Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Harga Sewa Teras Alfamart Terbaru di Daerah

Apakah kalian ingin membuka gerai usaha di depan alfamart? Sebelum berjualan ala booth, kalian harus tahu terlebih dahulu berapa besaran Harga Sewa Teras di depan Alfamart Terbaru di Berbagai Daerah. Dengan demikian, kalian bisa menentukan budget untuk biaya lahan per bulannya. Untuk itu, pada kesempatan kali ini kosngosan akan memberikan informasi detailnya.

Teras alfamart adalah bagian halaman depan dari jaringan toko swalayan ini, yang biasanya dipakai untuk parkir kendaraan dan akses masuk menuju pintu depan. Tapi dengan kesepakatan bersama pemilik ruko, kamu bisa memanfaatkan beberapa bagian dari lahan kosong ini untuk berjualan, baik menggunakan sistem booth (panggung mini) atau gerobak dan semacam nya.

Membuka usaha di Teras Indomaret atau Alfamart, dapat menjadi solusi untuk pemilik UMKM yang sedang kebingungan mencari lahan dagang. Selain karena posisi yang sudah pastinya strategis karena pihak Alfamart telah melakukan survei lokasi sebelum membuka toko, dapat dipastikan setiap toko Alfamart adalah lokasi yang akan ramai pembeli berdatangan keluar masuk.


Syarat Untuk Menyewa Teras Alfamart

Jika kalian ingin menyewa teras Alfamart untuk tempat jualan, maka akan ada syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi oleh penyewa atau yang biasa disebut sebagai ‘Tenant Alfamart’, selain itu informasi terkait harga dan tips untuk memilih teras Alfamart sebagai tempat jualan akan dirangkum pada artikel dibawah ini 😄


1. Tidak Melakukan Penjualan Produk yang Sama

Alfamart adalah salah satu toserba yang menjual berbagai macam perlengkapan dan kebutuhan sehari-hari, dari mulai makanan hingga perlengkapan mandi. Usahakan dalam membuka usaha jangan menjual produk yang sama dengan yang dijual Alfamart.

Misalnya, kalian ingin membuka usaha mie instan seduh namun produknya sama dengan apa yg dijual didalam toko, maka kemungkinan usaha kalian akan di black list oleh pihak Alfa.


2. Lebar Tempat Usaha

Ukuran booth atau tenda yang akan disediakan pihak Alfamart kurang lebih 1.5 m x 1.5 m, selain dapat digunakan sebagai lapak UMKM untuk berjualan, ternyata teras Alfamart juga dapat disewakan menjadi tempat pameran, dan halaman parkir Alfa juga dapat disewakan untuk event tertentu.


3. Tidak Menyediakan Makan di Tempat

Karena lahan yang disediakan pihak Alfamart terbatas, jadi sobat kosngosan sebagai tenant sebaiknya tidak menyediakan tempat makan khusus atau dine in di depan pintu masuk toko.

Bila terlalu banyak orang yang berada di depan teras Alfamart, tentu saja akan menghalangi pengunjung yang ingin berbelanja kebutuhannya di Alfamart.


Cara Menyewa Teras Alfamart

Ada 2 cara bila kita ingin menyewa teras Alfamart sebagai tempat usaha, yang pertama adalah via offline dengan mendatangi langsung Branch Tenant Support (BTS) cabang untuk mendiskusikan secara langsung terkait harga dan persyaratan untuk menjadi tenant Alfamart.

Setelah itu calon mitra dapat mengisi dara diri melalui etrans toko, kemudian setelah semua data diri lengkap dan persyaratan diterima, mitra akan dihubungi oleh BTS yang bersangkutan. Cara kedua adalah dengan daring atau online melalui situs tenant.alfamart.co.id/public/, disana telah disediakan syarat dan ketentuan pendaftaran beserta formulir untuk mendaftar.

Adapun apa-saja yang harus sobat kosngosan isi saat ingin mendaftarkan diri menjadi mitra atau Tenant Alfamart adalah sebagai berikut :

*) Nomor KTP atau NIK

*) Nama

*) Alamat

*) Email

*) Nomor HP, dan yang terakhir adalah menyetujui syarat dan ketentuan yang telah ditentukan oleh pihak Alfamart.

Persyaratan untuk pendaftaran menjadi Tenant Alfamart karena dilakuakn secara offline, maka pendaftar perlu menyerahkan bukti fisik berupa ft. copy KTP, mengisi form pendaftaran yang dibubuhi dengan 1 lembar materai 6000. Batas minimal pengusaha untuk menyewa tempat adalah 3 bulan.


Harga Sewa Teras Alfamart

Harga Sewa Teras Alfamart

Menurut GM Coorporate Communication Alfamart, biaya per bulan yang harus dibayarkan apabila ingin membuka usaha dengan memanfaatkan fasilitas tempat yang telah disediakan Alfamart pelaku usaha harus membayar biaya sewa rata-rata sebesar Rp. 600.000 untuk wilayah luar Jabodetabek

Sedangkan untuk wilayah Jabodetabek sebesar Rp.700.000. Harga tersebut sudah termasuk biaya listrik sebesar 200 watt, sedangkan bila ingin menggunakan fasilitas air, penyewa dapat memanfaatkan kamar mandi toko. Namun biaya diatas belum termasuk dengan PPN sebesar 10 persen.

Tentunya tarif yang disebutkan diatas tidak semuanya sama. Karena ada beberapa pemilik gedung (yang bekerja sama dengan pihak alfamart dengan sistem franchise) mematok harga sewa yang lebih mahal atau bahkan lebih murah dari itu.

Biasanya tergantung dari lokasi atau tempat alfamart nya. Tentu saja semakin strategis, harga sewa akan semakin mahal (begitu juga sebaliknya). Oleh karena itu, alangkah lebih baiknya sobat kosngosan menanyakan secara langsung ke pemilik gedung dimana alfamart incaran kalian berada.


Tips Memilih Teras Alfamart

1. Pastikan Fasilitas yang ditawarkan Lengkap

Sebelum melakukan perjanjian kontrak, sebaiknya pihak calon mitra melakukan survei lokasi terlebih dahulu untuk memastikan apakah fasilitas yang ditawarkan pihak Alfamart telah mumpuni untuk berjualan.

Misalnya, cek ulang Watt listrik yang disediakan. Hal ini sangat penting apalagi bagi pengusaha yang membutuhkan alat-alat listrik dalam berdagang seperti pemanas, blender atau mixer.

Pastikan juga tempat yang disediakan dekat dengan sumber listrik atau stop kontak, untuk berjaga-jaga apabila ingin membuka usaha di malam hari, maka penting untuk menyalakan lampu stand an memberikan penerangan yang cukup kepada pelanggan.


2. Pilih Lokasi yang Paling Strategis

Biasanya pada beberapa daerah atau lokasi terdapat lebih dari satu Alfamart yang tersedia. Penting bagi calon pengusaha untuk mempertimbangakan lokasi mana yang paling strategis.


3. Cek Surat Izin

Saat telah terdaftar menjadi mitra atau Tenat Alfamart, pelaku usaha akan diberikan surat izin dan juga SKST (Surat Kerjasama Sewa Tempat), sobat kosngosan harus memastikan bahwa surat-surat tersebut sudah lengkap, mulai dari tanggal pembuatan izin, dst.

Tentu saja harga-harga yang telah disebutkan diatas sesuai dengan keuntungan yang didapatkan bila bekerjasama dengan pihak Alfamart, diantaranya :

1) Pedagang Tidak Akan Kena Gusur

Banyak diantaranya para pedagang kaki lima yang telah lama berjualan dipinggir jalan terkadang terkena gusur oleh pihak satpol PP.

Hal ini karena pedang-pedagang tersebut tidak mengantongi izin resmi untuk berdagang. Bila kalian melakukan kerjasama dengan Alfamart, kalian tidak perlu khawatir karena Alfamart telah mengantongi izin usaha sehingga UMKM kalian akan aman.


2) Lokasi Cukup Strategis

Pihak Developer Alfamart sebelum memutuskan untuk membuka cabang, pastinya telah melakukan berbagai macam pertimbangan baik dari segi lokasi hingga fasilitas.

Tidak perlu risau dan berfikir bahwa lokasi dagang kalian tidak strategis, karena pihak sebelumnya pasti telah ada pertimbangan-pertimbangan untuk membangun sebuah bisnis franchise.

Yang perlu menjadi fokus utama para pelaku usaha UMKM adalah produk yang ditawarkan serta pelayanan yang diberikan.


3) Lokasi Ramai Pengunjung

Alfamart banyak memberikan promo-promo menarik setiap minggunya, otomatis hal ini akan menarik jumlah pengunjung yang tak sedikit.

Momen ini dapat menjadi aji mumpung bagi pelaku usaha menengah kebawah untuk meningkatkan performa penjualan.


4) Biaya Sewa Bersaing

Daripada menyewa ruko sendiri atau bangunan permanen sendiri, bagi sobat kosngosan akan lebih menguntungkan bila menyewa sebuah tempat yang tidak permanen. Hal ini akan bermanfaat untuk mengurangi biaya operasional dan beban sewa tahunan.

Bila kalian masih bingung atau kesulitan untuk memikirkan ide usaha apa saja yang berpeluang laris bila berjualan di depan Alfamart, sebaiknya fikirkan modal dan kapabilitas pedagang.

Jika pelaku usaha sekiranya tidak ingin membuka usaha yang terlalu rumit dan butuh teknis khusu, maka usaha-usaha franchise patut menjadi pertimbangan seperti usaha brownis, kue kering atau lapis kukus.

Namun, apabila modal yang dikeluarkan untuk melakukan bisnis kerjasama kurang memadai maka menjual jajanan lokal dapat menjadi solusi seperti berjualan gorengan, seblak, cimol, cireng dan aneka olahan makanan lokal lainnya.

Alternatif lain bila ingin menjual dagangan yang simpel dan tidak perlu melalui proses memasak yang panjang, kalian dapat menjual minuman kekinian dengan berbagai macam varian rasa dan toping.

Baca juga : Cara Jualan Baju Online Cepat Laku


Kata Akhir

Membuka usaha berjualan di depan swalayan menjadi pilihan yang tepat kalau sobat kosngosan.com sudah mempertimbangkan konsep bisnis nya. Selain lokasi, dekorasi untuk booth jualanmu yang tepat akan membuat segala sesuatu terlihat rapih dan enak dipandang konsumen.

Dengan begitu calon konsumen akan berdatangan dan tertarik untuk membeli produk milik mu. Demikian pembahasan kita mengenai harga sewa teras alfa , semoga menambah referensimu. Jangan lupa share artikel ini dan berkunjung kembali ke blog ini ya, terimakasih.

Oleh rezaharahap