Cara Menjaga Persahabatan Setelah Lulus Sekolah

Bagaimana cara menjaga pertemanan setelah lulus sekolah? Ketika kamu sudah tamat, mungkin sebagian teman-teman mu sudah memiliki rencana hidup masing masing. Ada yang kuliah, bekerja, menikah atau menganggur. Dan pada kesempatan kali ini, kosngosan akan memberikan sedikit tips kepada kalian yang ingin menjalin persahabatan lebih awet

Kamu sering bertanya, seperit mau dibawa kemana pertemanan setelah lulus? masa-masa di sekolah memang menjadi momen paling indah bagi setiap orang.
Momen tersebut adalah ketika kamu belajar, bergaul dan bahkan menjalin hubungan asmara untuk yang pertama kalinya

menjaga pertemanan setelah lulus

Namun yang namanya pertemuan, pasti mengalami perpisahan bukan? Begitupun masa pendidikan pasti akan menemui kelulusan. Meskipun demikian, apa yang pernah kamu lalui pada masa itu akan terus melekat bahkan hingga masa tua.

Baca juga : Cara Memperbanyak Teman dan Memperluas Pergaulan Sosial

Ada beberapa kenangan yang sering tidak bisa dilupakan pada masa pendidikan, sobat kosngosan pilih yang mana?

  • Pertemanan yang solid
  • Guru killer
  • Guru paling baik dan humoris
  • Teman yang selalu minjam tipex dan pulpen
  • Teman paling suka mojok
  • Kantin sejuta kenangan,
  • Dan masih banyak lagi


Ada lagi pertanyaan paling menarik sekaligus menyedihkan pada saat kamu sudah tamat nantinya, yaitu mau dibawa kemana pertemanan atau persahabatan setelah lulus? Tentunya sobat kosngosan tidak ingin bukan, mengakiri hubungan pertemanan setelah 3 tahun bersama?

Pertemanan yang erat tentunya akan menimbulkan rasa saling memiliki yang kuat. Biasanya sebelum lulus kamu sering berjanji kepada teman-teman untuk tetap mempererat pertemanan dan tetap menjalin hubungan dengan baik sesibuk apapun kehidupan yang kamu jalani.

Faktanya semua akan berubah. tidak ada yang utuh seperti dulu. Begitulah hukum pada kehidupan setiap manusia. Kita semua akan mencari mimpinya masing-masing, menggapai apa yang ktia ingin capai atau bahkan lebih nyaman dengan orang-orang baru diluar sana

Kemungkinan yang sering akan terjadi antara lain :


  • Grup whatsapp alumni selalu sepi, hanya sedikit yang mau berinteraksi, adapun yang tidak sibuk namun tetap saja hanya menjadi penyimak.
  • Undangan reuni yang tidak kunjung tercapai, sekalipun tercapai yang datang hanya sedikit.
  • Ada yang terkendala jarak dan kesibukan.
  • Dan yang membuat semakin jauh adalah waktu, waktu ketika kamu sudah berkeluarga.
  • Tentunya pertemanan kamu tidak akan utuh seperti dulu.


Namun itu hanya sebagian besar kemungkinan yang akan terjadi, masih ada beberapa orang yang bisa mengatur waktu untuk bertemu satu sama lain, saling menghargai dan menjalin hubungan dengan baik, atau bahkan tidakdir menentukan mereka dalam pertemanan tanpa kesulitan.

Cara Menjaga Persahabatan Setelah Lulus Sekolah


Tidak ada salahnya kita sedikit aktif mencegah supaya kerenggangan persahabatan itu terjadi semakin parah. Oleh sebab itu, mimin kosngosan akan memberikan beberapa tips untuk kalian supaya tetap bisa berteman dengan sahabat lama, bahkan ketika kalian tua dan menimang cucu, check these out!

1. Mengubah Pola pikir, Jadilah open minded


Orang orang yang kehilangan sahabatnya adalah mereka yang berpikiran tertutup dan kolot. Ubahlah pikiran mu menjadi lebih fleksibel tentang cara berteman. Kamu boleh punya teman baru, namun komunikasi dengan teman lama juga tidak boleh dilupakan.

2. Memanfaatkan teknologi informasi


Zaman dahulu, sobat kosngosan old, tetap bisa berkomunikasi dengan surat menyurat. Tapi sekarang, kenapa kita tidak bisa memanfaatkan media teknologi seperit video call, chat dan media sosial untuk menjaga komunikasi tetap ada?

Intinya dibutuhkan yang namanya konsistensi dan tidak gampang egois. Egois disini maksudnya perasaan malu memulai chat atau video call duluan. Kalau itu bisa menjaga persahabatan kalian, kenapa tidak ? Kamu yang memulai duluan berkomunikasi, akan dicatat sebagai suatu ibadah, karena telah berusaha menjaga silaturahim.

3. Mengatur jadwal komunikasi dengan teman lama


Hal ini penting untuk dilakukan, supaya kamu tidak lupa. Karena menjaga persahabatan membutuhakn rutinitas komunikasi yang intens. Tidak butuh waktu lama atau sering, cukup sekali seminggu saja dan bicarakanlah hal hal kecil yang membuat kalian tertawa, seperti biasanya.

4. Langsung selesaikan kesalahpahaman


Jika terjadi kesalahpahaman, maka segeralah untuk memperbaikinya. Apabila kamu yang salah, maka minta maaflah. Jangan menunda terlalu lama karena akan menjadi masalah yang semakin ruwet, yang bisa menghancurkan persahabatan kalian yang sudah lama dibangun saat sekolah dulu.

5. Menjadi pendengar dan pemberi solusi yang baik


Dalam komunikasi dan menjaga hubungan itu, selalu ada interaksi. Jangan cuma ingin kamu didengar, tetapi berikan juga teman mu berbicara dan kamu bisa menjadi pendengar yang baik sekaligus pembeli motivasi dan solusi apabila dia butuhkan. Ingat, lakukan tips terakhir, jangan sampai kamu membocorkan rahasia yang sudah dia bicarakan kepadamu.

6. Meet up dan temu kangen, wajib ada waktu


Tidak ada obat kangen selain bertemu. Ini juga bisa meningkatkan hubungan kalian. Apabila misalnya kamu kuliah di luar kota, sementara kawan mu masih di kampung halaman, bila ada waktu (pastikan ada waktu), kamu harus bertemu dengan mereka dan nongkrong bareng, atau ke rumahnya untuk temu kangen.

7. Memberi surprise sesuatu


Tidak perlu hadiah mahal. Cukup yang nyeleneh dan berkesan. Tidak juga harus menunggu dia ulang tahun. Kamu bisa memberikan surprise yang sederhana, tentunya akan menjadikan dia terkesan dan hubungan kalian juga akan semakin menyatu, tidak renggang lagi.

8. Saling menjaga kepercayaan


Ini yang paling penting, karena menjadi modal utama dalam menjaga suatu hubungan. Sobat kosngosan harus bisa menjaga rasa kepercayaan yang diberikan oleh sahabatmu. Jangan pernah mengkhianati kepercayaan yang sudah diberikan.

Kamu cukup dengan tidak saling mengobral rahasia satu sama lainnya saja, itu akan membantu menjaga persahabatan tetap utuh.

Baca juga : Begini Cara Menghadapi Orang Egois yang Ingin Menang Sendiri

Semoga saja kamu dan teman teman mu yang lain bisa tetap menjaga jalinan pertemanan kalian hingga ajal menjemput ya. Karena sahabat sejati tentunya tidak mengenal waktu. Jangan lupa juga untuk share artikel ini di media sosial kalian, supaya teman teman yang lain juga bisa membacanya.
By

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel