7 Kebiasaan yang Harus Dihindari Mahasiswa Sebagai Anak Kost

Seorang Mahasiswa yang hidup sebagai anak kost, perlu menghindari beberapa kebiasaan jelek dibawah ini, supaya nantinya kamu bisa menjalani hidup mu sebagai anak kost yang sukses, cepat lulus dan segera mendapatkan pekerjaan dan menjadi anak yang sukses, membanggakan kedua orang tua mu. Jadi kebiasaan seperti apa yang harus dihindari itu? Simak penjelasannya dibawah ini

kebiasaan Anak Kost

Kali ini kosngosan akan membahas mengenai Hal hal apa saja yang Perlu Dihindari Oleh Anak Kost selama tinggal dan hidup di kos kosan. Bagi kalian yang menjadi anak kost, melanjutkan ke perguruan tinggi atau sekolah jauh dari orangtua, tentunya memerlukan perjuangan hidup yang lebih besar.

Biasanya banyak orang rela merantau jauh dari kampung halaman dan meninggalkan kenyamanan di rumah dengan tekat untuk menjadi lebih baik dan sukses dalam menjalani hidup.

Bagi kalian yang jauh dari tempal asal, istilah menjadi anak kos tentu tak asing lagi. Kehidupan di kosan bisa dibilang jauh berbeda dengan kehidupan di rumah. Kebiasaan di rumah tidak bisa serta merta diterapkan di dalam kost.

Baca juga : 20 Contoh Pertanyaan Sidang Skripsi untuk Mahasiswa dan Jawabannya

Karena di kamar kosan kita tidak tinggal hanya dengan satu atau dua orang, tetapi bisa puluhan mahluk ngenes serupa yang tinggal bersama kita. Terlebih lagi teman kost berasal dari daerah dan latar belakang keluarga yang berbeda-beda.

Beberapa Kebiasaan Jelek Anak Kost yang Harus Diubah


Untuk itu, bagi kalian yang ngekost, perlua menghindari hal-hal di bawah ini agar kalian tetap betah dan tidak mengganggu kenyamanan penghuni kost yang lain.

Menghindari Hidup Hedon dan Malas


Sikap hedon atau suka berfoya foya, menghabiskan uang tanpa alasan yang jelas, harus benar benar diubah dari mahasiswa yang hidup sebagai ngekost. Walaupun kamu memiliki orangtua yang berada, ada baiknya kamu mengerem setiap keinginan berlebih untuk membeli atau menghabiskan uang terhadap hal hal yang kurang perlu.

Selain itu, kamu juga harus benar benar rajin untuk melakukan kegiatan yang menjadi kewajibanmu, seperti misalnya mengerjakan tugas kuliah, aktif masuk kuliah, praktikum, membersihkan kamar kosan, dan juga bersosialisasi dengan lingkungan sekitar.

Menghindari Titip Absen Kuliah


Ini adalah salah satu penyakit klasik dari mahasiswa di Indonesia. Walaupun sebenarnya ada kampus yang sudah menerapkan sistem absensi canggih dengan sidik jari, namun bagi kampus yang belum memakai sistem tersebut, ini menjadi celah bagi mahassiwa malas untuk menitip absen kepada teman. Hindari kebiasaan buruk ini ya!

Menghindari Menjadi BuCin


Budak Cinta. Ya, apabila kamu sudah benar benar menghabiskan waktu dan materi mu hanya untuk seseorang yang masih menjadi pacar (paling parah cuma gebetan), maka siap siaplah kamu dipanggil bucin, alias budak cinta. Hindari kelakuan seperti ini.

Mimin tidak melarang kamu untuk pacaran, akan tetapi pacaran lah sesuai porsi, sesuai dengan batas dan norma yang sudah ditetapkan. Jangan sampai justru karena pacar, prestais akademik mu turun, IPK mu anjlok, dan duit bulanan mu cepat habis. kan rugi tuh?

Menghindari Lupa Menekan Tombol Magic Com


Walaupun terdengar sepele, lupa menekan tombol masak magic com malah sangat merepotkan. Coba bayangkan ketika kamu sudah lapar, tapi malah lupa menekan tombol penanak nasi. Alhasil kamu harus menunggu lebih lama lagi untuk nasi agar masak. Perhatikan betul tombol nya, ketika sudah menutup magic com.

Menghindari Merendam Baju Terlalu Lama


Hal ini mungkin tidak berlaku bagi kalian yang suka melondry pakaian. Namun tidak sedikit pula mahasiswa yang memilih mencuci sendiri bajunya. Bagi kalian yang sering mencuci baju, usahakan untuk tidak merendam pakaian terlalu lama.

Pasalnya, rendaman baju yang terlalu lama bisa menyebabkan bau. Selain itu, ingatlah bahwa ember yang kalian gunakan adalah milik bersama (kecuali beli sendiri), sehingga teman yang lain juga membutuhkannya.

Menghindari Menumpuk Peralatan Makan


Jika kalian di rumah mau makan tinggal ambil dan meninggalkan piring kotor tanpa memikirkan bagaimana nasibnya, tentu hal ini tidak berlaku jika kalian tinggal di kost.

Piring kotor yang ditumpuk akan menyebabkan tumbuhnya bakteri dan akibatnya menimbulkan bau yang tidak sedap. Bau ini tentu membuat penghuni kost lain menjadi terganggu dan tidak nyaman.

Hormatilah rekan kost kalian dengan cara segera mencuci peralatan makan atau masak setelah selesai memakainya. Selain menjaga kenyamanan teman kalian, bukankah hidup bersih itu sebagian dari iman?

Menghindari Lupa Mengangkat Jemuran


Lupa mengangkat jemuran adalah hal yang paling sering terjadi. Banyaknya aktivitas dan tugas membuat mahasiswa ingin segera pulang dan beristirahat. Sehingga sering kali jemuran menjadi hal yang terlupakan. Sebisa mungkin kalian harus menghindari lupa mengangkat jemuran, terutama pada waktu week end.

Weekend adalah waktu yang sering digunakan anak kost untuk mencuci dan bersih-bersih kamar. Jika kalian lupa mengangkat jemuran, maka hal ini akan menghalangi teman lain yang ingin menjemur pakaian setelah mencucinya.

Baca juga : 7 Langkah Membeli Apartemen bagi Mahasiswa sebagai Investasi Masa Depan

At last, anak kost memang ngenes dalam hal finansial dan percintaan, tapi jangan perparah kengenesanmu dengan tidak menjaga kebersihan diri sendiri dan lingkungan sekitar.

Hidup sebagai anak kost memang gampang-gampang susah. Namun tetap hargailah teman-teman kost kalian agar kost dapat menjadi hunian yang nyaman selama kalian menempuh studi. Demikian artikel mengenai Hal yang Perlu Dihindari Oleh Anak Kost kali ini, semoga bermanfaat. Jangan lupa memberikan komentar ya
By

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel