Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Membuat Kartu Kredit Mahasiswa & Pelajar Belum Berpenghasilan

Bagi kalian yang masih berstatus sebagai mahasiswa dan pelajar namun ingin memiliki "kartu ajaib" yang bernama Credit Card atau CC ini, bisa membaca pembahasan kosngosan kali ini agar semakin memperluas pengetahuanmu juga mengenai jenis dan pemanfaatannya untuk berbagai kepentingan.

Namun sebelum kita membahas mengenai cara membuat kartu kredit bagi mahasiswa dan pelajar ini, terlebih dahulu kita akan membahas mengenai pengertian, jenis serta ciri kartu kredit.

Kalian kamu pasti pernah mendengar istilah kartu kredit, bukan? yang mana kartu ini merupakan alat pembayaran pengganti uang tunai yang dapat kita gunakan untuk membeli barang atau jasa yang menyediakan pembayaran melalui merchant.

Misalnya membuat kartu kredit dari bank bank besar seperti BCA dan BNI yang mengharuskan adanya slip gaji dengan minimal gaji sebesar 3 juta per bulan berdasarkan peraturan dari Bank Indonesia. Akan tetapi sebagian bank juga sudah mulai memperlonggar persyaratan pengajuan termasuk untuk kalangan yang tidak berpenghasilan tetap atau bahkan yang belum berpenghasilan sekalipun.

Banyak jenis kartu kredit yang beredar di Indonesia, seperti kartu kredit berdasarkan limit atau batas yaitu provider MarterCard dan Visa dengan berbagai jenis tingkatan llimitnya. Atau kartu kredit berdasarkan afiliasinya yang terbagi menjadi Co branding card dan Affinity card. Terakhir kartu kredit dibagi berdasarkan wilayah jangkauan berlakunya yaitu kartu kredit nasional dan internasional.

Setelah kamu menggunakan kartu kredit untuk pembayaran suatu barang atau jasa, maka semua pembayaran akan dimasukkan ke dalam tagihan bulanan. Untuk melunasi tagihan ini maka dapat dilunasi sekaligus atau dengan cara mencicil jumlah cicilan tersebut akan dihitung dari nilai saldo tagihan plus bunga bulanan yang berlaku saat itu.

Baca juga : Cara Mengatur Uang Bulanan Mahasiswa


Cara Mendapatkan Kartu Kredit


cara membuat kartu kredit mahasiswa pelajar

Bagaimana caranya untuk mendapatkan kartu kredit ini? Mungkin bagi kamu yang sudah bekerja mendapatkan atau memiliki kartu kredit cukup mudah karena sudah memiliki penghasilan yang dapat menjadi jaminan untuk pembayaran kartu kredit.

Namun bagi kalian yang masih berstatus sebagai pelajar atau mahasiswa mendapatkan kartu kredit terbilang cukup sulit namun bukan tidak mungkin

Kartu kredit menawarkan kemudahan bagi pemiliknya. Sehingga acapkali menjadi alasan orang ingin memilikinya dan berniat untuk mengajukan permohonan pembuatan kartu kredit kepada pihak bank. Namun apakah memiliki kartu kredit bagi seseorang yang belum berpenghasilan? Bisa dikatakan efektif

Memiliki kartu kredit bagi seorang yang masih belum berpenghasilan memang bisa dikatakan memungkinkan apabila dapat mengikuti berbagai Persyaratan yang telah ditetapkan oleh pihak bank. Sebab pihak bank juga telah memberikan berbagai fasilitas kemudahan untuk mengakses kartu kredit Bagi kalangan pelajar atau mahasiswa

Lalu bagaimana cara aplikasi kartu kredit yang memang membutuhkan informasi seputar penghasilan sedangkan kamu mungkin belum menghasilkan income atau penghasilan?

Seperti yang kita ketahui persyaratan pengajuan kartu kredit seperti adanya kantor atau badan perusahaan yang jelas, status kepegawaian, penghasilan yang tetap serta persyaratan lain yang memenuhi kriteria dari bank.

Berikut adalah cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan kartu kredit dengan cara cukup mudah di antaranya :


1. Pengajuan kartu kredit dengan memanfaatkan kartu tambahan

Kartu tambahan ibaratnya adalah kartu kredit sekunder yang menumpang pada kartu kredit utama yang biasanya dipegang oleh orang tua atau wali yang bersangkutan jadi dengan mengajukan kartu kredit utama serta tambahan dapat dengan mudah untuk diterima oleh pihak bank.

Jadi kamu sebagai pelajar atau mahasiswa, bisa memanfaatkan mekanisme ini untuk mendapatkan kartu kredit tambahan dari kartu kredit milik orangtua, misalnya. Untuk persyaratan dan kriteria selengkapnya bisa kamu cek pada masing masing bank ya!


2. Memanfaatkan kartu kredit di pusat perbelanjaan

Pusat perbelanjaan atau Mall atau Plaza sering mengadakan berbagai event yang dihadiri oleh pihak bank yang mengadakan promosi kartu kredit sehingga sobat kosngosan.com bisa mencoba untuk mengajukan pembuatan kartu kredit melalui event ini. Cari tahu apakah di kotamu ada acara yang mengadakan event dan diikuti oleh bank bank ternama.

Terdapat beberapa bank yang cukup sering menawarkan promo khusus seperti kupon bioskop diskon belanja di berbagai tempat dan potongan lainnya pada event ini seringnya pihak bank hanya akan mensyaratkan salinan KTP atau identitas diri serta mengisi formulir khusus


3. Pengajuan kartu kredit menggunakan lock deposito atau sistem jaminan

Jasa Pembuatan Kartu Kredit

Seperti melakukan pinjaman yang mengharuskan adanya agunan atau sejumlah, nominal uang yang menjadi jaminan cara pengajuan ini juga hampir sama di mana Dana tersebut tidak akan bisa dicairkan selama menggunakan fasilitas kartu kredit tersebut. Kamu bisa mencari tahu beberapa bank besar yang telah menerapkan sistem ini di layanan kartu kredit mereka

Sebenarnya kartu kredit bagi pelajar SMA atau mahasiswa ibarat pisau yang bermata dua di satu sisi kartu kredit bisa digunakan untuk kepentingan positif, namun bila tidak bisa menggunakannya dengan bijak maka akan bisa merugikan diri kita sendiri. Oleh karena itu penggunaan kartu kredit haruslah digunakan untuk fasilitas pembayaran standar layaknya seperti kartu ATM biasa

Kamu yang seorang mahasiswa atau pelajar mungkin merasakan kepraktisan, rasa nyaman dan rasa aman yang dapat ditimbulkan dari penggunaan kartu kredit ini. Sehingga memilikinya menjadi suatu prestise dan juga kebutuhan.

Namun mimin kosngosan.com berpendapat bahwa sebenarnya pelajar atau mahasiswa masih tidak begitu membutuhkan yang namanya kartu ini karena Sudah ada kartu ATM yang bisa melakukan pembayaran standar tapi ini balik lagi ke kamu sendiri apakah memang kamu benar-benar membutuhkan keberadaan dari kartu ajaib ini.


4. Menggunakan PayLater

Apalagi ini min? jelas kamu pastinya pernah mendenger istilah paylater, bukan? Pada dasarnya fungsi dari paylater hampir sama dengan kartu kredit, namun dengan persyaratan yang lebih mudah dan cepat.

Apabila kita tinjau dari segi lama cicilannya, paylater lebih diperuntukkan untuk jangka pendek. Sementara itu, kartu kredit lebih mengarah ke jangka panjang.

Bagi yang ingin membeli sesuatu dan ingin langsung membayarkannya di bulan depan, maka layanan paylater adalah pilihannya. Banyak yang menyediakan tenor mulai dari 30 hari, sehingga kamu bisa cepat melunasi hutangmu tersebut dengan bunga ringan.


5. Menggunakan Jasa Pembuatan Kartu Kredit

Lalu bagaimana dengan jasa pembuatan kartu kredit untuk mahasiswa yang mungkin terdengar asing bagi sebagian orang. Hampir sama dengan jasa kepengurusan lainnya seperti SIM, KTP dan lainnya, namun tentu saja kamu harus mencari jasa yang profesional dan tidak abal abal.

Jasa ini akan membantumu dalam mengurus syarat yang mungkin terlampau sulit untuk dipenuhi secara mandiri. Jadi dibutuhkan jasa layanan yang memang sudah berpengalaman dalam mengurus pembuatan kartu kredit.

Baca juga : Cara Mengurus Kartu Tanda Mahasiswa


Kata Penutup


CC merupakan salah satu alat pembayaran yang lagi trend belakangan ini. Namun sebagai pelajar atau mahasiswa, kamu harus berhati hati menggunakan alat ini, jangan sampai merugikan mu kelak dimasa depan. Demikianlah pembahasan seputar Cara Membuat Kartu Kredit Untuk Mahasiswa dan Pelajar yang Belum Berpenghasilan kali ini.

Semoga kamu yang sudah memiliki kartu ini bisa memanfaatkan nya dengan sebaik mungkin. Gunakanlah kartu kredit ini dengan bijak. Mohon berikan komentar mu sebagai feed back yang membangun bagi mimin kosngosan.com, dan jangan lupa untuk share artikel ini ya!
Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya