung ribuan member untuk grup dan juga channel untuk kebutuhan sobat koѕngosan.

Kedua mediaa ini bisa dimanfaatkan untuk kamu para pencari kerja, untuk mendapatkan informasi lowongan kerja terbaru.

Ada beberapa contoh grup dan channel telegram yang bisa kamu manfaatkan, diantaranya t.me/lokerr_indonesia, t.me/informsiLokerIndonesia, t.me/LokerIndonesiaNew, t.me/indonesia_loker, t.me/gruplokerindonesia, t.me/Grup_PencariLowonganKerja dan masih banyak lagi (silahkan googling sendiri)


12. Kirim persyaratan kerja lewat Telegram

Setelah langkah-langkah diatas terpenuhi, terakhir kirimkan berkas-berkas yang telah kalian siapkan melalui Telegram. Tunggu hingga pihak perusahaan atau instansi mengumumkan penerimaan pegawai, selalu pantau media sosial yang kalian punya seperti instagram, whatsapp hingga email.


13. Mencari Akun Telegram official Perusahaan

Selanjutnya adalah mencari akun telegram official untuk dikirim lamaran. Karena ada banyak akun telegram dari brand perusahaan terkenal, jadi kamu perlu teliti sebelum kirim lamaran. Tidak boleh sembarangan. Cari akun yang sudah verified dan ada tanda centang nya. 


14. Perhatikan Format file yang diminta

Tips selanjutnya perhatikan format file diminta, apakah pdf, doc, jpeg atau jenis lainnya. Jangan mengirim format file yang berbeda dari apa yang diminta oleh HRD perusahaan. Ini penting, supaya sobat kosngosan bisa terlihat profesional. Tapi kalau tidak ada informasi pastinya, biasanya format baku nya adalah PDF.


15. Cari lamaran kerja lain

Tips terakhir dari kosngosan adalah jangan pernah hanya fokus pada satu lamaran saja. Ada banyak posisi dan lowongan kerja lain yang bisa kamu lamar. Apalagi prosesnya cukup mudah, hanya lewat telegram saja. Sehingga kesempatan diterima bekerja bisa lebih terbuka lebar.


Video Cara Mengirim Lamaran Kerja Telegram

Untuk penjelasan lebih detailnya, kalian bisa tonton video yang sudah kami upload di channel youtube kosngosan berikut ini :


Kata Penutup

Buat sobat kosngosan yang masih mencari kerja, cocok banget mengikuti beberapa tips diatas untuk mencari pekerjaan yang sesuai dengan kalian. Semoga kalian bisa menadapatkan pekerjaan yang di impikan. Jangan lupa untuk klik tombol share dan bagikan artikel ini ke sosial media kalian ya, terimakasih

Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya