Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Definisi dan Proses Pendidikan serta Contoh Makalahnya

Pendidikan sebagai kebutuhan sudah ada semenjak manusia itu pertama kali diciptakan. Kemampuan untuk membaca, menulis dan mengingat kosa kata menjadi salah satu kemampuan pendidikan dasar bagi masyarakat.

Pendidikan di indonesia sendiri memang masih terbilang berkembang dan jauh dibandingkan dengan negara maju. Oleh karena itu diperlukan proses terpadu, fasilitas lengkap dan sumber daya yang mumpuni dalam meningkatkan kualitas pendidikan nasional.

definisi proses pendidikan

Mengenai Pendidikan kali ini akan dibagikan gratis untuk kalian. Bagi kalian yang sedang mencari makalah pendidikan dasar seperti matematika, ekonomi, fisika, kimia, biologi dan lainnya bisa mendapatkannya disini. Sebelum mendownload makalahnya, kita membahas materi tentang pendidikan dan makalah terlebih dahulu.

Kita sering kali mencari materi dan makalah tentang pendidikan itu sendiri. Tapi kita tidak tahu, apa itu pendidikan. Seperti apa pendidikan berperan dalam mengubah hidup kita? Bagaimana pendidikan mengubah taraf ekonomi masyakarat, mengurangi kemiskinan dan mengurangi angka pengangguran. Semua itu karena pendidikan.

Berdasarkan apa yang dikatakan oleh Om H. Horne, bahwa pendidikan adalah proses yang terus menerus (abadi) dari penyesuaian yang lebih tinggi bagi makhluk manusia yang telah berkembang secara fisik dan mental, yang bebas dan sadar kepada vtuhan, seperti termanifestasi dalam alam sekitar intelektual, emosional dan kemanusiaan dari manusia.

Definisi Pendidikan


Siapa tokoh pendidikan kita? Yups, Bapak Ki Hajar Dewantara. Beliau dikenang karena membangun Taman Siswa yang menjadi wadah pendidikan dikala itu. Ki Hajar Dewantara juga merupakan Menteri Pendidikan Pertama Negara Kesatuan Republik Indonesia. Saat itu namanya adalah Menteri Pengajaran.

Pengertian Pendidikan menurut Raden Mas Soewardi Soerjaningrat alias Ki Hajar Dewantara adalah "Suatu Tuntutan Di Dalam Hidup Tumbuhnya Anak Anak, Adapun Maksudnya,

Pendidikan Yaitu Menuntun Segala Kekuatan Kodrat Yang Ada Anak Anak Itu Agar Mereka Sebagai Manusia Dan Sebagai Anggota Masyarakat Dapatlah Mencapai Keselamatan Dan Kebahagiaan Setinggi-Tingginya"

Baca juga : 10 mata kuliah wajib jurusan ekonomi syariah

Menurut Defenisi Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) sendiri, pendidikan berasal dari kata “didik”, Lalu kata ini mendapat awalan kata “me” sehingga menjadi “mendidik” artinya memelihara dan memberi latihan. Dalam memelihara dan memberi latihan diperlukan adanya ajaran, tuntutan dan pimpinan mengenai akhlak dan kecerdasan pikiran.

Menurut UUD 1945 yang merupakan konstitusi Indonesia, defenisi pendidikan merupakan suatu upaya untuk mencerdaskan dan mencetak kehidupan bangsa yang bertaqwa, cinta dan bangga terhadap bangsa dan negara, trampil, kreatif, berbudi pekerti yang santun serta mampu menyelesaikan permasalahan di lingkungannya.

Pendidikan, khususnya pendidikan di sekolah dasar merupakan pendidikan anak yang berusia antara 7 sampai 13 tahun sebagai pendidikan di tingkat dasar yang di kembangkan sesuai dengan satuan pendidikan, potensi daerah/karakteristik daerah, sosial budaya masyarakat setempat bagi siswa.

Mengapa penting sekali pendidikan? karena pendidikan akan membuat seseorang memiliki ilmu yang bisa digunakan sebagai proses untuk mengembangkan diri, berkarier dan menghasilkan karya yang bisa digunakan untuk kepentingan bangsa dan negara.

Sebagai proses pembentukan pribadi, pendidikan diartikan sebagi suatu kegiatan yang sistematis dan sistemik terarah kepada terbentuknya kepribadian peserta didik.

Proses pembentukan pribadi melalui 2 sasaran yaitu pembentukan pribadi bagi mereka yang belum dewasa oleh mereka yang sudah dewasa dan bagi mereka yang sudah dewasa atas usaha sendiri.

Proses Pendidikan


Proses pendidikan ini merupakan kegiatan mobilitas semua komponen yang berhubungan dengan dunia pendidikan oleh pendidik terarah kepada pencapaian tujuan pendidikan.

Kualitas proses pendidikan ini tergantung pada dua segi, yaitu kualitas komponen dan kualitas pengelolaannya, pengelolaan proses pendidikan meliputi ruang lingkup makro, meso, mikro.

Adapun tujuan utama pemgelolaan proses pendidikan yaitu terjadinya proses belajar dan pengalaman belajar yang optimal

Kita sering kali dihadapkan kepada tugas yang diberikan oleh dosen atau guru berupa makalah atau tulisan ilmiah. Makalah adalah suatu karya tulis ilmiah yang disusun oleh seseorang atau kelompok guna membahas topik/pokok bahasan tertentu dalam ruang lingkup suatu perkulihaan atau sekolah.

Proses pendidikan tersebut bisa saja tersaji dalam forum ilmiah atau tugas-tugas terstruktur. Makalah merupakan salah satu jenis karya tulis ilmiah yang bisa berperan dalam proses pendiidkan. yang memiliki ciri atau sifat ilmiah yaitu: objektif, tidak memihak, berdasarkan fakta, sistematis, dan logis. Nah pada akhirnya kita mengerti akan pengertian makalah.

Makalah yang berkualitas haruslah memiliki ciri - ciri diantara lain memiliki Signifikansi masalah atua topik yang dibahas, Kejelasan tujuan pembahasan, Kelogisan pembahasan, dan memiliki Kejelasan pengorganisasian dalam setiap pembahasannya.

Contoh Makalah Pendidikan


Beberapa jenis makalah tentang pendidikan mungkin bisa berguna untuk kamu, pengunjung kosngosan. Silahkan kamu bisa melakuan pencarian di blog kosngosan dengan membuka tab baru lalu copy alamat ini : "kosngosan.com/search/label/makalah" atau "kosngosan.com/search/label/materi bahan" kalian akan mendapatkan banyak artikel mengenai makalah dan pendidikan secara umum yang mungkin akan berguna untuk kalian.

Oke, demikian postingan mengenai makalah pendidikan kali ini. Kamu yang sedang mencari referensi buat mengerjakan tugas, skripsi dan laporan kuliah dan sekolahmu bisa mengujungi link link diatas. Siapa tau itu berguna untukmu.

Jangan lupa mengunjugi kosngosan di lain waktu. Komentar dibawah ini untuk mengkritik dan membangun mimin.
Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya