Cara Mendidik Anak Perempuan Memakai Jilbab

Cara Mendidik Anak Perempuan Memakai Jilbab

Baca juga :

Cara Mendidik Anak Hijab

Tips Mengajari Puteri Kita Mengenakan Hijab - Anak perempuan adalah berkah. Memiliki seorang puteri mengharuskan orangtua menjaga kehormatannya sedini mungkin. Terlebih di zaman sekarang dengan pergaulan yang sangat bebas, kita sebagai orangtua harus mengajarkan anak berhijab sejak dini.

Mungkin banyak dari orang tua yang masih ragu membiasakan anaknya berjilbab sejak kecil. Sebenarnya sejak usia berapa wanita wajib berjilbab? Pertanyaan ini sering terlintas ketika orangtua hendak mewajiban anak menutup aurat sejak dini.

Seperti yang kita ketahui, seorang muslim dan muslimah wajib menutup auratnya sejak memasuki masa baligh atau pubertas. Jadi bila seorang anak perempuan sudah memasuki masa tersebut, ada kewajiban yang melekat terhadapnya untuk memakai jilbab atau hijab. Karena bila seorang anak perempuan tidak dapat menjaga kehormatannya, sang ayahlah yang menanggung dosa anak perempuan tersebut.

Nah seperti apa langkah kita sebagai orang tua dalam memberikan pendidikan dan pengajaran kepada anak perempuan kita untuk dapat menutut auratnya dengan pakaian syar'i sesuai ajaran agama ? Ikuti beberapa tips dibawah ini :

Memuji anak dengan kata kata positif

Kapan pun seorang Ibu atau kakak mengenakan jilbab, maka jangan lupa mengikutkan anak perempuan juga. Dan ketika di telah memakai jilbab maka pujilah dia. Katakan seperti mereka lucu dan cantik saat memakai jilbab. Ketika dipuji, anak cenderung suka dan bangga dengan apa yang dia pakai.

Jangan bertindak seperti diktator

Anak perempuan kita masih terlalu kecil untuk dipaksakan mengenakan jilbab. Langkah kita sebenarnya berguna untuk memberikan dia kebiasaan dalam menutup auratnya. Anak perempuan  kecil sebenarnya masih tidak mengerti kewajiban beragama.

Cara terbaik untuk mengenalkan jilbab bagi mereka adalah dengan ajakan yang menyenangkan serta pemberian contoh sendiri oleh Ibu atau kakaknya. Bila dia menolak untuk memakai, coba lain waktu, jangan terlalu memaksa. Yang terpenting adalah orang tua harus konsisten dalam mengenalkan jilbab  kepada anak mereka.

Beli jilbab lucu yang mereka sukai

Naluri seorang perempuan sejak kecil adalah menyukai hal hal yang imut dan lucu. Belilah anak perempuan jilbab dengan motif yang lucu, yang sesuai dengan yang dia mau. Sehingga anak perempuan merasa nyaman dan menyukai jilbab yang dia punya. Boleh jadi dia memarkannya kepada teman temannya. Proses ini akan lebih mudah dan lebih asyik untuk selalu dilakukan.

Beri contoh dalam menggunakan jilbab yang baik

Orangtua adalah pemberi contoh anak yang terbaik. Maka dari itu jangan heran bila anak kita tidak mau memakai jilbab, bila kita sendiri enggan untuk memakainya. Intinya bila kita ingin mengajari seorang anak perempuan untuk memakai jilbab sejak kecil, maka berjilbablah dengan baik untuk kemudian dilihat oleh anak anak kita.

Seorang anak perempuan akan dengan mudah meniru apa yang orang tua mereka lakukan dan kenakan. Maka dari itu, seorang Ibu harus berperan dalam menjadi sampel terbaik untuk anak perempuan mereka.

Demikian artikel kita mengenai Cara Mendidik Anak Perempuan Memakai Jilbab kali ini, semoga kita dikaruniai generasi terbaik yang mampu membanggakan kedua orang tua, agama dan bangsa. Bukankah memiliki anak yang sholeh dan sholehah adalah kebahagiaan bagi setiap orang tua? Komentar dibawah ini bila ada yang ingin ditanyakan.

Buka Komentar