Contoh Pembuatan Business Plan Sederhana Usaha Mahasiswa format doc

Contoh Pembuatan Business Plan Sederhana Usaha Mahasiswa format doc

Baca juga :

Bisnis plan atau rencana bisnis banyak dipakai oleh kalangan pelaku usaha dalam memulai bisnisnya. Bagi anak kuliah dengan ide kreatif, membuat bisnis plan menjadi salah satu nilai lebih agar proposal bisnis mu bisa diterima. Seperti apa cara membuatnya? kali ini kosngosan akan membahasnya untuk kalian. Simak terus artikelnya.

Business Plan sendiri adalah dokumen yang berisi perencanaan, ide pokok dalam memulai bisnis serta berbagai aspek yang mendasari kamu dalam memulai suatu usaha. Rencana ini mencakup rincian tentang strategi, konsep, tujuan, sasaran, dan target yang akan dicapai dalam bisnis ketika sudah mulai digerakkan.

Bila kamu ingin bisnismu berjalan lancar, maka ada baiknya untuk memiliki rencana yang matang, dan di situlah rencana bisnis sangat bermanfaat. Ibarat blue print bagi arsitek, business plan bisa mematangkan setiap keputasan yang kamu ambil supaya lebih tepat sasaran.

Menurut Harvard Business Review, membuat bisnis plan dalam suatu startup akan lebih menunjang keberhasilan bisnismu dimasa depan. Ada banyak mahasiswa yang belum terbiasa dalam membuat rencana bisnis ini, terutama jika kamu belum pernah membuatnya sama sekali.

Baca juga : Pilih kerja kantoran atau menjadi pengusaha ketika lulus kuliah

Pada dasarnya bisnis plan memiliki tujuan seperti mengenali sifat dasar dan konteks kesempatan berusaha, melakukan pendekatan mutakhir untuk eksploitasi kesempatan bisnis, dapat mengenali faktor yang memengaruhi suksesnya suatu bisnis dan sebagai penyediaan alat untuk bisnis.

Untungnya kamu sudah disini, maka dari itu kamu bisa mengikuti beberapa tips simpel berikut, agar kamu bisa menghasilkan rencana bisnis yang matang dan bisa meraih tujuan bisnis mu secara efektif dan efisien.

Tips membuat bisnis plan bagi mahasiswa yang menarik


business plan

Berikut adalah beberapa langkah yang bisa kamu ambil dalam teknik pembuatan bisnis plan yang baik dan benar :

Melakukan penelitian yang ekstensif


Demi menghasilkan rencana bisnis yang matang, maka kamu harus mengenal bisnis atau kegiatan yang akan kamu lakukan baik dari dalam maupun dari luar. Kamu sebaiknya fokus untuk melakukan penelitian bisnis baru kemudian beranjak menulis rencana bisnis.

Pelajari setiap aspek supaya kamu dapat menjawab setiap item yang mungkin akan ditanyakan oleh investor atau sponsor dalam bisnis mu nanti, seperti misalnya produk / layanan, target konsumen, pengeluaran, persaingan, area bisnis dan banyak lagi.

Seperti contoh bila kamu ingin membuka bisnis jualan jus di lingkungan kampus, maka kamu perlu tahu mengapa ada penjual jus sebelumnya yang gulung tikar. Lakukan apa yang bisa kamu lakukan untuk mengidentifikasi kesalahan tersebut untuk memperbaikinya dikemudian hari.

Susun perencanaan dimulai dari dalam pikiran


Sebelum menulis business plan ke bentuk kertas, susun dan pertimbangkan terlebih dahulu didalam pikiran mu mengenai rencana bisnis itu. Pertahankan apa yang potensial dan buang apa yang akan merusak bisnis.

Menggunakan nalar dan logika bisa menjadi senjata terbaik untuk menyusun perencanaan. Setelah matang, barulah mulai tulis setiap bab per bab dari rencana bisnis mu. Tidak perlu banyak gaya, yang penting enak dibaca dan tidak mengalihkan dari tujuan awal kamu, yaitu meyakinkan sponsor untuk memberikan dana miliknya.

Menggunakan elemen visual


Rencana bisnis adalah dokumen formal yang berisi data dan hasil analisis yang kredibel, jadi penggunaan gambar yang tepat akan dapat meningkatkan pemahaman pembaca dan juga memberikan sajian informasi yang lebih menarik.

Lihat juga : Contoh penulisan makalah proposal yang baik dan benar

Elemen visual cukup penting untuk dimasukkan ke dalam rencana bisnis. Gambar seperti grafik, kurva dan sebagainya tidak hanya membuat rencana bisnis terlihat lebih menarik namun juga lebih relevan dan dapat membantu pembaca dalam memahami isinya. Kamu bisa menggunakan banyak aplikasi online gratis untuk  membuat gambar infografis dan pemasaran yang menakjubkan sesuai selera mu.

Membuat rencana bisnis yang fleksibel


Walaupun data yang disajikan dalam business plan itu bersifat statis, namun untuk penyampainya harus bisa dibuat lebih fleksibel. Kamu bisa menampilkannya dengan cara yang berbeda untuk setiap pembaca tergantung pada kebutuhan mereka dan tergantung dari apa yang paling mereka minati.

Bila kamu masih bingung dengan tips diatas, ada baiknya kamu langsung saja scrool contoh perencanaan bisnis untuk mahasiswa dibawah ini, semoga bermanfaat !

Contoh business plan sederhana untuk mahasiswa


Setelah mengetahui teknis pembuatan business plan yang baik, apabila kamu masih bingung dalam membuatnya, tenang saja mimin akan memberikan contoh sederhananya untuk kalian. Cukup scrool contoh file nya dibawah ini.



Itu adalah dokumen word yang diembed dari google document. Bila kamu melihat letaknya sedikit berantakan, mungkin karena hasil embed yang masih tidak compatible. Contoh business yang asli teratur, tidak seperti diatas. Kamu bisa preview atau langsung mengunduh file nya dalam bentuk doc setelah mengklik tautan disini.

Petunjuk : Setelah klik tautan, kamu akan diarahkan ke halaman safelink. Tunggu 5 detik hingga muncul tombol download. Klik dan kamu akan dibawa ke google drive dan bisa segera melakukan proses pengunduhan.

Pada contoh diatas, adalah rencana pembuatan bisnis telur organik dari mahasiswa peternakan. Kemudian perhatikan bahwa setiap business plan selalu memberikan bab per bab, dimulai dari pendahuluan, ringkasan bisnis, visi misi, analisis bisnis, deskripsi usaha, rencana produksi, rencana pemasaran,struktur perusahaan, resiko usaha, analisis keuangan, hingga bagian penutup.

Tentunya beberapa bagian diatas tidak semuanya wajib dimasukkan. Tergantung dari kebutuhan dan kesesuaian jenis bisnis yang akan kamu rintis nantinya.

Lihat juga : Contoh peluang bisnis terbaru untuk mahasiswa

Sekianlah pembahasan kali ini mengenai Business Plan Sederhana untuk Mahasiswa, semoga bisa membantu mu dalam memulai usaha. Menjadi enterpreneur yang sukses tentunya akan membanggakan keluarga dan menghasilkan omset yang lumayan. Jangan lupa share tulisan ini ya!
Buka Komentar