Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mencari Lowongan Kerja Langsung Diterima dengan Cepat

Bagaimana cara mencari loker yang langsung diterima ? Buat kalian pengangguran atau job seeker, mendapatkan info lowongan kerja adalah sesuatu yang diincar. Tapi banyak yang tidak tahu tips dan trik mencari serta mendapatkan job vacancy yang benar benar worth it dan langsung keterima.


Cara Mencari Lowongan Pekerjaan Langsung Diterima

Cara Mencari Lowongan Kerja Langsung Diterima

Berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk segera mendapatkan pekerjaan dari informasi lowongan kerja yang berseliweran di internet atau media cetak, cek dibawah ini :


Mencari informasi lowongan kerja dari internet

Internet dan sosial media adalah sumber informasi yang bisa kamu manfaatkan untuk mencari lowongan kerja. Melalui berbagai situs penyedia lowongan pekerjaan atau website perusahaan yang kamu incar, seperti LinkedIn, Glassdoor, Joobstree dan Indeed.

Kamu bisa follow akun official dari perusahaan atau industri yang kamu minati di platform seperti itu. Pastikan sobat kosngosan untuk mengaktifkan notifikasi lowongan pekerjaan dari akun official perusahaan itu.


Follow Akun media sosial official

Perusahaan yang kamu incar dan perhatikan apakah HRD mereka menawarkan lowongan pekerjaan saat ini. Kemudian kamu bisa menjelajahi situs perusahaan yang kamu incar dan periksa apakah fiturnya punya menu "karir" atau "info loker"


Update berita terbaru mengenai bidang yang kamu minati

Hal ini karena dapat membantu sobat kosngosan menemukan lowongan kerja yang tersedia. Dengan bookmart situs loker, follow dan mengaktifkan notifikasi platform yang kamu incar. Aktifkan notifikasi pop up misal di twitter, instagram, linkedin, facebook dan sebagainya.


Hubungi Pihak yang Bekerja di Bidang yang kamu minati

Tentu saja ini bisa kamu lakukan dengan menanyakan kepada pihak yang memiliki wewenang apakah ada lowongan pekerjaan yang tersedia secara langsung.

Dengan bertanya secara langsung kamu bisa dapat informasi lebih up to date terkait kebutuhan lowongan kerja. Informasi dari orang dalam lebih dipercaya dan kamu bisa bergerak lebih cepat dari info loker yang telah di publish di media apa pun.


Hubungi teman kerabatmu

Selain itu, sobat kosngosan juga bisa mencari informasi lowongan kerja melalui beberapa orang dari koneksi mu, baik itu teman, keluarga, atau rekan kerja yang bisa saja mereka ketahui mengenai adanya loker yang sesuai dengan apa yang kamu incar.


Coba Ikut job fair

Job fair atau pameran kerja memang banyak yang menggelarnya. Tapi saran kami, jangan sembarangan ikut job fair, apalagi yang mengharuskan kita peserta membayar dan penyedia nya tidak jelas kredibilitasnya.

Carilah job fair yang informasi lowongan pekerjaannya jelas, misalnya dari disnaker atau dinas terkait yang memiliki wewenang terhadap penyediaan lowongan kerja dari pemerintahan daerah setempat.


Perbaharui CV dan Berkas-mu

Salah satu perbaikan yang harus kamu lakukan untuk dapat diterima kerja dengan cepat adalah memperbaiki dokumen yang kamu miliki, seperti daftar riwayat hidup dan persyaratan lamaran kerja mu

Hal ini untuk meningkatkan peluang kamu dilirik perusahaan demi mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan kualifikasimu sendiri.

Pastikan untuk membuat daftar riwayat hidup yang sederhana, mudah dibaca dan menarik. Perbaharui profil LinkedIn mu secara teratur

Karena ini dapat membantu perusahaan mendapatkan kebutuhan calon karyawan yang mereka mau, tentu ini bisa meningkatkan peluang untuk mendapatkan kerja yang kamu inginkan.


Hubungi perusahaan secara langsung

Kamu bisa menanyakan apakah ada lowongan pekerjaan yang tersedia kepada HRD atau petugas yang berkaitan dengan rekrutmen lowongan kerja.

Baca juga : Contoh Pekerjaan buat Introvert


Contoh Lowongan kerja yang langsung diterima

Ada beberapa contoh lowongan pekerjaan yang membuat sobat kosngosan langsung diterima setelah melamar, yaitu jenis job vacancy yang butuh karyawan segera untuk menggantikan posisi yang kosong

Perusahaan tentunya akan langsung mencari posisi yang kosong tersebut, karena mereka butuh, kalau kosong akan berakibat pada proses produksi dan sebagainya.

Jadinya setelah melewati wawancara dan ikut tes atau ujian, akan tetapi tidak semua lowongan pekerjaan akan memungkinkan kamu untuk langsung diterima setelah melamar.

Beberapa contoh lowongan pekerjaan yang langsung diterima setelah melamar adalah sebagai berikut:

  • Lowongan kerja untuk posisi magang atau part time
  • Lowongan kerja untuk posisi yang sedang kosong di perusahaan dan butuh segera untuk mengisinya
  • Lowongan kerja untuk posisi entry level yang tidak butuh pengalaman dan skill kerja yang mumpuni
  • Lowongan kerja untuk posisi yang sedang mengalami kekurangan tenaga kerja secara umum
  • Lowongan kerja di perusahaan kecil atau startup yang memang butuh banyak karyawan

Contoh website lowongan kerja yang cepat diterima

Dibawah ini ada beberapa alamat website lowongan pekerjaan yang kredibel dan kalau beruntung, kamu bisa langsung berinteraksi dengan HRD atau pemilik perusahaan. Berikut diantaranya :

  • LinkedIn, platform yang populer bagi profesional untuk mencari lowongan pekerjaan dan berkoneksi dengan rekan kerja.
  • Indeed, situs pencarian lowongan pekerjaan terbesar dan menyediakan berbagai lowongan pekerjaan dari berbagai perusahaan dan bidang.
  • Glassdoor, situs yang menyediakan informasi perusahaan, gaji, dan ulasan karyawan, lowongan pekerjaan dari berbagai perusahaan.
  • Jobstreet, situs lowongan pekerjaan yang populer di Asia Tenggara, dan menyediakan berbagai lowongan pekerjaan dari berbagai perusahaan dan bidang.
  • Kalibrr, situs lowongan pekerjaan yang menyediakan lowongan kerja khusus di Indonesia, ada fitur yang membantu dalam mengembangkan karier juga.

Cara Cepat Diterima Kerja Setelah Interview

Ada beberapa langkah sederhana yang dapat sobat kosngosan lakukan untuk memperbesar peluang diterima bekerja. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:


Riset dan pelajari profil perusahaan yang kamu lamar

Tak kenal maka tak sayang, tentu ini adalah istilah yang sangat tepat untuk kalian para pencari kerja. Kalau kalian sudah masuk pada tahap wawancara, maka penting sekali mencari tahu visi misi, profil

Serta segala hal tentang posisi pada perusahaan yang kamu lamar. Sehingga kamu dapat mengetahui lebih banyak tentang perusahaan itu dan jika ditanya nanti, kamu tidak blank.


Membuat CV dan surat lamaran yang menarik

Tidak hanya menarik saja, tapi juga sederhana dan mudah dipahami. Kamu harus bisa membuat dokumen mu supaya sesuai dengan posisi yang akan kamu lamar. Pastikan untuk menulis informasi yang relevan, tidak bohong dan memberikan bukti atau referensi yang kredibel.


Berlatih menjawab pertanyaan

Ada banyak contoh pertanyaan wawancara yang mungkin diajukan oleh HRD saat wawancara kerja berlangsung.

Kamu bisa membuat semacam latihan atau skenario (teman mu jadi HRD dan kamu jadi calon karyawan) dan mungkin diajukan

Nantinya teman mu bisa bertanya kepada mu, dan kamu bisa berlatih menjawab setiap pertanyaannya dengan fokus dan penuh dengan percaya diri.


Harus ontime

Tidak ada kata toleransi untuk keterlambatan, walaupun itu hanya beberapa menit saja. Kalau kamu sudah ada jadwal pertemuan jam 8 pagi, maka datanglah sebelum jam 8, misalnya jam 7.30

Atau paling lambat kamu sudah harus di depan pintu jam 7.45. Supaya membuktikan bahwa kamu memang disiplin dan punya kemauan yang besar untuk diterima.


Pakai outfit yang sesuai

Jangan sembarangan memakai pakaian ketika wawancara, karena first impression itu sangat penting. Kamu harus lihat apa saja ketentuan perusahaan yang ditulis di surat lamaran ketika mengikuti wawancara tiba. Tunjukkan bahwa kamu serius dan menghargai setiap ketentuan dari perusahaan.


Bersikap ramah dan tersenyum

Ini juga terkait dengan first impression mu ketika awal bertemu. HRD akan melihat mimik dan gelagat mu selama berhadapan dengan mereka. Jadi usahakan untuk memberikan kesan yang positif vibes, antusias dan menyenangkan untuk diajak bekerja sama.


Jangan fokus pada kelemahan

Ketika sobat kosngosan akan mengikuti wawancara kerja, maka fokuskan pada kelebihan yang kamu miliki, jangan malah pada kelemahan mu.

Kamu memang boleh menyebutkan kelemahan mu apabila diminta, tapi langsung alihkan ke cara bagaimana supaya kelemahan mu tersebut bisa ditangani oleh usaha mu. Dan Bagaimana kamu bisa memberikan manfaat bagi perusahaan.


Ucapan terimakasih dan jabat tangan

Ketika telah selesai mengikuti wawancara, maka kamu wajib untuk menyampaikan rasa terimakasih setelah tahapan interview selesai.

Kemudian bangkit dan salami satu per satu HRD yang telah mewawancarai mu. Saya kira ini adalah manner umum yang semua orang harus tahu.


Cara Mengatasi Ditolak Lowongan Kerja

Bagaimana kalau sobat kosngosan tidak diterima atau ditolak di suatu perusahaan? Maka kamu perlu untuk melakukan beberapa hal sederhana dibawah ini, supaya di lain kesempatan kamu bisa segera langsung diterima.

Apa saja itu? yuk simak satu per satu dibawah ini :


Analisa dan cari tahu alasan penolakan

Kamu perlu tahu, mengapa kamu tidak diterima kerja? Apa yang membuat perusahaan menolak mu untuk bekerja di perusahaan mereka?

Apakah karena dokumen mu, seperti CV, surat lamaran atau syarat lain yang tidak sesuai? atau karena ada faktor X lain. Ini penting sebagai bahan instropeksi diri mu kedepannya.

Hal ini juga dapat membantu sobat kosngosan untuk memperbaiki kekurangan dan meningkatkan peluang mu supaya diterima di perusahaan lain di masa yang mendatang.

Cobalah untuk mengidentifikasi alasan mengapa kamu tidak diterima. Cari tahu apa yang perlu kamu perbaiki dalam proses aplikasi pekerjaan selanjutnya.


Move On dan cari loker lain

Kamu tidak perlu untuk meratapi dan berkeluh kesah kalau tidak diterima pada perusahaan impian mu. Yang perlu kamu lakukan adalah mencari informasi tentang lowongan pekerjaan di perusahaan lain yang sesuai dengan minat dan kemampuan kamu.

Dengan move on ke loker lain, maka dapat membantu kamu untuk menemukan pekerjaan yang sesuai dengan impian dan kualifikasi mu pada lain kesempatan.


Bangun koneksi

Bisa saja kamu gagal hari ini, tapi jangan lelah untuk membangun networking dengan orang lain. Kamu bisa mendapatkan berbagai manfaat karena sudah memiliki jaringan pertemanan yang luas dengan orang-orang.

Apalagi koneksi mu berkaitan dengan mereka yang punya pekerjaan yang kamu incar dari dulu. Walaupun saya benci mengatakannya, tapi harus diakui kalau kekuatan orang dalam itu memang powerfull adanya.

Karena dengan koneksi yang kuat, maka dapat membantu kamu untuk menemukan informasi lowongan pekerjaan yang lebih cepat, bahkan belum dipublikasikan oleh mereka, tentu ini juga untuk mendapat rekomendasi dari orang yang sudah mengenal mu tersebut.


Ikut pelatihan dan kursus

Jangan stagnan pada skill dan pengalamn mu saat ini saja. Kamu harus berkembang dengan meningkatkan kemampuan dan kualifikasi kamu.

Mengikuti pelatihan, seminar dan sebagainya dapat membantu untuk meningkatkan peluang supaya lebih cepat untuk diterima bekerja di perusahaan tertentu, apalagi buat yang membutuhkan sertifikat profesi atau keahlian.


Coba Bidang Lain

Bisa jadi bidang yang selama ini kamu impikan, bukan disitu rezekinya. Kamu bisa mempertimbangkan untuk mencari lowongan di bidang yang berbeda, apabila memang sobat kosngosan tidak diterima pada pekerjaan di bidang tersebut.


Kesimpulan

Terakhir pembahasan kali ini semoga bisa bermanfaat buat kalian ya. Jangan menyerah dan teruslah untuk mencari pekerjaan yang kalian impikan. Sobat kosngosan dapat mencari informasi lowongan pekerjaan melalui berbagai sumber seperti yang dijelaskan diatas.

Kamu juga harus mempertimbangkan untuk mengambil pelatihan tambahan apabila memang kamu rasa perlu untuk meningkatkan kualifikasi. Ini dapat membantu kamu untuk memiliki kesempatan dalam mendapatkan pekerjaan yang lebih cepat diterima.

Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya