10 Mata kuliah wajib jurusan kedokteran yang harus kamu tahu

10 Mata kuliah wajib jurusan kedokteran yang harus kamu tahu

Kuliah jurusan kedokteran merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi seorang mahasiswa. Profesi dokter yang menjanjikan di Indonesia membuat banyak orang berlomba lomba mendaftarkan diri di perguruan tinggi terbaik seperti UGM, UI, UNS dan UNPAD. Namun tidak kuota yang terbatas serta ketatnya seleksi membuat mereka banyak yang tidak lolos. Kali ini kamu perlu mengetahui mata kuliah wajib apa saja yang ada di fakultas kedokteran untuk persiapan mu nanti sebelum mendaftar. Yuk simak pembahasannya dibawah ini.

Apakah masuk kedokteran itu harus pinta? Tentu saja tidak. Akan tetapi ada banyak sekali syarat masuk fakultas kedokteran. Katakan saja seperti tes kesehatan, cek fisik serta tes intelejensi tentunya. Selain faktor internal tersebut, ada juga streotipe yang mengatakan bahwa kuliah jurusan kedokteran sudah pasti mahal. Jelas ada banyak sekali praktek yang dikerjakan dan membutuhkan uang tentunya.

Namun itu semua bisa kamu akali dengan bantuan beasiswa. Tidak semua yang diberikan beasiswa, hanya orang yang terpilih dengan prestasi cemerlang dan keterbatasan dana yang berhak mendapatkannya. Ada banyak, kamu tinggal googling saja beasiswa kedokteran tersebut.

Lihat juga : Perbedaan jurusan ners perawat dan bidan, enakan mana?

Menjadi dokter itu penuh suka duka. Banyak pengorbanan yang harus kamu lalui seperti halnya harus siap menghabiskan masa muda mu untuk belajar dan terus praktek. Karena memang profesi dokter tidak main main, dibutuhkan skill dan pengalaman tingkat tinggi untuk mendapatkan sertifitas profesi ini.

Lalu, apa saja daftar mata kuliah wajib bagi kamu yang ingin menjalani kuliah jurusan kedokteran?


Secara umum belajar dunia kedokteran berarti tidak jauh jauh dengan belajar mengenai biologi. Kamu yang benci mata pelajaran biologi sewaktu sekolah, maka jangan sekali kali mendaftar jadi dokter.

mata kuliah wajib kedokteran

Didalam prodi kedokteran ini, kamu tidak akan menemukan sistem SKS seperti kuliah pada umumnya. Dalam menjalani kuliah seperti jurusan kedokteran, kamu akan menjalani sistem blok. Dalam 1 blok, kamu akan belajar mengenai sistem organ, mulai dari fungsi dasarnya, penyakit, dan obat yang bisa bekerja pada sistem organ tersebut.

Ada beberapa blok wajib yang ada di program studi kedokteran, diantara nya adalah sebagai berikut :

1. Blok budaya ilmiah


Dalam blok budaya ilmiah kamu akan mempelajari mengenai segala cara berpikir, cara bersikap dan berperilaku serta cara bertindak manusia yang berkecimpung dalam dunia ilmu, sesuai dengan kaidah-kaida! ilmuan dan etika ilmu

2. Blok biologi molekuler


Dalam blok ini, kamu akan mempelajari seputar ilmu yang mempelajari fungsi dan organisasi jasad hidup atau organisme yang di tinjau dari struktur dan regulasi molekuler dan komponen penyusunan nya. Suatu ilmu yang mempelajari organisasi, aktivasi dan regulasi gen pada molekul.

3. Blok imunologi


Blok ini akan mempelajari seputar sistem imun manusia seperti sistem pertahanan tubuh dan antibodi. Mempelajari seputar kemampuan tubuh untuk melawan organisme atau toksin yang cenderung merusak jaringan dan organ tubuh yang biasa disebut sebagai imunitas.

4. Blok neurologi


Seperti yang kamu ketahui, neurologi adalah ilmu yang membahas seputar sistem saraf pada manusia. Blok ini akan mempelajari dan fokus pada otak dan sistem saraf. Membahas seputar penyakit  neurologi yang kebanyakan memiliki efek melemahkan kehidupan manusia, sehingga ilmu pengobatan neurologis sangat penting bagi kompetensi dokter.

5. Blok respirasi


Ketika pelajaran biologi kita semua tahu bahwa respirasi adalah istilah untuk sistem pernafasan. Namun dalam blok ini, kamu tidak lantas mempelajari respirasi secara sempit yang mengenai pernafasan saja. Blok respirasi diperluas yang berarti transfer oksigen dari paru-paru ke aliran darah sampai tahapan sel-sel.

6. Blok reproduksi


Semua mahluk hidup berkembang karena adanya kegiatan reproduksi. Dalam blok reproduksi ini kamu akan mempelajari berbagai organ yang terlibat dalam sistem perkembang biakan manusia atau kemampuan makhluk hidup untuk menghasilkan individu baru yang sifatnya sama atau menyerupai induknya.

7. Blok kardiovaskuler


Blok kardiovaskuler akan mempelajari seputar organ jantung, komponen darah dan pembuluh darah yang masuk kedalam sistem sirkulasi darah yang berfungsi memberikan dan mengalirkan suplai oksigen dan nutrisi keseluruh jaringan tubuh yang diperlukan dalam proses metabolisme.

8. Blok THT


Blok ini akan mempelajari mengenai Telinga Hidung dan Tenggorokan atau yang disebut sebagai ilmu Otolaringologi atau Otoringolaringologi adalah cabang ilmu kedokteran yang spesial mempelajari dan mendiagnosis pengobatan penyakit telinga, hidung, tenggorokan juga kepala dan leher. Otolaringologi diambil dari 3 kata yaitu Otologi, Rinologi dan Laringofaringologi.

9. Blok psikiatri


Dalam kuliah jurusan kedokteran, blok psikiatri dinilai penting untuk mengetahui kondisi psikologis pasien. Blok ini akan mempelajari aspek kesehatan jiwa dan mental manusia serta pengaruh timbal balik yang terdapat fungsi fisiologis organo-biologis di dalam tubuh manusia.

10. Blok kedaruratan medik


Terakhir adalah blok kedaruratan medik yang khusus mempelajari dan mempraktikkan pada sebuah unit gawat darurat rumah sakit serta di tempat lainnya dimana pertolongan pertama pasien yang mengalami suatu penyakit diperlukan. Blok kedaruratan medik akan mendiagnosis dan mencoba mengobati penyakit akut dan cedera yang memerlukan tindakan yang cepat.

Baca juga : 10 Jurusan keguruan yang paling dibutuhkan dimasa depan

Sekianlah artikel yang membahas seputar 10 Mata kuliah wajib jurusan kedokteran yang harus kamu tahu kali ini, semoga bisa membantu kamu dalam menentukan pilihan jurusan apa yang akan kamu ambil nantinya ketika kuliah. Bagikan juga tulisan ini melalui media sosial milikmu ya!

Buka Komentar