Contoh Website Sekolah Terbaik dan Cara Membuatnya

Contoh Website Sekolah Terbaik dan Cara Membuatnya

contoh website sekolah

Kosngosan kali ini akan  membahas mengenai Contoh Website Sekolah Terbaik yang Perlu Dicontoh untuk sekolah lainnya. Website memang banyak dimanfaatkan sebagai media informasi, salah satunya untuk kepentingan sekolah. Bagaimana peran website dalam eksistensi sekolah? Simak pembahasan selanjutnya.

Zaman sekarang, penggunaan website menjadi salah satu kebutuhan. Website dinilai lebih efektif dan efisien dalam mempromosikan brand, menyebarkan informasi dan menjadi salah satu nilai plus dalam organisasi atau institusi, dalam hal ini sekolah.

Menyadari akan kebutuhan sekolah sebagai salah satu institusi pendidikan pertama anak anak kita, perlu penerapan IPTEK untuk menjawab perkembangan globalisasi seperti halnya sekarang ini. Maka dari itu keberadaan website menjadi sangat penting untuk media informasi sekolah.

Sekarang sudah sepatutnya institusi pendidikan memiliki website atau situs sebagai wadah untuk komunikasi antara para guru, siswa dan wali. Selain itu, keberadaan website sekolah juga bisa berguna sebagai pusat informasi bagi pengunjung, calon murid dari mereka yang akan melanjutkan jenjang pendidikannya lebih tinggi.

Pengertian Website Sekolah

Website berarti dapat diartikan sebagai kumpulan halaman (page) yang berisi informasi berupa teks, gambar, video dan musik yang memiliki tujuan tertentu dan masing masing dihubungkan oleh hyperlink atau jaringan halaman.

Dalam hal ini, berarti website sekolah memiliki defenisi yakni website yang dibuat demi kepentingan sekolah. Adapun informasi yang terkandung dalam website adalah demi tujuan sekolah. Informasi yang disampaikan mengandung berita tentang sekolah terkait.

Website sekolah sebagaimana website pendidikan lainnya tidak diperuntukkan untuk kepentingan komersil. Tetapi lebih kepada media informasi dan promosi sekolah. Domain yang cocok untuk website sekolah adalah .sch.id atau ac.id  untuk top level domain wilayah indonesia.

Manfaat Website Sekolah

Adapun kegunaan dalam penggunaan website sekolah diantaranya sebagai berikut :

  • Memudahkan sekolah dalam menggali dana dari berbagai sumber, terutama dari para alumni yang telah sukses dan tersebar di berbagai belahan nusantara bahkan Dunia.
  • Meningkatkan kredibilitas sekolah di mata masyarakat dalam kesungguhannya meningkatkan kualitas pendidikan
  • Informasi sekolah dapat diperoleh dengan mudah dimana saja dan kapan saja.
  • Meningkatkan tali silaturrahmi antara alumni dengan alumni, alumni dengan staff pengajar, antara staff dengan orang tua/wali.

Contoh Website Sekolah

Banyak web sekolah yang bertebaran di dunia maya. Tetapi mimin merangkum ada beberapa website yang memiliki sistem dan desain layout yang menarik. Selain itu, website sekolah yang aktif dalam mempost berita seputar informasi internal sekolah menjadi pertimbangan mimin dalam merekomendasikan website sekolah ini. Yuk simak contoh nya dibawah ini :

Mysch.id

cara membuat website sekolah

Mysch.id merupakan platform web instan builder yang membantu para pihak sekolah dalam membuat website sekolah secara instan dan mudah. Layaknya CMS atau Blogspot, mysch.id ini memberikan kemudahan bagi setiap orang yang ingin memulai memiliki website sekolah yang terlihat profesional tanpa harus mengeluarkan banyak anggaran.

Faktanya bahwa usia pengguna internet adalah usia 12-34 tahun yang secara tidak langsung adalah usia pendidikan. Pemanfaatan internet yang bisa di implementasikan dalam website sekolah akan jauh lebih bermanfaat dalam proses pembelajaran dan penyampaian informasi.

Mysch.id ini memberikan penawaran paket website builder secara instan untuk pihak sekolah yang ingin membuat web tanpa ingin repot dalam hal pembuatan teknis. Selain itu, dengan biaya yang relatif murah, Mysch.id menawarkan paket domain, hosting dan fitur khusus pendidikan seperti kalender akademik, data guru, alumni dan murid.

Sekolahku.web.id

sekolahku.web.id merupakan jasa pembuatan website sekolah dengan paket CMS yang termasuk CMS diantaranya plugin, template, customisasi, full support dan kerja sama. Content Management System dan PPDB/PMB Online ini diberikan secara gratis dan premium untuk sekolah tingkat SD, SMP/Sederajat, SMA/Sederajat, dan Perguruan Tinggi di Indonesia. Untuk melihat produk nya bisa langsung berkunjung ke halaman profilnya.

Alizhar

Website yayasan sekolah ini memiliki desain yang sederhana dengan putih sebagai dasar warnanya. Website ini cukup kompleks sistemnya menurut mimin dan bagus untuk dicontoh oleh sekolah lain yang hendak membuat website profil sekolah.

Sekolah Sabilillah

Website sekolahsabilillah ini sangat ciamik dengan layout nya. Penggunaan konten gambar dan slider yang pas dengan background hijau tua ringan memberikan kesan sejuk bagi pengunjung websitenya. website ini juga aktif memberikan informasi seputar kegiatan sekolah, prestasi dan informasi pendaftaran untuk murid baru.

SMP 14 Bandung

Tampilan full display dengan putih sebagai warna dasar website nya memberikan kesan apik dan sederhana. Selain ringan untuk diakses, website sekolah menengah pertama negeri di kota Bandung ini menjadi salah satu yang paling aktif memberikan informasi terkait internal sekolah.

SMA 3 Yogyakarta

Website SMA 3 ini keren menurut mimin pribadi. Tata letak nya apik dan enak untuk dipandang. Walaupun terkesan umum, tampilan slider nya yang full display pada halaman depan membuat website ini begitu cantik untuk dipandang. Selain itu ada banyak informasi aktual dari kegiatan, sarana prasarana dan informasi akademik sekolah ini.

Masih banyak lagi sebenarnya contoh website sekolah yang bagus dan layak menjadi referensi bagi sekolah lain yang hendak membuat website. Kalian bisa mencari sendiri dengan kata kunci  di google :

site:.sch.id  (untuk sekolah) atau  site:.ac.id  (untuk universitas atau perguruan tinggi)

Cara Membuat Website Sekolah

Ada banyak sebenarnya platform yang bisa dimanfaatkan untuk membuat website sekolah. Hal yang perlu diperhatikan sebelum membuat website sekolah adalah anggaran, keamanan web dan sumberdaya manusia dalam pengelolaan website tersebut.

Sangat banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh jika sekolah memiliki website. Namun untuk membuat website profesional yang bagus, harus memiliki kemampuan dalam bidang web desain dan programming.

Bila anggaran sekolah sangat tidak memadai, kalian bisa membuat website sekolah dari platform google, yaitu blogspot. Cukup dengan membeli domain sch.id  tanpa harus menyewa hosting. Penggunaan nya juga relatif lebih mudah bila dibandingkan dengan website php murni.

Namun platform ini terkesan kurang profesional untuk institusi pendidikan seperti sekolah. Bila berkenan dan punya sedikit budget, sekolah bisa membuat website menggunakan CMS Wordpress yang lebih powerfull dan SEO. Dibutuhkan memang sumberdaya manusia yang bisa membuat dan mengelola web nya. Terlebih bila cms harus mengerti sedikit tentang bahasa pemograman umum seperti html dan php.

Jika sekolah tidak ingin repot membuat website dari awal, bisa menggunakan jasa pembuatan website sekolah yang banyak disediakan di internet. (Jika tertarik, mimin bisa membuat website sekolah. Untuk Detail pengerjaan dan biaya yang harus dikeluarkan, bisa menghubungi mimin. Lihat kontak mimin)

Jika memang tidak memiliki anggaran dan sumberdaya juga terbatas, bisa menggunakan platform Mysch.id. Platform ini bisa membantu sekolah memiliki website hanya dengan budget 200 ribu saja. Untuk informasi selengkapnya bisa langsung menghubungi websitenya.

Terakhir, Contoh Website Sekolah yang mimin berikan diatas memang memiliki ciri khas sistem dan tata letak (layout) tersendiri yang mungkin berbeda kebutuhan dengan sekolah kalian. Tetapi paling tidak bisa menjadi referensi untuk sekolah yang masih belum memiliki website.  Semoga membantu.

Buka Komentar