Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Paper Kuliah yang Baik dan Benar

Kamu sedang mencari contoh paper tugas kuliah untuk individu maupun kelompok dalam format word? Kamu bisa mengikuti panduan sesuai dengan aturan baku yang telah ditetapkan untuk format penulisan karya tulis ilmiah dibawah ini.

Oleh karena itu, kamu perlu mengikuti pembahasan kita berikutnya mengenai cara menulis paper yang baik dan benar baru kemudian mulai melihat contoh paper yang paling ideal

Membuat karya tulis seperti paper merupakan bentuk kegiatan yang dapat membuahkan kajian tentang satu topik permasalahan yang mendetail. Dalam membuat paper yang baik dan benar, kita haruslah melakukan penelitian, yakni kita melakukan riset pada sumber bacaan atau melakukan studi kasus pada objek penelitian.

Bagi yang melakukan penelitian dengan data sekunder, bisa mendapatkan sumber bacaan dari buku, dapat majalah, atau mungkin saja surat khabar serta sumber internet. Info yang kita gunakan sebagai poin-poin pendukung alasan ataupun pernyataan yang ditulis dalam paper.

Bagi kalian yang mendapatkan tugas individu ataupun kelompok untuk membuat paper yang diberikan oleh dosen, maka kalian bisa mengikuti pembahasan kali ini. Paper seperti makalah, tetapi beda struktur.

Persamaannya menurut mimin hanyalah bikin mumet sama seperti makalah. Itu jika waktu deadlinenya mepet. Maka dari itu, usahakan mengerjakan paper jauh hari sebelum tenggat waktu usai.

Karena kebanyakan dari kita paling sering menerapkan SKS dalam kehidupan sehari hari. Sistem Kebut Semalam ini paling tidak sehat. Karena akan membuatmu begadang semalam suntuk. Lagian tidak ada untungnya SKS diterapkan. Karena hanya akan merugikan kesehatan.

Oleh karena itu, kita akan bahas cara mengerjakan paper yang baik dan benar.

Baca juga : Cara Menulis Makalah Kuliah yang Baik dan Benar

Pengertian Paper

contoh paper kuliah word

Paper yang dimaksud pada pembahasan kali adalah jenis karya tulis ilmiah, bukan paper dalam artian kertas jika diterjemahakan dari bahasa inggris. 

Apa itu paper? defenisi Paper adalah sejenis karya tulis ilmiah yang ditulis lebih terperinci daripada makalah, berdasarkan penelitian yang dilakukan dan memiliki unsur detail, ringkas dan tanpa bab subbab.

Paper biasanya ditulis maksimal 6 -10 halaman saja. Paper bisa menjadi bentuk rangkuman atau intisari dari tugas akhir yang kita lakukan. 

Untuk struktur penulisannya, paper biasanya ditulis pada satu atau dua kolom, tergantung kebutuhan dan peraturan disetiap institusi pendidikannya.


Perbedaan Paper dan Makalah

Ada beberapa ciri yang membedakan kedua karya tulis ilmiah antara paper dengan makalah ini, diantaranya adalah sebagai berikut :
  • Paper lebih singkat dan maksimal 6 halaman. Sedangkan makalah jauh lebih banyak membahas dan halamannya sudah pasti lebih dari 6 halaman.
  • Paper tidak terdiri dari bab dan subbab, sedangkan Makalah terdiri dari Bab dan Subbab
  • Paper terkadang ditulis dua kolom atau satu kolom, sementara makalah harus ditulis satu kolom saja.
  • Paper terkadang memiliki abstrak, sementara makalah tidak.
  • Paper membahas permasalahan secara lebih terperinci, sedangkan makalah membahas masalah secara gamblang dan luas

Struktur Penulisan Paper
  1. Judul paper yang ditulis, terdiri dari nama, nim (nomor induk mahasiswa), nama universitas, fakultas dan tahun pembuatan.
  2. Pendahuluan terdiri dari pengenalan terhadap pokok permasalahan dalam penelitian dan ruang lingkup yang akan dibahas.
  3. Konstruksi argumen terdiri dari cara menguraikan informasi yang mendukung gagasan pokok.
  4. Kesimpulan merupakan bentuk intisari hasil  dan argumentasi penulis yang telah dirumuskan berdasarkan hasil yang telah diperoleh.
  5. Daftar Pustaka merupakan sumber atau referensi dari penelitian dan argumen yang ada dalam paper.


Contoh Paper Kuliah

Contoh paper yang akan mimin berikan dibawah ini berasal dari skripsi atau tugas akhir mimin sendiri ketika menjadi mahasiswa di salah satu universitas negeri di pekanbaru. 

Jadi kamu bisa mengetahui struktur paper yang sebenarnya dari sini. Kamu juga bisa mendownload atau mencopynya langsung dari bawah ini.


Contoh Paper Kuliah

Judul : Inflasi dan Pengaruhnya bagi Perekonomian Indonesia

Inflasi adalah kenaikan harga-harga secara umum dalam suatu perekonomian. Hal ini dapat terjadi karena berbagai faktor, seperti kenaikan harga bahan baku, kenaikan biaya tenaga kerja, atau kenaikan tingkat suku bunga. Inflasi dapat menyebabkan kesulitan bagi perekonomian, karena dapat menyebabkan kenaikan harga barang dan jasa yang dibutuhkan masyarakat.

Salah satu faktor yang dapat menyebabkan inflasi adalah kenaikan harga bahan baku. Hal ini dapat terjadi karena berbagai sebab, seperti kenaikan harga minyak dunia, kenaikan harga bahan baku lainnya, atau kenaikan biaya transportasi. 

Kenaikan harga bahan baku dapat menyebabkan kenaikan harga barang yang dibuat dari bahan baku tersebut, sehingga menyebabkan inflasi.

Faktor lain yang dapat menyebabkan inflasi adalah kenaikan biaya tenaga kerja. Hal ini dapat terjadi karena berbagai sebab, seperti kenaikan upah minimum, kenaikan biaya tunjangan kesehatan, atau kenaikan biaya jaminan sosial. Kenaikan biaya tenaga kerja dapat menyebabkan kenaikan harga barang dan jasa, sehingga menyebabkan inflasi.

Selain itu, kenaikan tingkat suku bunga dapat juga menyebabkan inflasi. Tingkat suku bunga yang tinggi dapat menyebabkan kenaikan harga barang dan jasa, karena perusahaan akan menaikkan harga barang dan jasa untuk menutupi kenaikan biaya pinjaman. 

Selain itu, tingkat suku bunga yang tinggi dapat juga menyebabkan penurunan permintaan, sehingga menyebabkan kenaikan harga barang dan jasa.

Inflasi juga dapat menyebabkan masalah pada perekonomian, seperti menurunnya daya beli masyarakat. Kenaikan harga barang dan jasa dapat menyebabkan masyarakat tidak mampu untuk membeli barang dan jasa yang dibutuhkan, sehingga menyebabkan penurunan permintaan. 

Selain itu, inflasi dapat juga menyebabkan kesulitan bagi perusahaan, karena kenaikan harga barang dan jasa dapat menyebabkan penurunan laba perusahaan.


Download Paper Kuliah Word Docx

Berikut adalah contoh paper kuliah yang dapat mimin ulas. Seperti contoh paper dibawah ini, jangan lupa juga sertakan identitas lengkap penulis dan pembimbing. 

Jangan lupa sebelum masuk ke pendahuluan seharusnya ada kata pengantar, dna juga memberi tulisan abstrak.



Kalian juga bisa mengunduh contoh paper diatas dengan mengklik Contoh Paper Kuliah

Petunjuk download

Sebelum mendownload, kamu akan diarahkan ke halaman safelink. Tunggu 5 detik sehingga muncul tombol download. Setelah itu kamu akan diarahkan ke halaman google drive dan bisa langsung download file-angket-nya.

Kata Penutup

Demikian pembahasan kita mengenai paper kuliah ini, semoga dapat membantumu dalam mengerjakan tugas paper yang diberikan oleh dosen atau tentormu. Ayo jangan tunda lagi buat mengerjakan paper. Ingat, besok sudah hari senin!
Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya