Makalah Pendidikan

Makalah Pendidikan

Makalah Pendidikan

Contoh Makalah Pendidikan kali ini akan dibagikan gratis untuk kalian. Bagi kalian yang sedang mencari makalah pendidikan dasar seperti matematika, ekonomi, fisika, kimia, biologi dan lainnya bisa mendapatkannya disini. Sebelum mendownload makalahnya, kita membahas materi tentang pendidikan dan makalah terlebih dahulu.

Kita sering kali mencari materi dan makalah tentang pendidikan itu sendiri. Tapi kita tidak tahu, apa itu pendidikan. Seperti apa pendidikan berperan dalam mengubah hidup kita? Bagaimana pendidikan mengubah taraf ekonomi masyakarat, mengurangi kemiskinan dan mengurangi angka pengangguran. Semua itu karena pendidikan.

Berdasarkan apa yang dikatakan oleh Om H. Horne, bahwa pendidikan adalah proses yang terus menerus (abadi) dari penyesuaian yang lebih tinggi bagi makhluk manusia yang telah berkembang secara fisik dan mental, yang bebas dan sadar kepada vtuhan, seperti termanifestasi dalam alam sekitar intelektual, emosional dan kemanusiaan dari manusia.

Defenisi Pendidikan

Siapa tokoh pendidikan kita? Yups, Bapak Ki Hajar Dewantara. Beliau dikenang karena membangun Taman Siswa yang menjadi wadah pendidikan dikala itu. Ki Hajar Dewantara juga merupakan Menteri Pendidikan Pertama Negara Kesatuan Republik Indonesia. Saat itu namanya adalah Menteri Pengajaran.

Pengertian Pendidikan menurut Raden Mas Soewardi Soerjaningrat alias Ki Hajar Dewantara adalah "Suatu Tuntutan Di Dalam Hidup Tumbuhnya Anak Anak, Adapun Maksudnya, Pendidikan Yaitu Menuntun Segala Kekuatan Kodrat Yang Ada Anak Anak Itu Agar Mereka Sebagai Manusia Dan Sebagai Anggota Masyarakat Dapatlah Mencapai Keselamatan Dan Kebahagiaan Setinggi-Tingginya"

Menurut Defenisi Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) sendiri, pendidikan berasal dari kata “didik”, Lalu kata ini mendapat awalan kata “me” sehingga menjadi “mendidik” artinya memelihara dan memberi latihan. Dalam memelihara dan memberi latihan diperlukan adanya ajaran, tuntutan dan pimpinan mengenai akhlak dan kecerdasan pikiran.

Nah, menurut UUD 1945 yang merupakan konstitusi Indonesia, defenisi pendidikan merupakan suatu upaya untuk mencerdaskan dan mencetak kehidupan bangsa yang bertaqwa, cinta dan bangga terhadap bangsa dan negara, trampil, kreatif, berbudi pekerti yang santun serta mampu menyelesaikan permasalahan di lingkungannya.

Pendidikan, khususnya pendidikan di sekolah dasar merupakan pendidikan anak yang berusia antara 7 sampai 13 tahun sebagai pendidikan di tingkat dasar yang di kembangkan sesuai dengan satuan pendidikan, potensi daerah/karakteristik daerah, sosial budaya masyarakat setempat bagi siswa.

Mengapa penting sekali pendidikan? karena pendidikan akan membuat seseorang memiliki ilmu yang bisa digunakan sebagai proses untuk mengembangkan diri, berkarier dan menghasilkan karya yang bisa digunakan untuk kepentingan bangsa dan negara.

Sebagai proses pembentukan pribadi, pendidikan diartikan sebagi suatu kegiatan yang sistematis dan sistemik terarah kepada terbentuknya kepribadian peserta didik. Proses pembentukan pribadi melalui 2 sasaran yaitu pembentukan pribadi bagi mereka yang belum dewasa oleh mereka yang sudah dewasa dan bagi mereka yang sudah dewasa atas usaha sendiri.

Proses Pendidikan

Proses pendidikan ini merupakan kegiatan mobilitas semua komponen yang berhubungan dengan dunia pendidikan oleh pendidik terarah kepada pencapaian tujuan pendidikan. Kualitas proses pendidikan ini tergantung pada dua segi, yaitu kualitas komponen dan kualitas pengelolaannya, pengelolaan proses pendidikan meliputi ruang lingkup makro, meso, mikro. Adapun tujuan utama pemgelolaan proses pendidikan yaitu terjadinya proses belajar dan pengalaman belajar yang optimal.

Defini Makalah

pengertian makalah


Kita sering kali dihadapkan kepada tugas yang diberikan oleh dosen atau guru berupa makalah atau tulisan ilmiah. Makalah adalah suatu karya tulis ilmiah yang disusun oleh seseorang atau kelompok guna membahas topik/pokok bahasan tertentu dalam ruang lingkup suatu perkulihaan atau sekolah.

Makalah tersebut ditulis untuk disajikan dalam forum ilmiah atau tugas-tugas terstruktur. Makalah merupakan salah satu jenis karangan yang memiliki ciri atau sifat ilmiah yaitu: objektif, tidak memihak, berdasarkan fakta, sistematis, dan logis. Nah pada akhirnya kita mengerti akan pengertian makalah.

Makalah yang berkualitas haruslah memiliki ciri - ciri diantara lain memiliki Signifikansi masalah/topik yang dibahas, Kejelasan tujuan pembahasan, Kelogisan pembahasan, dan memiliki Kejelasan pengorganisasian dalam setiap pembahasannya.

Setelah ini, kamu bisa men-download dan copy paste makalah dan materi yang kosngosan berikan dibawah ini.

Contoh Makalah Pendidikan

makalah pendidikan
contoh makalah pendidikan
Beberapa jenis makalah tentang pendidikan seperti dibawah ini mungkin bisa berguna untuk kamu, pengunjung kosngosan. Silahkan donwload makalah dibawah ini atau kunjungi langsung pada postingan dibwah ini. Cukup klik salah satunya. Kamu akan diarahkan kepada postingan makalah - nya.


Makalah Pendidikan : Matematika
Makalah Pendidikan : Fisika
Makalah Pendidikan : Kimia
Makalah Pendidikan : Biologi
Makalah Pendidikan : Ekonomi
Makalah Pendidikan : Bahasa Inggris
Makalah Politik
Makalah Hukum
Makalah Pertanian
Makalah Problem Based Learning Pembelajaran Inkuiri Project Based Learning
Makalah Model Pembelajaran IDI dan ADDIE

Oke, demikian postingan mengenai makalah pendidikan kali ini. Kamu yang sedang mencari referensi buat mengerjakan tugas, skripsi dan laporan kuliah dan sekolahmu bisa mengujungi link link diatas. Siapa tau itu berguna untukmu. Jangan lupa mengunjugi kosngosan di lain waktu. Komentar dibawah ini untuk mengkritik dan membangun mimin.