Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pekerjaan yang Cocok untuk Introvert Lulusan SMA

Apa saja contoh pekerjaan yang cocok untuk kalian introvert yang lulusan sma, smk dan ma? Bekerja di luar rumah buat para introvert memang cukup merepotkan, apalagi mengharuskan untuk berinteraksi dengan orang baru setiap harinya. 

Banyak orang yang berpendapat lebih baik menjadi pebisnis dibandingkan karyawan, karena memiliki kebebasan dan waktu dalam bekerja. Kesempatan untuk menjadi kaya juga berpeluang besar, dibanding hanya mengharapkan menjadi karyawan saja.

Pada kesempatan kali ini, kosngosan akan merekomendasikan kepada kalian untuk mencari ide penghasilan yang hanya berasal dari berbagai ide yang ada. 

Mendapatkan pekerjaan untuk lulusan SMA sangat susah sekali, oleh karena itu kamu harus memiliki penghasilan diluar jadi pegawai yang bisa menompang kehidupan mu nanti.

Apalagi di era digital saat ini, ada banyak bermunculan lapangan pekerjaan baru yang bisa kamu coba untuk menjadi pengusaha.. Kuncinya adalah kamu harus selalu meningkatkan hardskill dan softskill mu. 


Contoh Pekerjaan untuk Introvert dan Lulusan SMA

Contoh Pekerjaan untuk Introvert

Untuk meningkatkan Sumber daya Manusia (SDM) yang unggul dan melek teknologi, kamu wajib mempelajari bagaimana menghasilkan uang dari internet. 

Ini adalah  syarat kalau kamu ingin memenangkan persaingan usaha di era globalisasi saat ini. Berikut beberapa contoh yang bisa kamu jadikan referensi :

Baca juga : Usaha yang Langka tapi Menguntungkan


Freelancer

Ada cukup banyak orang tidak tahu apa itu seorang freelance. Orang yang melihat freelance sebagai pengangguran karena memang waktu kerja seorang freelance tidak seperti karyawan yang masuk setiap hari

Hari kerjanya ditetukan oleh kamu sendiri, sehingga tidak ada tuntutan mulai dan harus masuk jam berapa, hanya ada tuntutan deadline sampai tanggal berapa.

Freelancer adalah pekerja lepas yang tidak terikat waktu, hanya terikat kontrak pekerjaan dengan klien dalam melakukan suatu pekerjaan. 

Ada banyak situs yang bisa kamu manfaatkan bagi seorang freelance dan pemberikan pekerjaan  seperti: Sribulancer, Upworks, Fiver, Freelancer dan Project.

Beberapa contoh pekerjaan dari freelancer seperti:

  • Videografer dan fotografer
  • Penulis Artikel
  • Editor Video
  • Penerjeman Naskah
  • Data Entry
  • Membagikan Kuesioner
  • Coding

Misalnya sobat kosngosan masih sekolah, atau sudah lulus sma, smk atau ma, bisa mencoba lowongan freelancer yang mudah dan relatif tidak butuh sofsklill yang terlalu pro, seperti menulis artikel, input data, membagikan kuesioner, voice over dan sebagainya.


Digital Marketer

Digital marketer atau pemasaran digital adalah pekerjaan yang memanfaatkan berbagai channel digital untuk menjangkau customer dan bisa juga mempromosikan produk dari suatu brand perusahaan.

Digital marketer bertugas untuk mengerjakan kampanye marketing, menyusun strategi marketing serta membuat konten untuk berbagai keperluan di sosial media seperti tiktok, youtube, instagram dan sebagianya.

Pekerjaan ini cocok untuk kamu yang seorang introvert dan memang harus punya softskill dalam biadng pemasaran, menguasai copywriting dan pengalaman dibidang pekerjaan digital marketing


Content Creator

Content  creator adalah orang yang membuat dan menghasilkan konten. Kemudian konten tersebut disebarkan ke platform media sosial seperti TikTok, Instagram, Youtube atau Blog dan Website. Tentu saja kamu akan dapat uang dari konten yang kamu monetisasi tersebut.

Seorang content creator memang tidak harus punya audiens yang banyak, intinya kamu harus bisa buat video, gambar atau artikel yang punya target pasar dan mengoptimasi nya untuk mendapatkan enggagement yang tinggi. 

Banyak anak sekolah yang mencoba sebagai content creator. Pekerjaan yang cocok untuk introvert ini juga bisa kamu jadikan sebagai side job, atau main job tergantung seberapa fokus kamu terhadap pekerjaan ini. 

Tetapi perlu diinggat, bahwa saya tetap mengarahkan supaya sobat kosngosan membuat konten yang mendidik, bermanfaat dan memberikan pengaruh baik untuk audiens mu. 


Programmer

Pekerjaan yang Cocok untuk Introvert Lulusan SMA, SMK atau MA selanjutnya adalah menjadi programmer. Sebenarnya ada banyak cabang dari  programmer tergantung tugas nya. Kamu bisa coding program untuk aplikasi, website atau sistem operasi.

Menjadi programer bisa bekerja secara individu atau tim yang punya kontrak dengan perusahaan yang menyewa jasanya.

Ada beberapa profesi programmer yang naik daun ditahun ini, seperti :

  • Backend Developer
  • Frontend Developer
  • DevOps Developer
  • Android Developer
  • iOS Developer
  • Cloud Enginner
  • Security Enginner
  • System Analyst

Penghasilan yang didapatkan dari bidang pemrograman tentunya berbeda, tergantung dari tingkat kesulitan, klien dan apa yang akan dikerjakan. 

Apakah kamu tertarik untuk menjadi seorang programmer? Ada banyak kursus singkat berbayar dan memberikan sertifikat untuk melengkapi portofolio, jika sobat kosngosan baru saja mau terjun ke dunia programmer ini


Graphic Designer

Desainer grafis bisa jadi pekerjaan yang cocok untuk introvert dan lulusan sma. Pekerjaan yang menghasilkan desain ilustrasi, fotografi, tipografi, vektor atau grafis motion untuk keperluan publishing, pengenalan brand, soft launching dan sebagainya.

Buat kamu lulusan SMA, SMK atau MA, memang harus butuh keahlian yang dibutuhkan untuk menjadi seorang desainer grafis, kamu harus bisa berpikir kreatif, memiliki komunikasi visual, menguasai aplikasi desain seperti photoshop, coreldraw, serta kemampuan presentasi desain mu.


Spesialis Sosial Media

Selanjutnya, Pekerjaan yang Cocok untuk Introvert Lulusan SMA adalah yang berkutat dengan sosial media, seperti admin sosmed dan analis. Profesi ini fokus pada cara menciptakan dan memanage konten digital 

Tujuannya supaya audiens mu bisa lebih banyak lagi, dengan menghasilkan konten yang kreatif dan menarik untuk digunakan berbagai platform official dari perusahaan tertentu.

Hal ini tentu untuk meningkatkan brand awarness, mendorong angka penjualan dan usaha marketing produk atau layanan tertentu dari perusahaan.

Beberapa contoh kegiatan dari pekerjaan ini seperti menciptakan, mengembangkan dan mengelola konten yang dibuat, berinteraksi dengan followers, menggunakan tool analitik seperti Google analytic, Facebook dan Instagram insight, Tiktok Analytic dan sebagainya


Web Desainer

Web desainer adalah salah satu pekerjaan yang cocok untuk introvert, memiliki tugas untuk membuat tampilan website terlihat lebih menarik. Kamu harus memahami bahasa pemograman HTML dan CSS, banyak berkutat dengan menambah efek ilustrasi, tipografi, kontras, layout dan lainnya

Web desainer  ini akan berfokus untuk membuat desain website dengan pendekatan user experience dan user interface supaya nantinya bisa mudah digunakan dan tampilan menarik.


Jasa SEO dan SEM

Seorang Search Engine Optimizing (SEO) atau Search Engine Marketing adalah specialist yang sudah memahami teknik analitik dan marketing untuk bisa meningkatkan visitor dari suatu website atau platform lainnya.

Jasa ini akan mengoptimasi konten dan meningkatkan ranking website, channel atau sosmed official perusahaan di SERP (Search Engine Results Page) yang bertujuan untuk membuka peluang untuk meningkatkan profitabilitas kliennya.

SEO dan SEM harus bisa melakukan keyword research dan menggunakan tools SEO. Ada beberapa tool yang bisa kamu gunakan, seperti Google Analytic, Ahref, MOZ, dan semrush, Ubersugest dan lainnya.


Bertani dan Beternak

Kedua pekerjaan ini tidak membutuhkan interaksi sosial yang begitu tinggi. Bertani dan beternak hanya butuh pemahaman tentang teknis mengelola pertanian dan peternakan.

Kamu bisa mencoba bertani hidroponik. Bertani hidroponik adalah metode budidaya tanaman tanpa menggunakan tanah (tanpa media tanah), melainkan dengan menggunakan air yang dicampur dengan nutrisi tertentu. 

Metode ini mengandalkan pemasokan nutrisi bagi tanaman melalui air dan memungkinkan tumbuhnya tanaman yang sehat dan produktif dalam lingkungan kontrol yang baik.

Atau mencoba budikdamber (budidaya ikan dalam ember). Teknik ini umumnya dilakukan dengan berternak lele atau nila, dan menanam sayuran (seperti kangkung atau sawi) tanpa harus punya halaman luas dan hanya bermodal ember saja. 

Baca juga : Contoh Peluang Usaha untuk Anak Sekolah dan Kuliah

Beberapa pekerjaan lain yang cocok untuk seorang introvert seperti sobat kosngosan adalah sebagai berikut :

  • Fotografer: Introvert dapat mengejar hobi fotografi dan bekerja secara independen.
  • Pekerjaan dalam bidang teknologi informasi: Introvert dapat bekerja sebagai teknisi atau administrator sistem.
  • Pustakawan: Introvert dapat bekerja dalam lingkungan yang tenang dan membantu memelihara dan mengatur koleksi buku
  • Pekerjaan dalam bidang keamanan informasi
  • Akuntan
  • Pekerjaan bidang hukum, seperti penasehat hukum atau pengacara
  • Pekerjaan teknis seperti teknisi elektronik, teknisi AC, teknisi otomotif
  • Pekerjaan produksi seperti operator mesin, pekerja pabrik
  • Nelayan atau pemburu ikan
  • Tukang kayu atau tukang bangunan
  • Pedagang atau pengusaha kecil
  • Pembantu rumah tangga atau pekerja domestik
  • Tenaga keamanan seperti polisi desa atau petugas keamanan
  • Pekerjaan industri kecil seperti pembuatan produk kerajinan tangan.
  • Dan Pekerjaan yang Cocok untuk Introvert Lulusan SMA lainnya


Kesimpulan

Ini hanya beberapa contoh pekerjaan untuk introvert dan yang tidak suka dengan orang yang bersosialisasi, dan tidak menutup kemungkinan introvert dapat sukses dalam berbagai jenis pekerjaan lainnya. 

Penting untuk menemukan pekerjaan yang sesuai dengan kepribadian dan minat masing-masing individu. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk klik bookmart dan share artikel ini.

Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya