Cara Mengatasi Tenaga Kerja yang Bekerja Tidak Sesuai Bidangnya

Kondisi para pekerja di Indonesia saat ini bisa dikatakan mengalami ketidak ideal-an dalam bekerja karena mereka bekerja tidak sesuai dengan bidang atau latar belakang pendidikan yang dimilikinya. Lalu bagaimana cara mengatasi hal tersebut? kali ini kosngosan akan membahasnya.

solusi tenaga kerja indonesia

Sebelumnya sobat kosngosan akan bertanya, memang apa efeknya Apabila seseorang bekerja tidak sesuai dengan bidang atau kemampuan yang dimiliki? Hal ini tentu saja akan menyebabkan produktivitas kerja tidak maksimal

Baca juga : Peluang Kerja untuk Penyandang Cacat dan Disabilitas

Walaupun hal ini akan dapat diatasi seiring dengan bertambahnya pengalaman dan kemampuan ketika bekerja, namun banyak perusahaan yang lebih mengutamakan tenaga kerja yang berpengalaman dan profesional dibanding dengan tenaga kerja fresh graduate

Namun tidak selamanya seorang pekerja yang bekerja tidak sesuai dengan kemampuan atau atau bidang yang dia miliki kemudian mengalami tekanan dalam bekerja.

Terkadang para pekerja juga bekerja dengan senang hati, sesuai dengan passion yang dia miliki, walaupun harus bekerja tidak sesuai dengan latar belakang atau keterampilan yang dimiliki

Faktanya lebih dari 700.000 tenaga kerja yang bekerja saat ini tidak sesuai dengan bidang yang mereka miliki (diambil dari gelar pendidikannya). Hal ini tentunya menandakan ketidak sesuaian antara dunia pendidikan dengan dunia kerja saat ini

Namun dalam ruang lingkup makro yang lebih besar, tentunya ini adalah suatu permasalahan yang harus di atasi oleh pemerintah sesegera mungkin. Lalu bagaimana cara mengatasi ketidak ideal an dalam bekerja ini?

Saat ini pemerintah akan berencana mengubah kurikulum pendidikan di Indonesia dari yang berorientasi teori dan belajar dalam kelas saja, menuju ke kurikulum yang lebih mengedepankan praktek dan belajar di lapangan.

Hal ini dimulai tentunya dengan upaya Universitas atau lembaga pendidikan tinggi dalam mempersiapkan lulusannya di bidang sains, teknologi, engineering dan matematika (STEM) yang memang sangat dibutuhkan oleh dunia kerja saat ini

Fokus utama pendidikan yang akan pemerintah ubah dalam hal kurikulum ini, akan banyak mendorong angkatan kerja di bidang STEM tersebut.

Solusi selanjutnya adalah upaya rescalling (dari tidak mengerti jadi mengerti) serta upscalling (ditingkatkan) demi peningkatan kualitas tenaga kerja di Indonesia saat ini, dimulai dari pelatihan tenaga kerja oleh Balai Latihan Kerja.

Untuk itu saat ini gelar pendidikan yang diwakili oleh ijazah, tidak hanya menjadi modal utama dalam mencari kerja. Tetapi juga adanya sertifikasi kompetensi di bidang tertentu, yang akan menjadi syarat utama dalam rekrutmen pekerjaan

Demikian beberapa pembahasan kita mengenai bagaimana cara mengatasi pekerja yang saat ini bekerja tidak sesuai dengan bidang atau pendidikan yang dia miliki.

Semoga dengan menerapkan beberapa langkah di atas pemerintah dapat melakukan sinkronisasi antara dunia pendidikan dengan dunia kerja saat ini.

Baca juga : Cara Mengetahui Apakah Lowongan Pekerjaan Itu Palsu atau Asli

Terima kasih sudah berkunjung di blog kosngosan, Jangan lupa untuk membagikan tulisan ini dengan menekan tombol share di bawah, supaya teman-teman kalian sudah bisa membaca dan menemukan referensi dari pembahasan kita saat ini.
By

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel