Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

22 Usaha Kaki Lima Kekinian yang Menguntungkan

Apakah kamu ingin membuka bisnis kaki lima? Menjadi PKL atau Pedagang Kaki lima memang identik dengan kesemrawutan tata kota. Tapi kalau dikelola dengan baik, usaha dengan tempat jualan di pinggir jalan dengan menggunakan gerobak ini bisa jadi sangat prospektif. Usaha kaki lima merupakan alternatif bisnis yang memiliki peluang menjanjikan untuk dijalankan.

Apalagi jika sudah terkenal dan memiliki banyak pelanggan setia. Selain karena harganya yang dinilai terjangkau dan peralatan yang dibutuhkan juga sederhana, modal yang dikeluarkan juga tidak terlalu besar.

Menurut WikiPedia, Pedang Kaki Lima (PKL) adalah istilah yang diberikan kepada para penjaja dagangan yang berkegiatan komersial di atas daerah milik jalan (DMJ/trotoar) yang diperuntukkan untuk pejalan kaki atau pedestrian

Ada juga pendapat yang menyatakan bahwa PKL adalah pedagang yang menggunakan gerobak, karena jumlah kaki pedagangnya ada lima. Lima kaki tersebut yaitu dua kaki pedagang ditambah tiga "kaki" yang terdiri dari tiga roda gerobaknya

Sobat kosngosan yang memiliki niat dan modal yang cukup pasti bisa membangun usaha kaki lima ini. Namun disamping beberapa kemudahan yang didapat tadi, persaingan antar pedagang kaki lima juga dinilai tidak sedikit.

Tidak seperti jualan sembako yang butuh tempat permanen, jualan kaki lima di era sekarang ini sudah seringkali dijumpai, banyak pedagang kaki lima yang menjajakan jualannya di pinggir jalan, bahkan dengan pilihan menu dan kuliner yang beragam.


Contoh Usaha Kaki Lima Kekinian yang Menjanjikan

jenis usaha kaki lima kekinian

Oleh karena itu, jika kamu memiliki keinginan untuk membuka jenis usaha ini, kamu harus memilih dengan tepat jenis kuliner apa yang akan kamu jual nantinya, serta berikan inovasi sebaik mungkin agar dapat menarik minat banyak konsumen. Berikut beberapa rekomendasi usaha kaki lima yang menjanjikan untuk ide usahamu :


1. Martabak Mini dengan Aneka Topping

Martabak manis atau biasa kita sebut dengan kue terang bulan, merupakan salah satu jajanan favorit yang sudah sering kita jumpai di Indonesia.

Kini seiring dengan perkembangan jaman, makanan ini sudah semakin diinovasi dengan diberikan tambahan beraneka ragam topping yang unik dan tentunya dibandrol dengan harga yang cukup terjangkau. Selain itu bahan – bahan yang digunakan untuk membuat martabak mini juga mudah kamu temukan.

Modal yang dikeluarkan juga tidak terlalu besar. Kamu hanya perlu menyediakan peralatan seperti kompor dan loyang serta bahan – bahan untuk adonan dan toping sebagai varian tambahan. Cukup simple dan mudah dijalankan bukan?


2. Ayam Crispy

Usaha ini sebenarnya sudah cukup lama berkembang dan populer di lingkungan masyarakat. Di era sekarang ini, orang – orang sudah mengkreasikannya menjadi berbagai macam menu baru seperti menyajikannya menjadi ayam geprek atau salted egg chicken dengan lumuran saus diatasnya.

Kalau sobat kosngosan berminat dengan usaha kuliner ini, silahkan pertimbangkan dengan baik dulu apakah akan memproduksinya sendiri, atau mungkin menggunakan sistem waralaba, atau menjajakan produk buatan orang lain. Karena setiap opsi yang dipilih pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri.


3. Roti Bakar Anek Rasa

Roti bakar sangat cocok dijadikan sebagai cemilan hangat dan disajikan di malam hari, hampir sama halnya dengan martabak.

Makanan ini juga dinilai mudah dibuat, bahkan banyak yang menjualnya hingga bisa kita jumpai mulai dari di pinggir jalan, gerobak, atau bahkan di coffee shop sebagai menu pada umumnya. Untuk menjalankan usaha ini, kamu harus pandai – pandai mengkreasikan varian rasa (isi roti).

Usahakan banyak pilihan dan rasa yang bisa diaplikasikan sehingga pelanggan lebih tertarik dan dapat memilih rasa sesuai dengan keinginan masing –masing.


4. Sosis Bakar

Ide kuliner kaki lima yang bisa kamu coba lainnya adalah sosis bakar. Banyak sekali orang – orang yang menggemari jajanan ini.

Untuk menjualnya, kamu bisa menggunakan sosis yang sudah jadi lalu kemudian dibakar dan diberikan tambahan berupa lumuran saus keju, lada hitam, barbeque atau mayonise di atasnya. Untuk ide – ide resep lainnya, kamu bisa mencari inspirasinya dari beberapa artikel di internet.


5. Dimsum, Siomay dan Aneka Jajanan Kukus Lainnya

Makanan khas yang berasal dari China ini, sekarang sudah menjadi jajanan favorit yang memiliki banyak penggemar di Indonesia, baik dari kalangan anak – anak, remaja maupun dewasa.

Oleh karena itu, semakin banyak orang yang terjun ke bisnis dimsum dan menawarkannya dengan harganya yang ramah di kantong dan tentunya dengan cita rasa yang nikmat dan lezat. Hal inilah yang membuat dimsum memiliki peluang bisnis yang besar. Tertarik untuk mencoba?


6. Sempol Ayam

Sempol ayam merupakan street food yang paling mudah kita temui di kota Malang. Namun sekarang juga sudah meluas ke berbagai daerah di Indonesia dan memiliki banyak penggemar.

Makanan ini juga cukup mudah dibuat karena berbahan dasar tepung terigu, tepung tapioka dan campuran gilingan daging ayam yang kemudian dibentuk memanjang menggunakan tusuk hingga mirip seperti sate. Untuk penyajiannya sendiri, sobat koѕngosan biasa menyajikannya dengan saus, sambal dan mayonaise.


7. Hottang (Hotdog Kentang)

Hottang merupakan jenis street food ala Korea yang kehadirannya cukup booming saat ini di Indonesia karena bentuknya yang unik dan juga rasanya yang enak.

Jajanan ini memiliki peminat yang sangat banyak namun sebenarnya jumlah pesaingnya masih cukup minim. Jadi tidak ada salahnya bukan untuk mencoba?

Sebab selain bahannya yang mudah ditemukan, modal yang dikeluarkan juga tidak terlalu besar. Cocok untuk kamu yang baru terjun ke usaha kuliner.


8. Jamur Goreng Krispi Aneka Rasa

Jamur goreng krispi memiliki cita rasa yang khas yakni gurih dan krispi, sangat cocok disajikan saat hangat dengan cocolan saus tomat atau sambal pedas.

Jenis bisnis ini juga memiliki prospek keuntungan yang cukup menjanjikan, karena untuk harga per gram jamur sendiri saja sudah mampu menghasilkan gorengan jamur krispi yang sangat banyak. Belum lagi jika kamu berhasil menggaet banyak pelanggan. Tentu omzet yang dihasilkan akan berpeluang tinggi juga.


9. Telur Goreng Mozarella

Telur gulung sendiri merupakan jajanan laris yang sepertinya tidak pernah habis dan selalu diburu pembeli dari segala kalangan.

Kita juga mudah menjumpainya di pinggir jalan atau area street food pada umumnya. Dengan cita rasanya yang lezat dan harganya yang ramah di kantong, membuat banyak orang semakin meminati jenis jajanan ini.

Jika kamu berminat mencoba usaha ini, alangkah baiknya kamu lebih menginovasinya lagi dengan menjadikannya lebih menarik agar pembeli tidak bosan.


10. Es Krim Goreng

Sepertinya es krim pada umumnya sudah cukup terdengar mainstream di telinga kita. Jadi mungkin kamu perlu membuat terobosan baru dengan menu – menu unik seperti es krim goreng satu ini.

Makanan ini merupakan jenis hidangan penutup berupa es krim yang diolesi adonan telur mentah lalu digulingkan pada remah biskuit dan digoreng dalam waktu singkat.

Di negara luar, jajanan ini sebenarnya sudah cukup terkenal dan biasa sobat kosngosan jumpai di pinggir jalan maupun restoran – restoran mewah.


11. Churros

Churros ini juga merupakan makanan khas yang berasal dari negara lain. Jajanan ini memiliki prospek penjualan yang cukup bagus karena tingginya minat masyarakat untuk mencoba camilan ini.

Kamu sendiri bisa mengkreasikannya menjadi jenis jajanan yang lebih unik. Atau mungkin kamu bisa mencoba bergabung dengan kemitraan franchise churros dari beberapa brand tertentu.


12. Takoyaki

Makanan khas dari Jepang ini juga sempat hits akhir – akhir ini. Tidak sedikit pelaku bisnis yang menjajakan takoyaki dengan khas dagangan kaki lima di pinggir jalan sehingga lebih mudah dijangkau dan dikenal banyak orang. Kamu juga bisa memanfaatkan peluang ini dengan membuka gerai di pinggir jalan.

Cukup dalami dulu dengan baik resepnya agar nantinya masakanmu memiliki cita rasa yang pas dan khas bagi pelanggan.


13.Burger Mie

Hampir mirip dengan burger daging, burger ini juga merupakan variasi baru yang diciptakan untuk menikmati mie pada umumnya namun dimodifikasi sebagai pengganti roti.

Makanan ini cukup efektif dijual di pinggir jalan karena akan menjadi alternatif jajanan yang praktis dan mengenyangkan. Cara membuatnya pun tidak sulit, hampir sama dengan mengolah burger pada umumnya.


14. Kue Cubit

Jajanan ini umumnya kita jumpai pada pedagang – pedagang di depan sekolah. Selain karena ukurannya yang kecil, harganya pun murah meriah seperti jajanan sekolahan yang biasa dibeli anak – anak.

Namun jika sobat kosngoѕan berminat mencoba usaha ini, kamu bisa memodifikasinya dengan memberikan topping yang lebih bervariasi dan beraneka rasa.


15. Roti John

Ada roti John yang merupakan salah satu hidangan favorit di Malaysia, Singapura dan Brunei. Jajanan ini merupakan sandwich atau roti lapis yang diberikan isian telur dadar dan sayuran

Sering disajikan dengan tambahan saus di dalamnya. Baru – baru ini roti John cukup terkenal kembali sehingga beberapa franchise untuk makanan ini juga bermunculan.

Ada pun beberapa contoh usaha kaki lima lainnya yang bisa kamu jadikan referensi sebagai berikut :

16. Warmindo (Warung Indomie)

17. Jualan Lampu Second hasil Reparasi

18. Tukang Servis Elektronik Keliling

19. Jajanan Korea Murah Meriah

20. Molen Arab (Moleh Ukuran Jumbo)

21. Jualan Roti Canai, Martabak Mesir Kairo, dll

22. Jualan Pizza Goreng

Baca juga : Contoh Jualan Makanan Ringan Serba Lima Ribuan


Kata Penutup

Demikian beberapa tips-tips yang kosngosan ambil dari pengalaman dan juga referensi lainnya tersebut. Mungkin kalian bisa jadikan masukan bagi yang tertarik untuk membuka usaha makanan dan minuman pinggir jalan. Sudah saatnya kamu untuk menentukan menu makanan atau minuman apa yang akan dipilih.

Kamu tidak akan pernah tahu bila tidak mencobanya bukan? Jangan sia-siakan setiap peluang yang terbuka di depan kalian ya, jangan lupa juga untuk klik tombol share dan bagikan artikel ini di sosial media kalian ya

Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya