Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Daftar Pustaka Skripsi, Tesis, Disertasi Lengkap

Apakah kamu sedang mencari contoh daftar pustaka untuk skripsi, tesis, disertasi atau karya tulis ilmiah lainnya yang sesuai dengan kaidah penulisan baku? Kita akan memberikan panduan sekaligus contoh daftar pustaka dalam format doc menggunakan bantuan aplikasi microsoft word supaya kamu tahu membuat daftar pustaka yang baik dan benar sesuai aturan dalam pembuatan karya tulis ilmiah. Karena Daftar Pustaka merupakan bagian yang sangat penting untuk menampilkan daftar sumber referensi dari makalah atau karya tulis ilmiah yang telah dibuat

Siapa yang pernah membuat makalah, laporan , jurnal, skripsi, tesis, atau disertasi? Hampir seluruh karya tulis ilmiah pasti mengenal bagian yang satu ini. Ya, Daftar Pustaka. Banyak dari sobat kosngosan memang sudah akrab dengan pembuatan daftar pusta.

Sampai muncul pepatah, seperti "Kamu tidak akan bisa selesai menjadi mahasiswa kalau belum selesai membuat skripsi" Dan membuat skripsi sudah barang tentu harus membuat daftar pustaka

Secara definitif daftar pustaka bisa diartikan sebagai daftar yang isinya berupa list semua buku atau tulisan ilmiah yang dimanfaatkan untuk rujukan dan referensi dalam melakukan suatu penelitian. Ketika kamu membuat skripsi, tentunya kamu membutuhkan yang namanya sumber literasi untuk mendukung teori atau hipotesa yang kamu buat. Dan oleh karena karya tulis ilmiah harus sesuai dengan fakta, maka harus jelas sumbernya. Hal inilah yang membuat keberadaan daftar pustaka sangat penting

Lalu apa saja manfaat positif yang bisa kamu dapatkan dalam penulisan daftar pustaka di skripsi mu? Beberapa manfaat dari penulisan daftar pustaka diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Untuk memenuhi etika penulisan
  • Sebagai ucapan terima kasih penulis kepada sumber data penelitian
  • Sebagai pendukung ide seorang penulis
  • Sebagai ptunjuk dalam melacak kebenaran data yang diambil
  • Sebagai referensi silang (menunjukkan pada halaman atau bagian data terkait dituliskan)

Baca juga : Cara Pembuatan Makalah yang Baik dan Benar


Contoh Penulisan Daftar Pustaka


contoh daftar pustaka

Secara umum, ada aturan baku penulisan daftar pustaka yang perlu kita ketahui, diantaranya :

1. Pada penulisan nama, kamu tidak perlu mencantumkan gelar pendidikan. Selanjutnya bagi penulis yang memiliki marga atau gelar kesukuan, maka penulisan tersebut harus ditulis paling depan.

2. Nama penulis ditulis paling awal. Tuliskan nama belakang penulis terlebih dahulu, kemudian dilanjutkan dengan tanda koma (,) setelah itu cantumkan nama depan dan tengah penulis buku tersebut.

3. Kemudian tuliskan tahun terbit sumber. Jangan salah menulis pada angka tahun terutama yang memiliki tahap cetakan. Cek lagi pada cetakan keberapa sumber tersebut di terbitkan. Karena bisa saja buku tersebut merupakan cetakan terbaru atau yang lama.

4. Untuk format penulisan judul sumber menggunakan italic (cetak miring) pada setiap katanya atau garis bawah (underline). Adapun Jarak antar dua sumber literatur diberikan dua spasi.

5. Pada bagian akhir daftar pustaka, kita perlu mencantumkan kota penerbitan dan nama penerbit sumber. Dahulukan penulisan daerah atau tempat penerbitan, baru diikuti dengan nama instansi penerbit dengan membatasinya dengan tanda titik dua (:)

6. Untuk format penulisan daftar pustaka dibedakan tergantung dari sumbernya, apakah dari internet, buku, jurnal atau karya ilmiah lainya. Karena sudah ditetapkan dalam peraturan pemerintah dalam undang-undang menulis daftar pustaka. Selanjutnya kita bahas dibawah ini.


Contoh Daftar Pustaka dari Buku


Penulisan Daftar Pustaka dari sumber buku, dimulai dari nama akhiran penulis ditulis paling awal. Cantumkan tahun terbit dari buku yang kalian gunakan sebagai referensi. Tuliskan judul buku referensi secara lengkap dengan italic atau underline.

Kemudian mencantumkan kota penerbitan dan nama penerbit yang mencetak buku tersebut. LIhat contoh daftar pustaka berikut ini :

Silver, John F. 2010. Success 4. Bandung: Indonesia Publishing House

Jogianto, H.M. 2001. Analisis dan Desain: Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis. Yogyakarta: Andi


Contoh Daftar Pustaka dari Artikel Jurnal


Penulisan Daftar Pustaka dari Artikel Jurnal, Koran atau Majalah, tidak ada perbedaan mencolok antara format penulisan daftar pustaka dari buku dan artikel dari jurnal. Untuk judul sumber tidak diberi huruf miring atau garis bawah. Tetapi cukup menggunakan tanda petik. Selain itu terdapat perbedan urutan, contoh :

Reza, Muhammad. 2018. “Pengembangan Website Informasi Kelapa Sawit Pedia” dalam JOM : Jurnal Online Mahasiswa UNRI Volume 1 (hlm. 123-129). Pekanbaru: Universitas Riau.


Contoh Daftar Pustaka dari Koran


Koran atau media surat kabar umum adalah sumber informasi yang kredibel dan bisa dijadikan sebagai referensi bagi karya tulis ilmiah seperti skrpsi, tesis dan disertasi. Adapun yang harus ada dalam penulisan daftar pustaka yang bersumber dari KORAN yaitu:

Nama Penulis, Tahun, Judul Artikel Koran, Nama Korannya, Tanggal Terbit, Halaman

Contoh daftar pustaka koran antar lain sebagai berikut :

Harahap, Reza. 2021. Terkuaknya Skandal BLBI dalam Pemerintahan SBY. KOSNGOSAN MERDEKA. 25 Januari. Hal. 29

Bella, Suci. 2021. Bisingnya Kota Bangkinang. WARTA RIAU. 12 Oktober. Hal 11


Contoh Daftar Pustaka dari Majalah/Brosur


Selain dari sumber yang lain, majalah atau brosur juga bisa dijadikan sebagai sumber referensi dari karya tulis ilmih. Olah karena itu daftar pustaka dari Majalah bisa menjadi referensi penulisan penelitian lainnya, dengan format :

Nama Penulis. Tahun Penerbitan. “Judul Artikel”. Nama Majalah/Brosur Nomor edisi

Harahap, Reza. 2021. Teknik Budidaya Sayuran Organik Kangkung menggunakan Media Kriket. Trubus Edisi XX (20 Januari 2021)

Nanda, Rahma. 2021. Industri Batik Nasional dalam Fashion Terkini. Fashion Style Edisi XI (20 Maret 2021)


Contoh Daftar Pustaka dari Skripsi/Tesis/Disertasi


Lalu bagaimana cara menuliskan daftar pustaka dari sumber penelitian yang berbetuk skripsi, tesis atau disertasi? Sebenarnya sama saja dengan yang lainnya. Perhatikan beberapa komponen berikut ini:

Nama Penulis, Tahun, Judul Skripsi, Tesis atau Disertasinya (Ditulis Miring), Nama Prodi atau Jurusan, Nama Fakultas, Nama Universitas

Contoh penulisan daftar pustaka dari skripsi, tesis atau disertasi coba lihat dibawah ini :

Bella, Lestari. 2021. Skripsi. Pengembangan Media Informasi E-Budget Integratif Kota Bangkinang. Ekonomi Syariah. Fakultas Ilmu Ekonomi dan Sosial. Universitas Islam Syarif Kasim Riau

Harahap, Reza. 2021. Tesis. "Pengembangan Website Informasi Kelapsawitpedia untuk sistem Agribisnis". Manajemen Agribisnis. Fakultas Pertanian. Universitas Riau.


Contoh Daftar Pustaka dari Internet


Penulisan Daftar Pustaka dari Internet memang banyak yang suka. Ini yang paling sering ditulis dan paling sering salah. Karena era internet sekarang, maka penulis kebanyakan malas mengambil sumber dari jurnal maupun buku.

Selain simpel dan tidak banyak menguras waktu, kamu harus memperhatikan betul sumbernya. Pastikan sumber yang kamu dapat berasal dari website yang terpercaya, seperti misalnya wikipedia. Jangan jadikan blog yang tidak jelas kredibilitasnya untuk menjadi sumber makalah.

Penulisan daftar pustaka dari internet dimulai dari nama, tahun penayangan, judul artikel, URL Postingan dan waktu kunjungan atau akses. Sebagai contoh berikut dijelaskan :

Harahap, Reza. 2018. “Indonesia Mengirim 10.5 Ton Bantuan Kepada Pengungsi Rohingya”, https://news.detik.com/berita/d-3831248/indonesia-kembali-kirim-105-ton-bantuan-untuk-pengungsi-rohingya, diakses pada 24 Januari 2018 pukul 15.30

Nah bagaimana, apakah kalian sudah mengerti cara membuat daftar pustaka baik dan benar serta yang sesuai aturan? Jika perlu, mimin sudah sediakan dibawh ini contoh daftar pustaka yang mimin buat untuk skripsi mimin.

Pada akhirnya, kemampuan kita dalam membuat daftar pustaka akan menjadi lebih baik dengan membaca pembahasan kali ini.

Daftar Pustaka yang baik bukan hanya berpengaruh positif pada struktur makalah secara keseluruhan, tetapi juga merupakan wujud upaya kita dalam menghargai setiap pendapat, teori dan hasil penelitian orang lain yang kita pakai untuk membantu pengembangan karya tulis kita

Apabila sobat masih bingung, bisa menonton panduan video yang sudah mimin upload di channel youtube milik kosngosan dibawah ini, bagaimana cara membuat daftar pustaka yang baik dan benar. Tinggal click tombol play :




Contoh Daftar Pustaka Umum


Berikut contoh daftar pustaka yang bisa sobat kosngosan ambil sebagai referensi untuk membuat daftar pustaka yang sesuai kebutuhan. Karena setiap karya tulis ilmiah selalu membutuhkan sumber referensi yang valid


Eliza dan E. Maharani. 2005. Manajemen Pemasaran Teori dan Analisis. Buku Ajar Jurusan Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Riau. Pekanbaru

Kristanto, A. 2003. Perancangan Sistem Informasi dan Aplikasinya. Gava Media. Bandung.
Kumorotomao, W. 2001. Sistem Informasi Manajemen. CV Andi Ofset. Jakarta.

Marius, P. dan F. Pinontoan. 2013. Penggunaan Internet Sektor Bisnis 2013 (e-book). Tersedia : http://apjii.or.id/ (Diakses pada tanggal 20 Mei 2015)

Rahman, S. 2014. Cara Mudah Memakai Joomla 3.3. PT. Elex Media Komputindo. Jakarta.
Rangkuti, F. Measuring Customer Satisfaction. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Sunarko. 2012. Membangun Kebun Mini Kelapa Sawit di lahan 2 Hektar. Agromedia. Jakarta.

Sultoni, A. 2013. Pengaruh Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar Sejarah Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI IPS SMA N 1 Wiradesa Kabupaten Pekalongan Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi Sarjana Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Islam Attahiriyah. Jakarta.

Supranto, J. 2001. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikkan Pangsa Pasar. Rineka Cipta. Jakarta





Pengertian Daftar Pustaka


Daftar Pustaka adalah suatu daftar yang isinya mengenai semua sumber atau referensi yang digunakan untuk bahan acuan dalam penulisan karya ilmiah seperti Makalah, Skripsi, Tesis, Disertasi dan lainnya.

Penulisan daftar pustaka ini harus benar-benar sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. Tidak boleh sembarangan menulis dengan format acak acarakan dalam pembuatan daftar pustaka. Ada aturan penulisan yang kalau boleh dibilang jarang untuk kita perhatikan.

Hampir dari kita masih menyepelekan penulisan daftar pustaka ini. Baik Mahasiswa, Dosen, Guru dan Siswa tidak boleh mencantumkan nama atau judul buku, artikel, jurnal dan dokumen lainnya baik cetak maupun internet yang tidak terdapat dalam daftar pustaka ini.

Setelah berhasil membuat bagian utuh dari makalah, maka langkah selanjutnya adalah untuk mencantumkan sumber dan referensi yang dikutip di setiap pernyataan atau teori dalam makalah dengan membuat Daftar Pustaka.

Banyak dari kita yang menulis makalah mengalami kesulitan dalam hal penulisan daftar pustaka yang baik dan benar dalam akhir tulisannya. Tanda baca dan urutan selama penulisannya menjadi momok yang membuat seseorang terlalu malas untuk mencantumkan berbagai referensi sumber dari tulisannya. Memang hal paling penting adalah memperhatikan urutan abjad dan tanda bacanya.

Manfaat Daftar Pustaka sangat penting bagi sebuah karya tulis ilmiah. Diantara lain Daftar pustaka sebagai Ciri khas Karya Tulis Ilmiah itu sendiri, Sebagai Rujukan, Kajian atau Sumber Ilmu Pengetahuan terkait, Untuk Memberikan Kepuasan Batin untuk Penulis, Penerbit dan Sebagainya

Selain itu juga bermanfaat untuk mengetahui kota atau tempat terbit, untuk Membangun Kepercayaan Pembaca serta Membantu Pembaca mencari bahan bacaan atau ilmu pengetahun terkait isi karya tulis.

Baca juga : Membuat Lembar Pengesahan yang Baik dan Benar


Kata Penutup


Daftar pustaka yang baik tentunya harus bisa memberikan informasi mengenai sumber dan literasi yang menjadi landasan penulis untuk membuat karya tulis seperti makalah, laporan atau skripsi. saat ini penulisan daftar pustaka lebih mudah karena sudah bisa menggunakan bantuan aplikasi pengolah kata seperti ms word, wps dan king office.

Demikian pembahasan kita mengenai cara membuat daftar pustaka yang sesuai, dan yang baik dan benar. Semoga dapat bermanfaat bagi kalian untuk membuat makalah yang berkualitas dan mendapatkan nilai yang bagus. Jangan lupa share pembahasan kali ini ke sosial media mu juga ya, supaya teman teman yang lain bisa mendapatkan pengetahuan juga.
Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya