Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Lowongan Kerja Disabilitas dan Difabel yang Prospektif

Apa saja lowongan pekerjaan yang cocok untuk orang cacat fisik? Disabilitas adalah sebutan bagi orang yang mengalami adanya kekurangan dalam fungsi dan bentuk fisik dari salah satu organ tubuh. Hal ini membuat kaum difabel sering tidak diprioritaskan dalam pekerjaan secara formal. Namun nyatanya, bila direkrut secara maksimal, ada banyak kaum difabel yang memiliki potensi dan berpeluang untuk produktif lho.

Kaum Difabel seperti penyandang tuna rungu, tuna wicara, tuna daksa, tuna netra dan tuna laras berhak memiliki pekerjaan dan mengembangkan karier mereka hingga seperti orang normal pada umumnya. 

Inilah yang menjadi tugas bersama antara pemerintah, perusahaan dan masyarakat dalam menerima keberadaan saudara kita tersebut.

Ada banyak pekerjaan untuk disabilitas untuk tahun ini. Bagi mereka, yang penting adalah dapat bekerja dan beraktifitas serta berinteraksi dengan orang banyakk sudah merupakan anugerah terbesar.

Sebagai penyandang cacat, seharusnya tidak menjadikan kamu rendah diri dan minder. Lihat saja ada banyak orang sukses yang berhasil mengembangkan kariernya hingga menjadi motivator sekalipun. 

Oleh karena itu kali ini kosngosan akan memberikan informasi mengenai peluang bisnis dan lowongan kerja yang cocok untuk kamu para penyandang disabilitas.

Penyandang disabilitas perlu dikaitkan dengan penyedia kerja inklusi di Indonesia. Kita harus memberikan kesempatan bagi penyandang disabilitas sekaligus memberikan aturan hukum yang berlaku bagi perusahaan untuk mempekerjakan mereka.

Oleh karena itu selain penyediaan lowongan kerja, harus didampingin dengan perlindungan agar nantinya para pekerja disabilitas tidak mengalami diskriminasi dan bullying dalam bekerja di perusahaan tersebut.



Lowongan kerja untuk Orang Cacat Fisik


lowongan pekerjaan untuk orang cacat fisik

Ada begitu banyak jenis bisnis untuk orang cacat selain bekerja dengan perusahan tentunya. Kali ini mimin akan memberikan beberapa rekomendasi pekerjaan dan profesi yang cocok untuk kamu para penyendang disabilitas, diantaranya :

Lowongan kerja freelance atau pekerja lepas


Apakah kamu penyandang cacat yang berpikir untuk memulai bisnis sendiri dari rumah? Mungkin kamu butuh independensi dan fleksibilitas untuk bekerja sendiri, tetapi kamu tidak yakin di mana untuk memulai?

Maka mulailah dengan menawarkan keahlianmu di situs situs penyedia jasa freelance. Selain waktu yang fleksibel, bekerja paruh waktu adalah alternatif terbaik yang bisa kamu pilih.


Jadi Content Creator


Content creator bisa tergolong sebagai pekerjaan yang tidak memberatkan bagi teman teman disabilitas. Karena pekerjaan ini hampir bisa dilakukan di dalam rumah dengan modal laptop atau hp

Kalau kamu suka produksi video, maka jadi youtuber bisa menjadi pilihan. Kalau kamu suka eksis di sosial media, menjadi tiktoker atau seleb instagram bisa menjadi pilihan. Kalau kamu suka menulis, maka menjadi full time blogger bisa jadi pilihan.


Berbisnis kerajinan handmade berskala rumah tangga


Kamu bisa membangun usaha kerajinan tangan seperti kerajinan keset, kain perca, anyaman bambu, manik main, aksesoris kerang dan sebagainya dengan modal sederhana bahkan dari bahan sampah daur ulang.

Usaha mu nantinya bila berhasil maka akan bisa ekspor ke beberapa negara, dan nantinya kamu bisa memperkerjakan para penyandang cacat lainnya agar mereka lebih berdaya.


Usaha dropship atau reseller barang viral


Bisnis yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi bagi kamu, yaitu jual beli atau lebih tepatnya berdagang secara online dan offline. 

Jika kamu tidak memiliki modal yang cukup untuk melakukan stok maka kamu bisa mulai sebagai reseller atau dropship.

Apa bedanya? Reseller bisa diartikan sebagai stok barang harus sudah tersedia untuk kemudian dijual kepada konsumen melalui online.

Sementara dropsiper tidak perlu ada stok barang. Kamu cukup memajang foto produk di media sosial atau toko online, bila ada konsumen memesan kemudian kamu tinggal hubungi supplier dan mengirimnya atas nama kamu.


Menjadi tukang pijat atau massage bersertifikat


Bagi saudara kita yang menyandang tuna netra, memang kebanyakan mengambil profesi sebagai tukang pijat yang berpengalaman dan membuka praktek di perkotaan. Diantara mereka ada juga yang menjadi tukang pijit panggilan.

Saudara kita yang ahli akan tahu titik mana yang harus dipijit. Dia memijit sesuai dengan perasaannya atau feeling, sehingga banyak yang puas dengan pelayanan nya.


Berkarier sebagai operator telepon


Sebagai operator telepon memang dibutuhan keahlian khusus. Diperlukan juga pengalaman jika ingin terjun ke dalam bidang ini.

Karena dalam kasus tertentu setiap penyandang disabilitas harus mampu berbahasa asing dan memiliki kecakapan yang tinggi dalam hal komunikasi. 

Operator telepon di hotel atau pusat keramaian adalah contoh posisi dalam karir ini. Kamu harus menguasai public speaking dan tahu bagaimana cara meng handle konsumen\


Berkarir dalam bidang olahraga


Musimnya ASIAN PARAGAMES membuktikan bahwa menjadi atlit bisa menjadi masa depan cerah bagi penyandang disabilitas. Hal ini terbukti bahwa penyandang disabilitas juga mampu berkarir di bidang olahraga.

Apabila kaum disabilitas memang berbakat dan minat dengan bidang salah satu olahraga, kehidupan mereka pastinya akan lebih terjamin.

Meskipun tidak setiap hari ada event atau pertandingan khusus disabilitas, tapi hasil yang kamu dapat juga sudah bisa buat modal usaha sambil terus melatih diri, latihan dan kerja keras untuk event olahraga yang ada.


Membuka jasa konveksi atau tukang jahit


Meskipun bukan jenis usaha baru, kebutuhan akan jasa jahit dan konveksi tidak akan pernah hilang. Karena yang namanya pakaian selalu menjadi kebutuhan masyarakat umum. Alasan lain ada banyak tren fashion yang berganti setiap waktunya.

Bahkan bukan hanya menjahit yang bisa di tawarkan, kamu juga bisa memproduksi berbagai jenis pakaian dari keterampilan yang dimiliki, seperti membuat jilbab, busana muslim, sprei, aksesoris, celana dan masih banyak lagi.

Adapun beberapa contoh peluang lainnya yang bisa kamu jadikan sebagai referensi antara lain sebagai berikut :

Marketing Specialist
Researcher
Cosmetology Jobs
Accounting Jobs
Healthcare Jobs
Computer Science Jobs
Scientist Jobs
Counseling Jobs
dan lainnya


Kesimpulan


Demikianlah pembahasan mengenai Contoh peluang lowongan kerja disabilitas terbaru yang prospektif kali ini, semoga bisa bermanfaat dan memberikan inspirasi bagi kamu

Buat kalian yang saat ini masih minder dan malu hendak bekerja apa nantinya. Jangan pernah merasa malu, ayo percaya diri dan tunjukkan bahwa kamu bisa. Silahkan share artikel ini ya!
Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya