Contoh Makalah Integrasi Nasional dan Faktor Pendorongnya

Makalah Integrasi Nasional

Kamu yang sedang mencari Makalah Integrasi Nasional bisa mengunjungi kosngosan untuk mendapatkan materi dan makalah yang kamu cari berikut. Sebelum mendownload Makalah Integrasi Nasional ada baiknya kita membahas sekilas mengenai Integrasi Nasional seperti apa.

Integrasi Nasional (National Integrated) merupakan sekumpulan upaya yang menciptakan process mempersatukan (unite) perbedaan yang terdapat pada suatu bangsa atau negara sehingga terbentuklah suatu keserasian dan keselarasan dalam ruang lingkup negara atau bangsa tersebut.

Seberapa penting sih integrasi nasional tersebut ? Bisa dikatakan sebagai perekat untuk mempersatukan kemajemukan dan pluralitas yang ada di tengah tengan masyarakat Indonesia. Karena seperti yang kita ketahui, indonesia terdiri dari berbagai suku dan kebudayaan di berbagai daerah. Apabila kita tidak bisa menciptakan integrasi nasional, maka kekuatan persatuan indonesia akan melemah

Baca juga : Contoh Bentuk Bela Negara Secara Fisik dan Non Fisik di Indonesia

Kemungkinan terburuknya adalah banyaknya gerakan sepratis yang menginginkan pemisahan dari NKRI, atau banyaknya pihak asing yang mencoba menganggun stabilitas nasional. Hal tersebut tentunya akan merugikan diri kita sendiri. Oleh karena itu, mempelajari integrasi nasional perlu untuk mengetahui seberapa pentingnya hal ini.

Pengertian Integrasi Nasional


Integrasi Nasional adalah upaya mempersatukan Indonesia yang terkenal majemuk dan plural. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) mengartikan integrasi sebagai pembauran sehingga menjadi satu kesatuan yang utuh atau bulat.

Sedangkan istilah “Nasional” mempunyai pengertian kebangsaan, Berkenaan atau berasal dari bangsa sendiri dan meliputi suatu bangsa, misalnya cita-cita nasional, tarian nasional, perusahaan nasional dan lain sebagainya.

Secara Politis Integrasi Nasional berarti penyatuan berbagai kelompok budaya dan sosial dalam kesatuan wilayah nasional yang membentuk suatu identitas nasional.

Secara Antropologi Integrasi Nasional berarti bahwa proses penyesuaian diantara unsur-unsur kebudayaan yang berbeda sehingga mencapai suatu kesatuan fungsi di dalam kehidupan masyarakat

Dalam Makalah Integrasi Nasional ini, kamu akan mendapatkan materi tentang cara memahami Pengertian Integrasi Nasional, Mengetahui Pentingnya Integrasi Nasional, mengetahui Strategi Dalam Integrasi Nasional, Memahami Faktor-Faktor Integrasi Indonesia, Untuk Memahami Integrasi Nasional Di Indonesia dan berbagai contoh wujud integrasi nasional.

Kita ketahui dengan wilayah dan budaya yang melimpah, menjadikan bangsa indonesia akan menghasilkan karakter atau manusia manusia yang berbeda pula sehingga dapat mengancam keutuhan bangsa Indonesia. Ada banyak Faktor-faktor pendorong integrasi nasional yang bisa kita lakukan. Dan itu semua adalah  upaya kita dalam menciptakan integritas kemandirian bangsa, menjaga nilai nilai "Bhinneka Tunggal Ika"

Berikut adalah contoh pendorong terjadinya integrasi nasional :

  • Adanya rasa keinginan untuk bersatu agar menjadi negara yang lebih maju dan tangguh di masa yang akan datang.
  • Adanya sikap kedewasaan di sebagian pihak, sehingga saat terjadi pertentangan pihak ini lebih baik mengalah agar tidak terjadi perpecahan bangsa.
  • Adanya rasa senasib dan sepenanggungan
  • Adanya rasa dan keinginan untuk rela berkorban bagi bangsa dan negara demi terciptanya kedamaian
  • Rasa cinta tanah air terhadap bangsa Indonesia
  • Adanya rasa untuk tidak ingin terpecah belah, karena untuk mencari kemerdekaan itu adalah hal yang sangat sulit.

Pada akhirnya Integrasi nasional sangat penting untuk diwujudkan dalam kehidupan masyrakat Indonesia dikarenakan Indonesia merupakan negara yang masih berkembang atau dapat dikatakan negara yang masih mencari jati diri.

Download Makalah Integrasi Nasional disini

Panduan download :

Setelah kamu meng click link dibawah ini, kamu akan diarahkan pada tab baru berisi halaman safelink. Tunggu lima detik, kemudian klik link yang muncul. Kamu akan langsung mendapatkan filenya.

Baca juga : Mahasiswa Anti Pancasila Dikeluarkan Dari Kampus

Selain itu, integrasi nasional sangat penting untuk diwujudkan karena integrasi nasional merupakan suatu cara yang dapat menyatukan berbagai macam perbedaan yang ada di Indonesia. Terimakasih telah berkunjung di kosngosan. Demikian artikel mengenai Makalah Integrasi Nasional ini, semoga bermanfaat.
By

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel