Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

12 Cara Daftar Internet dan Mobile Banking BTN Melalui ATM

Bagaimana cara mendaftar internet banking Bank BTN melalui mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM)? Informasi ini langsung mimin kosngosan dapatkan dari customer service bank btn ketika email yang mimin layangkan tersambut alias dibalas dengan respon yang lumayan cepat. Penasaran langkah langkah selanjutnya? Silahkan ikuti pembahasan kita selanjutnya.

Sebelum memaparkan langkah langkah yang hendak diambil, kita bahas terlebih dahulu mengenai bank nasional yang kental akan kredit perumahan rakyat nya ini.

Bank Tabungan Negara atau BTN berasal dari POSTSPAARBANK yang diciptakan oleh pemerintah Hindia Belanda melalui Koninklikij Besluit No.27 tanggal 16 Oktober 1987. Kemudian selanjutnya Jepang membekukan bank ini dan membentuk TYOKIN KYOKU yaitu bank yang bertujuan untuk menarik dana masyarakat melalui tabungan.

Di era kemerdekaan, pemerintah kita kemudian menetapkan nama baru bank ini dengan nama Kantor Tabungan Pos. Kemudian diubah lagi namanya menjadi BANK TABUNGAN NEGARA berdasarkan landasan hukum pada PERPU No. 4 tahun 1963 tanggal 22 Juni 1963 yang kemudian dikuatkan dengan UU No. 2 tahun 1964 tanggal 25 Mei 1964.

Hingga kini BTN sudah memiliki cabang hampir di seluruh wilayah kota dan daerah di Indonesia dan terus berekspansi dan menawarkan produknya yang terkenal seperti KPR dengan harga yang relatif terjangkau bagi masyakarat yang belum memiliki perumahan layak.

Baca juga : Panduan Registrasi iB, mB dan sms Banking Permata Bank


Panduan Registrasi iB Bank BTN Lewat ATM


Internet Banking Bank BTN

Langkah 1 :

Untuk menggunakan fasilitas internet banking silahkan melakukan pendaftaran terlebih dahulu, bisa melalui kantor cabang atau bisa melalui mesin atm BTN, berikut mimin informasikan langkah berikutnya untuk pendaftaran internet banking memalui ATM :


Langkah 2 :

Seperti biasanya, kamu memasukkan kartu ATM yang sudah didapatkan dari pembuatan rekening baru BTN yang diberikan oleh customer service, setelah itu tunggu sampai perintah selanjutnya muncul


Langkah 3 :

Kemudian pilih menu bahasa, pilih bahasa yang kamu inginkan (Indonesia atau English) dan masukkan PIN ATM yang sudah kamu buat sebelumnya


Langkah 4 :

Lalu pilih transaksi lainnya, dan pilih "Menu Registrasi E-channel" dan pilih Menu "Pendaftaran Internet Banking"


Langkah 5 :

Kemudian masukkan Nomor Handphone yang aktif yang nantinya sama dengan nomor HP yang sudah kamu daftarkan pada pembuatan akun rekening baru sebelumnya, tunggu sampai status transaksi Berhasil


Langkah 6 :

Kemudian akan keluar kode registrasi pada struk. Kamu harus menyimpan kode registrasi tersebut supaya jangan sampai hilang karena kode tersebut untuk diinput pada web browser di alamat internetbanking.btn.co.id/retail/login/loginRequest


Langkah 7 :

Setelah mendapatkan kode pendaftaran, kamu bisa men-download aplikasi internet banking BTN - nya melalui playstore atau apple store dan lakukan pendaftaran lewat gawai atau laptop kesayangan kamu dengan langkah selanjutnya


Langkah 8 :

Bila melelalui tampilan desktop (Komputer PC atau Laptop) maka kamu bisa menuju alamat di browser : internetbanking.btn.co.id/retail/login/loginRequest


Langkah 9 :

Pilih “DAFTAR SEKARANG / REGISTER NOW”, kemudian pada bagian “Syarat dan Ketentuan” beri tanda Centang dan Pilih LANJUT dan pada bagian Verifikasi, masukkan “Kode Registrasi” yang telah kamu dapatkan sebelumnya

internet banking btn



Langkah 10 :

Kode registrasi ini hanya bisa kamu gunakna dengan waktu 24 jam. Jika tidak maka kamu harus mendaftar ulang ke ATM dengan cara yang sama seperti sebelumnya. 

Setelah kode registrasi didapatkan, kemudian masukkan 4 angka terakhir nomor Kartu ATM, 4 angka terakhir Nomor Rekening Tabungan, dan tanggal lahir kamu dengan format "ddmmyy"


Langkah 11 :

Pada bagian "Create Account" buat akun baru dengan langkah sebagai berikut :

a. USERID : Minimal 5 karakter bebas
b. PASSWORD : Terdiri dari 8-12 karakter, dengan ketentuan huruf kapital, huruf kecil, dan angka
c. CONFIRM PASSWORD : Masukkan kembali password yang telah kamu buat pada awal tadi
d. PERTANYAAN KEAMANAN : Pilih 3 jenis pertanyaan kemanan yang disediakan dan masukkan jawabannya
e. FOTO : Unggah/Upload foto bebas dengan ukuran maksimal 100 kilobytes
f. Setelah semua terisi pilih LANJUT


Langkah 12 :

Pada bagian “SELECT ACCOUNT”, kamu bisa memberikan tanda centang untuk rekening yang ingin dikoneksikan dengan fasilitas Internet Banking, kamu dapat mencentang semua rekening yang dimiliki di BTN atau dapat juga memilih beberapa saja.

(Fungsi ini hanya berlaku 1x, jadi jika kamu hanya memilih 1 Rekening BTN dan suatu saat kamu ingin mendaftarkan kembali nomor rekening BTN yang lain, cara ini tidak dapat dilakukan lagi. (harus menghubungi CS ke kantor cabang terdekat)

Sampai dengan tahap ini, kamu sudah bisa melakukan pengecekkan saldo dan cetak 5 mutasi terakhir. Akn tetapi agar dapat melakukan transfer dan transaksi lain, silahkan daftarkan terlebih dahulu TOKEN nya melalui Customer Service di Kantor Cabang induk masing-masing wilayah.

Baca juga : Cara Mendaftar CC Mahasiswa dan Pelajar


Kata Penutup


Bank BTN merupakan salah satu bank BUMN yang memiliki berbagai fasilitas lengkap untuk memberikan layanan terbaik bagi nasabahnya. Buat kamu yang ingin mendaftar dan menjadi nasabahnya, bisa mendatangi langsung kantor cabang BTN terdekat di kotamu ya.

Demikianlah informasi kita mengenai Cara Mendaftar Internet Banking Bank BTN Terbaru Lewat ATM pada kesempatan kali ini, semoga kamu dapat mendaftarkan internet banking secepat mungkin dan mendapatkan manfaat fitur yang tidak dimiliki oleh pengguna atm biasa lainnya.

Oleh rezaharahap