Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

31 Jurusan Kuliah IPS yang Jarang Diminati Tapi Menjanjikan

Melanjutkan studi ke perguruan tinggi memang menjadi pilihan besar yang harus dipertimbangkan secara matang, apalagi in menyangkut masa depanmu. Buat kamu yang jurusan IPS sejak mengenyam pendidikan SMA, tentu saja hal ini ini harus dipikirkan terlebih dahulu. Karena banyak sekali mahasiswa yang salah mengambil jurusan hingga tidak menikmati masa perkuliahannya di universitas

Mimin tidak ingin kalian salah memilih jurusan ketika melanjutkan studinya ke perguruan tinggi. Untuk itulah kita akan membahas beberapa rekomendasi jurusan atau program studi dari perguruan tinggi yang cocok buat kamu anak IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) yang tentunya menjamin masa depan kalian nantinya

Sebenarnya ada macam-macam jurusan kuliah yang linier dengan mata pelajaran ketika di sekolah. Sebut saja sosiologi, akuntansi, geografi, ekonomi, manajemen dan sebagainya. Namun jurusan ini tentu saja sangat banyak peminatnya dan persaingannya cukup ketat. Yang ingin mimin kosngosan sampaikan disini adalah, beberapa jurusan kuliah yang tetap sesuai dengan latar belakang pendidikan kalian namun jarang peminatnya, sehingga kalian bisa relatif lebih mudah masuk dan diterima di jurusan ini.


Jurusan Kuliah IPS


jurusan kuliah ips

Nah, buat kalian yang penasaran dengan beberapa jurusan kuliah bidang IPS yang jarang diminati namun tetap menjamin masa depan kalian dikemudian hari, bisa meng-kepo-in list yang sudah mimin kosngosan susun dibawah ini. Let's check these out!

Baca juga : Jurusan Kuliah Terbaru yang Belum Banyak di PTN


1. Program Studi Sastra Jepang

jurusan sastra jepang

Kamu seorang wibu atau otaku? cocok sekali dengan jurusan ini (hehehe mimin bercanda). Baik kita mulai pada jurusan pertama yaitu sastra Jepang di mana ini adalah salah satu jurusan kuliah yang cukup jarang diminati oleh para lulusan SMA ataupun SMK. Pada program studi ini kamu akan banyak mempelajari mengenai kultur dan budaya Jepang, sebagai salah satu negara termaju di benua Asia.

Ada banyak sekali kultur budaya yang bisa kamu pelajari dan nantinya juga kamu diarahkan untuk menguasai bahasa Jepang yang tergolong sulit. Tapi jangan khawatir apabila kamu memang menyukai bahasa Jepang maka seharusnya jurusan sastra Jepang ini tidak akan menyulitkanmu. Apalagi nantinya kamu akan bekerja sebagai staff di kedutaan besar Jepang, menjadi translator turis jepang, bisa bekerja disana juga dan sebagianya.


2. Program Studi Sastra Perancis

jurusan sastra perancis

Selanjutnya adalah jurusan sastra Prancis di mana ini ini menjadi salah satu jurusan yang cukup jarang diminati oleh calon mahasiswa namun memiliki prospek yang cukup besar kedepannya. Karena seperti yang kita ketahui politik luar negeri bebas aktif, menjadikan hubungan Indonesia dengan negara Prancis semakin erat, dan banyak melakukan kegiatan perdagangan.

Apabila kamu menyukai seluk-beluk mengenai negara Perancis ini maka kamu bisa mengambil jurusan sastra Prancis dan nantinya kamu berpeluang besar untuk bekerja di kedutaan besar Indonesia yang ada di Perancis, menjadi tour guide turis perancis, atau bisa bekerja disana juga lho.


3. Program Studi Sastra Jerman

jurusan sastra jerman

Salah satu negara tetangga dari Prancis taitu Jerman juga jarang diminati lho, jurusan sastra Prancis mempelajari seluk beluk mengenai negara ini mulai dari bahasa hingga kultur budayanya.

Apabila sobat kosngosan mau dan tertarik mengenai negara di Eropa ini maka kamu bisa mengambil jurusan sastra jerman dan bekerja sebagai staf di kedutaan besar Indonesia yang ada di Jerman, menjadi translator atau tour guide turis jerman, bekerja disana dan sebagianya. Jerman dikenal sebagai negara industri, apalagi ibukota nya yang menjadi pusat perekonomian besar eropa


4. Program Studi Sastra Mandarin

jurusan sastra mandarin

Seperti yang kita ketahui Saat ini Indonesia sangat bergantung dengan negara Tiongkok karena perdagangan antar kedua negara semakin intens. Kamu bisa mempelajari seluk beluk negara cara jongkok dengan mengambil jurusan sastra Mandarin.

Nantinya kamu juga bisa belajar bahasa Mandarin dan budaya dari negara Tiongkok ini. Negara Tiongkok menjadi salah satu negara besar kedua setelah Amerika yang menjadi pusat ekonomi, sehingga menjadi sarjana sastra Mandarin menjadi nilai lebih untuk kamu lebih bisa berkarir di negara ini atau bisa melamar di kedubes china, menjadi translator dan tour guide turis china yang berkunjung di Indonesia, dan sebagainya.


5. Program Studi Sastra Inggris

Di program Studi sastra inggris, kamu bisa mempelajari tentang isi, estetika, keaslian, serta keindahan isi dalam teks atau tulisan karya sastra Inggris. Kamu akan mempelajari berbagai karya tulis baik dalam bentuk novel, naskah drama, atau puisi yang pasti ditulis dalam bahasa Inggris. Selain itu kamu juga akan mempelajari bahasa Inggris secara lebih mendalam.

Program Studi sastra inggris ini sangat sesuai untuk sobat kosngosan yang suka mata pelajaran bahasa Inggris dan untuk peluang pekerjaan program Studi sastra inggris, diantaranya : Editor, novelis, penulis konten, wartawan


6. Program Studi Ekonomi Pembangunan

jurusan ekonomi pembangunan

Program Studi ini merupakan bagian dari Ilmu Ekonomi yang secara spesifik mempelajari persoalan pembangunan yang sudah, sedang, dan akan terjadi di negara berkembang, khususnya akan banyak membahas penerapannya di Indonesia

Jurusan ini sangat sesuai untuk kamu yang suka mata pelajaran seputar Matematika, Ekonomi dan Statistika. Untuk peluang pekerjaannya diantaranya : perencana keuangan, ekonom, pengajar ekonomi, pembuat kebijakan pembangunan


7. Program Studi Kriminologi

jurusan kriminologi

Program Studi ini fokus dalam mempelajari teori dan pratek tindak kriminal dalam ruang lingkup nasional dan juga internasional secara empiris. Jika sobat kosngosan mempunyai ketertarikan terhadap penanganan aksi kriminalitas dan ingin menurunkan angka kejahatan, dan kamu punya keinginan besar untuk memberikan solusi, maka program Studi kriminologi bisa menjadi pilihan paling ideal buat kamu.

Program Studi kriminologi ini sangat sesuai untuk kamu yang suka mata pelajaran Sosiologi, Kewarganegaraan dan juga Hukum. Untuk peluang pekerjaan program studi kriminologi ini seperti detektif dan investigator swasta, analis intelijen, staf identifikasi dan rekam jejak kepolisian.


8. Program Studi Sosiologi

jurusan kuliah ips

Fokus dalam jurusan kuliah ini adalah mengenai interaksi yang terjadi antara satu orang dengan orang yang lain, bisa berbentuknya beragam dan akan punya pengaruh langsung terhadap kondisi masyarakat.

Program studi sosiologi sangat sesuai untuk kamu yang suka mata pelajaran seputar Sosiologi, Hukum dan Kewarganeraan. Peluang pekerjaannya seperti menjadi Peneliti sosial, sosiolog, spesialis media sosial dan lainnya


9. Program Studi Ilmu Politik

jurusan ilmu politik

Program Studi ini banyak membekali para mahasiswanya teori dan praktik politik. Para mahasiswa di jurusan ini diharapkan untuk melakukan riset, penelitian serta bersikap kritis dalam menganalisis setiap kejadian yang terjadi di dunia yang mempengaruhi dinamika struktur politik negara.

Program Studi ilmu politik sangat sesuai untuk kamu yang menyukai mata pelajaran tentang PPKN, Sosiologi dan juga pendidikan pancasila. Untuk peluang pekerjaan program Studi ilmu politik seperti menjadi Konsultan politik, anggota parlemen, politikus, peneliti politik.


10. Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV)

jurusan desain komunikasi visual

Kamu pasti jarang mendengar jurusan ini, bukan? Karena program studi ini akan fokus mempelajari seputar seni dalam penyampaian pesan melalui bahasa rupa atau desain untuk menginformasikan, mempersuasi, serta mempengaruhi audiens atau penerima pesan.

Program studi ini sangat sesuai untuk sobat kosngosan yang suka mata pelajaran Seni Budaya, TIK dan hal lain yang berkaitan dengan sastra. Untuk peluang pekerjaan sendiri kamu bisa melamar menjadi seorang desainer grafis, animator dan seniman multimedia, desainer produk Komersial dan industri.


11. Program Studi Penyiaran

jurusan ilmu penyiaran

Program studi broadcasting adalah salah satu cabang dari ilmu komunikasi, khususnya jurnalistik. Apa yang dipelajari di program Studi ini tentang proses menciptakan dan mengemas suatu ide menjadi program untuk di produksi dan disiarkan pada khalayak lewat media massa.

Program studi yang sangat sesuai untuk kamu penyuka mata pelajaran seperti TIK, Bahasa Inggris dan juga komunikasi publik. Peluang pekerjaan sendiri diantaranya adalah menjadi seorang Penyiar berita, sutradara, penyiar televisi, presenter atau pembawa acara.


12. Program Studi Pendidikan Pramugari

jurusan pramugari

Program studi ini seperti namanya akan mempelajari semua seluk beluk seputar dunia penerbangan dibagian pelayanan terhadap penumpang. Kalau kamu suka travelling ke luar kota dan luar negeri, coba melanjutkan pendidikan ke program Studi pendidikan untuk menjadi seorang pramugari atau pramugara.

Program studi yang sangat sesuai untuk kamu yang penyuka mata pelajaran Bahasa Asing dan juga Tata krama pelayanan terhadap konsumen. Seperti namanya, peluang pekerjaannya sudah pasti akan berkutat dengan industri penerbangan, seperti menjadi Kru Kabin, pramugari atau pramugara.


13. Program Studi Manajemen Pemasaran

jurusan manajemen pemasaran

Program studi marketing management banyak mempelajari bagaimana cara mengelola proses dan kegiatan pemasaran barang dan jasa, pengembangan konsumen, dan menggerakan produk dari tangan produsen ke tangan konsumen. Kamu akan mempelajari mengenai sifat serta dinamika konsumen, prinsip riset pemasaran, analisa permintaan, pemahaman biaya, volume dan profit, teori harga, marketing campaign, serta masih banyak lagi.

Program studi yang sangat sesuai untuk sobat kosńgosan yang seorang penyuka mata pelajaran Ekonomi, Marketing dan juga Statistika. Untuk peluang pekerjaan dari program studi ini sendiri adalah sebagai Analist pemasaran, konsultan pemasaran digital, analisis riset pasar dan spesialis pemasaran


14. Program Studi Manajemen Pendidikan

jurusan manajemen pendidikan

Program studi yang bertujuan dalam mencetak para lulusan yang menguasai bidang perencanaan, pengelolaan, dan pengawasan proses dan infrastruktur pendidikan supaya berjalan dengan baik. Kamu akan banyak mempelajari kebijakan pendidikan, manajemen dan pengembangan SDM, teknologi informasi, dan pengembangan kurikulum.

Apabila kamu penyuka mata pelajaran seputar Ekonomi, Sosiologi dan juga Manajemen maka kamu bisa mengambil jurusan kuliah yang satu ini. Berbicara mengenai peluang pekerjaan kamu bisa menjadi seorang Dosen, konselor edukasi, pengarah sekolah dan vokasi.


15. Program Studi Tata Rias dan Kecantikan

jurusan tata rias

Program studi ini identik dengan wanita, namun tidak menutup kemungkinan bisa buat kamu yang seorang pria juga. Kurikulum jurusan ini mencakup teknik dalam menyanggul, menata rambut, memotong rambut, merias wajah menggunakan peralatan kosmetik dan lainnya.

Program studi ini sangat sesuai untuk kamu yang suka mata pelajaran Seni Budaya dan yang berhubungan dengan sastra serta kesenian. Untuk peluang pekerjaan diantaranya seperti Make Up Artist, juru rias pengantin, konsultan kecantikan (beauty consultant).


16. Program Studi Tata Busana

jurusan tata busana

Nama lain dari jurusna ini adalah fashion design, dimana banyak mempelajari soal produksi, mendesain, belajar membuat pola, menjahit, mengenali seluk-beluk kain, dan penggunaan kain tersebut untuk fesyen. Kamu yang mengambil jurusan fashion design ini juga diajarkan mengenai perhitungan bisnis di bidang fashion, dan bagaimana cara memulai usaha dibidang ini

Program studi ini sangat sesuai untuk kamu yang suka mata pelajaran Seni Budaya serta pelajaran lain yang berhubungan dengan sastra dan seni. Untuk peluang pekerjaan sendiri diantaranya bisa sebagai Fashion Designer, Fashion Stylist


17. Program Studi Bisnis Fashion

jurusan bisnis fashion

Program studi yang mempelajari mengenai dunia fashion dalam bisnis dan tentunya mengikuti trend saat ini. Buat sobat kosngosan yang menyukai dunia fashion dan memiliki impian untuk mendirikan bisnis di bidang tersebut, program Studi ini adalah sangat tepat buat kamu. Program studi bisnis fashion akan mempelajari bagaimana mengatur bisnis dalam dunia fashion dan perilaku konsumen pada tren fashion saat ini.

Program studi fashion bisnis ini sangat sesuai untuk kamu yang suka mata pelajaran seperti Ekonomi, Seni Budaya dan juga manajemen seputar bisnis. Berbicara mengenai peluang pekerjaannya seperti Visual merchandiser, wirausaha fashion, fashion stylist


18. Program Studi Kesejahteraan Sosial

jurusan kesejahteraan sosial

Jurusan ini pastinya jarang sekali kamu ketahui, bukan? Apakah kamu punya jiwa sosial tinggi? Program studi ini banyak mengkaji dan mengembangkan pemikiran dan metode meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Di program studi ini, sobat kosngosan akan mempelajari prosedur dan metode dalam hal peningkatan kualitas hidup masyarakat yang nantinya akan berdampak pada kesejahteraan dan bisa menekan angka kemiskinan di Indonesia

Program studi yang sangat sesuai untuk kamu yang suka mata pelajaran seputar Sosiologi, kewarganegaraan dan juga pendidikan agama. Untuk peluang pekerjaan program studi ini sendiri, bisa menjadi seorang Corporate Social Responsibility (CSR) officer, manajer layanan sosial dan komunitas


19. Program Studi Ilmu Komunikasi

jurusan ilmu komunikasi

Program Studi ini mengharuskan kamu tidak hanya belajar bagaimana berkomunikasi, penguasaan panggung, public speaking, akan tetapi juga skill lain yang sangat perlu untuk dipelajari. Contoh mata pelajaran lainnya selain cara berkomunikasi seperti menulis berita, teknik fotografi, desain dan animasi, membuat iklan, serta film juga dipelajari dalam jurusan yang satu ini

Pasti sobat kośngosan akan banyak belajar berbagai hal selain berkomunikasi, dan itu bisa menjadi kemampuan tambahan jika nantinya kamu tidak jadi pembicara. Ini sangat sesuai untuk kamu yang suka mata pelajaran TIK dan Sosiologi. Untuk peluang pekerjaan program studi ini ada banyak, seperti Public relation, Spesialis Hubungan Masyarakat, Manajer Layanan Sosial dan Komunitas atau jurnalis


20. Program Studi Manajemen Perhotelan

manajemen perhotelan

Program Studi ini banyak menerapkan serta mengembangkan pengetahuan dan keterampilan di bidang ilmu perhotelan atau hospitality. Di program Studi ini kamu bakal mempelajari segala pengetahuan, keterampilan dan ilmu perhotelan seperti perencanaan, proses memproduksi, serta pengawasan pengelolaan jasa penginapan atau akomodasi, tata boga, jasa boga, dan jasa lainnya dalam bidang perhotelan.

Apabila kamu menyukai mata pelajaran seputar Akuntansi, Bahasa Inggris, dan juga Manajemen, kamu cocok dengan jurusan kuliah yang satu ini. Berbicara mengenai peluang pekerjaan program studi ini, kamu bisa menjadi perencana meeting, convention dan cara (MICE), manajer layanan makanan (Food Service Manager), manajer penginapan, chef dan kepala koki.


21. Program Studi Manajemen Perbankan

Program studi ini banyak menghasilkan sarjana yang terampil menangani kegiatan operasional perbankan yang mencakup backend dan front end, seperti pekerjaan teller, customer services, karyawan pembukuan unit giro, tabungan dan deposito, juga produk perbankan lainnya.

Program studi ini sangat sesuai buat kamu yang suka mata pelajaran seputar Akuntansi, Ekonomi, Matematika dan angka angka, karena peluang pekerjaan program studi kebanyakan sebagai Analis kredit, analis keuangan, credit control manager


22. Program Studi Manajemen Pariwisata

manajemen pariwisata

Program Studi ini fokus mempelajari konsep penawaran dan permintaan pariwisata beserta faktor yang mempengaruhinya. Untuk bidang khusus yang dipelajari dalam program Studi ini adalah mengenai pembangunan dan pengembangan pariwisata, peningkatan kualitas sumber daya pariwisata, pengembangan atraksi wisata yang menampilkan budaya lokal, serta pelayanan kepada wisatawan

Program studi ini sangat sesuai untuk kamu yang suka mata pelajaran tentang Bahasa Inggris, Ekonomi dan juga Manajemen. Dan untuk peluang pekerjaan program Studi manajemen pariwisata, diantaranya sebagai Pemandu tur, pemandu wisata, agen perjalanan.


23. Program Studi Hubungan Internasional

jurusan hubungan internasional

Program Studi ini sering dianggap sebagai program studi yang bergengsi. Para mahasiswa HI banyak mempelajari segala sesuatu tentang kegiatan interaksi lintas batas antar negara, seperti seni berdiplomasi dan bernegosiasi, politik luar negeri, perdagangan luar negeri, ekonomi internasional, hukum internasional dan juga globalisasi

Program Studi HI sangat sesuai untuk sobat kosngosan yang suka mata pelajaran PPKN, Bahasa Inggris dan bahasa asing lain. Untuk peluang pekerjaannya sendiri diantara lain bisa sebagai Konsultan Politik, diplomat, wartawan internasional, konsultan Imigrasi.


24. Program Studi Psikologi

jurusan ilmu psikologi

Program Studi ini banyak mempelajari tentang mental, pikiran, dan perilaku manusia. Sobat juga akan meneliti pola pemikiran serta alasan di balik perilaku dan tindakan manusia, mulai dari pemikiran persepsi, pengakuan kognitif, hubungan interpersonal dan lainnya.

Program Studi psikologi ini sangat sesuai untuk kamu yang suka mata pelajaran sosiologi. Untuk peluang pekerjaan nya sendiri diantaranya kamu bisa menjadi seorang Psikolog Konseling, psikolog klinis, psikolog organisasi industri , terapis Pernikahan dan juga HRD perusahaan.


25. Program Studi Administrasi Bisnis

jurusan administrasi bisnis

Program Studi ini dikenal juga dengan istilah Administrasi Niaga. Banyak mempelajari mengenai administrasi secara umum tentang manajemen pekerjaan klarikal kantor, pengelolaan sarana dan prasarana kantor, serta proses data secara akurat demi mendukung sebuah usaha bisnis agar efektif dan efisien.

Jurusan ini sangat sesuai untuk kamu yang suka mata pelajaran TIK, Akuntansi dan mapel yang berhubungan dengan bisnis perusahaan. Untuk peluang pekerjaan sendiri bisa diantaranya sebagai agen pembelian, administrasi, sekretaris eksekutif, manajer produksi industri.


26. Program Studi Administrasi Fiskal

administrasi fiskal

Program Studi ini banyak mempelajari seluk beluk pengelolaan sumber kekayaan dan keuangan negara, terutama sektor pajak. memiliki beberapa konsentrasi studi seperti dasar-dasar perpajakan, kebijakan fiskal, pajak penghasilan, pajak pertambahan nilai, dan keuangan negara.

Program Studi ini sangat sesuai untuk kamu yang suka mata pelajaran Ekonomi, Akuntansi dan Manajemen Bisnis. Untuk peluang pekerjaan sendiri, sobat kosngósan bisa bekerja sebagai pengawas imigrasi dan bea cukai, ahli perencanaan pajak, pegawai pajak, dll


27. Program Studi Data Management

jurusan manajemen data

Data merupakan suatu kebutuhan pokok yang paling rahasia bagi perusahaan. Oleh karena itu diperlukan tenaga kerja terampil dari lulusan yang kompeten dibidang khusus pengelolaan data yang khusus memiliki ilmu yang mencukupi dalam mengelola dan menjaga kerahasian data.

Keberadaan jurusan manajemen data kami menilai sangat diperlukan untuk masa depan. Kita tunggu saja apakah ada perguruan tinggi di Indonesia yang akan membuka program studi ini kedepannya. Buat kamu yang lulusan IPS pastinya sangat cocok dengan jurusan ini


28. Program Studi Ekonomi Kreatif

jurusan ekonomi kreatif

Ekonomi kreatif penting peranannya untuk mendukung ekonomi mikro suatu negara. Ketika indonesia mengalami krisi ekonomi, industri ekonomi kreatif seperti usaha kecil menengah yang berbasis produksi rumah tangga mampu bertahan.

Jurusan yang khusus mempelajari mengenai ekonomi kreatif diprediksi akan menjadi jurusan yang banyak diperlukan, namun saat ini masih tergolong langka dan jarang diminati. Selain itu lulusan nya akan mampu mengembangkan ekonomi kreatif sehingga membantu perkembangan ekonomi mikro suatu negara. Kita tunggu saja perkembangannya dan siapa yang pertama membuka program studi khusus ini.


29. Program Studi Studi Aktuaria

jurusan aktuaria

Aktuaria adalah suatu bidang keilmuan yang mengaplikasikan metode matematika bersama ilmu statistika untuk menganalisis dan meminimalisir risiko yang terjadi dalam dunia asuransi dan keuangan. Ini merupakan jurusan yang kekinian dan menjadi salah satu kebutuhan yang banyak dicari perusahaan besar.

Kabar baiknya sudah banyak universitas yang membuka jurusan ini seperti di Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Padjajaran, Institut Teknologi Sepuluh November, Institut Pertanian Bogor (IPB) dan perguruan tinggi lainnya. Sobat kosngosan cukup googling saja mana perguruan tinggi yang sudah membuka program studi terbaru ini


30. Program Studi Bisnis Digital

jurusan bisnis digital

Program studi yang diperuntukkan buat kamu yang tertarik dengan dunia digital dan segala prospek bisnis didalamnya. Seperti bisnis online, startup, marketing online, financial technology dan segala istilah lainnya akan kamu pelajari dalam program studi ini. Mungkin sebelum menjadi blogger atau youtuber terkenal, kamu bisa kuliah jurusan ini terlebih dahulu ya.

Univestais Padjajaran (UNPAD) sudah membuka program studi bisnis digital ini. Bisnis digital dibuka untuk menjawab tantangan sarjana mudah dalam menghadapi perubahan global. Ini juga menyambut pidato Presiden kemarin yang menyebutkan bahwa perguruan tinggi harus mendorong untuk membuka program studi yang tidak konservatif.


31. Program Studi Bahasa dan Sastra Papua

jurusan sastra papua

Saat ini di perguruan tinggi tepatnya di Universitas Cendrawasih yang ada di Papua, ada jurusan baru yang bernama jurusan bahasa dan sastra Papua. Dari namanya saja kita sudah mengetahui bahwa jurusan ini akan banyak mempelajari mengenai seluk-beluk sastra dan kebudayaan Papua sebagai suatu entitas budaya Timur yang ada di Indonesia. Apabila kamu tertarik dengan jurusan ini bisa langsung mendaftar di Universitas Papua lho.

Baca juga : Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Anak SMK 


Kata Penutup


Buat kamu yang seorang lulusan IPS ketika di SMA jangan khawatir karena ada banyak sekali jurusan di perkuliahan yang sangat cocok dengan latar belakang mu tersebut. Jangan sampai merasa insecure ketika hendak melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi. Karena jurusan IPS sejatinya sangat prospektif dan diterima di berbagai perguruan tinggi favorit di Indonesia

Nah semoga beberapa rekomendasi dari jurusan kuliah buat kamu yang lulusan IPS di atas bisa bermanfaat, dan menjadi referensi buat teman-teman kosngosan sekalian. Apabila kamu ingin membagikan artikel ini silakan tekan tombol share di bawah supaya teman-teman mu juga bisa membacanya. Terimakasih ya sudah berkunjung
Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya