11 Tips Sukses Menjadi Siswa Berprestasi di Sekolah

Bagaimana cara menjadi siswa yang sukses dan berprestasi di sekolah? Adalah suatu kebanggaan tersendiri apabila kita bisa menjadi murid yang pintar. Namun tidak hanya itu saja, fokus belajar serta tidak melakukan kenakalan juga menjadi hal yang bisa dibanggakan lho. Lalu seperti apa langkah untuk bisa menjadi idaman begitu?

Apa itu pelajar berprestasi? Pelajar berprestasi adalah mereka yang telah mendapatkan hasil terbaik di sekolah, yaitu kemampuan kognitif, informasi verbal, sikap, keterampilan dan kemampuan intelektual. Bagi kamu seorang pelajar yang sedang duduk di bangku sekolah, masuk sekolah dan sedang membaca postingan kosngosan ini, kamu bisa mengikuti cerita mimin dibawah ini mengenai tips dan cara sederhana menjadi pelajar, siswa dan murid yang berprestasi.

menjadi pelajar sukses

Karena setiap pelajar selalu menghadapkan kesuksesan ketika besar nanti, maka kali ini mimin akan memberikan beberapa tips untuk kamu yang ingin sukses setelah mengakiri masa sekolahmu itu.

Anggap saja kamu adalah pelajar smp atau sma, mungkin pernah bertanya bagaimana sih menjadi sukses di usia muda? atau bagi kamu yang berpikiran datar saja, mungkin tidak pernah bertanya mengenai hal ini. Kamu mungkin tidak memiliki motivasi belajar, asyik bermain dan berbuat nakal. Mulailah berubah, silahkan simak beberapa tips dibawah ini untuk mengubah persepsi kalian mengenai kesuksesan

Sering gak sih kamu menemui siswa yang melakukan tawuran antar pelajar? atau yang paling miris saat kita mendengar siswa sd pacaran dan melakukan hubungan seperti layaknya orang dewasa?

Di zaman mimin masih sd saja,  masih takut dengan yang namanya perempuan. Sekarang, sangat ironis melihat fenomena kenakalan remaja kita, ada begitu banyak perilaku menyimpang yang seharusnya tidak terjadi, seperti hamil diluar nikah, melawan guru bahkan sampai merugikan sekolah.

Kehadirandan peran guru di sekolah memang dianggap sangat penting dalam menjaga perilaku anak didik di sekolah. Guru diharapkan tidak hanya mengajar akademik, tetapi juga mendidik akhlaq dan perbuatan siswa disekolah.

Seperti kata pelajar sekarang, mungkin guru hanya bisa berperan hanya di sekolah, Bagaimana dengan pengawasan di luar sekolah? oleh karena itu, peran orangtualah sebagai pengasuh awal sejak di dalam rumah dan di lingkungaan masyarakat yang harus ditingkatkan.

Pada akhirnya memang semua tergantung dari diri sendiri. Kunci kesuksesan kamu ada ditangan kamunya sendiri. Kamu harus menerapkan beberapa tips sederhana yang akan mimin berikan dibawah ini, demi memperbaiki diri kita kedepannya.

Baca juga : Kata Mutiara Anak Sekolah yang Keren buat Caption Kekinian

Sebagai generasi bangsa, kita mesti mengedepankan nilai agama dan menghayati nilai pancasila sebagai filter budaya asing. Dengan begitu, diharapkan pelajar di indonesia tidak terbawa arus budaya asing yang cenderung negatif.


1. Menjaga Pergaulan dan Lingkungan sekitar


Pergaulan dan lingkungan adalah faktor eksternal yang sangat mempengaruhi prestasimu di sekolah. Jangan biarkan dirimu rusak karena salah memilih teman dan lingkungan. Kita tentu tidak ingin mendapatkan teman yang toxic dan hanya bisa memberikan dampak negatif terhadap diri kita bukan? Oleh karen itu memilih teman sangat penting.

Biarkan saja teman mu sedikit, asalkan berkualitas. Tidak selalu pintar dan kaya, akan tetapi yang bisa memberikan dampak positif terhadap kita. Perhatikan teman dekat mu, kondisi linkungan di sekitar rumah dan cara mereka bergaul.

2. Meningkatkan Semangat Belajar dengan Mengikuti Seminar Motivasi


Kamu perlu motivasi untuk melalui proses belajar di sekolah. Karena yang namanya semangat akan naik turun sesuai kondisi kita, sama sesuai dengan ombak di lautan. Dan kita butuh yang namanya momen untuk meningkatkan kembali semangat itu.

Nah untuk menjaga semangat belajar di sekolah tetap prima, kamu bisa mengikuti beberapa seminar motivasi untuk meningkatkan motivasimu lagi, menonton video motivasi di youtube, atau mendengar cerita dari mereka yang berjuang dari awal.

3. Disiplin dan Berangkat Sekolah Tepat Waktu


Terlambat satu atau dua kali tidak ]masalah. Akan tetapi kalau sudah keseringan, maka pikir-pikir dulu deh, karena selain kamu rugi waktu, sebenarnya kamu juga sudah membuktikan bahwa kamu tidak bisa disiplin. Dan ini akan berdampak nantinya ketika kamu kuliah dan bekerja. Jadi salah satu faktor yang membuat seseorang itu sukses di masa depan adalah kemampuannya dalam memanajemen waktu.

4. Tidak ada Salahnya untuk Berbisnis sejak Awal


Berbisnis sejak sekolah adalah pilhan yang tidak banyak orang lalui. Banyak orang tua yang melarang anak nya untuk berbisnis. Akan tetapi pola pemikiran ini salah, karena di masa depan, kamu tidak cukup hanya mengandalkan ijazah saja untuk mencari kerja.

Kamu butuh pengalaman sejak dini, dan berbisnis kecil adalah jawabannya. Yakinkan orangtua bahwa kamu bisa memilih waktu antara belajar dan berbisnis. Jangan salah kaprah, berbisnis disini juga tidak sepenuhnya untuk mendapatkan untung, tetapi lebih kepada menambah pengalaman mu dalam manajemen finansial, yang nantinya akan kamu butuhkan ketika sudah menikah.

5. Mengajak Orangtua dan Guru Berdialog mengenai Permasalahanmu


Bersifat terbuka adalah ciri ciri anak sekolah yang sukses. Mereka tidak akan mau menyimpan masalah sendiri, yang nantinya akan berdampak terhadap pola pikirmu.

Bila kamu ada masalah, ceritakan itu kepada orangtua dirumah dan guru di sekolah. Dengan demikian kamu akan mendapatkan solusi terbaik dari mereka. jangan dipendam sendiri, apalagi sampai mempengaruhi kondisi belajar mu di sekolah.

6. Stop Pacaran Saat Sekolah


Yakin atau tidak, pacaran akan menggangu fokus mu dalam belajar. Secara tidak langsung waktu mu akan terbagi dan banyak dihabiskan hanya untuk ngedate dan berduaan bersama doi. Tentunya ini lebih banyak negatifnya daripada posifitifnya

Kamu bisa saja mengelak dengan mengatakan "tapi kan pacar bisa dijadikan sebagai motivasi supaya lebih rajin belajar?" It's all about bullshit. Terapkan untuk tidak berpacaran selama bersekolah, dan kamu akan merasakan kesuksesan di masa depan. Kalian bisa setuju atau tidak dengan mimin, untuk point yang satu ini.

7. Belajar kelompok dan melakukan diskusi


Ini adalah kunci dari suksesnya kamu di sekolah dalam memahami setiap pelajaran yang sudah diajarkan oleh guru. Karena kamu tidak mungkin bisa mendapatkan pemahaman secara utuh dengan hanya belajar sendiri, itu sangat tidak efektif dan efisien.

Bentuklah kelompok belajar yang terdri dari beberapa orang, kemudian berdiskusilah mengenai berbagai pelajaran yang sudah dan akan dipelajari Dengan demikian, kamu akan lebih maksimal dalam memahami setiap inti pelajaran yang ada di kurikulum sekolah.

8. Set Your Goal


Sebenarnya ini adalah tips dari awal (karena mimin lupa menulisnya tadi). Jadi kamu perlu menetapkan target mu untuk beberapa waktu kedepan, misalnya sobat kosngosan ingin meraih rangking I pada semester depan, ingin mewakili sekolah dalam olimpiade biologi bulan depan, dan sebagainya. Intinya jangan mudah menyerah. Gapailah mimpimu setinggi bintang di langit. Jangan takut terjatuh. Karena tidak ada kesuksesan yang dibarengi dengan kemalasan dan keputus asaan.

9. Belajar Menghargai Diri Sendiri dan Orang Lain


Ketika kamu memutuskan untuk menghargai orang lain dan juga menghargai diri sendiri, maka Sebenarnya kamu sudah belajar untuk menjadi lebih baik serta tidak melakukan hal-hal yang dapat merugikan. Ada banyak sekali pelajar di luar yang melakukan kenakalan dan dan tidak hanya merugikan diri sendiri tetapi juga orang lain

10. Support dari Keluarga


Keluarga merupakan faktor yang paling penting dalam menjadikan kamu bisa berprestasi atau tidak. Dukungan finansial dan moril adalah modal dasar yang harus kamu dapatkan untuk bisa meraih kesuksesan.

Mendapatkan keluarga yang harmonis dan mendukung Setiap kegiatan yang kamu lakukan di sekolah sudah bisa memberikan hal positif untuk pengembangan prestasimu. Kamu harus bersyukur karena sudah mendapatkan keluarga yang terbaik, karena ada di luar sana pelajar yang memiliki keluarga broken home dan tidak mendapatkan dukungan belajar yang maksimal dari orang orang terdekatnya.

11. Beribadah dan Berdoa


Jangan menyepelekan kekuatan doa. Sebagai seorang yang beragama kita tentu diwajibkan untuk selalu beribadah kepada Tuhan dan berdoa secara bersungguh-sungguh untuk mendapatkan hasil yang bagus.

Setelah kita melakukan upaya yang maksimal, seperti belajar dan menghafal, Maka selanjutnya kita menyerahkan segalanya kepada Tuhan. Itu merupakan bentuk tawakkal terakhir kita, karena memang segala sesuatu hasil pastinya diserahkan kepada sang Pengatur Segalanya.

Baca juga : Cara Menjaga Persahabatan Setelah Lulus Sekolah

Kesimpulan


Ketika kamu memutuskan untuk menjadi siswa yang berprestasi, maka konsekuensi yang harus kamu ambil adalah, selalu meraih impian tersebut dengan konsisten dan tanpa menyerah. Sehingga nantinya kamu bisa melanjutkan studimu ke jenjang yang lebih tinggi dan mendapatkan karir yang cemerlang

Demikian pembahasan kosngosan kali ini, semoga tips diatas bisa bermanfaat dan menjadi referensi untuk kalian para pelajar yang ingin sukses dalam bidang akademik maupun non akademik
By

0 Response to "11 Tips Sukses Menjadi Siswa Berprestasi di Sekolah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel