Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

22 Mata Kuliah Jurusan Ekonomi Syariah Wajib Diambil

Apa itu ekonomi syariah? Adalah suatu bidang ekonomi yang meliputi penerapan prinsip dan hukum islam didalam kegiatan ekonomi. Jurusan ini banyak disediakan oleh universitas berbasis keagamaan dibawah naungan departemen agama. Kosngosan akan mencoba membahas beberapa hal mengenai jurusan yang satu ini. Tertarik untuk kuliah di program studi ini? yuk simak pembahasananya kali ini

Memilih jurusan memang tidak boleh sembarangan. Terlebih bila kamu yang saat ini hendak masuk perguruan tinggi. Seperti masuk Universitas Islam, kamu tentunya akan memilih banyak jurusan yang berbasis syariah, salah satunya adalah Jurusan Ekonomi Syariah dengan prospek kerja yang semakin cerah belakangan ini.

Jurusan ekonomi syariah kerjanya apa? Jurusan ini memiliki peluang kerja tinggi karena banyaknya perbankan yang kini membuka cabang Bank Syariah dengan pelayanan dan produk yang sesuai dengan ajaran Islam.

Jurusan ekonomi syariah terbaik tentunya ada pada Universitas Islam Negeri yang ada di berbagai kota besar di Indonesia. Dan kenapa kamu harus memilih jurusan ini sebagai awal pengembangan karier mu? Selain memiliki prospek kerja luas, lulusan ini sangat fleksibel dan tidak hanya belajar ekonomi dan bisnis saja tetapi juga ada segi agama yang harus kamu pelajari.

Jadi untuk lulusannya jangan khawatir akan prospek kerjanya. Ada banyak lowongan kerja untuk sarjana Ekonomi Syariah kok yang bertebaran khususnya dari perbankan syariah yang semakin banyak membuka cabang di berbagai tempat.

Baca juga: 10 Jurusan yang Bisa Kamu Ambil Untuk Menjadi Guru

Materi Jurusan Ekonomi Syariah


jurusan ekonomi syariah

Sobat kosngosan mungkin sudah pernah mendengar jurusan Ekonomi Syariah, namun kurang mengerti mengenai gambaran secara jelas bagaimana mata kuliah yang dipelajari dikampus.

Artikel ini penting bagi pemula yang ingin memasuki perguruan tinggi Negeri Islam khusunya UIN ataupun IAIN, untuk itu artikel ini hadir untuk menjelaskan mengenai 10 Mata Kuliah Wajib Jurusan Ekonomi Syariah. Berikut ini penjelasannya :

1. Mata kuliah Fiqh Muamalah


Inti dari mata kuliah ini yaitu mempelajari tentang hubungan manusia dengan manusia atau di kenal juga dengan sebutan “Hablumminannas” kegiatan berkaitan dengan ekonomi yang dijalankan sesuai dengan perinsip-perinsip syariah. Yang paling mendasar dari matakuliah ini yaitu mempelajari tentang akad yang ada pada ekonomi syariah seperti murabahah (jual beli).

Selain itu juga mempelajari mengenai musyarakah dan mudharabah (akad kerjasama), Al-Ijarah (sewa menyewa) dan mash banyak lagi akad yang lainnya. Refrensi yang sering dipakai yaitu buku Hendri Suhendi dengan judul Fiqh Muamallah lengkap penjelasan mengenai bermuamalah dalam buku tersebut.

2. Mata kuliah Lembaga Keuangan Syariah


Mata kuliah ini berisikan tentang pelajaran lebaga keuangan syariah baik itu berkenaan dengan Bank Syariah atau Non Bank.

Contoh lembaga non bank seperti BMT, leassing, dan BAZ. Dalam lembaga bank syariah kita harus memeplajari bagimana kegiatan oprasional bank syariah, fungsi dan tugas bank syariah, begitu juga dengan lembaga Non bank jugak sama yang kita pelajari dengan lembaga bank syariah.

3. Mata kuliah Ekonomi Islam


Pelajaran yang ada dalam mata kuliah ini mempelajari tentang akad-akad ekonomi, dan penerapannya dalam kegiatan ekonomi baik itu lembaga keuanga ataupn non lembaga keuangan, landasan ekonomi berdasarkan ayat Al-Quran dan Hadist intinya yang berkaitan dengan ekonomi secara menyeluruh.

Matakuliah ini memperdalam dari mata kuliah Muamallah. Begitu juga mengenai peraturan-peraturan yang dibuat oleh pemerintah seperti fatwa MUI (Majlis Ulama Indonesia), DSN (Dewan Syariah Nasional) dan DPS (Dewan Pengawas Syariah).

4. Mata kuliah Fiqh Zakat


Matakuliah ini salah satu matakuliah wajib, yang berisikan tentang penjelasan mengenai macam-macam zakat, sayarat wajib zakat, golongan yang wajib menerima zakat, tujuan zakat dan juga hikmah zakat, contohnya macam-macam zakat diantaranya: zakat Mall (Harta), dan zakat fitrah, lebih jelas lagi baca buku tentang fiqh Zakat.

5. Mata kuliah Hadits Ekonomi


Gambaran secara umum matakuliah ini kita khusus mempelajari tentang hadits-hadits sahih dalam kegiatan ekonomi, perdagangan dan bisnis yang biasa kita lakukan sehari hari. Hadist ini juga akan dihafalkan sebagai tes kelulusan ujian semester nantinya.

6. Mata kuliah Akuntansi Syariah


Matakuliah ini berisikan tentang pembukuan dalam kegiatan teransaksi, dengan cara menjurnal kemudian menyediakan laporan keuangan setiap akhir priode. Bentuk akuntansinya sama seperti umumnya, namun pengelolaannya berdasarkan perinsip-perinsip syariah tidak ada unsur riba/bunga di dalam pembukuannya.

7. Mata kuliah Hukum Perbankan Syariah


Matakuliah wajib ini kita mempelajari tentang peraturan perundang-undangan yang dibuat oleh pemerintah seperti fatwa yang dikeluarkan oleh DSN (Dewan Syariah Nasional) dan diawasi oleh DPS (Dewan Pengawas Syariah) untuk jalannya kegiatan perbankan syariah. Dalam mata kuliah ini wajib kita hafal setiap fatwa sebagai tes ujian akhir semster.

8. Mata kuliah Pasar Modal


Mata kuliah ini membahas tentang pasar modal atau biasa kita kenal dengan sebutan Bursa Efek Indonesia, dimana kita menanamkan saham kita secara online melalui sistem Bursa Efek Indonesia, dan memilih perusahaan yang kita inginkan dengan cara menilai terlebih dahulu keadaan keuangan perusahaan tersebut apakah baik atau tidak.

Jika kita masuk pada Pasar Modal Sayariah maka dalam pembagian keuntungan tidak mengandung unsur riba/bunga karena yang terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia hanya perusahaan yang berlisensi Syariah saja, berbeda dengan Pasar Modal biasa yang tidak ada batasannya.

9. Mata kuliah Pengantar Teori Ekonomi Makro dan Mikro


Mata kuliah ini secara luas dipelajari pada kampus suwasta ataupun negeri, inti dari pelajaran matakuliah ini adalah memeplajari kegiatan ekonomi secara luas mencangkup negara (Ekonomi Makro). Sedangankan ekonomi Mikro ini lebih membahas mengenai ekonomi perusahaan ataupun individu.termasuk studi tentang produsen, konsumen, penawaran, permintaan dan pasar.

10. Mata kuliah Matematika Keuangan


Inti dari mata kuliah ini adalah menghitung suatu keadaan ekonomi dengan mengunakan rumus-rumus matematika, kemudian dari hasil akan ditarik sebuah kesimpulan. Pembahasan matematika keuangan meliputi fungsi eksponensial dan fungsi kogaritma, deret hitung dan deret ukur.

Selain itu juga mempelajari mengenai bunga tunggal dan bunga majemuk, diskonto tunggal, anuitas dan aplikasinya, saham dan obligasi, depersiasi, pembelian, penjualan, dan asuransi. Kelemahan dari mata kuliah ini mash bersifat konfensional belum ada pembahasan yang lebih mendalam tentang matematika keuangan syariah.

Sebenarnya ada banyak lagi mata kuliah yang harus kamu ambil, mimin akan mencoba menyebutkan satu persatu dalam bentul listicle dibawah ini tanpa penjelasan, diantaranya sebagia berikut :


  • Fikih dan Usul Fikih
  • Tauhid
  • Pengantar Studi Islam
  • Fikih Perikatan
  • Hukum Zakat dan Wakaf
  • Usul Fikih Bisnis dan Keuangan
  • Akuntansi Umum
  • Hukum Keuangan Syariah
  • Hukum Pajak
  • Hukum Investasi dan Pasar Modal
  • Hukum Perusahaan dan Kepailitan
  • Ilmu Falak


Baca juga : 10 Mata kuliah wajib Jurusan ilmu Kelautan dan Perikanan

Kata Penutup


Kuliah jurusan ekonomi syariah memang cukup banyak tersedia di perguruan tinggi Indonesia. Prospek lulusan nya juga cukup terbuka lebar, karena saat ini industri syariah dalam negeri sedang menjamur. Bisa kita lihat banyaknya bank konvensional yang membuka cabang bank syariah untuk memenuhi kebutuhan umat yang semakin sadar akan pentingnya menerapkan prinsip ajaran islam dalam kegiatan bisnis mereka.

Demikianlah pembahasan kita mengenai beberapa Mata Kuliah Wajib Jurusan Ekonomi Syariah yang Harus Kamu Ambil kali ini, semoga bisa membantumu dalam memutuskan jurusan apa yang nantinya kamu ambil ketika kuliah di universitas islam. Bagikan tulisan ini bila kamu merasa bermanfaat ya!
Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya