Cara Mendapatkan Domain Pendidikan Murah Terbaru

Cara Mendapatkan Domain Pendidikan Murah Terbaru

Domain Pendidikan Murah

Dalam artikel kita kali ini akan membahas mengenai Cara Mendapatkan Domain Pendidikan dengan harga Murah. Karena domain merupakan unsur penting dalam membangun website atau blog. Domain khusus pendidikan yang umumnya memiliki harga sewa yang cukup mahal bisa kita dapatkan dengan harga murah lho, ternyata. Yuk ikuti pembahasannya kali ini di kosngosan

Dalam pembahasan kita mengenai jenis jenis domain, dikenal beberapa struktur atau tingkatan domain seperti Top Level Domain seperti .com (dot commercial), .net (dot network), .org (dot organization), .edu (dot education), .gov (dot goverment), dan .mil (dot military) dan lainnya.

Top Level Domain ini dibagi lagi menjadi dua jenis domain yaitu yaitu Global Top Level Domain (gTLD) dan Country Code Top Level Domain (ccTLD) adalah TLD yang diperuntukkan untuk masing-masing negara, seperti .id untuk indonesia, .tk untuk tokelau, .ga untuk negara gabon dan lainnya.

Selanjutnya untuk tingkatan kedua dari pembagian domain adalah Second Level Domain (SLD), yaitu nama domain sebenarnya yang terdaftar seperti kosngosan.com, sibakua.com dan lainya semua jenis domain yang sudah didaftarkan.

Kali ini, kosngosan akan memberikan tips bagaimana cara mendapatkan domain pendidikan, yaitu domain yang diperuntukkan penggunaannya untuk kepentingan pendidikan seperti sekolah dan kampus. Beberapa domain yang sering dipakai antara lain  .ac (dot academia) .edu (dot education) dan .sch (dot school).

Baca juga : Layanan Domain dan Hosting Murah Untuk Mahasiswa dan Pelajar

Masing masing domain tersebut digunakan untuk pendidikan. Sebenarnya ada banyak penyedia jasa sewa domain yang menyediakan domain murah berbagai jenis, namun kali ini mimin khusus mencari penyedia domain pendidikan.

Adapun cara mendapatkan domain pendidikan murah terbaru diantaranya :

Namecheap Education Program: Free Domains for Students

Namecheap adalah perusahaan penyedia sewa domain dan hosting yang terkenal dan juga murah. Ada banyak promo domain yang ditawarkan. Pembayarannya juga bisa lewat paypal unverified. Kantor Pusat Namecheap ada di Los Angeles, California, Amerika Serikat. Namecheap mengklaim sudah melayani dan mengelola sekitar 3 juta domain. Fantastis bukan?

Program dari namecheap ini khusus untuk pendidikan. Kamu dapat mendaftarkan domain baru secara gratis dengan ekstensi khas pendidikan. Silahkan kunjungi situsnya di nc.me

Setelah itu, kamu dapat memilih berbagai domain gratis mulai dari .me .com dan domain lain sesuai promo dari namecheap. Setelah memasukkan domain dalam checkout, maka kita bisa memilih platform yang disediakan oleh namecheap dalam membangun website mulai dari Ghost Machine, Github Pages Setup dan Explosore.

Namun, yang menjadi persyaratannya kamu harus memiliki email student yang berasal dari negara seperti Kanada, Amerika Serikat, Inggris dan Australia. Kamu bisa googling cara mendapatkan email edu gratis dengan membuat profil fake di internet (mimin tidak akan bahas pada postingan ini).

Setelah itu kamu sudah bisa mengaktifkan domain .me gratis dari namecheap untuk satu tahun. Untuk perpanjangan, mimin belum mengetahui apakah harus melakukan pembayaran atau bisa diperpanjang secara gratis seperti domain freenom.

Beli domain ac.id atau sch.id  di perusahaan penyedia domain lokal

Selain membeli langsung dari PANDI (Pengelola Nama Domain Internet Indonesia) kamu bisa membeli domain ac.id atau sch.id pada perusahaan seperti rumahweb, niagahoster, domainesia dewaweb dan lainnya.

Biasanya ada persyaratan khusus untuk membeli domain ac.id dan sch.id ini, yaitu

AC.ID syaratnya adalah KTP Republik Indonesia, SK Pendirian Lembaga dari Kementerian / Lembaga yang berwenang sesuai Peraturan perundang-undangan dan Surat Keterangan / Surat Permohonan Rektor atau Pimpinan Lembaga.

SCH.ID syaratnya adalah KTP Republik Indonesia, Surat Keterangan/Surat Permohonan Kepala Sekolah / Pimpinan Lembaga (sekolah resmi), atau SK Pendirian Lembaga dari Kementerian atau SKPD terkait (pendidikan non-formal)

Domain edu tidak bisa dipakai di Indonesia

Informasi ini mimin dapatkan dari forum diskusiwebhosting. Karena ada seorang yang bertanya cara membeli domain edu untuk kepentigan di indonesia. Sejak tahun 2011 domain .edu hanya bisa dipakai untuk organisasi pendidikan di amerika serikat saja.

Bila kamu tetap ingin mendapatkan domain .edu, kamu harus diakreditasi oleh Nationally Recognized Accrediting Agencies dan dikenal sebagai lembaga pendidikan di US. Nau untuk fee domain .edu sendiri harganya setahun berkisar $40 atau bila di nominalkan ke rupiah sekarang sekitar 480.000 rupiah. Untuk lebih lengkapnya bisa dilihat di educause.edu

Terakhir setelah kita mendaptakan domain pendidikan tersebut, maka gunakan lah dengan baik untuk pengembangan situs kita. Jangan lupa berkomentar dibawah ini untuk berinteraksi dengan mimin. Salam sukses selalu!