Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

30 Desain Gerobak Unik dan Minimalis

Tertarik untuk berjualan menggunakan gerobak? Sebelum membuat tempat bisnis ini, kamu harus desain gerobak yang sesuai dengan kebutuhanmu. Salah satu yang paling banyak dicari adalah konsep yang unik dan minimalis. Gerobak atau bahasa inggrisnya booth (grobak dorong) biasa digunakan dipinggir jalan atau pameran. Booth sendiri merupakan salah satu modal utama dalam menjual produk sobat kosngosan (biasanya makanan dan minuman). Booth bisa menjadi identitas usaha jualan mu, yang bisa menarik calon konsumen untuk mencoba produk yang akan dijual.

Apa yang dimaksud dengan gerobak? Menurut KBBI, Gerobak adalah alat yang berupa kotak besar beroda dua, tiga, atau empat untuk mengangkut sesuatu (barang, sayur, dan sebagainya) yang ditarik atau didorong oleh manusia. 

Desain gerobak untuk jualan memang banyak jenisnya. Bahan pembuatan gerobak tergantung dari modal dan kebutuhan mu. Ada yang terbuat dari kayu, seng, baja ringan, atau campuran. Ada gerobak permanen tanpa roda, ada juga yang fleksibel pakai roda, gerobak motor atau dorong yang bisa dipindah sesuai keinginan.

Gerobak juga harus dibuat berdasarkan jenis produk yang akan dijual, skala usaha, tata letak produk, lokasi jualan dan faktor pertimbangan lainnya. Pemberian ruang untuk tulisan atau spanduk juga penting supaya nanti usahamu lebih dikenal oleh calon pembeli.


Desain Gerobak Jualan

Desain gerobak yang minimalis memang cocok untuk berjualan. Kalian bisa menjadikan refernsi beberapa desain seperti yang akan kita bahas dibawah ini, dan memodif nya sendiri sesuai selera kalian. 

Beberapa contoh desain dibawah ini, mimin kosngosan dapatkan dari hasil mengamati gerobak jualan di sekitar kita, seperti gerobak jualan kaki lima, batagor, angkringan, tahu crispy, bakso, dan lainnya. Check these out!


Contoh Desain Gerobak Jualan

 
contoh desain gerobak minimalis


Contoh Desain Gerobak Jualan


contoh gerobak unik minimalis


Contoh Desain Gerobak Jualan

 
contoh desain gerobak minimalis


Contoh Desain Gerobak Jualan

 
contoh desain gerobak unik minimalis


Contoh Desain Gerobak Jualan

 
desain gerobak minimalis


Contoh Desain Gerobak Jualan

 
contoh desain gerobak unik


Contoh Desain Gerobak Jualan

 
contoh desain gerobak jualan


Contoh Desain Gerobak Jualan

 
desain gerobak unik


Contoh Desain Gerobak Jualan

 
contoh desain gerobak jualan


Contoh Desain Gerobak Jualan

 
contoh desain gerobak unik


Contoh Desain Gerobak Jualan


desain gerobak jualan


Contoh Desain Gerobak Jualan

 
contoh desain gerobak unik minimalis


Contoh Desain Gerobak Jualan

 
desain gerobak jualan


Contoh Desain Gerobak Jualan

 
desain gerobak unik minimalis


Contoh Desain Gerobak Jualan

 
desain gerobak jualan


Tips Menjaga Gerobak Jualan Biar Awet

Berjualan dengan menggunakan gerobak adalah ide yang simple dan hemat. Bila kamu ingin berjualan, tetapi tidak memiliki modal untuk menyewa toko atau kios, ada baiknya mencoba berjualan dengan menggunakan gerobak. 

Berjualan dengan gerobak ini keuntungannya lagi yaitu bisa berpindah-pindah berjualan kemana sobat kosngoѕan suka, dari satu tempat ke tempat yang lain, misalnya dari satu sekolah ke sekolah lain. 

Jika sekolah libur, kita bisa berjualan di sekitar tempat ramai lainnya seperti perkantoran, rumah sakit, dll. Gerobak jualan kebanyakan terbuat dari kayu. 

Karena kayu merupakan bahan yang mudah dibentuk dan tidak kaku, kayu juga bisa kita cat dengan warna sesuai keinginan kita, namun kelemahannya, kayu termasuk bahan yang bisa menjamur dan lapuk.

Agar gerobak jualan tetap awet, kita harus selalu memperhatikan kelembapan gerobak kayunya. Selain itu, kita juga harus jeli dengan kebersihannya. 

Hati-hati dalam meletakkan benda-benda tajam agar kayunya tidak bergores-gores. Kalau perlu buatlah alas dibawah benda-benda tajam tersebut. Bawa juga talenan bila diperlukan. 

Sebelum dan sesudah berjualan bersihkanlah gerobak dengan cara mengelap seluruh bagian gerobak dengan kain lap yang agak basah terlebih dahulu, kemudian lap lagi dengan menggunakan kain lap yang kering, lalu keringkan sesaat. 

Gerobaknya bisa dilap dengan menggunakan air bersih biasa, tapi lebih baik lagi dibersihkan dengan menggunakan cairan pembersih khusus untuk material kayu. Cairan khusus tersebut bisa kita beli di pasar dan swalayan-swalayan terdekat, bahkan sudah tersedia di toko-toko online juga. 

Jika saat berjualan ada yang tumpah, seperti air, percikan-percikan minyak, saos, kecap dll. Jangan lupa agar segera dilap dan dibersihkan. 

Jangan sampai karena lupa, di permukaan kayu yang basah tadi timbul jamur. Jamur bisa berkembangbiak pada kayu, sehingga membuat kayu berubah warna. Bila jamur sudah terlanjur mengembang dan tampak pada permukaan kayu gerobak

Sedangkan cairan khusus untuk kayu kita habis dan belum bisa beli, bisa juga sobat koѕngosan bersihkan dengan bahan yang sangat mudah didapatkan sehari-hari, yakni jeruk nipis dan garam. Bisa langsung diaplikasikan jeruk nipis dan garamnya ke permukaan kayu yang berjamur tersebut.

Ada baiknya juga mengoles gerobak kayu dengan menggunakan polish (semir khusus kayu) baik itu satu kali atau dua kali dalam sebulan supaya gerobaknya terawat, rapi, dan terlihat kinclong.

Juga tidak lupa bagian laci dan juga bagian kaca depan gerobak harus dibersihkan setiap kali akan buka jualan. Serpihan-serpihan bahan yang ada dilaci semuanya dihilangkan. Gunakan pembersih kaca khusus dan juga beli alat untuk membersihkannya untuk mempermudah cara kerja kebersihan gerobaknya. 

Begitulah cara merawat dan membersihkan gerobak jualan agar tetap awet. Sebenarnya tidak sulit, hanya saja sangat perlu dilakukan secara rutin. Jika perlu, lakukan pengecatan ulang pada gerobak bila kayu gerobak sudah terlihat kusam. 

Tulisan-tulisan pada gerobak juga harus diperhatikan, bila sudah pudar atau terkelupas maka cetak kembali tulisan yang baru, atau kalau perlu ubah semua warna tulisan, penataan tulisan, dengan warna yang baru yang lebih fresh supaya tampil layaknya gerobak baru. 

Penampilan gerobak kayu jelas memberi pengaruh terhadap pandangan pelanggan. Gerobak kayu yang bersih, isinya tertata dan rapi, terawat, glowing akan menarik perhatian dan menambah nilai plus. 

Terlebih penjualnya juga rapi dan goodlooking, update terhadap penampilannya, fashionable, memiliki sifat yang ramah tamah, membuat pembeli bak raja, murah senyum, mengenali pelanggan-pelanggan setianya, maka siap-siap dagangannya bakalan diserbu. 

Baca juga : Tarif Sewa Teras Alfamart Terbaru


Kata Penutup

Membuka gerobak dan berjualan di pinggir jalan atau pameran memang menjadi pilihan bisnis yang cukup menguntungkan saat ini. Semoga dengan membaca postingan diatas, bisa membantumu dalam menambah referensi. 

Demikian pembahasan kosngosan.com kali ini mengenai contoh desain gerobak minimalis untuk jualan aneka kuliner di pinggir jalan. Jangan lupa share (bagikan) artikel ini di sosial media kalian, sampai jumpa kembali di postingan berikutnya

Oleh rezaharahap