Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Business Plan Usaha Mahasiswa

Bisnis plan atau rencana bisnis banyak dipakai oleh kalangan pelaku usaha dalam memulai rencana bisnisnya. Bagi anak kuliah, membuat bisnis plan menjadi salah satu nilai lebih agar proposal bisnis mu bisa diterima. Bagaimana cara membuatnya? Kali ini kosngosan akan membahasnya untuk kalian.

Business Plan adalah dokumen yang berisi perencanaan, ide pokok dalam memulai bisnis serta berbagai aspek yang mendasari kamu dalam memulai suatu usaha. Rencana ini mencakup rincian tentang strategi, konsep, tujuan, sasaran, dan target yang akan dicapai dalam bisnis ketika sudah mulai digerakkan.

Bila kamu ingin bisnismu berjalan lancar, maka ada baiknya untuk memiliki rencana yang matang, dan di situlah rencana bisnis sangat bermanfaat. Ibarat blue print bagi arsitek, business plan bisa mematangkan setiap keputasan yang kamu ambil supaya lebih tepat sasaran.

Menurut Harvard Business Review, membuat bisnis plan dalam suatu startup akan lebih menunjang keberhasilan bisnismu dimasa depan. Ada banyak mahasiswa yang belum terbiasa dalam membuat rencana bisnis ini, terutama jika kamu belum pernah membuatnya sama sekali.

Pada dasarnya bisnis plan memiliki tujuan seperti mengenali sifat dasar dan konteks kesempatan berusaha, melakukan pendekatan mutakhir untuk eksploitasi kesempatan bisnis, menghitung modal akhir untuk usaha dan mengenali faktor yang memengaruhi suksesnya suatu bisnis dan sebagai penyediaan alat untuk bisnis.

Untungnya kamu sudah disini, maka dari itu kamu bisa mengikuti beberapa tips simpel berikut, agar kamu bisa menghasilkan rencana bisnis yang matang dan bisa meraih tujuan bisnis mu secara efektif dan efisien.


Contoh Business Plan Mahasiswa

Contoh Business Plan Sederhana

Setelah mengetahui teknis pembuatan bisnis plan yang baik, apabila kamu masih bingung dalam membuatnya, tenang saja mimin akan memberikan contoh sederhananya untuk kalian. Cukup scrool contoh file nya dibawah ini.



Itu adalah dokumen word yang diembed dari google document. Bila kamu melihat letaknya sedikit berantakan, mungkin karena hasil embed yang masih tidak compatible. 

Contoh business plan yang asli teratur, tidak seperti diatas. Kamu bisa preview atau langsung mengunduh file nya dalam bentuk doc setelah mengklik tautan disini (Business Plan Docx)

Petunjuk : Setelah klik tautan, kamu akan diarahkan ke halaman safelink. Tunggu 5 detik hingga muncul tombol download. Klik dan kamu akan dibawa ke google drive dan bisa segera melakukan proses pengunduhan.

Pada contoh diatas, adalah rencana pembuatan bisnis telur organik dari mahasiswa peternakan. Kemudian perhatikan bahwa setiap business plan selalu memberikan bab per bab

Dimulai dari pendahuluan, ringkasan bisnis, visi misi, analisis bisnis, deskripsi usaha, rencana produksi, rencana pemasaran,struktur perusahaan, resiko usaha, analisis keuangan, hingga bagian penutup.

Tentunya beberapa bagian diatas tidak semuanya wajib dimasukkan. Tergantung dari kebutuhan dan kesesuaian jenis bisnis yang akan kamu rintis nantinya.


Contoh Business Plan Mahasiswa 2


BUSINESS PLAN USAHA MAHASISWA
 
A. Nama Usaha

Nama usaha yang akan kami dirikan yaitu "Bolu Kukus Kosngosan"
 
B. Produk 

Usaha ini bergerak di bidang produksi yaitu pengolahan dan pemasaran bolu kukus. Konsep bisnis ini menjual bolu kukus yang masih fres dan berkualitas tinggi. Selain rasanya enak, bolu kukusini juga bisa dijadikan sebagai pengganti nasi saat lapar, karena mengandung karbohidrat dari tepung terigu

C. Pangsa Pasar

Pangsa pasar yang kami tujukan yaitu masyarakat sekitar. !empat yang akan direncanakan untuk usaha ini yaitu di kampus dan sekitarnya.

D.Lokasi Usaha
 
Tempat yang akan direncanakan untuk usaha ini yaitu di kampus dan sekitarnya. Pertimbangankami memilih lokasi tersebut yaitu lokasi ini strategis, karena merupakan pusat kegiatan mahasiswa. Lokasi dekat dengan perumahan penduduk dan tempat kost para mahasiswa

E. Proses Produksi Cara MemBuat

Olesin dengan margarin cetakan bolu kukus dengan kertas roti lalu masukkan ke dalam panci kukusyang airnya sedang mendidih. 
Kocok telur, gula dan Vanilla sampai kental dan naik lalu masukkan bergantian, bagiantepung, bagian air soda, begitu seterusnya sampai adonan habis, aduk rata. Ambil adonan, beri coklat bubuk, aduk rata.

Tuang adonan ke dalam cetakan sampai hampir penuh lalu tambahkan setengah sendok teh adonan yang diberi coklat bubuk. 
Kemudian Tutup panci kukusan, masak dengan enit dengan api besar tanpa membuka tutpnya.Kukus hingga matang dan merekah, selama beberapa menit 

Strategi Pemasaran

Berikut ini adalah strategi pemasaran yang kami lakukan "
 
Kebijakan Produk 

Usaha ini bergerak di bidang produksi, yaitu bolu kukus. Bisnis ini menjual produk  berupa bolu kukus yang memiliki cita rasa yang enak tidak kalah dengan bolu kukus lainnya.
 
Kebijakan Harga

Harga masih merupakan faktor yang perlu mendapat perhatian khusus agar pangsa pasar yang dituju dapat dicapai karena sesuai dengan tingkat pendapatan mereka. 
Oleh karena itukami mena%arkan harga yang cukup terjangkau oleh masyarakat khususnya mahasiswa dengan harga mulai harga 2000-5000 an
 
Kebijakan  Promosi

Untuk meningkatkan pangsa pasar maka perlu dilakukan Promosi, bentuk promosi yangakan kami lakukan antara lain memasarkan produk langsung ke calon pembeli.
 
Biaya Pemasaran

Biaya Pemasaran
Biaya Administrasi
Total Biaya 

Struktur Organisasi Usaha

Bagian Produksi
Bagian Pemasaran
Bagian Keuangan

Perencanaan Kegiatan Bisnis

Rencana Jangka Pendek
Rencana Jangka Menengah
Rencana Jangka Panjang

Penutup


Cara Membuat Bisnis Plan mahasiswa

contoh business plan mahasiswa

Berikut adalah beberapa langkah yang bisa kamu ambil dalam teknik pembuatan bisnis plan yang baik dan benar :

Melakukan penelitian yang ekstensif

Demi menghasilkan rencana bisnis yang matang, maka kamu harus mengenal bisnis atau kegiatan yang akan kamu lakukan baik dari dalam maupun dari luar. Kamu sebaiknya fokus untuk melakukan penelitian bisnis baru kemudian beranjak menulis rencana bisnis.

Pelajari setiap aspek supaya kamu dapat menjawab setiap item yang mungkin akan ditanyakan oleh investor atau sponsor dalam bisnis mu nanti, seperti misalnya produk / layanan, target konsumen, pengeluaran, persaingan, area bisnis dan banyak lagi.

Seperti contoh bila kamu ingin membuka bisnis jualan jus di lingkungan kampus, maka kamu perlu tahu mengapa ada penjual jus sebelumnya yang gulung tikar. Lakukan apa yang bisa kamu lakukan untuk mengidentifikasi kesalahan tersebut untuk memperbaikinya dikemudian hari.

Susun perencanaan dimulai dari dalam pikiran

Sebelum menulis business plan ke bentuk kertas, susun dan pertimbangkan terlebih dahulu didalam pikiran mu mengenai rencana bisnis itu. Pertahankan apa yang potensial dan buang apa yang akan merusak bisnis.

Menggunakan nalar dan logika bisa menjadi senjata terbaik untuk menyusun perencanaan. Setelah matang, barulah mulai tulis setiap bab per bab dari rencana bisnis mu. 

Tidak perlu banyak gaya, yang penting enak dibaca dan tidak mengalihkan dari tujuan awal kamu, yaitu meyakinkan sponsor untuk memberikan dana miliknya.

Baca juga : Desain Gerobak buat Jualan Mahasiswa

Menggunakan elemen visual

Rencana bisnis adalah dokumen formal yang berisi data dan hasil analisis yang kredibel, jadi penggunaan gambar yang tepat akan dapat meningkatkan pemahaman pembaca dan juga memberikan sajian informasi yang lebih menarik.

Elemen visual cukup penting untuk dimasukkan ke dalam rencana bisnis. Gambar seperti grafik, kurva dan sebagainya tidak hanya membuat rencana bisnis terlihat lebih menarik namun juga lebih relevan 

Hal ini juga dapat membantu pembaca dalam memahami isinya. Kamu bisa menggunakan banyak aplikasi online gratis untuk  membuat gambar infografis dan pemasaran yang menakjubkan sesuai selera mu.

Membuat rencana bisnis yang fleksibel

Walaupun data yang disajikan dalam business plan itu bersifat statis, namun untuk penyampainya harus bisa dibuat lebih fleksibel. 

Kamu bisa menampilkannya dengan cara yang berbeda untuk setiap pembaca tergantung pada kebutuhan mereka dan tergantung dari apa yang paling mereka minati.

Bila kamu masih bingung dengan tips diatas, ada baiknya kamu langsung saja scrool contoh perencanaan bisnis untuk mahasiswa dibawah ini, semoga bermanfaat !

Kata Penutup

Sekianlah pembahasan kali ini mengenai Business Plan Sederhana untuk Mahasiswa, semoga bisa membantu mu dalam memulai usaha. 

Menjadi enterpreneur yang sukses tentunya akan membanggakan keluarga dan menghasilkan omset yang lumayan. Jangan lupa share tulisan ini ya!
Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya