Waspada Bagi Anak Kost

Waspada Bagi Anak Kost

Ini Hal yang Perlu di Waspadai Anak Kost | Kosngosan - Bagi kalian yang menjadi anak kost, melanjutkan ke perguruan tinggi atau sekolah jauh dari orangtua, tentunya memerlukan perjuangan hidup yang lebih besar. Biasanya banyak orang rela merantau jauh dari kampung halaman dan meninggalkan kenyamanan di rumah dengan tekat untuk menjadi lebih baik dan sukses dalam menjalani hidup.

Waspada Anak Kost

Bagi kalian yang jauh dari tempal asal, istilah menjadi anak kos tentu tak asing lagi. Kehidupan di kosan bisa dibilang jauh berbeda dengan kehidupan di rumah. Kebiasaan di rumah tidak bisa serta merta diterapkan di dalam kost.

Karena di kamar kosan kita tidak tinggal hanya dengan satu atau dua orang,  tetapi bisa puluhan mahluk ngenes serupa yang tinggal bersama kita. Terlebih lagi teman kost berasal dari daerah dan latar belakang keluarga yang berbeda-beda.

Untuk itu, bagi kalian yang ngekost, perlua menghindari hal-hal di bawah ini agar kalian tetap betah dan tidak mengganggu kenyamanan penghuni kost yang lain.

Hindari Merendam Baju Terlalu Lama

Hal ini mungkin tidak berlaku bagi kalian yang suka melondry pakaian. Namun tidak sedikit pula mahasiswa yang memilih mencuci sendiri bajunya. Bagi kalian yang sering mencuci baju, usahakan untuk tidak merendam pakaian terlalu lama.

Pasalnya, rendaman baju yang terlalu lama bisa menyebabkan bau. Selain itu, ingatlah bahwa ember yang kalian gunakan adalah milik bersama (kecuali beli sendiri), sehingga teman yang lain juga membutuhkannya.

Hindari Menumpuk Alat Makan Kotor

Jika kalian di rumah mau makan tinggal ambil dan meninggalkan piring kotor tanpa memikirkan bagaimana nasibnya, tentu hal ini tidak berlaku jika kalian tinggal di kost. Piring kotor yang ditumpuk akan menyebabkan tumbuhnya bakteri dan akibatnya menimbulkan bau yang tidak sedap. Bau ini tentu membuat penghuni kost lain menjadi terganggu dan tidak nyaman.

Hormatilah rekan kost kalian dengan cara segera mencuci peralatan makan atau masak setelah selesai memakainya. Selain menjaga kenyamanan teman kalian, bukankah hidup bersih itu sebagian dari iman?

Hindari Lupa Mengangkat Jemuran

Lupa mengangkat jemuran adalah hal yang paling sering terjadi. Banyaknya aktivitas dan tugas membuat mahasiswa ingin segera pulang dan beristirahat. Sehingga sering kali jemuran menjadi hal yang terlupakan. Sebisa mungkin kalian harus menghindari lupa mengangkat jemuran, terutama pada waktu week end.

Weekend adalah waktu yang sering digunakan anak kost untuk mencuci dan bersih-bersih kamar. Jika kalian lupa mengangkat jemuran, maka hal ini akan menghalangi teman lain yang ingin menjemur pakaian setelah mencucinya.

At last, anak kost memang ngenes dalam hal finansial dan percintaan, tapi jangan perparah kengenesanmu dengan tidak menjaga kebersihan diri sendiri dan lingkungan sekitar.

Hidup sebagai anak kost memang gampang-gampang susah. Namun tetap hargailah teman-teman kost kalian agar kost dapat menjadi hunian yang nyaman selama kalian menempuh studi.
Sumber : selebx.com, penulis : Nazwa