5 Cara Mengatasi Kecanduan Gadget pada Anak

5 Cara Mengatasi Kecanduan Gadget pada Anak

gadget dan anak

Gadget dan perangkat pintar lain yang penggunaannya berlebihan dapat menyebabkan dampak negatif bagi anak kecil. Sebagai orangtua yang bijak, kita harus membatasi pemakaian gadget oleh anak di hari hari-nya. Ada banyak kerugian yang timbul bila orangtua tetap apatis terhadap kecanduan ini. Kali ini kosngosan akan membahas mengenai dampaknya dan bagaimana cara menghilangkan kecanduan gadget tersebut. Mari simak pembahasannya dibawah ini.

Anak kecil dan gadget semakin sulit dipisahkan di era digital seperti saat sekarang ini. Namun, sebagai orang tua yang bijak, orangtua sebaiknya tidak membiarkan anak tenggelam dalam pengaruh gadget. Menurut penelitian terbaru menyimpulkan bahwa anak kecil yang suka bermain gadget ini memiliki risiko yang lebih tinggi mengalami penyakit jantung dan kesehatan lainnya.

Baca juga : Mengajari Anak Lebih Mandiri Sejak Usia Dini

Tentunya ini sangat menyedihkan bukan. Mendapati anak dengan resiko penyakit yang serius akibat dari gadget yang dianggap orangtua sebagai solusi agar anak tidak rewel atau pun tidak keluar rumah dan lebih aman bermain di rumah dengan games dan aplikasinya.

Pola pemikiran ini harus diubah. Orangtua milenial harus tahu bahwa gadget adalah alat yang seperti pisau, yang bisa ditujukan pada kebaikan dan keburukan pada waktu yang sama. Oleh karena itu dibutuhkan strategi yang pas agar penggunaan nya bisa maksimal dan benar benar bermanfaat bagi perkembangan si anak.


Cara Mengatasi Kecanduan Gadget bagi Anak Kecil



Mengatasi hal ini, orangtua tidak perlu terlalu pusing menghadapi sang anak kecil yang banyak akal.
mimin akan memberikan saran sebagai berikut untuk mencegah kecanduan gadget pada anak di dalam keluarga :

1. Orangtua adalah contoh yang paling baik


Anak dalam satu elemen keluarga adalah peniru paling ulung. Mereka memang tidak bisa mentaati semua yang orangtua suruh, tapi mereka akan meniru secara alamiah apa yang orangtua mereka lakukan.

Oleh karena itu, orangtua harus terlebih dahulu mengerem aktivitas penggunaan gadget, sebelum menyuruh anak untuk berhenti. Berkacalah, karena apa yang kamu lakukan sedikit banyaknya akan berimbas juga dengan kelakuan anak anak.

2. Peraturan penggunaan gadget dalam sehari yang harus dipatuhi


Gadget bukannya tidak boleh digunakan total. Akan tetapi harus diberikan peraturan yang ketat terhadap penggunaannya. Seperti misalnya penggunaan 5 jam gadget per hari ketika malam atau pulang sekolah. Itupun dengan tujuan untuk pembelajaran atau hiburan dengan diawasi oleh orangtua.

Waktu seperti saat makan, belajar, mengerjakan tugas, dan menjelang tidur, anak kecil tidak boleh memainkan gadget. Ajari juga anak kecil untuk bertanggung jawab dengan memberikan konsekuensi jika ia melanggar kesepakatan.

3. Berikan rutinitas baru bagi si kecil


Anak biasanya akan marah jika aktivitas bermain gadget yang sudah menjadi rutinitas dihentikan begitu saja. Solusi terbaik, ganti gadget  dengan aktivitas lain, misalnya membaca buku cerita atau bermain bersama mereka.

4. Install aplikasi controling


Orang tua harus membuat kesepakatan dengan anak mengenai aplikasi apa saja yang harusnya terinstall di dalam gadget miliknya. Ada banyak aplikasi yang bisa orangtua pakai. Ini bisa mengetahui akfitas apa saja yang anak lakukan dalam gadget nya, semua terpantau dari gadget milik orangtua.

5. Tingkatkan quality time bersama keluarga


Keluarga yang memiliki hubungan harmonis dan sering menghabiskan quality time bersama bisa menjadikan aktifitas gadget berkurang. Karena interaksi langsung anak dengan orangtua yang semakin intens, tentunya akan menjadikan anak sedikit banyaknya lupa dengan kegiatan bermain gadgetnya.

Baca juga : Cara menabung cepat untuk membeli hp bagi pelajar

Sadar atau tidak, aktitas bermain gadget merupakan bentuk pengalihan untuk membunuh kebosanan anak. Jadi semakin anak memiliki waktu bermain secara nyata, semakin dia melupakan yang namanya gadget.

Jangan biarkan gadget menyeret anak kecil orangtua pada obesitas dan penyakit jantung. Segera lakukan tindakan sekarang juga, agar anak dapat menikmati masa kecilnya dan meraih masa depan dengan kondisi kesehatan yang terus terjaga dengan baik.

Demikianlah pembahasan mengenai bagaimana Mengatasi Kecanduan Gadget bagi Anak Kecil kali ini, semoga saja dengan mengetahui dan menerapkan cara cara diatas, orangtua bisa dengan leluasa mengatur pola pemakaian gadget terhadap anak anak mereka.

Buka Komentar