10 Jurusan yang wajib diambil untuk menjadi guru sekolah

10 Jurusan yang wajib diambil untuk menjadi guru sekolah

jurusan wajib guru

Kamu bingung mau jadi guru apa? Sebenarnya ada banyak jurusan guru yang paling dibutuhkan di masa mendatang. Karena kebutuhan guru tidak akan pernah habis untuk jenjang pendidikan sd, smp dan sma maka kamu yang berniat mengambil jurusan untuk menjadi guru harus membaca artikel yang ditulis oleh mimin kosngosan berikut ini.

Salah satu syarat untuk jadi guru adalah dengan masuk universitas dan mengambil kuliah jurusan pendidikan guru. Dengan demikian maka kamu akan mempelajari berbagai mata kuliah yang memang ditujukan untuk persiapan menjadi guru nantinya.

Setidaknya mimin akan merangkum 10 jurusan yang diambil untuk jadi guru berbagai mata pelajaran dibidangnya masing masing. Baik fakultas FKIP dan Tarbiyah menjadi pilihan bagi kamu ketika nantinya akan melanjutkan studinya di perguruan tinggi.

Namun sebelumnya, kita akan berbicara terlebih dahulu mengenai prospek kerja guru dimasa mendatang. Apakah menjadi guru di masa mendatang benar-benar akan memberikan penghasilan yang lumayan? Tentu saja Ini tergantung dari kemampuan dan keahlian dalam mengajar serta ditambah dengan statusmu sebagai seorang pegawai negeri sipil.

Lihat juga : Ide mencari dana kegiatan atau event di  kampus

Semakin tinggi jabatanmu maka semakin besar pula penghasilanmu. Selain it prospek menjadi guru private dan bimbel tetap akan diperlukan selama sekolah dan pendidikan masih ada. Ini adalah alternatif pekerjaan bagi kalian yang memang ingin waktu yang lebih fleksibel.

Beberapa jurusan yang bisa kamu ambil untuk menjadi guru sekolah


Apakah menjadi satu profesi guru merupakan suatu keharusan atau tidak? Hal itu merupakan pilihan mu sendiri. Karena menjadi guru adalah salah satu profesi yang paling mulia.

(Klik disini) melihat contoh peluang kerja untuk fakultas keguruan dan ilmu pendidikan. Berikut adalah daftar beberapa jurusan pendidikan yang bisa kamu ambil :

1. Jurusan pendidikan luar sekolah


Jurusan pendidikan luar sekolah itu apa? jurusan ini merupakan salah satu jurusan perguruan yang prospektif di masa datang. Jurusan ini mencakup seluruh pendidikan non-formal pendidikan kursus kepelatihan penyuluhan pemberdayaan atau pendidikan orang tuajuga termasuk bagian dari pendidikan non formal pendidikan tulisan ini juga sangat luas cakupannya, seperti mencakup anak-anak, wanita, remaja, orang tua dan dewasa dan yang tidak bisa meneruskan pendidikan formal di sekolah.

jurusan pendidikan luar sekolah

Intinya adalah pendidikan luar sekolah merupakan pendidikan di luar kaidah pendidikan formal seperti kita diharuskan memakai seragam masuk pakai jam dan materi pelajaran yang sudah ditentukan oleh pihak sekolah dan kurikulum.Selain tentunya prospek jurusan ini juga sangat mulia karena kamu bisa mengajari anak anak jalanan yang kurang beruntung pendidikan secara non formal

2. Jurusan PGSD


Pendidikan guru sekolah dasar merupakan salah satu pendidikan Kejuruaan yang dikhususkan untuk menjadi guru SD. tetapi tidak menutup kemungkinan untuk mempelajari hal-hal yang terkait dengan pelajaran di sekolah.

jurusan pendidikan pgsd

Dan ada beberapa jurusan ini sukses selain jadi guru SD. Bagaimana dengan prospek kebutuhan lulusan jurusan ini? Guru SD akan selalu dibutuhkan dibandingkan dengan jurusan perguruan lain karena adanya program wajib belajar dari pemerintah.

Dibandingkan dengan guru mata pelajaran lain, guru PGSD harus bisa mengajarkan mata pelajaran dasar yang dipelajari di sekolah dasar. Seperti misalnya apabila kamu lupakan wali kelas 5 maka kamu harus mampu mengenali semua mata pelajaran yang ada pada kelas 5 tersebut

3. Jurusan pendidikan tata rias


Jurusan pendidikan Tata rias adalah jurusan fokus untuk menghasilkan tenaga tenaga terampil dalam merias dan membuka kursus pembelajaran tata rias itu sendiri. Bagi kamu yang menyukai bagi kamu yang menyukai tata rias kecantikan bisa menjalankan jurusan pendidikan ini.

Nanti kamu akan menjadi tenaga kerja di sekolah Kejuruan tata rias. Selain menjadi guru di SMK, kamu bisa jadi tenaga pengajar privat, atau membuka salon sendiri. Salah satu Mata kuliah wajib yang harus kamu ambil adalah tata rias pengantin. Prospek kerjanya cukup luas, kamu bisa saja yang menjadi salah satu makeup artist dengan gaji ratusan juta.

4. Jurusan pendidikan biologi


Jurusan ini memiliki tantangan tersendiri apa lagi lagi Kamu yang menyukai dunia hewan dan tumbuhan. nantinya kamu akan menjadi guru mata pelajaran biologi di mana pelajaran biologi sudah diperkenalkan mulai dari sekolah dasar hingga Sekolah Menengah Atas.

Prospek dari jurusa ini juga terbilang cukup luas, dimulai dari menjadi guru mata pelajaran biologi, membuka les privat mata pelajaran biologi atau bisa menjadi tenaga ahli penelitian di laboratorium. Selain itu kamu masih bisa mengembangkan karir sesuai dengan passion mu di bidang biologi.

5. pendidikan jurusan kimia


Kamu yang menyukai penelitian di laboratorium, menyukai fenomena alam dan unsur-unsur kimia bisa mengambil jurusan pendidikan kimia. seperti namanya nantinya kamu akan menjadi guru mata pelajaran kimia.

Kimia sendiri sudah banyak dipelajari dan diperkenalkan sejak pendidikan sekolah menengah pertama hingga Sekolah Menengah Atas. prospek kerjanya selain menjadi guru kimia, kamu bisa menjadi karyawan di perusahaan yang berproduksi di bidang kimia.

6. jurusan pendidikan fisika


Selain kimia dan biologi, fisika adalah salah satu mata pelajaran dari sains yang diperkenalkan sejak Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas.

Kamu yang menyukai rumus dan fenomena alam bisa mengambil jurusan ini. selain tentunya penuh dengan praktikum di laboratorium, kamu juga harus mempelajari materi mengenai alam semesta.

Prospek lulusan jurusan ini selain menjadi guru mata pelajaran Fisika juga bisa membuka bimbingan belajar privat di bidang fisika, atau bekerja di salah satu perusahaan yang fokus di bidang fisika.

7. Jurusan pendidikan bahasa inggris


Kamu yang menyukai bahasa asing terutama bahasa internasional yaitu bahasa Inggris bisa mengambil jurusan kuliah pendidikan bahasa Inggris. Kamu yang ngambil jurusan ini pasti akan menghadapi mata kuliah berbahasa Inggris terutama aktivitas di perkuliahan yang mengharuskan kamu Untuk bercakap bahasa Inggris.

Baca tips menguasai bahasa inggris dengan cepat disini.

Bagaimana prospek lulusan bahasa Inggris ini? selain menjadi guru bahasa Inggris, Sangat terbuka lebar untuk bekerja di kedutaan besar, sebagai penerjemah dan penulis konten berbahasa Inggris. penggunaan bahasa Inggris yang semakin marak menjadikan jurusan ini sangat diminati dan prospektif di masa depan.

7. Jurusan Pendidikan bahasa mandarin


selain bahasa Inggris, bahasa Mandarin merupakan salah satu bahasa yang banyak digunakan di dunia. Sehingga kebutuhan akan tenaga kerja yang mampu berbahasa Mandarin cukup banyak dibutuhkan.

jurusan pendidikan bahasa mandarin china

bagi kamu yang menyukai Sastra Cina akan mempelajari berbagai macam budaya bahasa dan juga Sastra Cina yang ada di dalam masyarakat. tentunya kamu akan difokuskan menjadi guru mata pelajaran bahasa Mandarin.

Selain itu ada beberapa prospek pekerjaan yang akan kamu dapatkan seperti menjadi seorang penerjemah di kedutaan besar atau Kementerian Luar Negeri, menjadi jurnalis atau penulis konten berbahasa Cina.

8. Jurusan pendidikan PPKN


jurusan pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan merupakan salah satu jurusan yang harus kamu ambil apabila ingin menjadi salah satu guru mata pelajaran di sekolah.

lulusan ini akan dibekali dengan pengetahuan etika kepekaan dan keterampilan serta kemampuan pendidik yang profesional dibidang PPKN. selain Intinya kamu akan menjadi guru PPKN, kamu bisa menjadi konsultan dan pengelolaan data penelitian serta menjadi entrepreneur atau penyelenggara pendidikan non-formal di bidang Pancasila dan Kewarganegaraan.

9. Jurusan pendidikan Matematika


Selain gemar berhitung dan bergelut dengan angka dan rumus, kamu juga yang menyukai penerapan dalam bidang matematika bisa mengambil jurusan ini sebagai salah satu tujuan karier mu di masa depan.  Menjadi guru mata pelajaran matematika menjadi pilihan utama dalam pekerjaan mu kelak setelah lulus.

Profesi guru matematika menjadi sebuah profesi yang menantang dan sekaligus menarik di era kemajuan teknologi dan persaingan global. Fakta mata pelajaran matematika yang sulit, tidak mampu membendung mu untuk menjadi guru matematika yang handal.

Selain menjadi guru kamu juga bisa mengajar private dan kursus di lembaga bimbel atau membuka usaha lain yang masih berkaitan dengan matematika seperti jadi konsultan data dan ahli statistik. Ini menjadi modal dasar bahwa mereka telah melihat peluang di balik tantangan.

10. Jurusan pendidikan ekonomi


Pendidikan ekonomi merupakan salah satu bidang yang sangat dibutuhkan dimasa mendatang. Kamu yang berasal dari basic IPS ketika sma atau smk bisa mengambil jurusan ini agar nantinya pemahamanmu linier.

Kamu diharuskan mampu memahami isu atau permasalahan sentral di bidang pendidikan ekonomi, serta mampu mengkaji, menganalisis dan mengembangkan secara efektif dan efisien baik secara sektoral, nasional maupun internasional. Ekonomi makro dan mikro juga harus dipahami dan dikuasai secara matang.

Adapun tamatan ini memiliki prospek besar dibidang guru mata pelajaran IPS atau ekonomi, kamu juga bisa berkecimpung di bidang bisnis, perbankan dan pemerintahan. Kamu juga bisa menjadi peneliti serta konsultan finansial di perusahaan asuransi, perbankan, koperasi, multi finance serta lembaga swadaya masyarakat.

Baca juga : Kuliah jurusan desain interior, kelebihan dan kekurangannya

Setelah membaca artikel mengenai Jurusan yang wajib diambil untuk menjadi guru sekolah kali ini, maka diharapkan kamu bisa menentukan dibidang apa nantinya amu akan berkarier. Semoga pilihan mu akan menjadi guru bisa terlaksana dan kamu bisa menjadi salah satu pahlawan pendidikan di negeri ini.
Buka Komentar