Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15 Mata Kuliah Ilmu Kelautan dan Perikanan yang Wajib Kamu Ambil

Apa saja materi pelajaran yang harus kamu kuasai untuk bisa lulus sebagai sarjana ilmu kelautan dan perikanan? Kuliah jurusan ilmu kelautan dan perikanan adalah bidang yang jarang diminati oleh siswa SMA. Padahal bila kamu jeli melihat peluang, prospek pekerjaan untuk lulusan ini cukup cerah dan banyak dibutuhkan dunia kerja.

Ada berbagai perguruan tinggi ternama dengan kuliah terbaik di jurusan ilmu kelautan seperti IPB, Undip, Unpad, Unsri, UB, Unri, Unhas dan masih banyak lagi. Nah kali ini kosngosan akan membahas mengenai mata kuliah apa saja yang akan kamu pelajari bila mengambil jurusan ini. Mari simak pembahasannya dibawah ini.

ilmu kelautan perikanan

Ada begitu banyak materi dan mata kuliah wajib yang harus kamu ambil bila ingin menjadi sarjana lulusan ilmu kelautan. Namun yang terpenting adalah kamu harus benar benar memiliki tekad dan niat yang sungguh-sungguh untuk menyelesaikan perkuliahan mu nantinya

Apa yang akan kamu dapatkan ketika kuliah jurusan ilmu kelautan dan perikanan? Kamu akan belajar mengenai teknis dan teoritis ilmu kelautan. Tidak hanya teori saja, kamu akan dibekali dengan praktikum dan magang di tempat tempat pembudidayaan ikan dan perushaan yang bergerak di kelautan.

Lihat juga : 10 Mata kuliah wajib jurusan kedokteran yang harus kamu tahu

Mengapa jurusan ini begitu prospektif di indonesia? Karena kita khususnya untuk daerah timur memiliki potensi perikanan dan kelautan yang sangat besar. Akan tetapi banyak pelajar sekolah menengah atas yang enggan berkarier di indonesia timur.

Hal ini yang menjadi problematika pembangunan perikanan dan ke lautan untuk daerah timur indonesia. Tidak hanya wilayah timur saja, akan tetapi seluruh wilayah Indonesia yang dikeliling lautan sejatinya selalu membutuhkan ratusan ribu lulusan fakultas atau jurusan perikanan dan kelautan.

Mata kuliah yang dipelajari pada studi ilmu kelautan


Lalu bila sobat kosngosan ternyata tertarik untuk mencoba dan mendalami jurusan ini, apa yang harus kamu persiapkan? setidaknya kamu sudah harus mengenal mengenai mata kuliah apa saja yang akan sobat kosngosan pelajari nantinya.

Oleh karena itu kali ini mimin akan memperkenalkan mu kepada beberapa mata kuliah wajib yang akan kamu pelajari ketika memilih kuliah di jurusan ini. Mari simak beberapa diantaranya :

1. Mata kuliah biologi umum


Seperti yang sobat kosngosan ketahui, perikanan dan kelautan sangat erat hubungan nya dengan biologi secara umum. Kamu akan mempelajari dasar dasar ilmu biologi. Hal ini berguna untuk mengkalibrasi lagi disiplin ilmu dari berbagai mahasiswa yang berasal dari berbagai ilmu sejak sekolah menengah atas.

2. Mata kuliah pengantar ilmu perairan


Pengantar ilmu perairan adalah mata kuliah yang harus sobat kosngosan ambil pada semester awal yang bertujuan untuk memperkenalkan ilmu perairan secara umum dan mendasar. Mata kuliah yang menjelaskan mengenai teori dan materi perairan yang mengarah kepada mata kuliah lanjutan.

3. Mata kuliah budidaya perikanan


Mata kuliah ini mempelajari tentang teknik budidaya ikan air tawar dan air asin, budidaya rumput laut dan udang-udangan. Selain itu kamu juga akan mendapatkan sesi praktikum yang nantinya akan digelar setelah pertemuan teori berlangsung.

4. Mata kuliah teknologi hasil perikanan dan perairan


Mata kuliah ini mempelajari teknik dan cara pengelohan hasil tangkapan atau budidaya perikanan menjadi produk yang bernilai lebih tinggi dan ekonomis yang siap konsumsi dan di ekspor ke berbagai negara.  Selain teori, sobat kosngosan juga akan diselingi dengan praktikum yang akan memantabkan pemahamanmu terhadap teknologi yang mendukung industri perikanan.

5. Mata kuliah manajemen sumberdaya perairan dan perikanan


Mata kuliah ini membahas berbagai hal yang berhubungan dengan sumberdaya yang terdapat di lingkungan perairan laut seperti masalah lingkungan dan pencemaran, hukum, dan sosial masyarakat pesisir. Penting untuk dipelajari karena Indonesia memiliki sumber daya laut yang melimpah, sehingga membutuhkan lulusan perikanan yang kompeten dan bisa mengelola laut nasional.

6. Mata kuliah oseanografi


Kamu sudah pasti pernah mendengar istilah ini. Secara sederhanan mata kuliah ini mempelajari tentang kelautan. Ilmu ini bukan ilmu murni, akan tetapi memiliki sub disiplin ilmu lagi yang terdiri dari Fisika Oseanografi, Geologi Oseanografi, Kimia Oseanografi dan Biologi Oseanografi.

7. Mata kuliah ilmu penyakit ikan


Mata kuliah ini begitu penting karena memang ikan merupakan objek ekonomis yang akan dikelola oleh para lulusan sarjana ilmu kelautan dan perikanan ketika lulus nanti. Oleh karena itu mengetahui dan menguasai penyakit yang sering menyerang ikan adalah suatu keharusan. Selain itu sobat kosngosan juga akan mengetahui solusi dari setiap penyakit yang melanda ikan setelah belajar mata kuliah ini.

8. Mata kuliah manajemen kualitas air


Selain ikan, air dan perairan adalah salah satu media yang paling penting untuk dipelajari. Mata kuliah ini berfokus terhadap bagaimana mengelola dan menjaga kualitas air agar tetap bisa dimanfaatkan untuk kepentingan budidaya perikanan.

9. Mata kuliah penangkapan ikan


Ketika mempelajari mata kuliah ini, sobat kosngosan akan mengerti bagaimana menangkap ikan yang direkomendasikan dan benar benar legal. Teknik penangkapan ikan yang disetujui oleh peraturan internasional dan berbagai teori pendukungnya. Ilmu ini cukup penting agar nantinya para lulusan bisa menerapkan bisnis perikanan yang berkelanjutan.

10. Mata kuliah limnologi


Masih asing mendengar istilah limnologi? Kamu harus tahu bahwa ilmu ini khusus mempelajari produk­tivitas perairan tawar dalam segala aspek seperti perairan menggenang danau, rawa, dan waduk. Selain itu juga mempelajari potensi ekonomi dari perairan mengalir seperti sungai dan mata air.

Update terbaru

11. Mata kuliah Ichtiologi


Ichtiologi merupakan mata kuliah yang mempelajari mengenai ikan dengan segala aspek kehidupannya baik itu ditinjau sebagai hewan ataupun prospeknya sebagai bahan makanan dan sumber pendapatan manusia. Ichtiologi dibagi menjadi Ichtiologi sistematika dan fungsional.

12. Mata kuliah Hukum Laut dan Perikanan


Sebagai seorang mahasiswa yang akan menyandang gelar sebagai sarjana perikanan dan ilmu kelautan maka sobat kosngosan seharusnya sudah mengetahui mengenai hukum dan peraturan perundang-undangan yang terkait dengan laut dan Perikanan. Oleh karena itu mata kuliah ini hadir untuk memberikan pengetahuan hukum dan aturan legal yang mengatur tentang hal tersebut

13. Mata kuliah Metode dan Analisis Survey Kelautan


Sebagaimana umumnya seorang mahasiswa untuk bisa tamat dan mendapatkan gelar sarjana haruslah menjalani proses pembuatan tugas akhir berupa karya tulis ilmiah berdasarkan serangkaian penelitian ilmiah. Nah bagi kalian yang jurusan perikanan dan ilmu kelautan wajib mengambil jurusan metode dan analisis survei kelautan ini

14. Mata kuliah Sistem Informasi Geografis


Mata kuliah ini disingkat GIS, merupakan ilmu yang mempelajari pengelolaan data informasi spasial atau sistem komputer yang memiliki kemampuan untuk membangun menyimpan mengelola dan menampilkan informasi geografis dalam sebuah database. Tentunya materi ini sangat penting untuk sobat kosngosan kuasai sebagai lulusan ilmu kelautan dan perikanan

15. Mata kuliah Selam


Nah yang terakhir bisa dikatakan merupakan suatu kegiatan praktikum menyelam bagi setiap mahasiswa Kelautan dan Perikanan. Kegiatan ini merupakan aktivitas bertahan di bawah air untuk melakukan serangkaian penelitian atau pengamatan mengenai biota laut. Jadi apabila sobat kosngosan belum pandai berenang, segera belajar renang terlebih dahulu dan mulailah untuk menyelam, apabila sudah pandai.

Kesimpulan


Sebenarnya ada lebih banyak lagi mata kuliah untuk fakultas kelautan dan perikanan ini. Kamu bisa cek langsung di berbagaai situs resmi perguruan tinggi yang menyediakan jurusan ini. Bagaimana, apakah sobat kosngosan masih tertarik mengambil jurusan ilmu kelautan dan perikanan?

Baca juga : 10 Jurusan pendidikan keguruan yang paling dibutuhkan dunia kerja

Demikianlah pembahasan mengenai beberapa mata kuliah wajib ilmu kelautan yang harus kamu ambil. Semoga kamu yang saat ini sudah menjadi mahasiswa ilmu kelautan bisa segera lulus dan mendapatkan pekerjaan yang kamu idam idamkan ya!
Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya