-->

31 Jurusan Kuliah IPA yang Menjamin Masa Depan mu

Apakah kamu hendak melanjutkan studimu ke perguruan tinggi, setelah lulus sekolah menengah atas? Lalu jurusan kuliah IPA apa saja yang menjamin masa depan? Nah buat teman-teman yang mengambil jurusan IPA atau lebih sering dikenal sebagai kelompok SAINTEK (Sains dan Teknologi), jangan bingung karena admin kosngosan akan berbagi beberapa daftar jurusan rekomendasi yang sesuai dengan latar belakang kalian disekolah.

Karena memilih jurusan adalah hal mendasar yang harus kamu lakukan sebelum memilih Universitas, ibaratnya ini adalah pondasi pokok yang menentukan karier dan masa depanmu nantinya. Jangan sampai kamu salah memilih jurusan, yang mengakibatkan kamu tidak bisa enjoy dengan perkuliahan.

Banyak mahasiswa yang mimin temui, mengaku salah mengambil jurusan karena tidak sesuai dengan latar pendidikan sewaktu SMA/SMK, atau tidak sesuai dengan passion nya. Jadilah dia kuliah ogah ogahan dan punya IPK yang miris.

Kamu tentu tidak mau berakhir seperti itu bukan? Nah bersyukurlah buat kalian yang menemukan artikel ini, sehingga bisa mengambil beberapa saran referensi dari mimin untuk kalian yang kelompok SAINTEK. Oh iya buat teman-teman yang ingin melihat rekomendasi jurusan kuliah buat kelompok SOSHUM (Sosial dan Humaniora), bisa melihat pada artikel yang sudah mimin tuliskan dibawah ini;

Baca juga : Daftar Jurusan Kuliah IPS yang Menjamin Masa Depan


Daftar Jurusan Kuliah IPA


jurusan kuliah IPA

Jurusan kuliah IPA yang menjamin masa depan untuk perempuan dan laki laki sebenarnya sama saja, yaitu yang paling prospektif dan banyak dicari oleh dunia kerja. Akan tetapi untuk jurusan populer, biasanya banyak peminatnya dan persaingan juga cukup ketat.

Sementara sobat kosngósan bingung pilih jurusan kuliah IPA yang mana, maka izinkan mimin untuk menjelaskan beberapa jurusan kuliah IPA yang jarang diminati tapi peluang kerja besar dimasa depan. Penasaran apa saja itu? Yuk simak macam macam jurusannya dibawah ini!


1. Program studi Teknik Nuklir

jurusan teknik nuklir

Energi nuklir adalah energi masa depan yang bisa dimanfaatkan untuk kepentingan positif. Walaupun di Indonesia pemanfaatan nuklir sendiri masih kurang, namun para lulusannya sangat dicari untuk bisa mengoperasikan pembangkit listrik tenaga nuklir atau menjadi peneliti di bidang energi nuklir.

Nuklir juga bisa dimanfaatkan untuk kepentingan kesehatan, produksi dan rekayasa biologi. jurusan ini sangat tepat buat kamu yang menyukai mata pelajaran kimia dan fisika ketika disekolah.


2. Program studi Teknik Biomedis

jurusan biomedis

Apa yang dimaksud dengan jurusan teknik biomedis? Ini adalah salah satu jurusan yang cukup langka di perguruan tinggi yang mengaplikasikan teknik dan prinsip teknik di bidang medis atau kesehatan. Intinya kamu akan banyak belajar mengenai kemampuan mendesain dan memecahkan masalah di bidang kesehatan dan kedokteran seperti diagnosis, monitoring dan terapi.

Kamu akan cocok mengambil jurusan ini apabila menyukai mata pelajaran biologi dan elektronika. Untuk peluang kerjanya sendiri sangat terbuka lebar menjadi seorang peneliti di LIPI, konsultan kesehatan, ilmuwan medis dan sebagainya


3. Program studi Mikrobiologi

jurusan mikrobiologi

Salah satu jurusan yang yang dikembangkan dari ilmu biologi yaitu membahas mengenai pemanfaatan mikroorganisme atau mikroba dalam kepentingan hidup manusia. Kamu akan banyak mempelajari mengenai pengolahan makanan, limbah serta rekayasa genetika.

Jadi apabila kamu menyukai mata pelajaran biologi serta kimia maka sobat kosngosan akan cocok dengan jurusan ini. Berbicara mengenai peluang kerja kamu akan bisa menjadi seorang ilmuwan, bekerja di LIPI, menjadi guru besar, dosen, dan sebagianya.


4. Program studi Teknik Geologi



Berbicara mengenai jurusan teknik geologi berarti kamu banyak mempelajari mengenai kebumian, hal-hal seperti struktur sifat fisik sejarah dan proses pembentukan bumi sebagai suatu planet yang layak huni akan kamu pelajari pada jurusan ini.

Ini seperti pengembangan mata pelajaran Geografi. Untuk prospek kerjanya sendiri maka kamu akan bisa bekerja sebagai karyawan di perusahaan tambang, perusahaan perminyakan dan juga bisa menjadi PNS di Kementerian lingkungan hidup


5. Program studi Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota

jurusan perencanaan wilayah kota

Program studi ini disebut juga sebagai Ilmu Planologi, yang fokus mempelajari perencanaan suatu kota atau wilayah. Ada perbedaan bila dibandingkan dengan program studi Arsitektur Lanskap yang fokus pada sisi keindahan dan estetika lokasi, Teknik perencanaan wilayah dan kota fokus terhadap aspek sosial, ekonomi, dan politik. Perencanaan Wilayah Kota tidak mengelola bangunan, tetapi bisa juga merancang seluruh wilayah dalam suatu kota secara keseluruhan.

Program studi ini akan lebih cocok untuk calon mahasiswa yang suka pelajaran seputar Matematika, Geografi dan juga Desain Peluang pekerjaan untuk program studi teknik perencanaan wilayah dan kota adalah sebagai Konsultan Perencanaan Kota dan Wilayah, Tenaga Surveyor Bangunan, Asisten Perencanaan Kota dan Wilayah dan bisa bekerja di BAPPENAS


6. Program studi Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3)

jurusan kesehatan keselamatan kerja

Program studi ini merupakan jurusan yang mempelajari bahaya dan risiko yang ada di tempat kerja atau proyek, baik itu kesehatan hingga keselamatan kerja (terutama saat adanya kecelakaan kerja, seperti kebakaran, dll). Protokol dalam mengatasi bahaya yang ada di tempat kerja akan kamu pelajari ketika kuliah dengan berbagai metode yang diajarkan oleh dosen. Sobat kośngosan juga akan mempelajari seputar teknik meminimalisir kecelakaan kerja dan risiko lain yang dapat terjadi di lokasi proyek atau tempat kerja

Program studi ini lebih cocok untuk calon mahasiswa yang suka pelajaran seputar Biologi dan Fisika. Peluang pekerjaan program studi kesehatan dan keselamatan kerja seperti Ahli Kesehatan dan Keselamatan Kerja


7. Program studi Teknologi Pangan

jurusan teknologi pangan

Program studi ini banyak mempelajari tentang produksi makanan dan bagaimana memastikan makanan yang diproduksi oleh publik (seperti di rumah makan, pabrik, dipasar) tersebut aman untuk dikonsumsi serta memenuhi kebutuhan gizi masyarakat. Program studi ini membahas juga seputar komponen kimiawi dan biologis di dalam makanan, yang dapat berefek kepada tubuh. Selain itu, kamu juga akan mempelajari efek sosial dari makananan yang kita konsumsi, bagaimana makanan mempengaruhi ekonomi, psikologi serta kultur.

Program studi ini berpartisipasi dalam kelangsungan hidup manusia karena akan terus memastikan makanan yang diproduksi pabrik aman untuk dikonsumsi. Program studi ini akan lebih cocok untuk calon mahasiswa yang menyukai pelajaran seputar Biologi dan Kimia, dan untuk peluang pekerjaan untuk program studi teknologi pangan adalah Quality Control, Peneliti dan Ahli Teknologi Pangan


8. Program studi Ilmu Astronomi

jurusan astronomi

Program studi ini pastinya sudah pernah kamu dengar, bukan? Bidang yang banyak mempelajari benda langit. Program studi yang menitikberatkan pada penerapan ilmu fisika terhadap objek yang ada di langit. Bidang astronomi sendiri mempelajari pula struktur serta sifat fisik evolusi alam semesta beserta isinya dan kosmologi. Program studi ini dibagi menjadi tiga fokus keahlian, yaitu Tatasurya, Kosmologi dan Fisika Bintang dan Galaksi.

Program studi astronomi ini akan lebih cocok untuk calon mahasiswa yang suka pelajaran Fisika dan Matematika. Berbicara mengenai peluang pekerjaan untuk program studi astronomi, sobat kosngosan bisa menjadi Astronom, Pengajar Ilmu Atmosfir, Ilmu Bumi, Ilmu Kelautan, Ilmu Luar Angkasa dan Peneliti Atmosfir dan Ruang Angkasa


9. Program studi Ilmu Gizi

jurusan ilmu gizi

Program studi ini fokus untuk mempelajari keterkaitan gizi dengan kesehatan, pertumbuhan, kaitannya dengan manusia dan produktivitasnya, dan juga kualitas manusia ditinjau dari segi konsumsi makanannya. Kamu juga akan mempelajari soal sektor pertanian, ekonomi, hingga sosial budaya. Dan program studi ilmu gizi ini mempelajari bagaimana menyiapkan perencanaan perbaikan gizi serta memberikan jasa konsultasinya (konsultan ahli gizi)

Program studi ilmu gizi ini akan lebih cocok untuk calon mahasiswa yang suka pelajaran: Biologi dan juga Kimia. Untuk peluang pekerjaan untuk program studi ilmu gizi adalah : Ahli Diet dan Nutrisi, Praktisi Keluarga dan Umum


10. Program studi Bioteknologi

jurusan bioteknologi

Program studi yang merupakan bagian dari ilmu Biologi. Kamu akan banyak mempelajari teknologi pemanfaatan makhluk hidup dalam skala besar untuk menghasilkan produk yang memiliki nilai manfaat bagi kemaslahatan hidup manusia. Penerapan ilmu bioteknologi sedang berkembang pesat. Kamu akan banyak mempelajari seputar teknik fermentasi, teknologi enzim, analisis mikroorganisme, analisis DNA, separasi dan pemurnian produk biologis, kultur jaringan tanaman, serta rekayasa genetika

Program studi bioteknologi ini akan lebih cocok untuk calon mahasiswa yang suka pelajaran Biologi dan Teknologi rekayasa. Berbicara mengenai peluang pekerjaan untuk program studi bioteknologi adalah sebagai Ahli Biomedis, Teknisi Pembangkit Biomassa, Peneliti Bioinformatika


11. Program studi Teknik Lingkungan

teknik lingkungan

Program studi ini banyak mempelajari seputar cara menciptakan lingkungan yang sehat dan bebas penyakit dengan teknik dan teknologi yang diciptakan. Adapun beberapa ruang lingkup program studi teknik lingkungan seperti Konservasi sumber daya air, Pengelolaan kesehatan lingkungan, Upaya pengendalian pencemaran, Pengolahan limbah, Plumbing atau perpipaan, Sistem drainase, Pengendalian dan pencemaran udara.

Program studi ini akan lebih cocok untuk calon mahasiswa yang suka pelajaran seputar Biologi dan Kimia. Berbicara mengenai peluang pekerjaan untuk program studi teknik lingkungan sobat kosngośan bisa melamar bekerja sebagai Ahli Ekologi Industri, Ahli Lingkungan atau Konsultan Lingkungan.


12. Program studi Budidaya Perairan

jurusan budidaya perairan

Program studi yang disebut juga Ilmu Akuakultur, banyak mempelajari seputar kegiatan pemeliharaan, penangkaran serta pengembangbiakan biota perairan laut maupun air tawar, seperti udang, ikan, rumput laut, dan jenis lainnya. Aktifitas budidaya organisme perairan, sangat memperhatikan aspek kualitas air (senyawa yang ada didalamnya) dan wadahnya.

Jurusan ini sangat dibutuhkan di indonesia, karena seperti yang kita ketahui, 70 persen wilayah Indonesia merupakan perairan, dan ini peluang untuk mempelajari lebih jauh mengenai perairan indonesia dari sabang hingga merauke.

Program studi budidaya perairan akan cocok untuk kamu yang merupakan calon mahasiswa dan menyukai pelajaran seputar Biologi dan juga Kimia. Untuk peluang pekerjaan sendiri bisa menjadi Pengajar Ilmu Agrikultural, Ahli Peternakan dan Pengembangbiakan Hewan, Manajer Akuakultural atau Ahli Konservasi Tanah dan Air


13. Program studi Rekayasa Pertanian

rekayasa pertanian

Program studi yang banyak membahas seputar teknik pengombinasian ilmu pertanian konvensional dengan prinsip rekayasa biosistem untuk membangun dan mengelola sistem pertanian. Pada program studi ini, calon mahasiswa akan mempelajari kompetisi teknis unggul untuk mengembangkan sistem pertanian berkelanjutan. Indonesia membutuhkan lulusan dibidang ini karena untuk mencapai swasembada kebutuhan pokok dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat menjadi lebih baik.

Peran lulusan seperti ini diperlukan untuk mengurangi impor beras dari luar negeri yang saat ini masih kita lakukan. Program studi rekayasa pertanian sangat cocok untuk calon mahasiswa yang suka pelajaran seputar Kimia, Teknologi, Matematika dan tentu saja Biologi Peluang pekerjaan untuk program studi rekayasa pertanian seperti menjadi tenaga ahhli dibidang teknik pertanian, menjadi peneliti Tanah dan Tumbuhan atau Manager Pertanian dan Peternakan di Kementrian pertanian atau perusahaan yang berfokus pada produk pertanian.


14. Program studi Oseanografi

oseanografi

Program studi yang mempelajari fenomena laut, yang akan diaplikasikan ke berbagai bidang, seperti rekayasa, lingkungan, bencana laut, perikanan, dan mitigasi bencana. Kamu juga akan mempelajari fenomena laut seperti gelombang yang tinggi, tenggelamnya pulau-pulau kecil karena kenaikan permukaan laut, badai, tsunami, dan lain sebagainya.

Program studi oseanografi ini akan lebih cocok untuk calon mahasiswa yang suka pelajaran seputar Fisika, Matematika dan Geografi. Peluang pekerjaan untuk program studi oseanografi adalah sobat kosngosan bisa melamar menjadi Teknik Kelautan, Pengajar Ilmu Atmosfir, Ilmu Bumi, Ilmu Kelautan dan Offshore Navigator


15. Program studi Teknik Industri

teknik industri

Program studi yang mempelajari seputar proses industri, baik dari sisi manajemen maupun teknik. Ilmu teknik industri merupakan turunan dari ilmu teknik mesin. Calon mahasiswa juga harus mempelajari seputar ilmu lain, misalnya Matematika, Fisika, Fisiologi dan juga ilmu Manajemen. Kamu akan banyak mempelajari seputar Perancangan, Peningkatan, serta Pemasangan sistem terintegrasi yang membutuhkan peran manusia, material, peralatan, dan energi.

Program studi teknik industri ini akan lebih cocok untuk calon mahasiswa yang suka pelajaran Matematika, teknologi dan Fisika. Peluang pekerjaan untuk program studi teknik industri seperti Sales Engineer, Ahli Teknik Industri, Ahli Teknik Manufaktur, Teknisi Produksi Manufaktur


16. Program studi Teknik Pertambangan

teknik pertambangan

Program studi yang menjadi salah satu cabang ilmu teknik. Kamu akan fokus belajar ilmu eksplorasi dan eksploitasi bahan galian, sumber daya mineral, seperti emas, perak, alumunium, besi, batu bara, dan sebagainya. Kamu banyak juga mempelajari Kegiatan penyelidikan umum, prospeksi, Eksplorasi penambangan, Pengolahan bahan tambang, eksploitasi, Pengangkutan dan juga Pemasaran hasil tambang

Program studi teknik pertambangan ini akan lebih cocok untuk calon mahasiswa yang suka pelajaran seputar Fisika dan Kimia. Peluang pekerjaan untuk program studi teknik pertambangan menjadi seorang Ahli Tambang dan Geologi, Ahli Pengeboran Bumi (Non Minyak dan Gas), Ahli Teknik Energi, Teknisi Geologi dan Perminyakan


17. Program studi Teknik Penerbangan

teknik penerbangan

Program studi ini disebut juga sebagai Aeronautika atau Astronautika, fokus untuk mempelajari pengetahuan terkait kedirgantaraan mencakup perancangan, pembuatan, dan juga pengoperasian pesawat dan wahana antariksa lainnya. Teknik Penerbangan mempelajari soal teknik pesawat.

Program studi ini berkaitan dengan dunia penerbangan di dalam atmosfer bumi, misalkan pesawat komersial, helikopter, pesawat militer. Dan teknik penerbangan astronautika fokus terhadap aspek penerbangan di luar atmosfer bumi, seperti roket dan satelit

Program studi teknik penerbangan ini akan lebih cocok untuk calon mahasiswa yang suka pelajaran seputar Matematika dan Fisika. Untuk peluang pekerjaan untuk program studi teknik penerbangan adalah sebagai Ahli Aerospace dan Teknisi Operasi Aerospace, Mekanik dan Teknisi Servis Pesawat, atau Teknisi Penerbangan.


18. Program studi Cyber Security

cyber security

Program studi keamanan siber banyak mempelajari bagaimana cara memproteksi berbagai industri serta pemerintah dari serangan yang ada pada dunia maya (cyber attack). Program studi cyber security dirancang khusus dalam membekali sobat kosngosan dengan pengetahuan dan keahlian pengujian, perancangan, dan implementasi pertahanan dalam dunia maya. Program studi yang punya dasar yang kuat membahas komputer sains dan kemampuan berpikir kritis dan logis mengenai teknologi dunia maya saat ini

Program studi ini akan lebih cocok untuk calon mahasiswa yang suka pelajaran Teknologi informasi dan komunikasi serta Matematika. Dan berbicara mengenai peluang pekerjaan untuk program studi cyber security adalah sebagai Cyber Police atau Spesialis Forensik Komputer.


19. Program studi Ekonomi Pembangunan

ekonomi pembangunan

Program studi yang menjadi salah satu cabang dari ilmu ekonomi. Ekonomi pembangunan adalah bagian Ilmu Ekonomi yang secara spesifik membahas seputar pembangunan yang sudah, sedang dan akan terjadi pada berbagai negara.

Fakta bahwa kebanyakan calon mahasiswa yang memilih program studi ilmu ekonomi adalah mahasiswa yang berusaha sekuat tenaga untuk menghindari mata kuliah atau pembahasan seputar matematika. Padahal kalian kurang memahami bahwa ilmu ekonomi justru memanfaatkan ilmu matematika tinggi yang penuh ketelitian karena berkaitan dengan keuangan

Program studi ini akan lebih cocok untuk calon mahasiswa yang suka pelajaran seputar Matematika, Ekonomi dan juga Statistika. Untuk peluang pekerjaan program studi ekonomi atau ekonomi pembangunan adalah bekerja sebagai Ekonom, Konselor Peminjaman, atau Analis Keuangan


20. Program studi Intelijen

studi intelijen

Program studi yang dirancang bagi calon mahasiswa yang ingin berkarier sebagai intelijen atau mata mata. Baik di pemerintahan maupun swasta. Calon mahasiswa akan dibekali cara-cara inovatif untuk membentuk pola pikir yang terstruktur untuk memecahkan masalah dunia nyata yang kompleks.

Program studi intelijen fokus pada perkembangan dunia analisis intelijen yang sangat dinamis, juga pada penggunaan penelitian akademik sebagai metode analisis. Program studi pendidikan intelijen ini akan lebih cocok untuk calon mahasiswa yang suka pelajaran tentang Matematika, Biologi dan juga Sosiologi. Peluang pekerjaan untuk program studi pendidikan intelijen adalah sebagai Analis Intelijen, Detektif dan Investigator Swasta. Baca juga : Tips Bekerja di Perusahaan yang Tidak Sesuai Jurusan


21. Program studi Teknik Perminyakan

teknik perminyakan

Indonesia adalah salah satu negara penghasil minyak dan memiliki berbagai perusahaan minyak yang beroperasi di berbagai daerah. Apabila kamu memilih jurusan di bidang perminyakan ini maka kamu akan banyak membahas mengenai teknik reservoir, pengeboran produksi hingga manajemen ekonomi yang bersangkutan dengan minyak dan gas.

Tentu saja jurusan ini cukup langka dan hanya tersedia di beberapa Perguruan Tinggi saja, dan jangan ditanyakan lagi untuk prospek kerjanya sangat terbuka lebar bagi perusahaan-perusahaan yang berproduksi di bidang Migas. Jurusan ini sangat tepat buat kamu yang menyukai mata pelajaran kimia, matematika dan juga Geografi


22. Program studi Ilmu Metereologi

Kamu pasti pernah mendengar BMKG bukan? Nah singkatan untuk bagian M nya adalah Meteorologi. Ilmu meteorologi adalah ilmu yang mempelajari gejala yang terjadi di bumi, dan pengaplikasiannya untuk kepentingan hidup manusia.

Jadi apabila sobat kosngosan menyukai mata pelajaran geografi dan fisika mungkin jurusan ini cocok untukmu. Bicara mengenai peluang kerja maka kamu bisa bekerja di bagian BMKG, bisa juga menjadi seorang peneliti dan pengamat di bidang lingkungan


23. Program studi Ilmu Kartografi dan Pemetaan

Ilmu kartografi adalah ilmu yang mempelajari mengenai pemetaan suatu objek atau fenomena yang berada pada permukaan bumi tanpa melalui perhitungan secara langsung dengan menggunakan alat perekam yang memanfaatkan energi dari gelombang elektromagnetik sehingga akan menghasilkan citra.

Citra inilah yang akan kamu pelajari nantinya. Sangat cocok buat kamu yang menyukai dunia geografi dan ilmu bumi. Kamu bisa bekerja sebagai peneliti, menjadi karyawan di badan informasi geospasial, BPS, atau kementrian ESDM


24. Program studi BioEnterpreneurship

Dari namanya saja kita sudah bisa mengetahui bahwa ini adalah gabungan dari ilmu biologi dan kewirausahaan. Intinya kamu akan banyak mempelajari seputar manajemen bisnis serta wirausaha dalam cakupannya dengan ilmu biologi.

Ini adalah gabungan dari dua ilmu yang bisa diterapkan saat ini sehingga sangat tepat untuk dikatakan sebagai ilmu meng komersilkan produk biologi. Kamu bisa bekerja sebagai marketing di bidang medis, konsultan kesehatan, bekerja di badan paten dan hak cipta, dan lainnya


25. Program studi Fisika Medis

Dari nama jurusannya kita sudah tahu bahwa ini adalah jurusan yang menggabungkan ilmu fisika dan biologi atau lebih tepatnya bidang kesehatan. Kamu akan banyak mempelajari seputar diagnosis radiologi, atau berbagai produk penemuan fisika yang diterapkan dalam dunia kesehatan.

Sangat cocok buat kamu yang menyukai mata pelajaran Biologi dan Fisika serta kamu juga akan memiliki prospek kerja di instansi pemerintahan seperti LIPI, BATAN, BPPT dan juga Kementrian Kesehatan


26. Program studi Sistem Informasi Geografis

sistem informasi geografi

Jurusan yang sering disingkat SIG ini merupakan pengaplikasian dari teknologi informasi dan ilmu geografi. Kamu yang menyukai mata pelajaran sistem informasi dan geografi cocok mengambil jurusan ini.

Karena nantinya kamu akan banyak mempelajari seputar penginderaan jarak jauh dengan menggunakan sistem berbasis komputer dalam mengelola data informasi spasial permukaan bumi. Untuk prospek kerjanya sendiri sangat potensial bagi industri perminyakan dan pertambangan. Karena ilmu ini sangat dibutuhkan untuk menemukan lahan tambang atau sumber minyak baru


27. Program studi BioInformatika

bio informatika

Jurusan ini adalah gabungan dari ilmu biologi dan Informatika dimana akan banyak membahas seputar pemanfaatan ilmu komputer dalam pemecahan masalah di bidang yang biologi khususnya kesehatan, genetik dan pangan.

Kamu yang menyukai mata pelajaran biologi dan sistem informasi akan sangat cocok mengambil jurusan ini. Selain itu prospek kerjanya juga cerah, sobat kosngosan akan bekerja di berbagai lembaga negara seperti Kementrian Kesehatan, Kementrian ESDM, menjadi peneliti, Dosen atau Guru Besar


28. Program studi Silvikultur

jurusan_silvikultur

Mungkin kamu masih jarang mendengar jurusan ini. Program studi silvikultur adalah gabungan antara ilmu pengetahuan teknologi pembangunan, dan upaya untuk rehabilitasi hutan. Nantinya kamu akan banyak mempelajari mengenai reforestasi hutan akibat dari aktivitas manusia.

Jadi apabila kamu menyukai lingkungan dan alam bisa mengambil jurusan ini dan bekerja di perusahaan nasional atau multinasional yang berfokus pada ada pengembangan dan pembudidayaan kawasan hutan


29. Program studi Pemuliaan Tanaman

jurusan pemuliaan tanaman

Ilmu pemuliaan tanaman adalah salah satu bagian dari pertanian yang fokus untuk mempelajari bagaimana merekayasa struktur genetik tanaman untuk memperbaiki kualitas nya demi mendapatkan produksi pertanian yang maksimal. Apabila kamu menyukai ilmu biologi dan pertanian maka kamu bisa mengambil jurusan ini dan bekerja sebagai peneliti, menjadi tenaga ahli di LIPI dan juga Kementrian Pertanian


30. Program studi Teknik Radiologi

jurusan teknik radiologi

Jurusan ini bisa juga disebut teknik radiodiagnostik atau radioterapi, di mana kamu akan banyak mempelajari cabang ilmu kedokteran mengenai Bagaimana memindai dan mendiagnosis bagian tubuh pasien menggunakan gelombang elektromagnetik atau gelombang mekanik seperti sinar X, ultranonography (USG) juga magentic resonance imaging (MRI).

Nantinya kamu akan bekerja untuk mengoperasikan alat-alat kesehatan yang berhubungan dengan MRI, CT Scan, PET Scan, USG, dan Radioterapi serta memberikan hasil analisisnya


31. Program studi Teknologi Laboratorium Medis

teknologi laboratorium medis

Jurusan ini adalah gabungan dari ilmu kesehatan, farmasi dan teknologi. Ketika kamu mengambil jurusan ini kamu akan banyak mempelajari seputar sarana kesehatan seperti pengukuran, analisis, pengujian dan penetapan dalam penentuan penyakit, penyebab, obat, faktor pengaruh dan sebagainya yang berkaitan dengan kesehatan.

Kamu akan banyak melakukan praktek di laboratorium dan menganalisis berbagai sampel yang berhubungan dengan dunia kesehatan. Apabila kamu menyukai mata pelajaran biologi dan kimia, maka jurusan ini sangat cocok untukmu. Kamu bisa melamar pekerjaan di BP POM, menjadi konsultan kesehatan, ahli kontrol makanan di perusahaan atau bekerja di laboratorium kesehatan

Baca juga : Channel Youtube tentang Kesehatan


Kata Penutup


Kuliah merupakan pilihan yang harus dipertimbangkan secara matang-matang ketika kamu sudah lulus sekolah menengah atas. Dengan menyesuaikan dengan jurusan yang kamu ambil ketika SMA atau SMK dulu maka kamu bisa memilih jurusan yang paling tepat Ketika nanti telah menjadi mahasiswa

Semoga beberapa rekomendasi dari jurusan untuk anak IPA atau saintek diatas bisa bermanfaat buat teman-teman kosngosan sekalian, dan juga jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke sosial media kalian supaya yang lainnya juga bisa membacanya
By