Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15 Usaha Makanan Ringan Serba 5000

Apakah kamu tertarik berjualan makanan ringan serba 5000? Membuka bisnis kuliner, terutama snack memang tidak ada matinya. Masyarakat kita sudah terbiasa jajan snack untuk mengisi waktu mereka. 

Walaupun terkesan sepele, snack kiloan, makanan ringan kriuk, dan jenis lainnya, kalau diseriusi, bisa saja omset nya menguntungkan, melebihi gaji seorang karyawan kantoran

Jadi buat sobat kosngosan yang masih bingung menentukan bisnis makanan ringan yang unik dan kekinian, serta minim modal seperti apa, bisa kamu pilih, silahkan ikuti pembahasan kita kali ini.

Makanan ringan akan selalu dicari, apalagi bila kondisi work from home seperti sekarang ini. Kurang lengkap rasanya apabila pada momen-momen tertentu tidak ditemani oleh makanan ringan. Karena itulah bisnis makanan ringan atau camilan dapat menjadi peluang bisnis yang menguntungkan dan menjanjikan.

Kalian tidak perlu khawatir, karena usaha ini kebanyakan emmang tidak memerlukan modal yang relatif besar. Bahkaan ada yang memulainya dari dalam rumah, memasarkan lewat online dengan memanfaatkan media sosial.

Selain itu, dalam skala pasar bisnis makanan cukup mudah pemasarannya. Dengan harga jual rentang 1000, 2000 dan 5000 an per item, pengusaha bisa meraup untung yang lumayan. Apalagi kalau menggunakan label makanan yang menarik calon pembeli.


Ide Jualan Makanan Ringan serba 5000

Ide Jualan Makanan Ringan

Kalau masih bingung menentukan jenis snack seperti apa yang bisa dijual, dibawah ini tips dan ide dari kosngosan.com untuk berjualan makanan ringan serba 5000 yang bisa menjadi inspirasi buat kalian yang ingin segera memulai untuk membuka usaha dibidang ini.

  • Bisnis keripik buah segar: kamu bisa membuat keripik buah segar dengan berbagai macam variasi buah seperti pisang, mangga, apel, atau nanas. kamu bisa menjual keripik buah segar ini di kantin sekolah, di kampus, atau di tempat-tempat wisata.
  • Bisnis makanan ringan sehat: kamu bisa membuat makanan ringan seperti granola, kacang-kacangan, atau biskuit yang dibuat dari bahan-bahan sehat seperti oats, kacang-kacangan, atau tepung kacang-kacangan. kamu bisa menjual makanan ringan sehat ini di toko makanan ringan atau di minimarket.
  • Bisnis snack kering: kamu bisa membuat snack kering seperti kripik kentang, kripik singkong, atau kripik ubi jalar yang bisa disajikan sebagai makanan ringan di acara-acara atau sebagai oleh-oleh.
  • Bisnis makanan kecil untuk anak-anak: kamu bisa membuat snack yang cocok untuk anak-anak seperti biskuit gandum, puding, atau jeli yang dibuat dari bahan-bahan sehat dan bergizi. kamu bisa menjual makanan kecil ini di toko-toko kelontong atau di pasar.
  • Bisnis snack asli daerah: kamu bisa mengkhususkan diri dalam membuat snack khas daerah yang belum banyak dijual di pasaran, seperti kue kering tradisional atau makanan ringan yang terbuat dari bahan-bahan lokal. kamu bisa menjual snack asli daerah ini di pasar-pasar atau di toko-toko kecil di daerah tersebut.


Makanan ringan Keripik Usus

Dalam mengelola jeroan akan terasa gampang-gampang susah, perlu ketelitian dan kebersihan extra bila ingin mengelola bagian ini.

Salah satu jeroan yang cukup banyak diminati adalah usus ayam, bahan baku ini mudah ditemukan dengan harga yang tidak terlalu mahal bila dibandingkan harga daging ayamnya sendiri. Agar lebih tahan lama, kalian dapat mengelola usus ayam dengan menjadikanya keripik goreng tepung.

Selain lezat, sajian ini juga dapat dikombinasikan dengan berbagai macam bumbu dan olahan, misalnya rasa balado, bbq, pedas level, atau bumbu kreasi kalian sendiri


Makanan ringan Keripik Talas

Bila kalian memiliki kebun talas atau menemukan bahan baku talas dengan harga ‘miring’, oalahan jajanan yang berbahan baku umbi-umbian yang satu ini patut untuk dicoba.

Keripik talas adalah salah satu camilan yang cocok untuk berbagai cuaca, pengolahannya juga tidak susah. Cukup dengan merendam talas dengan beberapa bahan, kemudian menggorengnya hingga kering.

Namun jika pengusaha tidak puas dengan rasa original, beberapa modifikasi rasa perlu dilakukan agar semakin menarik pelanggan.


Makanan ringan Cilok Bakar

Panganan dari tepung tapioka ini cukup banyak ditemukan sebagai streetfood maupun camilan restaurant. Biasanya panganan ini disajikan dengan saus kacang dan kecap. Di beberapa daerah Indonesia, cilok juga bisa dibakar

Selain untuk menambah cita rasa penyajian cilok bakar ini akan lebih menarik karena bumbu marinasi cilok akan terlihat lebih mengkilat dan terkaramelisasi. Hmm.. sepertinya lezat dan patut dicoba.


Pie Susu

Bisnis pastry akan sangat menggiurkan bila sobat kosngosan menekuninya dan sesuai dengan hobi. Pie susu adalah camilan manis sekaligus gurih.

Untuk membuat pie susu bahan-bahan yang diperlukan juga tidak sulit ditemukan, kalian dapat menjual pie susu dengan harga Rp.5000 per porsi dengan ukuran jumbo atau Rp.5000 untuk 2 porsi bergantung ukuran pie yang kalian tawarkan.


Keripik Pedas

Camilan pedas sangat disukai terutama sebagai teman menonton film, apalagi pada cuaca hujan. Keripik pedas ini dapat dikreasikan dengan mengkombinasikan berbagai macam bahan.

Semacam makroni pedas, keripik pangsit pedas maupun bahan-bahan lain yang dapat dibuat kripik dengan cita rasa pedas.


Jamur Krispi

Street food hunter akan senang sekali bila camilan ini ada di depan mata, biasanya jajanan ini dijual menggunakan gerobak atau stan-stan khusus.

Bila kalian berminat untuk membuka usaha ini, usahakan untuk pembuatan jamur krispi yang home made agar dapat menekan bahan baku, tentu saja akan lebih murah jika dibandingkan dengan jamur eceran yang dijual pasaran.


Cimol Bojot

Inspirasi masakan dari Aci memang tidak pernah habis. Cimol bojot adalah salah satu makanan khas daerah Garut yang bercita rasa pedas. Bumbunya yang wangi dan gurih membuat siapapun akan ketagihan bila memakannya.

Aci atau tepung tapioka adalah bahan baku makanan yang mudah di dapat dan berharga cukup terjangkau, jadi untuk membuat usaha cimol bojot ini tidak membutuhkan modal terlalu besar.


Kentang Goreng

Kentang goreng yang biasanya punya nama keren yang disebut dengan French fries menjadi salah satu jajanan yang digemari oleh banyak kalangan. Sobat kosngoѕan bisa menemukannya dengan mudah di tempat-tempat umum.

Tapi walaupun jenis usaha ini sudah familiar, kamu tetap bisa berjualan dengan memberikan kreasi unik, seperti menambah packaging unik, pemberian bumbu aneka rasa, dan juga bentuk kentang yang beda


Cireng

Jajanan ringan ini bisa dijual sehara lima ribua, terbuat dari tepung aci yang ditambah dengan bumbu penyedap lainnya.

Rasa cireng memang enak, gurih dan cocok dengan lidah masyarakat Indonesia. Penyajiannya biasanya diberikan dengan sambal gula sehingga membuat cita rasanya semakin menggoda


Bakso Crispy

Baso crispi yang digoreng sehingga punya kulit yang renyah, belakangan ini menjadi makanan yang hits. Apalagi ditambah dengan bubuk cabai, atau bumbu tela tela

Camilan yang satu ini semakin laris manis di pasaran. Biasanya bakso crispy dikemas dalam ukuran yang bervariasi


Kuaci aneka rasa

Kuaci dibuat dari biji bunga matahari yang disangrai dan diberikan bumbu penyedap. Tapi kamu juga bisa membuat jajanan murah meriah ini dari biji labu.

Kuaci termasuk jenis jajanan yang banyak penggemarnya, karena mengasyikkan makan kuaci sambil mengisi kegiatan seperti menonton, bekerja dan mengisi waktu luang


Keripik Sambal Manis

Siapa yang tidak suka keripik sambal yang terbuat dari potongan ubi singkong? Hampir semua orang menyukai makanan ringan dengan cita rasa pedas ini. Tapi kamu bisa memberikan variasi dengan menambah gula aren dan udang untuk menambah rasa gurih dan manis.

Lakukan eksperimen untuk mendapatkan takaran resep yang tepat untuk campuran sambal pada keripik mu. Kemudian berikan kemasan yang menarik untuk dijual kepada pecinta keripik


Keripik Pisang Cokelat

Makanan manis yang terbuat dari irisan pisang ini, kemudian dibalut dengan cokelat bisa menjadi inspirasi sobat koѕngosan.

Kalau biasanya keripik pisang hanya diberikan garam atau penyedap saja, tapi kamu bisa berkreasi dengan memberikan keripik pisang ditambah bubuk cokelat


Kerupuk Gurilem

Walaupun agak jarang didengar, Kerupuk gurilem merupakan jajanan khas dari Cililin, Kabupaten Bandung Barat. Gurilem adalah kepanjangan dari gurih dan pelem (dalam bahasa Sunda) yang artinya gurih dan nikmat atau lezat.

Kamu bisa mencoba berjualan keripik ini di kota mu, karena biasanya sesuatu yang unik dan berbeda bisa menarik orang untuk membeli


Mie Lidi Pedas

Usaha makanan ringan yang terkenal karena pedasnya ini, menjadi salah satu cemilan khas ketika sekolah dulu. Snack pedas ini dibuat dari tepung terigu yang dibentuk seperti lidi

Kemudian diberikan bumbu pedas atau bumbu sesuai dengan selera. Kamu bisa jualan jajanan ini keliling, secara online atau buka booth.

Baca juga : Contoh Makanan Hasil Teknologi Pangan


Bagian Penutup

Membuka usaha berjualan snack atau makanan dan jajanan lokal bisa menjadi salah satu opsi bagi ide bisnis sobat kosngosan. Karena peluang jajanan lokal masih sangat diminati oleh masyarakat di Indonesia. 

Semoga beberapa ide diatas bisa menjadi referensi buat kalian ya. terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa untuk share artikel ini ke sosial media kalian ya

Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya