Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

12 Prinsip Dasar Pergaulan yang Sehat dalam Kehidupan

Salah satu prinsip dasar pergaulan yang sehat adalah saling menghormati dan menghargai perbedaan antar teman. Manusia sebagai mahluk sosial, selalu membutuhkan teman atau sahabat untuk memperluas relasinya. Namun sebagian orang sangat sulit untuk memperluas pergaulannya, serta menambah teman baru. Bagaimana tips yang ampuh untuk memperluas pergaulan buat mereka yang dikenal sebagai introvert?

Anggap saja saat ini sobat kosngosan punya beberapa teman dekat. Kamu merasa nyaman sama mereka. Karena sudah nyaman, kamu malas membuka diri dan mencari teman baru. Lalu apakah ini salah? tentu saja hal ini tergantung dari sudut pandang seberapa bijak kamu menilai suatu hubungan. Apakah teman dekatmu cuma itu-itu saja?

Dengan memiliki banyak temaan, ini tentunya akan membantu kamu juga merasa bahwa ada orang-orang yang menyayangi kamu dan bisa menerima kekuranganmu. Yang salah adalah kalau kamu hanya bergaul dengan sekelompok orang dan tidak mau bergaul dengan yang lain. Ini bisa menimbulkan beberapa masalah

Beberapa hal yang akan merugikan kamu, apabila memilih milih teman adalah, kamu jadi tidak mengenal orang-orang yang sebenarnya bisa jadi teman yang asyik, orang orang juga mungkin akan menganggap kamu sombong, karena tidak mau bergaul dengan mereka.


Prinsip Dasar Pergaulan yang Sehat

prinsip dasar pergaulan sehat

Mulailah dengan mengubah pola pikirmu.mengenai cara bergaul. Jangan menganggap bahwa teman adalah beban, mencari teman itu susah dan mendapatkan teman baru itu menakutkan. Ubah pola pikir mu lebih open minded

Kamu tidak perlu mengubah dirimu menjadi ekstrovert, bahkan orang orang introvert sekalipun, bisa mendapatkan teman baru dengan mudah, apabila menerapkan beberapa prinsip dasar yang mimin kosngosan sampaikan dibawah ini :

Baca juga : Cara Menjaga Persahabatan Setelah Lulus Sekolah


Menjunjung nilai Kejujuran

Prinsip dasar pergaulan dan menjalin hubungan sehat yang pertama adalah kejujuran. Nilai ini merupakan fondasi dalam pergaulan yang awet dan langgeng.

Berkomunikasi dengan jujur, terbuka, dan jelas dapat menghindari penipuan, pembohongan dan aksi manipulasi yang menghasilkan saling terciptanya kepercayaan dan keamanan dalam suatu hubungan.


Saling berprasangka baik

Prinsip ini menjadikan setiap orang harus berprasangka baik kepada temannya, supaya pergaulan bisa terjalin dengan baik dan sehat.

Tanpa adanya prasangka baik, maka pergaulan akan diselimuti dengan rasa iri hati, penuh dendam dan juga tidak berlangsung lama. Ini merupakan prinsip pertama yang harus ada dalam hubungan pertemanan yang sehat


Saling menghargai perbedaan

Dalam sebuah jalinan pertemanan, tidak selamanya sama dan serupa, baik itu pola pikir, mindset, cara menilai sesuatu dan sebagainya.

Oleh karena itu yang diperlukan dalam sebuah hubungan yang sehat adalah adanya rasa "Saling menghargai" dan tidak menjatuhkan satu sama lainnya. Dengan demikian maka suatu perbedaan akan dirasa indah


Saling menghormati satu sama lain

Selain menghargai, suatu pergaulan yang sehat juga harus dipenuhi dengan rasa saling menghormati. Tapi sering kita bisa lihat dua orang sahabat yang sudah akrab saling memaki, apakah ini pergaulan yang tidak sehat?

Tentu saja konteksnya berbeda. Saling menghormati disini adalah lebih kepada konsep berpikir, apa yang tidak tampak yaitu menghormati teman tersebut baik secara fisik dan non fisik


Saling memberikan nasihat

Pergaulan yang sehat adalah salah satu prinsip dasar pergaulan yang sehat. Ini berasal dari saling support dan saling mengkritik untuk mencapai yang terbaik.

Teman yang "sehat" tidak selalu mendukung dan memuji mu terus terusan. Tetapi mereka juga harus memberikan kritik dan saran yang terbaik untuk mu


Memiliki batasan

Menjaga batasan yang sehat dalam hubungan dalah salah satu prinsip dasar pergaulan yang sehat. Batasan itu baik itu dalam memberikan dukungan, menyediakan waktu dan energi, atau mengambil tanggung jawab satu sama lainnya.

Mengetahui batas pribadi dan berkomunikasi dengan mereka secara jelas adalah sesuatu yang harus dilakukan dalam hubungan


Memberikan nilai positif

Saling menguntungkan, itulah kata lain dari prinsip ini. Sebuah hubungan pertemanan yang sehat harus bisa saling memberikan nilai dan keuntungan yang positif dan menguntungkan. Jangan menjadi pola "Simbiolisis komensalisme", akan tetapi jadilah "simbiosis mutualisme"


Saling memberikan pertolongan

Setiap orang pastinya tidak bisa mengerjakan segala sesuatu dengan kemampuannya sendiri. Pastinya ada suatu nilai pertolongan yang harus dikerjakan oleh orang lain.

Dan dalam pergaulan yang sehat, harus ada interaksi saling tolong menolong. Si A memberikan pertologan ke si B, begitu juga sebaliknya


Komunikasi yang efektif

Pergaulan yang sehat berawal dari komunikasi yang positif. Berkomunikasi dengan baik, mengungkapkan apa yang ada di dalam pikiran, mewakili perasaan, dan mengungkapkan kebutuhan secara jelas dan terbuka.

Kamu juga harus bisa mendengarkan dengan sungguh-sungguh dan merespon segala uneg uneg dari pasangan atau teman mu dengan cara dan bisa memberikan pemahaman kepada mereka


Menghargai privasi

Salah satu prinsip dasar dalam pergaulan adalah menghormati privasi dan melihat adanya batas individu satu sama lainnya.

Jangan sampai mencampuri urusan pribadi orang lain tanpa izin dari mereka. Jaga kerahasiaan informasi pribadi yang diberikan kepada mu dan janga menyebarkannya apalagi mem fitnah nya


Saling Memperbaiki kepribadian mu

Pastikan bahwa kamu adalah pribadi yang easy to know, tidak rese, tidak pelit, tidak suka mengeluh, tidak suka menggunjing, ghibah, fitnah dan segala sesuatu yang bisa menjadikan orang lain tersakiti. Karakter seperti ini adalah mereka yang lovable, artinya mudah untuk dicintai dan disukai banyak orang.


Bergabung dengan komunitas

Bergabung dengan grup, perkumpulan atau persatuan yang memiliki passion yang sama, akan mengubah cara pandang mu terhadap pergaulan seperti apa. Ini adalah cara yang paling efektif dalam menambah teman dan memperluas pergaulanmu

Kamu bisa bergabung dengan komunitas yang sesuai dengan passion mu seperti pecinta burung kicau, pecinta standup comedy, para bikers, vespa mania, dan sebagainya. Nantinya kamu akan punya kesibukan baru dan mulai menjalani waktumu lebih produktif.


Memperbaiki prinsip hidup bersama

Coba pikirkan mengenai prinsip apa yang kamu miliki? Apakah teman-teman membuat mu sulit mengikuti prinsip-prinsip itu?

Apakah sobat kosngosan akan mengikuti teman-temanku meski tindakan mereka tidak sesuai dengan prinsip hidup mu sendiri? Dengan memperbaiki prinsip hidup dan tujuan bersama, maka pertemanan akan lebih positif dan sehat.


Memiliki konsep setia kawan pada tempatnya

Coba pikirkan, kalau ada teman dekat mu yang berbuat salah, apakah sobat kosngosan akan diam saja agar persahabatan kalian tidak rusak? Tentu tidak, kan?

Salah satu contoh prinsip dasar pergaulan yang sehat adalah ketika setia kawan itu diletakkan pada tempatnya, setia kawan dalam hal yang baik, bukan hal hal yang merusak dan melanggar hukum.


Memiliki pola pikir yang open minded

Diawal sudah mimin jelaskan, bahwa dengan mengubah pikiran kita menjadi lebih terbuka dan fleksibel, maka kita akan lebih mudah mencari teman baru dan memperluas jaringan pertemanan. Kamu harus tahu, banyak teman itu merupakan aset penting, lho.

Terlebih apabila kamu nantinya sudah tamat kuliah, hendak mencari pekerjaan, dan kamu punya banyak teman yang bisa ditanyai dan diandalkan untuk mendapatkan pekerjaaan. Jadilah teman itu membawa berkah.


Memperluas Pertemanan

Coba pikirkan, apakah ada manfaatnya kalau sobat kosngosan berteman dengan lebih banyak orang? Tentu saja ini dapat memperluas pola pikir mu dalam melihat orang orang yang berasal dari berbagai background.

Intinya: Punya beberapa teman dekat itu tidak salah. Akan tetapi, cobalah bergaul dengan yang lain juga. kamu mungkin akan dapat manfaat yang lebih positif lagi


Kata Penutup

Semoga dengan membaca postingan tentang prinsip dasar pergaulan yang sehat dari kosngosan.com diatas, kamu bisa lebih mengerti mengenai pentingnya kehidupan sosial dan memperluas jaringan pertemanan mu.

Jangan lupa, share post ini ke media sosial kalian, untuk dibaca oleh teman teman mu yang lain. Terimakasih sudah berkunjung kesini ya!

Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya