Makalah Pendidikan Kimia Secara Umum dan Lengkap

Makalah Pendidikan Kimia Secara Umum dan Lengkap

Baca juga :

Pendidikan kimia termasuk kedalam salah satu mata pelajaran wajib dalam kurikulum pendidikan di Indonesia. Pendidikan berbasis sains ini dinilai sangat penting dipelajari sebagai dasar untuk melanjutkan berbagai program keilmuan lainnya. Selain itu bidang kimia akan sangat membantu para anak didik dalam mengembangkan kariernya nanti dibidang saintek. Oleh karena itu kali ini kosngosan akan membahas seputar materi pendidikan ilmu kimia secara umum. Silahkan simak pembahasannya dibawah ini.
chemistry

Kamu bisa menyimak mengenai materi makalah pendidikan jurusan kimia hanya di kosngosan. Kali ini mimin memberikan banyak daftar makalah dengan pembahasan topik kimia yang sebelumnya sudah di posting di blog ini. Kamu tinggal pilih dan download sesuai kebutuhanmu.

Kimia, pasti sudah tidak asing lagi bila mendengar kata tersebut. Sebuah bidang studi yang mempelajari unsur dan senyawa di muka bumi. Mulai dipelajari semenjak SMP hingga perguruan tinggi. Pendidikan Kimia dasar di Sekolah Dasar (SD) mungkin digabung bersama dua mata pelajaran IPA lainnya seperti Fisika dan Biologi.

Prioritas Belajar Ilmu Kimia


Kimia sendiri adalah ilmu pengetahuan alam (sains). Artinya, penelitian yang dilakukan di dalamnya menggunakan prosedur yang sistematis dan hipotesisnya mampu dibuktikan secara ilmiah. Seorang ahli kimia adalah ilmuwan yang mempelajari properti serta komposisi dari suatu materi, dan segala macam interaksinya terhadap materi lain.

Pentingnya kita mempelajari ilmu ini untuk mengetahui seperti apa zat zat disekitar kita bekerja. Memahami dan dapat menghindarkan kita dari konsumsi bahan bahan berbahaya. Juga membuka cakrawala dan cara berpikir kita tentang bagaimana kehidupan di dunia ini sudah begitu apiknya dalam setiap aksi reaksi proses kimia.

Dalam mempelajari ilmu kimia harus menggunakan disiplin dan cara atau metode yang biasa digunakan oleh para ilmuwan dalam memperoleh ilmu pengetahuan baru. Cara atau tehnik dalam mempelajari dan mendapatkan ilmu pengetahuan alam (sains) disebut metode imliah. Jadi, untuk mempelajari ilmu kimia harus tunduk pada aturan-aturan dalam metode ilmiah.

Bagaimana Ilmu Kimia Berkembang Pesat Sampai Sejauh Ini


perkembangan ilmu kimia modren

Ilmu Kimia berkembang dari studi dan penelitian sebelumnya. Penemuan penemuan berhaga dibidang kimia ini menjadi landasan ilmuwan untuk mengembangkan lagi ilmu kimia ke tahap yang lebih modren.

Siapa sangka sejarah kimia dimulai dari Orang Muslim yang dilahirkan oleh para ilmuwan muslim bangsa Arab dan Persia di abad ke-8. Salah seorang bapak ilmu kimia yang terkenal adalah Jabir ibn Hayyan (700-778). Ilmu yang pertama kali diberi nama al-kimiya (bahasa Arab yang berarti “perubahan materi”). Dari kata al-kimiya ini maka munculnya segala istilah seperti alchemi (Latin), chemistry (Inggris), chimie (Perancis), chemie (Jerman), chimica (Italia) dan kimia (Indonesia).

Kemudian diperbaiki lagi oleh Robert Boyle (1627–1691) yang menghasilkan buku The Sceptical Chymist (1661). Dia mengembangkan konsep alkimia menjadi kimia yang menerapkan metode ilmiah. Kemudian dampak revolusi politik dan industri turut mempengaruhi perkembangan ilmu kimia hingga pada saat buku Traite Elementaire de Chimie terbit inilah yang mengawali tumbuhnya kimia modern.

Ilmu ini yang berasal dari gejala alam. Orang selalu bertanya-tanya tentang hal-hal yang berubah seperti logam berkarat dan lain-lain. Semua ilmu bersifat relatif termasuk kimia, yaitu tidak ada ilmu yang sempurna, dimana suatu teori (pemikiran) akan mengalami keguguran jika ada ilmu yang lebih sempurna. Perkembangan ilmu kimia pastilah terjadi karena melalui salah satunya dengan cara pengamatan atau pengetahuan deskriptif: diperoleh dengan merancang percobaan, dan melakukan eksperimen.

Baca juga : Download materi pembelajaran ilmu kimia doc

Pengembangan ilmu kimia juga diperoleh melalui data sekunder berupa data hasil riset sebelumnya. langkah-langkah ilmiah kemudian diambil untuk kemudian memunculkan dan mencuptakan suatu teori. Teori yang telah ditemukan akan terus dibuktikan oleh peneliti lain demi memperkuat teori tersebut atau mungkin menyempurnakannya. Teori yang sudah mendekati sempurna akan diakui.

Pembagian Ilmu Kimia


Secara terapan ilmu kimia dibagi lagi menjadi beberapa sub keilmuan yang dipadukan terhadap ilmu lain dan saling berkolaborasi untuk digunkaan terhadap berbagai kepentingan manusia. Diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Kimia Fisika yang merupakan pelajaran seputar struktur, sifat, dan perubahan kimia suatu zat serta perubahan energi yang menyertai perubahan kimia.
  • Biokimia mempelajari zat kimia serta reaksi kimia yang menyertai proses-proses biologi seperti proses metabolisme dalam tubuh, (reaksi enzimatik, penguraian atau hidrolisis protein, karbohidrat dan lemak).
  • Kimia Makanan fokus pada kajian mengenai komposisi kimia, reaksi kimia, dan proses kimia dalam makanan. Makanan yang dimaksud meliputi makro nutrisi, mikro nutrisi, dan zat aditif dalam makanan
  • Kimia Lingkungan mempelajari tentang interaksi yang melibatkan zat dan reaksi kimia di alam, serta polusi di alam.
  • Kimia Analitik membahas mengenai analisis zat atau senyawa, baik secara kualitatif maupun kuantitatif, meliputi sampling, penyiapan sample siap ukur, pengukuran, pemisahan, peralatan untuk keperluan pengukuran dan sebagainya.
  • Kimia Anorganik yang merupakan pelajaran unsur pembentuk senyawa, sifat unsur, dan senyawanya, penggunaan dan pembuatannya.
  • Kimia Organik merupakan cabang pelajaran mengenai struktur dan pembentukan senyawa karbon, termasuk reaksi yang terlibat, mekanisme reaksi, dan ikatan serta kekuatan ikatan antar atom dalam senyawa karbon tersebut.

Manfaat ilmu kimia diberbagai bidang


Ilmu kimia sangat luas cakupannya. Tidak hanya dipelajari dan diterapkan saja di laboratorium, tetapi sangat membantu terhadap kehidupan dan kepentingan manusia secara luas. Salah satu dampak negatif yang paling besar bagi umat manusia adalah terciptanya bom nuklir yang hingga saat ini masih menjadi ancaman. Tentu saja ada banyak manfaat positif kimia. Karena ilmu kimia tu seperti dua bilah pisau yang bisa digunakan untuk hal yang baik maupun hal yang jahat.

Bidang Kesehatan

Kegunaan ilmu kimia pada kehidupan manusia adalah dalam bidang kesehatan. Untuk membantu penyembuhan pasien yang mengidap suatu penyakit, digunakan obat yang dibuat berdasarkan hasil riset terhadap proses dan reaksi kimia bahan-bahan yang berkhasiat yang dilakukan dalam cabang kimia farmasi.

Bidang Hukum dan Kriminal

Bidang hukum dan kriminologi secara langsung memang tidak ada hubungan dengan ilmu kimia, namun manfaat ilmu kimia dalam bidang hukum ini dapat dirasakan ketika diberlakukannya pemeriksaan peralatan bukti kriminalitas (kriminologi). Bagian tubuh tersangka dapat diperiksa dengan memeriksa struktur DNA-nya karena struktur DNA setiap orang berbeda-beda. Pemeriksaan ini melibatkan ilmu kimia.

Bidang Mesin dan Industri

Ilmu kimia sangat berkontribusi di bidang permesinan yaitu mempelajari sifat dan komposisi logam yang baik untuk pembuatanmesin, mempelajari sifat, komposisi bahan bakar dan minyak pelumas mesin.

Selain itu industri yang memerlukan semen, kayu, cat, paku, besi, paralon (pipa PVC), lem dan sebagainya. Semua bahan tersebut dihasilkan melalui riset yang berdasarkan ilmu kimia. Manfaat ilmu kimia dalam hal ini adalah agar bahan-bahan bangunan tersebut dapat diketahui kelebihan serta kekurangannya, sehingga dapat meminimalisir kecelakaan dikemudian hari.

Bidang Pertanian dan Agribisnis

Apa manfaat ilmu kimia bagi bidang pertanian? Bukankah untuk mengembalikan kesuburan tanah, perlu dilakukan penambahan pupuk, sedangkan hama dapat diatasi dengan penambahan pestisida. Manfaat dan bahaya penggunaan pupuk dan pestisida harus dipahami sehingga tidak terjadi kesalahan dalam penggunaannya. Hal yang harus diingat adalah pupuk dan pestisida adalah “produk” dari ilmu kimia.

Bidang Geologi Kebumian

Bidang ini berkaitan dengan penelitian batu-batuan (mineral) dan pertambangan gas dan minyak bumi. Proses penentuan unsur-unsur yang menyusun mineral dan tahap pendahuluan untuk eksplorasi, menggunakan dasar-dasar ilmu kimia. Manfaat ilmu kimia dalam bidang ini untuk membantu memahami serta mengerti temuan para peneliti tentang bebatuan atau “benda-benda” alam.

Demikian postingan mengenai Unduh Makalah Pendidikan Kimia kali ini. Semoga materi dan contoh yang mimin berikan bisa bermanfaat bagi kalian semua!

Buka Komentar